mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Lead Generator Specialist

Lead generator specialist adalah seseorang yang bertugas untuk mencari dan menghubungi calon pelanggan yang berpotensi tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

lead generator specialist

Deskripsi Profesi Lead Generator Specialist

Apa itu profesi Lead Generator Specialist?

Lead generator specialist adalah seseorang yang bertugas untuk mencari dan menghubungi calon pelanggan yang berpotensi tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Lead generator biasanya bekerja di bidang pemasaran atau penjualan, dan menggunakan berbagai strategi untuk menarik perhatian dan minat calon pelanggan, seperti email marketing, social media marketing, telemarketing, atau cold calling.

Tujuan utama dari profesi lead generator adalah untuk meningkatkan jumlah prospek yang masuk ke dalam funnel penjualan, sehingga memperbesar kemungkinan untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang loyal dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Lead generator juga bertanggung jawab untuk memelihara hubungan baik dengan calon pelanggan, dan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Profesi lead generator membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, karena harus mampu menyampaikan pesan yang menarik dan meyakinkan kepada calon pelanggan.

Selain itu, profesi yang satu ini juga membutuhkan keterampilan analitis dan riset, karena harus mampu mengidentifikasi dan menargetkan pasar yang tepat, serta mengukur efektivitas dari strategi yang digunakan. Profesi ini juga membutuhkan keterampilan organisasi dan manajemen waktu, karena harus mampu mengelola banyak data dan kontak, serta mengikuti proses penjualan yang ada.

Lihat Juga Profesi Yang Lain:

Jobdesk Lead Generator Specialist

Lead generator berperan penting dalam proses penjualan, karena mereka membantu membangun hubungan awal dengan calon customer dan mengkualifikasi mereka sebelum diserahkan ke tim sales. Berikut adalah beberapa tugas seorang lead generator:

1. Mengumpulkan informasi data calon customer

Tugas ini meliputi melakukan riset pasar, mencari sumber data yang relevan, dan mengidentifikasi calon customer yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Informasi data yang dikumpulkan bisa berupa nama, nomor telepon, email, alamat, kebutuhan, preferensi, dan lain-lain.

2. Melakukan cold calling ke calon potensial customer

Tugas ini meliputi menghubungi calon customer melalui telepon, email, atau media sosial, dan menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tujuan dari cold calling adalah untuk menarik minat calon customer, memberikan informasi dasar tentang perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan, dan mendapatkan persetujuan untuk mengirimkan proposal atau melakukan presentasi lebih lanjut.

3. Memastikan informasi data calon customer sudah terisi dengan benar dan akurat di sistem CRM perusahaan

Tugas ini meliputi memasukkan data calon customer yang didapatkan dari cold calling ke dalam sistem CRM (Customer Relationship Management) perusahaan, dan memperbarui data tersebut secara berkala. Sistem CRM adalah alat yang digunakan untuk mengelola dan mengikuti proses penjualan dari awal hingga akhir. Dengan menggunakan sistem CRM, lead generator bisa melihat status penjualan, riwayat komunikasi, aktivitas, dan catatan penting tentang setiap calon customer.

4. Melakukan evaluasi review terhadap data calon customer dengan tim sales

Tugas ini meliputi melakukan rapat atau diskusi dengan tim sales untuk mengevaluasi kualitas dan kuantitas data calon customer yang didapatkan dari cold calling. Dalam rapat atau diskusi ini, lead generator bisa memberikan masukan, saran, atau rekomendasi tentang cara meningkatkan konversi penjualan, strategi pemasaran, atau produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, lead generator juga bisa menerima feedback atau kritik dari tim sales tentang kinerja mereka.

5. Menyerahkan data calon customer yang berkualitas ke tim sales

Tugas ini meliputi memilih dan menyerahkan data calon customer yang sudah terkualifikasi ke tim sales untuk dilakukan follow up lebih lanjut. Data calon customer yang terkualifikasi adalah data yang memiliki potensi tinggi untuk menjadi pelanggan, karena mereka sudah menunjukkan minat, kebutuhan, dan kemampuan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan menyerahkan data calon customer yang berkualitas ke tim sales, lead generator bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan.

6. Membina hubungan baik dengan calon customer dan tim sales

Tugas ini meliputi menjaga komunikasi yang baik dan profesional dengan calon customer dan tim sales selama proses penjualan berlangsung. Lead generator harus mampu menjawab pertanyaan, memberikan solusi, atau memberikan dukungan kepada calon customer dan tim sales jika diperlukan. Lead generator juga harus mampu bekerja sama dengan tim sales untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

7. Melakukan pelaporan hasil kerja secara rutin

Tugas ini meliputi membuat laporan tentang aktivitas dan hasil kerja lead generator secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai dengan ketentuan perusahaan. Laporan ini bisa berisi jumlah cold calling yang dilakukan, jumlah data calon customer yang dikumpulkan, jumlah data calon customer yang terkualifikasi, jumlah data calon customer yang diserahkan ke tim sales, jumlah konversi penjualan yang berhasil, dan lain-lain. Laporan ini berguna untuk mengevaluasi kinerja lead generator dan mengukur pencapaian target penjualan.

