mployee logo

Profesi Digital Marketing Specialist

Digital Marketing Specialist atau pemasar digital memiliki tanggung jawab untuk membantu memasarkan produk/brand/perusahaan melalui marketing campaign (kamapanye pemasaran) berbasis digital. Beberapa tugas utama mereka seperti melakukan riset pasar, menyusun strategi, dan membuat konten untuk membantu keberhasilan kampanye pemasaran. Beberapa turunan seorang digital marketer antara lain SEO, SEM, SMM.

profesi digital marketing

Deskripsi Profesi Digital Marketing Specialist

Percaya atau tidak digital marketing di era saat ini menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk baik itu jasa maupun barang.

Secara umum digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa dengan menggunakan media digital. 

Mungkin 10 tahun yang lalu kita tahunya marketing itu mempromosikan barang melalui televisi, radio dan kanal iklan konvensional seperti pamphlet, brosur, leaflet, billboard dan lain sebagainya.

Tetapi di era yang sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, marketing bisa dilakukan dengan media digital seperti seperti website, SEO, SEM, YouTube, Instagram, Facebook dan Ads. Saluran tersebut dapat dipakai untuk mempromosikan produk melalui digital.

Sehingga munculah berbagai profesi di bidang digital marketing seperti:

  • SEO (Search Engine Optimization) Specialist
  • SEM (Search Engine Marketing) Specialist
  • SMM (Social Media Marketing) Specialist
  • Web Developer
  • E-commerce Specialist
  • Marketplace Specialist
  • dan lain sebagainya

Seorang yang berkecampung di dunia digital marketing harus mampu membaca sasaran iklan dengan tepat, dan memanfaatkan setiap data yang diperoleh untuk pengembangan penjualan yang lebih baik.

Jobdesk Digital Marketing Specialist

  1. Melakukan riset pasar meliputi riset pesaing, riset produk dan harga serta trend periklanan.
  2. Merencanakan serta melaksanakan berbagai pengembangan seluruh web yang berkaitan dengan perusahaan baik dari tampilan, desain, navigasi, copywriting dan landing page dapat menjadi alat merketing dan  mendatangkan banyak visitor atau menarik perhatian customer.
  3. Mendesain, mengembangkan serta mempertahankan secara kontinuitas aktivitas di media sosial perusahaan.
  4. Mengukur serta melaporkan seluruh kinerja aktivitas pemasaran digital juga membandingkan dengan target (KPI juga ROI).
  5. Mengidentifikasi tren juga insights dengan mengoptimalkan seluruh aktivitas channel pada pemasaran online berdasarkan dengan data insights.
  6. Menjalankan brainstorming dengan berkala dalam menyusun strategi terbaru berkaitan dengan pemasaran secara online.
  7. Merencanakan, melaksanakan, hingga mengukur berbagai percobaan serta tes konversi.
  8. Mengoptimalkan promosi melalui media digital seperti Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, dan Instagram Ads.
  9. Menjalankan kolaborasi bersama tim dalam membuat halaman di web dan user experience.
  10. Mengevaluasi berbagai teknologi, trend IT, aplikasi yang sedang berkembang juga memberikan pemikiran juga perspektif dalam mengadopsi teknik pemasaran online dengan tepat.
  11. Mempunyai target juga evaluasi secara terukur, lewat channel iklan yang berbayar, misalkan, Iklan di Facebook maupun kampanye Google Adwords, hingga lewat perangkat lunak canggih CRM (manajemen hubungan pelanggan sosial), misalkan, SAP C4C, Sage CRM, microsoft Dynamics, juga Salesforce CRM.
  12. Merencanakan dan melaksanakan email marketing, social media campaign dan membuat konten yang menarik untuk iklan digital.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Digital Marketing Specialist

  • Memahami Ilmu Advertising, Media dan Komunikasi, Digital Marketing, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Manajemen Bisnis
  • Ketelitian dan kemampuan untuk bekerja secara akurat, serta Kemampuan untuk menangani lebih dari satu tugas sekaligus
  • Pengalaman desain grafis dan software editing digital, untuk membuat konten media sosial lebih menarik dengan tambahan video, foto dan infografis
  • Menguasai SEO atau SEM, email, media sosial dan kampanye iklan online
  • Berpengalaman merancang dan mengoptimalkan landing pages
  • Menguasai teknik A atau B eksperimen dan multivarian eksperimen
  • Memiliki pengetahuan yang kuat pada analisis situs Web (misalnya, Google Analytics, NetInsight, Omniture, WebTrends)
  • Memiliki kemampuan analisis yang kuat dan mampu membuat kebijakan berdasarkan data
  • Up-to-date dengan tren terbaru dalam bidang teknologi, pemasaran online, consumer behaviour dan pengukuran kinerja

Cara Menjadi Digital Marketing Specialist

a. Minimal Menempuh Pendidikan D3

Jenjang pendidikan umumnya bergantung dengan kebutuhan perusahaan dalam bidang pemasaran. Profesi ini biasanya memerlukan kandidat dengan gelar sarjana dalam bidang pemasaran, pemasaran online, dan lainnya.

