mployee logo

Profesi Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah posisi yang fokus untuk menciptakan konten digital secara kreatif dan menarik untuk berbagai jenis platform media sosial sebuah perusahaan.

profesi social media specialist

Deskripsi Profesi Social Media Specialist

Profesi social media specialist mungkin terdengar baru di era digital ini.

Faktanya, Wearesocial Hootsuite menyampaikan bahwa pada tahun 2019, penggunaan media sosial di Indonesia mencapai 56% populasi atau sekitar 150 juta orang.

Angka ini sangat besar. Itulah alasan kenapa perusahaan-perusahaan kini sangat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness serta meningkatkan angka penjualan. Alhasil, posisi social media specialist, kini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. 

Sebenarnya apa itu social media specialist?

Social media specialist merupakan posisi yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan.

Posisi ini tidak jauh dari pembuatan konten digital yang kreatif, menarik, dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Sebagian orang yang sudah terjun ke dunia media sosial mungkin sudah merasakan pahit-manisnya pekerjaan ini.
Keberadaannya memainkan peran penting dalam menunjang kebutuhan perusahaan seperti untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan.

Sebagai social media specialist nantinya tidak hanya membuat 1 jenis konten saja lho! Tapi, berbagai konten untuk media sosial. Social media specialist harus mengerti cara untuk menyesuaikan konten yang sama, namun diaplikasikan ke tiap jenis sosial media yang berbeda.

Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan setiap platform media sosial mempunyai karakteristik yang tak sama. Misalnya konten Instagram, tidak bisa digunakan begitu saja di Twitter atau pun Facebook.

Konten ini harus ‘diulik’ sedemikian rupa agar dapat menyesuaikan karakteristik tiap sosial media supaya lebih efektif.

Seorang social media specialist harus memiliki pemahaman dan karakteristik dari setiap media sosial yang akan digunakan. Tak hanya membuat konten, optimasi konten secara efektif juga dibutuhkan untuk menarik perhatian audiens agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Jobdesk Social Media Specialist

  • Merencanakan dan menciptakan konten yang memiliki value di akun media sosial perusahaan yang berdasarkan dari riset yang mendalam, target audiens yang jelas, dan platform sosial media yang tepat.
  • Membuat, menyunting, mengelola, dan mempublikasikan konten yang relevan bagi audiens dan mendorongnya untuk melakukan pembelian atau tertarik akan postingan tersebut.
  • Membuat jadwal untuk posting konten.
  • Mengoptimasi media sosial untuk meningkatkan daya tarik audiens.
  • Berkomunikasi dengan followers di media sosial.
  • Menggunakan tools analitik seperti Google Analytics atau Facebook Insights.
  • Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap bulannya.
  • Berkomunikasi dengan tim desain grafis untuk menyusun visual konten.
  • Memahami perkembangan tren di media sosial untuk membuat konten yang lebih baik dan selalu update.
  • Meriset hashtag yang akan dimasukkan dalam caption.
  • Memberikan masukan dan saran untuk strategi social media marketing

Keahlian Yang Harus Dimiliki Social Media Specialist

1. Social Media Savvy!

Untuk menjadi seorang Social Media Specialist, Anda tentunya harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Anda harus mengetahui berbagai macam media sosial yang sering digunakan oleh audiens.

Ini mencakup kemampuan dalam menggunakan tools media sosial, tools analytic, social media ads hingga mengetahui jenis konten apa yang paling tepat di setiap platform dan cara mengoptimalkannya.

Anda juga harus peka tentang topik yang sedang hangat dibicarakan atau sesuatu yang sedang tren agar konten bisa up to date dan kekinian. Menyukai media sosial merupakan hal yang paling penting dari pekerjaan ini!

Caranya agar Anda dapat menjadi social media specialist yakni Anda membutuhkan kemampuan dasar di bidang media sosial tersebut.

2. Memiliki Skill Komputer

Setelah memiliki kemauan yang tinggi terhadap media sosial, tentunya seorang social media specialist wajib menguasai pemahaman komputer, seperti WordPress, Blog, dan aplikasi lainnya untuk memposting tulisan.

3. Kemampuan Copywriting dan Storytelling 

Seorang social media specialist menjadi suara dibalik saluran media sosial perusahaan. Ia bertugas untuk memberi pemahaman orang-orang akan perusahaan Anda melalui media sosial. Untuk melakukan tugasnya tersebut, Anda harus memiliki skill dalam menulis dan storytelling yang kuat.