Kualifikasi :

  • Minimal D3/S1 seluruh jurusan
  • Memiliki pengalaman telemarketing min. 1 tahun
  • Memiliki pengalaman melakukan survey lebih disukai
  • Memiliki skill komunikasi yang baik
  • Memiliki pengalaman di startup/tech company menjadi nilai plus
  • Tebiasa bekerja dengan target

Keahlian Yang Harus Dimiliki Lead Generator Specialist

Lead generator berperan penting dalam proses penjualan, karena mereka membantu meningkatkan awareness, minat, dan loyalitas pelanggan.

Namun, tidak semua orang bisa menjadi lead generator yang handal. Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang lead generator, antara lain:

  1. Komunikasi yang baik
    Seorang lead generator harus mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan, dengan calon pelanggan. Komunikasi yang baik meliputi kemampuan untuk menyampaikan pesan yang jelas, menarik, dan persuasif, serta mendengarkan dan merespon kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  2. Pengetahuan produk atau layanan
    Seorang lead generator harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Pengetahuan ini akan membantu lead generator untuk menjelaskan manfaat, fitur, dan keunggulan produk atau layanan tersebut kepada calon pelanggan, serta menjawab pertanyaan atau keberatan yang mungkin muncul.
  3. Analisis data
    Seorang lead generator harus mampu menganalisis data yang berkaitan dengan pasar, kompetitor, dan pelanggan potensial. Data ini akan membantu lead generator untuk menentukan target pasar yang tepat, strategi pemasaran yang efektif, dan cara mengukur hasil dari aktivitas lead generation.
  4. Kreativitas
    Seorang lead generator harus memiliki kreativitas untuk menciptakan konten, materi, atau kampanye yang menarik dan relevan dengan calon pelanggan. Kreativitas juga dibutuhkan untuk menemukan cara-cara baru dan inovatif untuk menjangkau dan menarik perhatian calon pelanggan.
  5. Kerjasama tim
    Seorang lead generator harus bisa bekerja sama dengan tim penjualan dan pemasaran lainnya dalam perusahaan. Kerjasama tim akan memudahkan koordinasi, sinkronisasi, dan evaluasi dari aktivitas lead generation. Selain itu, kerjasama tim juga akan meningkatkan motivasi, kinerja, dan kepuasan kerja.’
  6. – Kemampuan analisis dan riset yang tajam. Anda harus bisa mengidentifikasi target pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, serta mencari cara untuk menjangkau mereka melalui berbagai kanal, seperti email, telepon, media sosial, atau iklan online.
  7. Kemampuan teknis dan kreatif yang mumpuni.
    Anda harus bisa memanfaatkan berbagai alat dan platform yang dapat membantu Anda dalam proses lead generation, seperti CRM, landing page, email marketing, SEO, atau PPC. Anda juga harus bisa membuat konten yang menarik dan relevan untuk calon pelanggan, seperti artikel, video, infografis, atau ebook.
  8. Sikap profesional dan berorientasi pada hasil
    Anda harus bisa bekerja dengan disiplin, bertanggung jawab, dan berkolaborasi dengan tim sales dan marketing. Anda juga harus bisa mengukur dan meningkatkan kinerja lead generation Anda dengan menggunakan metrik yang tepat, seperti jumlah lead, konversi, ROI, atau CPL.

Itulah beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang lead generator specialist. Dengan memiliki keahlian-keahlian tersebut, seorang lead generator akan lebih mudah dan efektif dalam mencari dan menghubungi calon pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan setia perusahaan.

Cara Menjadi Lead Generator Specialist

Jika Anda tertarik untuk memulai karir sebagai lead generator specialist, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pelajari dasar-dasar lead generation, seperti konsep, strategi, teknik, dan best practice yang umum digunakan di industri ini. Anda dapat mencari sumber belajar online, seperti kursus, webinar, ebook, atau blog yang membahas topik ini.
  2. Buat portofolio lead generation Anda sendiri. Anda dapat membuat proyek-proyek fiktif atau nyata yang menunjukkan kemampuan Anda dalam melakukan lead generation untuk produk atau jasa tertentu. Anda dapat menggunakan alat-alat gratis atau berbayar yang tersedia online untuk membuat landing page, email campaign, iklan online, atau konten marketing Anda. Jangan lupa untuk melampirkan hasil dan analisis dari proyek-proyek Anda.
  3. Cari peluang kerja sebagai lead generator. Anda dapat mencari lowongan pekerjaan di situs-situs karir online, seperti LinkedIn, Indeed, atau Glassdoor. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas-komunitas profesional yang berkaitan dengan lead generation, seperti grup Facebook, Telegram, atau WhatsApp. Selain itu, Anda juga dapat membangun jaringan profesional Anda dengan menghubungi orang-orang yang bekerja di bidang ini, seperti mantan kolega, teman kuliah, atau mentor.
  4. Persiapkan diri untuk proses seleksi. Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan Anda tentang lead generation. Anda juga harus siap untuk menunjukkan portofolio dan hasil kerja Anda kepada calon employer. Selain itu, Anda juga harus siap untuk melakukan tes praktik atau simulasi lead generation jika diminta.