Mahasiswa lulusan jurusan tersebut diharapkan mampu menguasai dasar pemasaran, teknis dalam mesin pencari atau search engine, SEO, analisis web, hingga pay-per-click.

Jadi, Minimal berpendidikan Diploma, sarjana sampai master di bidang studi atau jurusan pemasaran juga bidang yang terkait.

b. Sertifikasi Digital Marketing

Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi Anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga.

Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang Anda sandang sangat tergantung pada kredibiltas lembaga yang mengeluarkannya.

Ada banyak tempat yang menyediakan sertifikasi digital marketing secara online maupun offline, baik gratis ataupun berbayar. Misalnya saja,

  • Facebook Certified Planning Professional

Jika Anda sering mengandalkan media sosial seperti Facebook dan Instagram dalam strategi digital marketingFacebook Certified Planning Professional merupakan sertifikasi yang tepat untuk Anda ambil.

  • Google Analytics Individual Qualification

Sertifikasi tersedia online dan dapat diakses gratis. Kursus yang paling banyak disarankan untuk digital marketing melalui Google Analytics Individual Qualification.

Sertifikasi ini akan menguji kemampuan dalam memahami Google Analytics secara mendalam.

Kemampuan untuk memahami Google Analytics diperlukan untuk menganalisis performa strategi marketing yang dijalankan dan kekurangannya.

Dengan kemampuan ini, Anda bisa membuat strategi yang efektif untuk setiap strategi marketing.

  • HubSpot Content Marketing Certification

Apabila Anda menyukai atau condong ke content marketing dalam digital marketing, HubSpot Content Marketing Certification adalah program sertifikasi yang tepat untuk Anda.

  • Sertifikasi BNSP

Sertifikasi ini ditujukan bagi digital marketer yang berfokus membuat dan mempromosikan konten untuk tujuan mendatangkan audiens baru.

Badan Nasonal Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga nasional yang bertanggung jawab mengeluarkan sertifikasi untuk berbagai profesi. Salah satu sertifikasi yang dikeluarkannya adalah untuk digital marketing.

  • Google Ads Certification

Selain Google Analytics Individual Qualification, salah satu sertifikasi yang juga banyak disarankan untuk digital marketing adalah Google Ads Certification.

Jika Google Analytics Individual Qualification berfokus pada kemampuan dasar, Google Ads Certification berfokus pada topik-topik yang lebih luas mengenai Google Ads.

Sebelum mengikuti sertifikasinya, Anda bisa mengikuti kursusnya terlebih dahulu secara gratis.

Pada kursus tersebut, Anda akan lebih memahami mengenai value proposition sebuah iklan digital, cara membangun kampanye dari awal, hingga mengukur metrik dari iklan yang dijalankan.

Jenjang Karir Digital Marketing Specialist

Jenjang karirnya dimulai dari posisi terbawah digital marketing officer kemudian meningkat sampai bisa ke posisi digital marketing executive.

Dengan beberapa tanggung jawab digital marketer yang akan sering ditemui, antara lain:

  • Digital Strategist adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.
  • Social Media Strategist adalah seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi content campaign marketing di social media.
  • Social Media Specialist adalah seorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.
  • SEO Specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.

Fakta menarik, dari tanggung jawab yang dibagi-bagi ini nantinya bisa juga membawa karir Anda menjadi lebih profesional.

Yang Harus Kalian Ketahui Digital Marketing Specialist

Sebelum menjadi digital marketing, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Memang pekerjaan baru di Indonesia. Tapi, soal gaji tak perlu ragu. Dilansir dari kompas.com, di beberapa perusahaan, gaji posisi Digital Marketing bisa di atas dua digit atau di atas angka 20 juta.

  • Pelaku UMKM sangat antusias memahami tentang apa itu digital marketing. Informasi yang dikutip dari liputan 6.

