mployee logo

Profesi SEO Specialist

SEO specialist atau Search Engine Optimization Specialist merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia optimasi search engine atau mesin pencarian.

 

profesi seo specialist

Deskripsi Profesi SEO Specialist

SEO specialist menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi terbaik dari mesin pencari seperti Google untuk kata pencarian yang diinginkan.

Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking, sehingga muncul di halaman pertama Google saat seseorang mengetikkan sebuah keyword yang relevan dengan konten website tersebut.

Dalam dunia internet, website merupakan sarana yang paling tepat untuk membangun branding. Agar website perusahaan dibaca oleh banyak orang maka trafficnya harus terus meningkat secara berkala.

Lewat keyword dan phrase tertentu semua informasi yang terkait dengan perusahaan tersebut akan dapat dideteksi dengan mudah melalui Google, Yahoo atau Bing.

Kehadiran pakar SEO dapat membantu meningkatkan perolehan traffic ke website Anda sekaligus menaikkan potensi pendapatan dari hasil pembelian produk atau jasa di website tersebut.

Jobdesk SEO Specialist

  1. Merancang arsitektur teknis untuk pengembangan SEO perusahaan.
  2. Menganalisa website baik dari sudut pandang mesin pencari dan user untuk memaksimalkan optimasi website.
  3. Memastikan seluruh konten sudah teroptimasi dengan maksimal pada semua platform internet seperti blog, website, video, smartphone, dan lainnya.
  4. Mempromosikan sebuah website baik secara off site ataupun onsite.
  5. Membuat laporan secara terperinci mengenai kinerja website yang sudah dioptimasi.
  6. Meningkatkan serta mempertahankan aspek seperti profil, traffic dan interaksi dengan pengguna yang menentukan ranking web di mesin pencarian.
  7. Mengestimasi perubahan apapun yang ada di algoritma Google.
  8. Mempunyai pengetahuan dan skill SEO copywriting, teknik iklan dan desain layout.
  9. Menangani segala hal yang berkaitan dengan search engine marketing.
  10. Memahami pola mesin pencari untuk menemukan formula yang tepat agar traffic website mencapai target yang diinginkan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki SEO Specialist

  • Seorang SEO Specialist membutuhkan tools yang akan membantunya dalam proses optimasi sebuah website. Tools pertama adalah Google Analytics dan Google Adwords.
  • Kemampuan tentang pengembangan web menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript
  • Pengetahuan tentang faktor peringkat dan algoritma search engine
  • Up-to-date dengan tren terbaru dan praktik terbaik di SEO dan SEM
  • Kemampuan untuk bekerja dengan elemen SEO back-end seperti .htaccess, robots.txt, metadata, optimasi kecepatan situs, dan keterampilan terkait.
  • Pemahaman mendalam tentang strategi seluler dan bagaimana kaitannya dengan SEO
  • Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam bidang ini karena kamu akan membutuhkan berbagai macam skill komunikasi seperti mediasi, mengajar, serta memberikan informasi terhadap sistem organisasi di perusahaan serta kepada para pemegang saham.
  • Pemahaman yang solid tentang bagaimana blogging, siaran pers, media sosial, dan strategi terkait berjalan seiring dengan SEO
  • Pengalaman dalam membangun lalu lintas pencarian organik dan meningkatkan SERP
  • Membuat laporan yang menunjukkan data analisis dan evaluasi situs web
  • Jika kamu ingin menjadi seorang SEO specialist, kamu harus memiliki ketertarikan dalam bidang digital marketing serta berkomitmen tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang selalu maju dan up to date.
  • Analisis terhadap algoritma Google harus kamu kuasai jika ingin mencoba pekerjaan ini. Hal ini karena seorang SEO Specialist diharapkan dapat memprediksi perubahan jenis apa yang akan muncul dalam algoritma Google.

Cara Menjadi SEO Specialist

Tidak Ada Spesifikasi Jurusan

Secara umum, tidak ada spesifikasi jurusan kuliah tertentu untuk menjadi SEO Specialist. Anda juga tidak perlu memiliki latar belakang di bidang IT untuk berkarier sebagai SEO Specialist.

Mempelajari SEO juga dapat dilakukan dari dasar atau tanpa pengalaman.

SEO Spesialist adalah profesi yang dapat dipelajari secara otodidak, jika memenuhi persyaratan berikut:

1. Paham dan Update Mengenai Alogaritma Search Engine

Search engine seperti Google, Bing atau Yahoo memiliki tiga mesin utama yaitu Crawling (konten), Indexing (menyimpan dan melacak konten), retrieval (konten yang berkaitan dengan yang dicari penguna). Tiga konsep tersebut harus dipahami untuk dapat memahami cara alogaritma search engine.

2. Update dengan Trend SEO Terbaru

Sejak pembaruan 2002, Google telah membuat perubahan algoritma utamanya secara eksplisit. Seorang SEO Spesialist harus mampu mengikuti perkembangan yang terus berubah.

Perubahan yang terjadi pun harus dipelajari secara otodidak dengan terus membaca informasi terbaru, melatih keterampilan dan pengalaman.

3. Paham mengenai pemeliharaan website

Meski tidak diharuskan paham bahasa pemrograman, namun SEO Spesialist sudah seharusnya mengerti cara kerja pengunaan website. Seperti penempatan artikel, gambar, link ,attachment dsb.

Yang tidak kalah penting seorang SEO Specialist akan memiliki nilai tambah apabila paham mengenai bahasa pemograman, terutama 3 yang wajib yaitu css, html dan javascript.

Paham 3 bahasa pemograman itu sudah cukup membantu pekerjaan seorang SEO Specialist.

4. Menguasai Bahasa Digital Marketing

Pemasaran produk melalui platform digital kini menjadi prioritas utama perusahaan – perusahaan berkembang di seluruh dunia. Pemasaran melalui metode ini dinilai lebih cepat dan tepat sasaran, menjangkau lebih luas, lebih efektif dan biayannya terjangkau serta lebih mudah di evaluasi.

Seorang SEO Spesialist harus mampun menjadikan konten yang iasajikan mampu bersaing dengan kompetitor baik dari segi penyajian informasi maupun dari kemudahan dalam mengakses produk yang ingin dibeli.

5. Memahami Beberapa Tools SEO

Untuk menunjang pekerjaannya SEO Spesialist harus menguasai beberapa software yang menunjang kinerjanya. Diantarannya Google Webmaster tools, Google Analytics, Semrush, Google Adwords, dan Ahrefs.

Software tersebut membantu memantau, menganalisa, dan memperbaiki hasilkerja SEO Spesialist.

Cara Mendapatkan Sertifikasi SEO

Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi Anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga.

Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang Anda sandang sangat tergantung pada kredibiltas lembaga yang mengeluarkannya.

Ada banyak tempat yang menyediakan sertifikasi SEO specialist secara online maupun offline, baik gratis ataupun berbayar. Misalnya saja,

  • SEMrush tak hanya menawarkan tools yang berguna untuk kampanye digital marketing. Rupanya mereka juga memiliki program kursus dan sertifikasi gratis. Kursus ini ditawarkan untuk para pemula yang baru mempelajari SEO serta digital marketing secara umum.

  • HubSpot juga tak ketinggalan menawarkan kursus dan sertifikasi seputar SEO. Dalam kursus yang disediakan terdapat 15 video materi untuk para peserta. Materi yang diajarkan mulai dari dasar SEO hingga pengembangan strateginya untuk menjalankan kampanye. Kemudian, ada pula materi soal link building hingga pemilihan topik konten yang menarik.

  • Seorang SEO specialist juga harus paham mengenai Google Analytics. Jadi, kamu bisa mengambil sertifikasi Google Analytics untuk membuktikan kemampuanmu tersebut. Kursus yang disediakan oleh juga Google Digital Garage sepenuhnya gratis. Namun, kursus ini lebih ditujukan untuk pemula sehingga materi yang diberikan terbatas pada dasar-dasar SEO.

Ikut Komunitas

Ikut dengan komunitas juga menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan skill di bidang SEO.

Di komunitas Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Hal itu tentunya akan memudahkan Anda dalam bertukar informasi soal bidang SEO.

Saat ada kesulitan, Anda bisa langsung mencoba berdiskusi dengan anggota komunitas untuk mencari jalan keluarnya.

Terus Berlatih

Hal yang satu ini sangat penting dilakukan jika Anda ingin skill SEO-mu bisa meningkat.

Dengan terus berlatih tentunya akan mudah bagi Anda dalam memahami seluk-beluk SEO dan mampu mengoptimasi website menjadi lebih baik.

Tanpa latihan, jangan harap deh. Pastinya Anda akan tertinggal dengan perkembangan terbaru di bidang SEO.

Parahnya, kemampuan Anda akan stuck sehingga akan sulit untuk mendapatkan karier yang lebih baik.

Jenjang Karir SEO Specialist

  1. Junior SEO
  2. SEO Executive
  3. SEO Manager atau Account Manager
  4. Head of SEO ataupun Head of Digital

Namun, Anda juga bisa beralih ke posisi marketing karena pada dasarnya SEO specialist adalah bentuk atau bagian dari marketing digital.

SEO specialist dapat bekerja di startup, perusahaan swasta, agency hingga membuka jasa konsultan SEO milik pribadi.

Yang Harus Kalian Ketahui SEO Specialist

Sebelum menjadi SEO specialist, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Pekerjaan menjadi SEO specialist mungkin terdengar cukup familiar di telinga, terutama jika Anda bekerja di sebuah perusahaan startup.