Demikianlah beberapa tips tentang cara memulai karir sebagai lead generator. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Jenjang Karir Lead Generator Specialist

Jenjang karir untuk Lead Generator Specialist biasanya melibatkan tingkatan berikut:

  1. Tingkat Awal: Memulai sebagai spesialis tingkat awal, Anda akan mempelajari seluk beluknya dan mendapatkan pengalaman.
  2. Spesialis Generasi Pemimpin Junior: Saat Anda memperoleh keahlian, Anda akan mengambil lebih banyak tanggung jawab.
  3. Spesialis Generasi Pemimpin Senior: Dengan pengalaman, Anda akan menangani tugas-tugas kompleks dan berkolaborasi dengan tim penjualan dan pemasaran.
  4. Manajer Pembuatan Prospek: Mengelola tim spesialis dan mengawasi strategi pembuatan prospek.
  5. Direktur Lead Generation: Pada tingkat ini, Anda akan memiliki tanggung jawab strategis di seluruh organisasi.

Yang Harus Kalian Ketahui Lead Generator Specialist

Lead Generation Specialist adalah salah satu profesi yang penting dalam bisnis B2B. Kemajuan bisnis B2B bergantung pada prospek atau lead yang berkualitas. Seorang lead generation specialist menghasilkan dan melakukan kualifikasi prospek. Tugas utamanya adalah meneliti prospek dan mengevaluasi apakah mereka memenuhi syarat. Jika prospek tersebut berkualitas, mereka akan memberikan data prospek kepada tim penjualan untuk segera dihubungi. Ada dua tugas utama dari profesi ini:

  1. Mencari tahu latar belakang prospek untuk mengetahui apakah mereka memenuhi syarat untuk penjualan.
  2. Memastikan prospek tersebut berkualitas dan pasti akan melakukan pembelian.

Seorang lead generation specialist biasanya bekerja secara langsung dengan tim penjualan. Mereka membantu tim sales dalam membuat analisis dan keputusan strategi penjualan. Selain itu, profesi ini juga berkolaborasi dengan tim marketing dalam menjalankan kampanye tertentu. Beberapa contoh tanggung jawab dari profesi ini meliputi:

  • Meneliti calon prospek yang bisa memberikan keuntungan bagi bisnis.
  • Memberikan penawaran kepada calon prospek mengenai produk atau layanan untuk mengetahui apakah mereka memenuhi syarat.
  • Membangun dan menjaga hubungan baik dengan calon prospek.
  • Mempersiapkan dan menganalisis data laporan penjualan.
  • Menyiapkan strategi penjualan bersama tim sales.
  • Memastikan informasi terisi dengan benar dan akurat di tools CRM perusahaan.

Lead generation merupakan bagian penting dari strategi pemasaran digital. Metode ini digunakan untuk menggaet calon pelanggan potensial. Berbagai sarana digunakan untuk mengumpulkan leads, termasuk melalui telepon, email, media sosial, dan platform lainnya. Setelah mendapatkan prospek, langkah selanjutnya adalah membimbing mereka menuju penawaran produk atau layanan. Bujuk mereka dengan promosi menarik yang mendorong transaksi.

Profesi Lainnya

profesi hakim

Hakim

Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Istilah “hakim” sendiri berasal dari kata Arab حكم yang berarti “aturan, peraturan, kekuasaan, pemerintah”. Ia yang memutuskan hukuman bagi

Read More »
profesi mekanik pesawat

Mekanik Pesawat

Mekanik pesawat adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan baik dan aman. Mereka melakukan perawatan rutin, perbaikan, serta inspeksi pesawat untuk

Read More »
tugas konselor

Konselor

Konselor adalah seorang profesional yang memiliki kompetensi dalam bidang bimbingan dan konseling, yang bertujuan untuk membantu klien mengembangkan potensi, mengatasi masalah, dan meningkatkan kesejahteraan diri.

Read More »
profesi kondektur

Kondektur Transportasi

Apa itu Pekerjaan Kondektur transportasi ? Jika Anda sering menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, atau kapal laut, Anda mungkin pernah melihat sosok yang

Read More »
guru olahraga

Guru Olahraga

Profesi guru olahraga adalah pekerjaan yang memegang peranan penting dalam mengembangkan minat dan keterampilan olahraga siswa. Seorang guru olahraga bertanggung jawab dalam mengajar dan melatih

Read More »
profesi video editor

Video Editor

Video editor adalah posisi yang sangat penting dalam proses pembuatan video atau film, perannya sangat menentukan kualitas video yang dibuat. Tugas utama seorang video editor

Read More »