mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Helper Gudang

Helper gudang adalah seseorang yang bertugas membantu kegiatan operasional di gudang, seperti menerima, menyimpan, mengeluarkan, dan mengirim barang.

helper gudang

Deskripsi Profesi Helper Gudang

Tahukah kamu apa itu helper gudang? Secara umum helper gudang adalah pekerja yang membantu dalam mengatur barang-barang di gudang, baik itu barang masuk, keluar, atau stok.

Selain itu, seorang helper gudang juga ditugaskan untuk menjaga kebersihan, kerapihan, dan keamanan barang-barang di gudang.

Dalam menjalankan tugasnya seperti yang saya sebutkan di atas, seorang helper gudang umumnya harus memiliki kemampuan fisik yang baik untuk dapat mengangkat dan memindahkan barang-barang yang berat atau besar di dalam gudang. Hal ini karena sebagian besar pekerjaan helper gudang salah satunya adalah memindahkan barang, walaupun demikian nantinya juga menggunakan alat seperti forklift.

Helper gudang juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat berkoordinasi dengan supervisor gudang, bagian produksi maupun bagian ekspedisi.

Fakta-fakta tentang helper gudang:

Jobdesk Helper Gudang

Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab helper gudang secara umum:

  1. Membantu proses penerimaan barang dari supplier atau pihak lain, seperti melakukan pengecekan kuantitas dan kualitas barang, mencatat nomor batch atau kode produksi, dan menempatkan barang di lokasi yang sesuai.
  2. Membantu proses penyimpanan barang di gudang, seperti melakukan penataan dan pengelompokan barang berdasarkan jenis, ukuran, atau tanggal kadaluarsa, serta memastikan barang tidak rusak atau hilang.
  3. Membantu proses pengeluaran barang dari gudang, seperti melakukan picking atau pemilihan barang sesuai dengan permintaan pelanggan atau bagian lain, melakukan packing atau pengemasan barang dengan rapi dan aman, serta mencatat nomor resi atau surat jalan.
  4. Membantu proses pengiriman barang ke pelanggan atau pihak lain, seperti membawa barang ke kendaraan pengangkut, membantu proses bongkar muat barang, serta memastikan barang sampai ke tujuan dengan baik.
  5. Melakukan stock opname atau pengecekan stok barang secara berkala, seperti menghitung jumlah fisik barang, mencocokkan dengan data sistem, serta melaporkan perbedaan atau ketidaksesuaian stok jika ada.
  6. Melakukan perawatan dan pemeliharaan fasilitas dan peralatan gudang, seperti membersihkan rak-rak penyimpanan, mesin forklift, timbangan, scanner barcode, serta melakukan perbaikan jika ada kerusakan.
  7. Menjaga kebersihan, kerapihan, dan keamanan lingkungan gudang, seperti membersihkan lantai, dinding, atap, pintu, jendela, serta mengunci gudang saat tidak digunakan.
  8. Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di gudang, seperti menggunakan alat pelindung diri (APD), mengikuti prosedur kerja yang benar, serta melaporkan kecelakaan kerja jika ada.
  9. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan atau manajer gudang sesuai dengan kebutuhan.

Kualifikasi Helper Gudang

Untuk menjadi helper gudang, Anda harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang logistik atau gudang
  2. Mampu mengoperasikan alat bantu angkut seperti forklift, hand pallet, dll
  3. Mampu bekerja secara tim dan berkomunikasi dengan baik
  4. Mampu bekerja di bawah tekanan dan target
  5. Bersedia bekerja shift dan lembur jika diperlukan
  6. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik
  7. Memiliki integritas, disiplin, dan tanggung jawab

Keahlian Yang Harus Dimiliki Helper Gudang

Untuk mendukung tugas dan pekerjaan helper gudang, setidaknya helper gudang memiliki beberapa keahlian dan keterampilan. Berikut ini adalah keahlian dan keterampilan yang sebaiknya dimiliki oleh helper gudang:

  1. Mampu mengoperasikan peralatan gudang seperti forklift, pallet jack, dan barcode scanner
  2. Memiliki pengetahuan tentang prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di gudang
  3. Mampu bekerja secara tim dan berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja dan supervisor
  4. Memiliki kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang baik untuk menyelesaikan tugas-tugas gudang secara efisien dan tepat waktu
  5. Memiliki ketelitian dan ketepatan dalam melakukan pencatatan, pengecekan, dan pengiriman barang
  6. Bersedia bekerja dalam kondisi yang berbeda-beda, seperti suhu dingin, panas, atau lembab
  7. Memiliki sikap positif, disiplin, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan

Cara Menjadi Helper Gudang

Menjadi seorang helper gudang memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang tepat untuk menangani berbagai tugas yang ada di lingkungan gudang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjadi seorang helper gudang yang efektif:

  1. Memenuhi Persyaratan Pendidikan: Meskipun posisi ini tidak selalu memerlukan pendidikan formal tinggi, memiliki latar belakang pendidikan di bidang logistik atau manajemen persediaan dapat menjadi nilai tambah. Pelatihan kerja juga penting untuk memahami prosedur operasional standar di gudang.
  2. Miliki Keterampilan Fisik: Sebagai helper gudang, Anda akan sering mengangkat barang-barang berat dan melakukan tugas-tugas fisik lainnya. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik dan selalu mengikuti praktik keselamatan kerja.
  3. Miliki Kemampuan Organisasi: Kemampuan untuk mengatur barang dengan efisien sangat penting. Anda harus bisa mengelola waktu dan tugas dengan baik agar operasi gudang berjalan lancar.
  4. Miliki Pengetahuan tentang Alat dan Teknologi: Memiliki pengetahuan tentang alat-alat seperti forklift, pallet jack, serta sistem manajemen gudang (WMS) akan sangat membantu dalam menjalankan tugas sehari-hari.
  5. Miliki Kemampuan Komunikasi: Komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan sangat penting untuk memastikan bahwa semua operasi gudang terkoordinasi dengan baik.
  6. Miliki Pengalaman Kerja: Pengalaman kerja di gudang atau di bidang yang serupa dapat memberikan Anda keunggulan saat melamar pekerjaan sebagai helper gudang.
  7. Cari Lowongan Kerja sebagai Helper Gudang: Langkah terakhir setelah syarat-syarat terpenuhi, kamu bisa mencari lowongan kerja untuk posisi helper gudang.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan mempersiapkan diri untuk menjadi seorang helper gudang yang kompeten dan siap untuk menghadapi tantangan yang mungkin muncul.

Jenjang Karir Helper Gudang

Jenjang karir seorang helper gudang mungkin tidak terdengar menarik bagi sebagian orang. Namun, jangan salah, pekerjaan ini memiliki banyak peluang karir untuk berkembang dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Jika Anda sudah bekerja sebagai helper gudang, Anda bisa berkarir menjadi staff gudang, supervisor gudang, atau manajer gudang.

  1. Staff gudang adalah orang yang lebih berpengalaman dan memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mengurus barang di gudang. Mereka harus bisa membuat laporan, melakukan inventarisasi, dan mengawasi helper gudang.
  2. Supervisor gudang adalah orang yang memimpin tim staff dan helper gudang. Mereka harus bisa membuat rencana kerja, mengevaluasi kinerja, dan menyelesaikan masalah yang terjadi di gudang.
  3. Manajer gudang adalah orang yang bertanggung jawab atas seluruh operasional gudang. Mereka harus bisa berkoordinasi dengan pihak lain seperti supplier, distributor, atau pelanggan. Mereka juga harus bisa mengelola anggaran, sumber daya manusia, dan peralatan di gudang.

Untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi di bidang ini, Anda harus memiliki motivasi, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi. Anda juga harus selalu belajar dan meningkatkan keterampilan Anda sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri. Dengan begitu, Anda bisa menjadi helper gudang yang profesional dan sukses.

Yang Harus Kalian Ketahui Helper Gudang

  1. Helper gudang adalah staf yang membantu mengelola sistem penataan pergudangan suatu perusahaan .
  2. Helper gudang memiliki tugas untuk menyimpan, merapikan, mengemas, dan melakukan pengiriman barang di gudang.
  3. Helper gudang juga bertugas untuk mengurus bongkar muat barang ke gudang, mulai dari hasil produksi pabrik ke gudang, hingga barang tersebut dikirim dan sampai ke tangan konsumen.
  4. Helper gudang harus memastikan dan mencatat stok barang yang masuk dan keluar gudang dengan baik .
  5. Helper gudang harus melakukan pemeriksaan kualitas dan kuantitas barang sebelum dan sesudah dikirim.
  6. Helper gudang harus menjaga kebersihan dan kerapihan gudang agar tidak terjadi kerusakan atau kehilangan barang .
  7. Helper gudang harus berkoordinasi dengan bagian produksi, distribusi, dan pemasok dalam hal ketersediaan dan pengiriman barang .
  8. Helper gudang harus mengikuti aturan keselamatan kerja dan menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di gudang.
  9. Helper gudang biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan, tergantung pada perusahaan, lokasi, dan pengalaman kerja .

Profesi Lainnya

konsultan penyuluh pertanian

Konsultan Penyuluh Pertanian

Konsultan penyuluh pertanian adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pertanian dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat, bimbingan, dan bantuan kepada petani, peternak, dan

Read More »
profesi patologi

Ahli Patologi

Ahli patologi adalah seorang profesional medis yang bertanggung jawab untuk mendiagnosis penyakit melalui pemeriksaan jaringan tubuh manusia. Mereka berperan penting dalam memahami penyebab dan perkembangan

Read More »
pegawai asuransi

Pegawai Asuransi

Pekerjaan pegawai asuransi merupakan salah satu karir yang menarik di industri keuangan. Pegawai asuransi bertanggung jawab untuk memberikan layanan asuransi kepada klien dan membantu mereka

Read More »
marketing manager

Marketing Manager

Marketing manager merupakan jabatan yang berperan penting dalam pencapaian omset atau keuntungan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi fokusnya tidak lagi hanya memasarkan produk secara offline, namun

Read More »
guru tk

Guru TK

Pekerjaan Guru TK adalah pekerjaan yang melibatkan mengajar, merawat, dan mengembangkan anak-anak usia 4-6 tahun dalam pendidikan awal atau taman kanak-kanak (TK). Guru TK bertanggung

Read More »
tugas surveyor tanah

Surveyor Tanah

Profesi surveyor tanah adalah salah satu pekerjaan yang krusial dalam industri konstruksi dan pengembangan lahan. Seorang surveyor tanah bertanggung jawab untuk mengukur, menganalisis, dan merekam

Read More »