mployee logo

Profesi SEM Specialist

SEM specialist yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

pengertian sem

Deskripsi Profesi SEM Specialist

SEM (Search Engine Marketing) kerap dikatakan memiliki peran yang sama dengan SEO Spesialist dalam suatu perusahaan.

SEM spesialist mempunyai peran untuk membuat website atau blog perusahaan berada pada urutan teratas. Tapi, tentu ada bedanya dengan SEO specialist.

SEM specialist lebih menekankan pada aktivitas marketing dengan mengunakan iklan berbayar pada mesin pencari seperti google, Bing atau Yahoo.

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM specialist juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen.

Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk.

Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.

Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja.

Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Ads, Bing, dan Yahoo Gemini.

Sekilas Tentang Google Ads

Google Ads menjadi salah satu pilihan cara yang sangat populer diantara metode SEM lainnya.

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Google Ads? Sebetulnya Anda pasti sudah sering melihat iklan Google Ads, namun mungkin Anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.

Google Ads dan SEO

Jika diperhatikan, di samping kiri URL website mereka akan muncul kata “AD” atau “IKLAN” tergantung dari setting bahasa yang digunakan.

Untuk website yang tidak menggunakan Google Ads, akan otomatis muncul di urutan ke-5 pada gambar di atas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan Google Ads, melainkan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).

Menentukan Posisi Iklan / Ad Rank pada Google Ads

Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, bagaimana sistem bidding pada Google Ads? Bagaimana cara agar iklan Anda mendapatkan posisi teratas, bukan ke-2, dan seterusnya?

Jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor! Rumus dari Ad Rank/posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah Anda tentukan untuk setiap klik ke iklan Anda.

Quality score sendiri akan ditentukan oleh Google, jadi tidak melulu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.

Jobdesk SEM Specialist

1. Mengelola Iklan

SEM Spesialist akan bekerjasama dengan divisi desain untuk membuat konsep mengenai iklan yang mengambarkan mengenai brand perusahaan serta produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

SEM Spesialist iklan seperti apa yang akan ditautkan pada social media facebook, Instagram dan google. Berapa besar biaya yang diperlukan serta seperti apa manfaat yang akan diperoleh dari pemasangan iklan tersebut.

3. Menentukan Target Pasar

Memiliki tugas yang sama dengan SEO Spesialist yaitu membuat informasi khususnya produk yang ditawarkan perusahaan sampai ke tangan konsumen yang sesuai dengan target yang diharapkan.

Karena itu, SEO dan SEM Spesialist bekerjasama membuat riset mengenai kata kunci (keyword) yang akan digunakan pada materi yang akan dimuat di social media serta website guna mencapai peringkat teratas dalam search engine.

4. Optimalkan Teknik Digital

Tugas lainnya adalah bertanggung jawab atas beberapa system digital yang digunakan seperti Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

5. Membuat Campaign Untuk Berbagai Kebutuhan Perusahaan

Brand dapat diibaratkan sebagai wajah dari sebuah perusahaan, website adalah media untuk menampilkan identitas , profil dan keunikan dari perusahaan tersebut. SEM Spesialist diberikan kewenangan untuk memperkenalkan perusahaan ke kalayak umum melalui berbgaia strategi bisnis digital.

Perusahaan berharap branding dapat meningkatkan reputasi bisnis, menambah investasi, mendapatkan konsumen baru, serta kepercayaan terhadap produk – produk yang diluncurkan.

7. Menyusun Strategi Digital Marketing

SEM Spesialist membuat perencanaan bisnis dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital. Berbeda dengan SEO Spesialist yang menekankan pada isi website, SEM Spesialist melakukan optimalisasi iklan berbayar pada IG, FB dan Google.

SEM Spesialist akan membuat anggaran dan pengelolaan iklan berbayar secara berkala kemudian membuat laporan mengenai efektifitas dari layanan tersebut.

8. Report dan Analisis

Dengan mengunakan anaslisa metrik SEM Spesialist membuat laporan untuk pengoptimalan konten dan alogaritma.

Strategi SEM Specialist:

Biaya

SEM specialist mencakup kegiatan SEO serta taktik atau strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.

SEM specialist biaya iklan jelas, yaitu biaya klik iklan yang harus dibayarkan di muka.

Hasilnya pun hanya dalam jangka pendek, karena begitu iklan tidak tayang maka situs akan hilang dari mesin pencari sampai anda memasang iklan lagi.