  • Untuk dapat membuat informasi tentang suatu perusahaan masuk kedalam daftar pencarian bukanlah hal yang mudah karena itu dibutuhkan SEO Specialist yang memiliki memiliki keahlian yang mumpuni.

  • Bahkan, profesi ini merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor.

  • Beberapa SEO specialist di perusahaan memungkinkan untuk bekerja secara remote, di mana saja dan kapan saja, selama memiliki gadget dan koneksi internet yang memadai.

  • Selain itu, SEO specialist juga banyak sekali peluang untuk bekerja secara freelance, lho. Tidak menutup kemungkinan buat Anda yang memiliki pekerjaan utama, bisa mengambil job sampingan SEO specialist selama memiliki skill SEO yang memadai.

  • Memang pekerjaan baru di Indonesia. Tapi, soal gaji tak perlu ragu. Dilansir dari kompas.com, di beberapa perusahaan, gaji posisi SEO Specialist bisa di atas dua digit. Riset Walters Indonesia menyebutkan gaji per tahunnya mencapai Rp 400.000.000. Dan angka tersebut belum termasuk tunjangan dan bonus jika pekerjaan sesuai dengan target.

Menarik bukan?

Selain itu, jika Anda berminat menjadi seorang SEO specialist, ada banyak keuntungan yang bisa diraih:

Bisa Membangun Bisnis Online Sendiri

Karena Anda sudah memahami seluk beluk internet marketing, akan semakin mudah bagi Anda untuk memulai bisnis di bidang ini. Entah bisnis content marketing atau branding sebuah produk.

Anda pun tidak perlu tidak perlu repot menyewa jasa SEO profesional. Dengan begitu tak perlu lagi mengeluarkan budget untuk mengurusi masalah optimasi.

Ini tentunya menjadi nilai lebih karena bisa mengurangi budget dalam berbisnis. Anda pun bisa mengalihkan biaya untuk keperluan lainnya.

Bisa Menjadi Manajer Pemasaran yang Handal

Beda era beda pula kebutuhannya. Yap, di era dimana teknologi semakin maju, skill menjadi seorang manajer marketing juga bertambah.

Kemampuan SEO menjadi salah satu syarat wajib bagi seorang manajer pemasaran. Khususnya jika berbisnis di dunia online.

Apabila Anda paham SEO, Anda bisa menjadi seorang ahli marketing SEO yang mengkombinasikan ilmu marketing dan SEO sekaligus. Tak hanya mahir di dunia website, Anda juga bisa handal dalam perbisnisan di internet.

Hal ini menjadi nilai lebih bagi Anda karena perusahaan manapun sangat mendambakan kemampuan tersebut.

Bisa Meningkatkan Traffic Website

Ketika Anda memilih untuk membuat website, tugas Anda tentunya mengoptimasi SEO agar website tersebut dikunjungi oleh banyak orang.

Jika Anda sudah ahli SEO, Anda tak akan direpotkan dengan hal tersebut. Karena Anda sudah paham bagaimana mengoptimasi sebuah web. Ini akan berdampak positif pada peningkatan website di mesin pencarian.

Anda bisa mempromosikan apa saja di website Anda, entah itu jasa atau produk. Apalagi jika Anda juga sudah handal copywriting, tidak sulit untuk menambah penghasilan secara online.

Bisa Memahami Website dengan Baik

Seorang SEO specialist akan sangat paham dengan apa yang website butuhkan. Hal ini menjadi keuntungan bagi Anda.

Karena Anda bisa dengan mudah menganalisa kebutuhan website. Anda pun akan tahu bagaimana cara meningkatkan traffic website di internet.

Profesi Lainnya

profesi video editor

Video Editor

Video editor adalah posisi yang sangat penting dalam proses pembuatan video atau film, perannya sangat menentukan kualitas video yang dibuat. Tugas utama seorang video editor

Read More »
profesi devops

Devops

DevOps adalah serangkaian praktik yang mengotomatisasi proses antara pengembangan aplikasi dan tim pengembang. DevOps merupakan singkatan dari dua kata yaitu Development dan Operation. Di mana kedua

Read More »
konsultan it

Konsultan IT

Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak

Read More »
pengertian sem

SEM Specialist

SEM (Search Engine Marketing) kerap dikatakan memiliki peran yang sama dengan SEO Spesialist dalam suatu perusahaan. SEM spesialist mempunyai peran untuk membuat website atau blog

Read More »
profesi hubungan masyarakat

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat atau biasa disingkat humas, yakni merencanakan, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi strategi informasi dan komunikasi yang menciptakan pemahaman dan pandangan yang menguntungkan tentang usaha

Read More »
quality control

Quality Control (QC)

Pengertian secara umum, Quality Control (QC) adalah proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan untuk mengukur serta memastikan kualitas produk telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan

Read More »