Manfaat memiliki kemampuan ini, Anda tidak hanya akan dapat menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang dapat menarik audiens, namun juga dapat menciptakan tone yang tepat di semua platform media sosial perusahaan.

Selain itu, memiliki pengetahuan SEO akan sangat membantu social media specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu menarik audiens yang lebih besar dan mengarahkan ke lebih banyak pelanggan potensial.

Harus perbanyak baca atau cari referensi yang bisa dijadikan bahan tulisan.

4. Manajemen Waktu Stabil

Menjadi social media specialist tentunya wajib untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Mulai dari memposting konten, revisi konten, revisi desain, hingga editing harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, Anda harus pintar menentukan segala hal yang lebih baik dikerjakan lebih dahulu agar satu persatu semuanya selesai.

5. Kemampuan Berkomunikasi Baik

Kemampuan berkomunikasi dengan baik menjadi kunci dari setiap pekerjaan. Seorang karyawan, seperti Social Media Specialist akan bekerja sama dengan departemen lain untuk sama-sama membangun tujuan perusahaan.

Hal ini juga dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan para audiens untuk menarik banyak pelanggan. Anda juga bisa melakukan kedekatan komunikasi secara virtual dengan tulisan, SEO, editing, dan lain-lain.

6. Paham Tools yang Akan Digunakan

Ada banyak tools yang digunakan oleh seorang Social Media Specialist untuk memudahkan pekerjaannya.

Anda harus menguasai berbagai tools, seperti Google Analytics, Hootsuite, Instagram Insight, Facebook Insight untuk memantau perkembangan media sosial yang dikelola.

7. Kemampuan Analisis yang Baik

Kemampuan analisis memainkan peran penting dalam membantu Anda menjalankan peran sebagai social media specialist. Anda akan membutuhkan kemampuan ini untuk menganalisis dan menilai data media sosial, menganalisis metrik konversi yang ada dan membuat laporan media sosial.

Melakukan analisa dengan tepat akan membantu Anda merancang strategi yang lebih tepat dalam aktivitas dan kampanye di media sosial.

8. Punya Nilai Aesthetic

Aspek visual tidak dapat dipungkiri sangat penting dalam media sosial. Pasalnya dalam brand storytelling tidak hanya cukup dilakukan dengan kata-kata saja, namun juga membutuhkan presentasi estetik yang menarik di semua platform.

Untuk itu, memiliki selera desain yang baik dan mampu menerjemahkannya menjadi konsep dan konten yang menarik adalah hal yang harus dimiliki social media specialist. 

Ini bukan berarti Anda harus terampil dalam hal desain menggunakan photoshop. Namun, setidaknya Anda dapat menggunakan alat pembuat konten sederhana seperti canva, giphy atau adobe spark yang dapat membantu Anda dalam menciptakan postingan yang menarik.

Atau Anda bisa bekerja sama dengan tim desain. Makanya, Anda juga harus memiliki selera visual desain yang baik agar bisa mencocokan atau melihat kelayakan desain yang akan diposting.

9. Kreatif

Jika konten yang dibagikan tidak kreatif, tidak menarik, monoton dan membosankan, maka itu secara otomotasi brand akan kehilangan pelanggannya.

Untuk itu seorang social media specialist baiknya memiliki kreativitas sebagai skill penunjang.

Anda harus dapat memunculkan ide-ide baru yang menarik, kreatif dan inovatif dalam merancang kampanye di media sosial sehingga tidak hanya tetap menjaga keterlibatan follower, Anda juga dapat membantu media sosial perusahaan tetap menonjol di banding pesaing lainnya.

10. Manajemen Komunitas

Hal yang paling penting dalam keberadaan media sosial bagi brand adalah untuk terhubung dan terlibat dengan pelanggan yang menjadi komunitasnya secara efektif.

Untuk itu Anda harus memiliki kemampuan dalam membangun koneksi dan terlibat aktif dengan komunitas online dan pelanggan potensial di berbagai jejaring sosial brand.

11. Dapat Berpikir Cepat

Tren di dunia media sosial berkembang sangat cepat. Seorang social media specialist harus mampu berpikir cepat, mengadaptasikan ide kreatifnya dengan tren yang ada.

Jangan sampai konten yang dibuat tidak update dan menurunkan ketertarikan dari audiens.

Cara Menjadi Social Media Specialist

Tidak ada jurusan khusus yang mengantarkan seseorang menjadi social media specialist. Tapi kemampuan di bidang penulisan, desain atau memahami teknik analisis yang baik dan benar ada kaitannya berdasarkan jurusan Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komputer dan jurusan lainnya.

Jika Anda ingin mendalami profesi ini, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

1. Sertifikasi Social Media Specialist

Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi Anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga.

Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang Anda sandang sangat tergantung pada kredibiltas lembaga yang mengeluarkannya.

Ada banyak tempat yang menyediakan sertifikasi digital marketing secara online maupun offline, baik gratis ataupun berbayar. Misalnya saja Google Digital Garage, Analytics Academy, Hootsuite, Digital Marketing BNSP, dsb.

2. Workshop

Dengan mengikuti workshop berbentu diskusi membuat Anda bisa bertukar pikiran dengan peserta lain, sehingga menambah wawasan serta sudut pandang baru.

Tentu pembicara workshop adalah seorang ahli dan profesional yang memiliki pengalaman banyak akan membantu Anda mendapatkan ilmu yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Berkumpul serta melakukan diskusi dengan orang yang memiliki minat atau hobi sama merupakan kesenangan tersendiri. Dari workshop ini, Anda bisa mendapatkan teman baru yang memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama.

3. Bangun Portofolio

Anda bisa memulai dengan membangun sosial media Anda. Isi dengan konten-konten yang bermanfaat dan Anda bisa menunjukkan performa Anda lewat sosial media Anda sendiri.

Jenjang Karir Social Media Specialist

Pekerjaan sebagai social media specialist sampai saat ini masih terus dibutuhkan seiring berkembangnya dunia digital. Umumnya, menurut National Careers, jenjang karier berikutnya adalah social media manager.

Walaupun demikian, dikarenakan cakupan posisi ini sangat luas Anda bisa masuk ke bidang social media marketing, menjadi content producer bahkan terlibat dalam SEO.

Menarik bukan?

Yang Harus Kalian Ketahui Social Media Specialist

Sebelum menjadi social media specialist, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Tantangan terbesar menjadi seorang social media specialist yakni engagement followers. Karena followers sebuah brand pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Sudah menjadi tanggung jawab social media specialist untuk memahami apa yang pelanggan atau pun followers mau. Ini menjadi cara terbaik agar hubungan antar kedua belah pihak tetap terjaga.
  • Social media specialist harus dapat selalu aware dengan perkembangan dan hal-hal sekitar yang sedang “happening”. Selain itu, Anda juga dituntut untuk berpikir mengenai bagaimana cara kita “membungkus” sebuah postingan konten sesuai dengan image perusahaan tetapi tetap dapat menarik dan sesuai dengan hal yang sekarang lagi booming.

Profesi Lainnya

profesi desiain interior

Desainer Interior

Desainer interior adalah suatu profesi yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses desain interior yang terdiri dari perencanaan, penataan dan perancangan ruang-ruang interior. Desain interior memiliki berbagai

Read More »
profesi interpreter

Interpreter

Interpreter disebut sebagai salah satu profesi yang bertugas menerjemahkan bahasa secara lisan, tanpa ditulis. Interpreter dikenal sebagai juru bahasa yang tidak perlu menulis terjemahan, tetapi

Read More »
profesi programmer

Programmer

Seorang programmer bertugas untuk menulis dan mengedit kode untuk program dan software. Programmer adalah adalah orang yang mampu menguasai bahasa pemrograman dengan baik, sehingga bisa memberikan hasil kerja

Read More »
profesi arsitek

Arsitek

Arsitek yakni seseorang yang memiliki lisensi dan profesional dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.  Arsitek harus menguasai desain dan konstruksi bangunan yang mayoritas terkait dengan

Read More »
social media officer

Social Media Officer

Social Media Officer adalah sebuah bidang pekerjaan yang masuk dalam ranah komunikasi dengan tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap akun sosial media perusahaan yang didalamnya menyangkut

Read More »
profesi pramugari

Pramugara/Pramugari

Pramugara/Pramugari adalah salah satu awak kabin yang merupakan karyawan maskapai penerbangan dengan tugas utamanya yaitu melayani penumpang selama penerbangan berlangsung. Ternyata profesi ini ada padanan

Read More »