Tenaga yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. SEM specialist hanya memerlukan strategi pemasangan iklan dan optimasi berkalanya saja.

Waktu yang Diperlukan

SEM specialist bisa langsung mendapatkan hasilnya langsung saat itu juga.

Begitu iklan sudah anda pasang dan deposit biaya sudah dimasukkan, maka situs anda akan tayang tanpa perlu melihat usia situs.

SEM specialist juga tidak terpengaruh dengan algoritma Google, sehingga tidak begitu banyak perubahan yang perlu dihadapi.

Sumber Daya yang Diperlukan

SEM specialist hanya perlu berkutat dengan vendor penyedia iklan.

Katakanlah Google Ads, maka hanya perlu melakukan optimasi di dalam Google Ads dan tidak perlu memusingkan hal lain termasuk website.

Bahkan, website gratisan sekalipun, selama mudah dan nyaman digunakan oleh calon prospek maka tidak akan menjadi masalah.

Namun sekali lagi perlu diingat, SEM specialist membutuhkan biaya di muka. Dan apabila hasil dari iklan tidak menutup biaya tersebut, anda berpotensi menderita kerugian.

Tingkat Kesulitan

Format ads yang ada tidak berganti dari sejak pertama kali SEM muncul, begitu pula dengan indikator iklan yang ‘efektif’ yang tidak jauh berbeda dengan dulu.

Ini membuat strategi SEM menjadi jauh lebih mudah dimengerti dan diimplementasikan, terutama untuk perusahaan yang membutuhkan hasil dalam jangka waktu pendek.

Goal dan Tujuan

SEM specialist lebih fokus ke tujuan kampanye penjualan, mengingat anda sudah mengeluarkan budget untuk biaya iklan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki SEM Specialist

1. Berpengalaman sebagai SEM/SEO Spesialist

Memiliki job desk yang serupa, seseorang yang telah berpengalaman sebagai seorang SEO Spesialist dapat juga mengemban tugas sebagai SEM Spesialist.

Pengalaman sebelumnya akan mempermudah kinerjanya karena menuntut lingkup tanggung jaab yang lebih luas.

2. Memiliki Pengalaman dengan program industri Digital Agency

Persyaratan yang harus dipenuhi lainnya adalah memahami mengenai program industri SEO/SEM seperti Google Analytics, Google Ads, dll.

Untuk mengetahui mengenai jumlah pengunjung erdasarkan informasi halaman pengacu seperti mesin pencari,halam iklan dan pay per klik biasannya mengunakan Google Analytics.

3. Suka Berkompetisi dan Tantangan

Profesi SEM Spesialist dituntut untuk bekerja secara kreatif dan mampu berkompetisi dengan perusahaan lainnya.

Hal ini dikarenakan pemanfaatan teknologi digital berkembang dengan cepat sehingga harus terus diperbarui dan diikuti.

4. Pengalaman di bidang marketing

Meskipun tidak terjun langsung pada penjualan ke konsumen, namun SEM Spesialist harus memahami mengenai aspek- aspek dalam pemasaran.

Diantarannya seperti pertumbuhan pelanggan, promosi,tren yang disukai konsumen dsb.

5. Pandai Berkomunikasi

Baik secara lisan maupun tertulis, SEM Spesialist dituntut untuk mampu berkomunikasi baik melalui tulisan maupun secara verbal dengan rekan kerja dan juga manajemen.

Hal ini berkaitan dengan laporan –laporan serta analisa yang akan disampaikan mengenai perkembangan strategi digital untuk meningkatkan atensi konsumen.

6. Tertarik dan Menyukai Bidang Digital Marketing

Meskipun harus menempuh pendidikan S1, namun beberapa perusahaan akan mengabaikan latar belakang pendidikan yan ditempuh.

Perusahaan akan lebih mengutamakan pengalaman dan ketertarikan pada bidang digital marketing.

Cara Menjadi SEM Specialist

Tidak ada jurusan khusus yang mengantarkan seseorang menjadi SEM specialist. Tapi kemampuan di bidang penulisan atau memahami teknik analisis yang baik dan benar ada kaitannya berdasarkan jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer dan jurusan lainnya.

Jika Anda ingin mendalami profesi ini, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

1. Sertifikasi SEM

Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi Anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga.

Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang Anda sandang sangat tergantung pada kredibiltas lembaga yang mengeluarkannya.

Ada banyak tempat yang menyediakan sertifikasi digital marketing secara online maupun offline, baik gratis ataupun berbayar. Misalnya saja Google Digital Garage, Analytics Academy, Hootsuite, Digital Marketing BNSP, dsb.

2. Ikuti Workshop

Dengan mengikuti workshop berbentu diskusi membuat Anda bisa bertukar pikiran dengan peserta lain, sehingga menambah wawasan serta sudut pandang baru.

Tentu pembicara workshop adalah seorang ahli dan profesional yang memiliki pengalaman banyak akan membantu Anda mendapatkan ilmu yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Berkumpul serta melakukan diskusi dengan orang yang memiliki minat atau hobi sama merupakan kesenangan tersendiri. Dari workshop ini, Anda bisa mendapatkan teman baru yang memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama.

Jenjang Karir SEM Specialist

Karir sebagai SEM specialist tidak pernah membosankan. Berikut karir yang bisa Anda geluti sesuai minat dan bakat Anda:

1. SEM Specialist

Memiliki tugas untuk mencari kata kunci, mengoptimalkan kontent halaman, dan mencari strategi iklan yang efektif. SEM Specialist adalah sem dengan tugas yang paling umum yaitu mengelola campaign iklan yang ada di search engine (google ads) termasuk iklan di FB, IG, Tiktok dll.

2. SEM Copywriter

Bertugas untuk menulis content yang SEO friendly. Tak hanya pegawai tetap, kini banyak perusahaan yang mengunakan jasa SEO Copywriter freelance dengan gaji yang disesuaikan dengan project.

3. SEM Manager

Layaknya seorang manager,SEM Manager bertugas melaporkan semua hasil kerja tim kepada SEM Director berupa laporan hasil research keyword, kontent, strategi ,link building dsb.

Namun biasanya SEM Manager ini di isi dengan jabatan lain seberti Digital Marketing Manager.

4. SEM Director

Membawahi beberapa team, SEM Director memiliki tanggung jawab mengarahkan , membuat strategi, mengawasi kinerja team, memberikan pelatihan, dan ikut serta dalam optimisasi website.

Merupakan jabatan tertinggi dan tingkatan SEM Spesialist gaji yang diberikan cukup tinggi diantara kategori lainnya.

Yang Harus Kalian Ketahui SEM Specialist

Sebelum menjadi SEM specialist, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Proses pembuatan SEM seperti Google Adwords termasuk proses yang cepat. Terlebih lagi, Anda dapat melihat hasil setelah iklan bisnis Anda sudah tayang. SEM diakui lebih unggul dalam hal kecepatan dibanding dengan SEO yang butuh waktu lebih lama.
  • Penggunaan SEM menguntungkan seorang marketer karena mereka dapat langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan pada target market yang sesuai.
  • Sebagai klien yang akan menggunakan jasa SEM specialist, Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda. Ketika budget keuangan bisnis Anda untuk SEM sudah tidak ada lagi, maka iklan tersebut akan secara otomatis berhenti.

 

Profesi Lainnya

konsultan pajak

Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan. Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai

Read More »
profesi seo specialist

SEO Specialist

SEO specialist menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi

Read More »
profesi software engineering

Software Engineering

Software engineering adalah profesi dengan ahli dalam suatu pendekatan teknologi secara sistematis, terstruktur dan disiplin. Melansir riset Bureau of Labor Statistics, Amerika Serikat, demand perusahaan untuk ahli software engineering diperkirakan akan

Read More »
penulis skenario

Penulis Skenario

Berkecimpung di industri perfilman, tidak melulu hanya tentang aktor, aktris, atau sutradara. Penulis skenario juga mampu menjadi sosok inspiratif dengan segudang sisi menarik yang pastinya

Read More »
psikiater

Psikiater

Profesi Psikiater lebih jelasnya merupakan seorang ahli medis yang fokus menangani masalah kesehatan mental dan perilaku melalui upaya pencegahan, kuratif dan rehabilitatif dengan pemberian konseling,

Read More »
profesi animator

Animator

Secara umum pengertian animator adalah seorang seniman yang mampu untuk menciptakan berbagai macam gambaran yang akan dibentuk menjadi sebuah ilusi yang bisa bergerak ketika ditayangkan

Read More »