  • Tidak kurang dari 2.600 Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di Jawa Tengah antusias mengikuti pelatihan pemasaran digital secara cuma-cuma. Ini merupakan bagian dari program “Active Selling” inisiasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Tantangan Menjadi Seorang Digital Marketing

1. Competitive Advantage

Tantangan dalam melakukan digital marketing yang pertama adalah persaingan yang ketat atau competitive advantage. Digital marketing dapat mempercepat pertumbuhan bisnis sehingga dibutuhkan pemasar yang andal dan taktis untuk dapat mengatasinya. Anda harus menggunakan berbagai alat pemasaran yang akan membuat bisnis berjalan lebih optimal.

Untuk itu, Anda perlu memiliki situs web yang dioptimalkan dengan mesin pencarian, skema pemasaran media sosial yang sesuai dengan segmen brand, hubungan dengan influencer yang memiliki kredibilitas untuk mempromosikan produk, iklan online yang ditargetkan dengan tepat, dan rencana pemasaran yang efektif untuk prospek bisnis Anda.

Saat ini telah banyak bisnis yang bersaing dalam dunia digital marketing. Namun, tak semua bisnis memiliki strategi dan keunggulan yang berbeda dari pasar mereka. Competitive advantage dinilai sangat penting karena akan mempengaruhi keseluruhan pasar pada dunia digital marketing.

2. Indonesia Infrastruktur Internet Masih Belum Merata

Studi yang dilakukan oleh The Economist Intellegence Unit menempatkan Indonesia di urutan ke-57 dari 100 negara dalam Indeks Internet Inklusif sehingga menunjukkan bahwa masih banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan fungsi ekonomi digital.

Secara global, Indonesia berada di bagian terbawah dan di posisi keempat di antara negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah lainnya dalam hal inklusivitas internet.

Perkembangan jaringan internet yang lambat dapat menghambat pertumbuhan industri digital yang menggunakan peralatan TIK.

3. Consumer Behaviour

Banyak faktor yang akan mempengaruhi perubahan perilaku konsumen seperti halnya faktor dalam keputusan pembelian. Hal tersebut menjadi sangat penting dikarenakan akan mempengaruhi secara signifikan dari sebuah bisnis.

Segala bentuk media pemasaran terpaksa menghadirkan inovasi-inovasi baru agar tetap relevan dengan zaman. Dengan ekspektasi konsumen yang tinggi dan penggunaan perangkat digital yang begitu pesat, pemasar saat ini akan dihadapkan pada sebuah tantangan baru dalam menyikapi hal tersebut.

4. Budaya Organisasi

Dalam perkembangan digitalisasi perubahan budaya organisasi sangat berpengaruh.

Berusaha dalam menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inovatif dinilai sangat penting. Karena akan mempengaruhi kinerja para karyawan untuk menciptakan ide-ide dan strategi untuk menghadapi transformasi digital marketing.

5. Memilih Teknologi yang Tepat

Memilih teknologi pemasaran yang tepat dapat menjadi keputusan yang membingunkan. Sebelum memilihnya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan kegunaan teknologi dapat mendukung kebutuhan perusahaan.
  • Pilih teknologi dengan komponen interface yang mudah dipahami oleh tim yang Anda miliki.
  • Gunakan teknologi yang memfasilitasi terjadinya otomasi dalam proses Digital Marketing Anda.

6. Anggota Tim yang Sesuai

Untuk meningkatkan efektivitas digital marketing perusahaan, Anda tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang sesuai.

Pastikan Anda mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di saluran tempat orang-orang tersebut mencari pekerjaan.

Gunakan juga kebijakan masa kerja percobaan untuk semakin memastikan kecocokan anggota baru Anda.

Profesi Lainnya

profesi finance

Finance

Finance atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai keuangan adalah ilmu dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan setiap perusahaan. Sementara

Read More »
profesi psikolog

Psikolog

Psikolog adalah seorang ahli psikologi dalam bahasa inggris yaitu psychologist sebagai pakar yang menguasai bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental

Read More »
produser film

Produser Film

Dalam proses pembuatan film membutuhkan banyak produser untuk membimbing beragam departemen. Produser film mengelola sisi bisnis dari proses produksi. Pengertian produser film lebih detail yakni orang

Read More »
profesi fotografer

Fotografer

Secara umum pengertian fotografer diartikan sebagai orang yang tengah menggeluti aktivitas fotografi. Profesi fotografer yakni bertugas membuat dan mengambil gambar, dengan cara menangkap cahaya dari

Read More »
profesi programmer

Programmer

Seorang programmer bertugas untuk menulis dan mengedit kode untuk program dan software. Programmer adalah adalah orang yang mampu menguasai bahasa pemrograman dengan baik, sehingga bisa memberikan hasil kerja

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »