mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Polisi

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh wilayah negara.

polisi

Deskripsi Profesi Polisi

Anggota polisi adalah orang yang bekerja sebagai petugas atau pegawai pada institusi kepolisian. Tugas utama anggota polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan hukum dan peraturan yang berlaku di wilayahnya. Tugas mereka dapat meliputi patroli, penyelidikan, penangkapan, penyidikan, pengamanan, pengawalan, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi anggota polisi, seseorang biasanya harus mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh institusi kepolisian setempat. Selain itu, calon anggota polisi juga harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti memiliki kualifikasi pendidikan yang memadai, memenuhi persyaratan kesehatan dan fisik, serta memiliki kemampuan komunikasi dan kerja tim yang baik.

Setelah lulus dari pendidikan dan pelatihan, anggota polisi biasanya akan ditempatkan pada unit atau divisi tertentu dalam institusi kepolisian, seperti unit patroli, unit penyidikan, unit intelijen, atau unit keamanan dan pengamanan.

Jobdesk Polisi

1. Tugas Pembinaan masyarakat (Pre-emtif)

Tugas Polri dalam bidang ini adalah Community Policing, dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat secara sosial dan hubungan mutualisme.

Namun, konsep dari Community Policing itu sendiri saat ini sudah bias dengan pelaksanaannya di Polres-polres.

Konsep Community Policing sudah ada sesuai karakter dan budaya Indonesia (Jawa) dengan melakukan sistem keamanan lingkungan (siskamling) dalam komunitas-komunitas desa dan kampong, secara bergantian masyarakat merasa bertangggung jawab atas keamanan wilayahnya masing-masing.

Hal ini juga ditunjang oleh Kegiatan Bhabinkamtibmas yang setiap saat harus selalu mengawasi daerahnya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan khusus.

2. Tugas di bidang Preventif

Segala usaha dan kegiatan di bidang kepolisian preventif untuk:

  • Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
  • Memelihara keselamatan orang, benda dan barang termasuk memberikan perlindungan dan pertolongan, khususnya mencegah terjadinya pelanggaran hukum

Dalam melaksanakan tugas ini diperlukan kemampuan professional teknik tersendiri seperti patroli, penjagaan pengawalan dan pengaturan.

3. Tugas di bidang Represif

Di bidang represif terdapat 2 (dua) jenis Peran dan Fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu, represif justisiil dan non justisiil.

Bila terjadi tindak pidana, penyidik melakukan kegiatan berupa:

  • Mencari dan menemukan suatu peristiwa yang dianggap sebagai tindak pidana
  • Menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan
  • Mencari serta mengumpulkan bukti
  • Membuat terang tindak pidana yang terjadi
  • Menemukan tersangka pelaku tindak pidana

Keahlian Yang Harus Dimiliki Polisi

Seorang polisi harus memiliki beberapa keahlian dan kemampuan khusus untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Beberapa keahlian dan kemampuan yang harus dimiliki seorang polisi antara lain:

  1. Pengetahuan hukum:
    Seorang polisi harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang hukum dan peraturan yang berlaku di wilayahnya.
  2. Kemampuan fisik:
    Tugas seorang polisi seringkali membutuhkan kemampuan fisik yang baik, seperti berlari, melompat, dan mengejar pelaku kejahatan.
  3. Kemampuan komunikasi:
    Seorang polisi harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat, kolega, dan pihak lain yang terlibat dalam tugasnya.
  4. Kemampuan analisis:
    Seorang polisi harus memiliki kemampuan analisis yang baik untuk dapat menyelesaikan masalah dan menentukan tindakan yang tepat.
  5. Kemampuan bekerja dalam tim:
    Seorang polisi seringkali bekerja dalam tim, sehingga harus memiliki kemampuan bekerja sama dan bekerja dalam tim yang baik.
  6. Keberanian: Seorang polisi harus memiliki keberanian yang cukup untuk dapat menghadapi situasi yang mungkin berbahaya.
  7. Kemampuan penyelesaian konflik:
    Seorang polisi harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan konflik dan mengendalikan situasi yang mungkin berpotensi menjadi kekerasan.
  8. Keterampilan teknis:
    Seorang polisi harus memiliki keterampilan teknis yang baik dalam penggunaan alat-alat seperti senjata, komunikasi, dan kendaraan patroli.

Cara Menjadi Polisi

Untuk menjadi seorang polisi, biasanya dibutuhkan beberapa persyaratan dan langkah-langkah tertentu, antara lain:

  1. Memenuhi persyaratan pendidikan: Biasanya setidaknya dibutuhkan gelar sarjana atau diploma dari program pendidikan kepolisian atau bidang terkait.
  2. Memenuhi persyaratan umum: Persyaratan umum untuk menjadi polisi dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan masing-masing institusi kepolisian. Beberapa persyaratan umum yang biasanya diterapkan antara lain adalah usia minimal 18 atau 21 tahun, tinggi badan minimal, kesehatan dan kondisi fisik yang baik, dan tidak memiliki catatan kriminal.
  3. Melamar ke institusi kepolisian: Setelah memenuhi persyaratan pendidikan dan persyaratan umum, langkah selanjutnya adalah melamar ke institusi kepolisian setempat.
  4. Mengikuti seleksi: Calon polisi biasanya akan mengikuti serangkaian tes dan seleksi, seperti tes tertulis, tes fisik, tes kesehatan, tes psikologis, dan wawancara.
  5. Mengikuti pendidikan dan pelatihan: Jika diterima sebagai anggota polisi, calon polisi harus mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah kepolisian atau pusat pelatihan kepolisian.
  6. Menyelesaikan masa orientasi: Setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan, calon polisi harus menyelesaikan masa orientasi yang biasanya berlangsung beberapa bulan, untuk mempersiapkan mereka dalam menjalankan tugas di lapangan.
  7. Menempuh karir: Setelah selesai masa orientasi, anggota polisi dapat menempuh karir dengan menjabat di berbagai posisi dalam institusi kepolisian, seperti unit patroli, unit penyidikan, unit intelijen, atau unit keamanan dan pengamanan.

Jenjang Karir Polisi

Tamtama

Merupakan pangkat polisi paling rendah, yang umumnya disandang oleh lulusan sekolah kepolisian atau mereka yang baru masuk di jajaran kepolisian. Beberapa jabatan yang tergolong sebagai Tamtama adalah Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), Ajudan Brigadir Polisi Satu (Briptu), dll.

Bintara

Sama seperti Tamtama, pangkat Bintara juga terbagi dalam beberapa bagian seperti Sersan Mayor Polisi, Sersan Satu Polisi, Brigadir Polisi Dua (Bripda), Brigadir Polisi Satu (Briptu), dll.

Bintara Tinggi

Golongan yang termasuk dalam pangkat ini antara lain Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda), dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu).

Perwira Pertama

Golongan perwira pertama adalah Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Perwira Menengah

Beberapa golongan yang termasuk dalam pangkat ini adalah Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Perwira Tinggi. Golongan yang termasuk dalam pangkat Perwira Tinggi adalah Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), dan Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Yang Harus Kalian Ketahui Polisi

Sebelum menjadi polisi, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Gaji polisi besarannya tergantung pada pangkatnya. Begitu pun dengan tunjangannya tidak jauh berbeda dengan PNS.

  • Pekerjaan polisi tidak hanya digeluti oleh laki-laki saja, tetapi wanita juga bisa menjadi polisi. Meskipun jumlah polwan lebih sedikit dari polisi laki-laki.

Profesi Lainnya

konsultan pajak

Konsultan Pajak

Profesi konsultan pajak menjadi salah satu bidang pekerjaan yang sangat penting dalam dunia perpajakan. Konsultan pajak adalah seorang ahli yang memberikan nasihat dan bantuan kepada

Read More »
teknisi alat kesehatan

Teknisi Alat Kesehatan

Teknisi Alat Kesehatan adalah profesional yang berperan penting dalam industri perawatan kesehatan. Mereka memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang alat-alat medis dan bertanggung jawab untuk

Read More »
profesi petani

Petani

Petani adalah orang yang pekerjaannya bercocok tanam. Petani sendiri sebenarnya berasal dari bahasa sanskerta yang diserap dan digunakan menjadi bahasa Indonesia. Dalam bahasa sanskerta petani

Read More »
profesi social media specialist

Social Media Specialist

Profesi social media specialist mungkin terdengar baru di era digital ini. Faktanya, Wearesocial Hootsuite menyampaikan bahwa pada tahun 2019, penggunaan media sosial di Indonesia mencapai

Read More »
profesi trafel agen

Travel Agen

Pekerjaan seorang Travel Agen melibatkan organisasi dan pengaturan perjalanan untuk individu atau kelompok yang ingin menjelajahi dunia. Sebagai seorang travel agen, Anda akan menjadi ahli

Read More »
juru masak

Juru Masak

Juru masak adalah profesi yang bertugas dalam membuat resep, menentukan dan menakar bahan masakan sekaligus memasak serta menyajikan hidangan. Hidangan yang dibuat oleh juru masak tentu

Read More »