mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Cleaning Service

Cleaning service adalah layanan yang menyediakan jasa pembersihan dan perawatan ruangan, baik di rumah, kantor, hotel, maupun tempat umum lainnya. Cleaning service biasanya dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih dan berpengalaman dalam bidang kebersihan. Cleaning service dapat membantu Anda menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan Anda, serta menghemat waktu dan tenaga.

cleaning service

Deskripsi Profesi Cleaning Service

Cleaning service adalah seorang yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian suatu area/tempat baik itu kantor, hotel, mall, restoran dan lain sebagainya.

Cleaning service disebut juga dengan petugas kebersihan, karena itu tugas utamanya adalah membersihkan lantai, kaca jendela, meja, dan lingkungan kerja.

Tugas cleaning service tidak hanya meliputi membersihkan debu, sampah, atau kotoran, mengepel lantai, dan membersihkan kaca. Selain itu mereka juga bertugas dalam menjaga kebersihan toilet dan area umum agar tetap bersih dan nyaman digunakan.

Cleaning service memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan dan produktivitas. Lingkungan yang bersih dan rapi dapat membuat Anda lebih sehat, nyaman, dan fokus dalam bekerja atau belajar. Cleaning service dapat menghilangkan debu, kuman, bakteri, jamur, alergen, dan polutan lainnya yang dapat menyebabkan penyakit atau alergi.
  • Menjaga estetika dan citra. Lingkungan yang bersih dan rapi dapat meningkatkan estetika dan citra Anda di mata orang lain. Cleaning service dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih menarik, profesional, dan elegan.
  • Menghemat waktu dan tenaga. Cleaning service dapat mengambil alih pekerjaan pembersihan yang membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Anda dapat menggunakan waktu dan tenaga Anda untuk hal-hal lain yang lebih penting atau menyenangkan.
  • Menghindari kerusakan atau kehilangan barang. Cleaning service dapat mencegah atau memperbaiki kerusakan atau kehilangan barang akibat debu, noda, karat, jamur, atau serangga. Cleaning service juga dapat menjaga barang-barang Anda agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Cleaning service adalah solusi praktis untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa cleaning service, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut di internet atau menghubungi penyedia layanan terdekat di daerah Anda.

Jobdesk Cleaning Service

Tugas Cleaning Service dan Cara Menjadi Seorang Cleaning Service

Cleaning service adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan merawat lingkungan kerja, baik di kantor, hotel, rumah sakit, maupun tempat umum lainnya. Tugas cleaning service tidak hanya sekadar menyapu dan mengepel lantai, tetapi juga meliputi berbagai kegiatan lain yang bertujuan untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kesehatan di tempat kerja.

Berikut adalah beberapa tugas cleaning service yang umum dilakukan:

– Membersihkan debu dan kotoran dari meja, kursi, lemari, jendela, pintu, dan peralatan lainnya di ruangan.
– Membersihkan lantai dengan menyapu, mengepel, atau menggunakan mesin vacuum cleaner.
– Membersihkan kamar mandi dengan membersihkan toilet, wastafel, cermin, shower, dan lantai.
– Membersihkan area dapur dengan membersihkan kompor, oven, kulkas, microwave, wastafel, dan meja.
– Mengganti handuk, sabun, tissue, dan perlengkapan mandi lainnya yang habis atau kotor.
– Mengganti sprei, bantal, selimut, dan seprai yang kotor atau basah.
– Membuang sampah dari tempat sampah ke tempat pembuangan yang telah disediakan.
– Menyemprotkan desinfektan atau pewangi ruangan untuk mencegah bau tidak sedap dan bakteri.
– Melaporkan kerusakan atau kekurangan peralatan atau perlengkapan yang ditemukan di tempat kerja.
– Menjaga sikap profesional, sopan, dan ramah saat berinteraksi dengan klien atau pengunjung.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Cleaning Service

Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang cleaning service:

– Mampu membersihkan berbagai jenis ruangan, seperti kantor, hotel, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain, dengan standar kebersihan yang tinggi.
– Menguasai teknik dan alat pembersihan yang sesuai dengan jenis permukaan, bahan, dan kotoran yang akan dibersihkan, seperti sapu, pel, kain lap, vacuum cleaner, dll.
– Memahami dan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja saat membersihkan, seperti memakai alat pelindung diri, menghindari kontak langsung dengan bahan kimia atau kotoran berbahaya, dll.
– Mampu bekerja secara mandiri maupun tim, dengan mengikuti instruksi dan jadwal kerja yang diberikan oleh atasan atau klien.
– Memiliki sikap profesional, ramah, sopan, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan.
– Memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik dengan rekan kerja maupun klien, untuk memberikan informasi atau laporan mengenai pekerjaan yang telah diselesaikan atau kendala yang dihadapi.
– Memiliki motivasi dan inisiatif untuk belajar dan meningkatkan keahlian pembersihan secara terus-menerus.

Cara Menjadi Cleaning Service

Untuk menjadi seorang cleaning service yang handal dan profesional, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

– Memiliki kemampuan dasar dalam membersihkan dan merawat lingkungan kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan atau instansi.
– Memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis kotoran, bahan pembersih, alat pembersih, dan cara penggunaannya yang tepat dan aman.
– Memiliki keterampilan dalam mengatur waktu, prioritas, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.
– Memiliki sikap disiplin, jujur, teliti, rapi, dan bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaan.
– Memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi untuk memberikan hasil kerja yang berkualitas dan memuaskan klien atau pengunjung.
– Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau atasan.
– Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik untuk menghadapi tantangan dan tekanan dalam pekerjaan.
– Memiliki sertifikat atau pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan cleaning service.

Jenjang Karir Cleaning Service

Berikut ini adalah beberapa jenjang karir yang bisa dijadikan tujuan oleh cleaning service:

1. Supervisor cleaning service

Supervisor cleaning service adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan cleaning service di suatu area atau lokasi. Supervisor cleaning service harus memiliki kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen yang baik. Selain itu, supervisor cleaning service juga harus menguasai standar kebersihan, keselamatan, dan kesehatan kerja. Gaji supervisor cleaning service biasanya lebih tinggi daripada cleaning service biasa.

2. Trainer cleaning service

Trainer cleaning service adalah orang yang bertugas untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada cleaning service baru atau lama. Trainer cleaning service harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas tentang teknik dan alat-alat pembersihan, serta cara menangani berbagai situasi dan masalah yang mungkin terjadi di lapangan. Trainer cleaning service juga harus memiliki kemampuan mengajar, motivasi, dan evaluasi yang baik. Gaji trainer cleaning service juga lebih tinggi daripada cleaning service biasa.

3. Konsultan cleaning service

Konsultan cleaning service adalah orang yang memberikan saran dan solusi kepada klien atau perusahaan yang membutuhkan jasa pembersihan profesional. Konsultan cleaning service harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentang industri pembersihan, termasuk standar, regulasi, tren, dan inovasi terbaru. Konsultan cleaning service juga harus memiliki kemampuan analisis, negosiasi, dan presentasi yang baik. Gaji konsultan cleaning service biasanya sangat tinggi dan bergantung pada proyek yang ditangani.

4. Pengusaha cleaning service

Pengusaha cleaning service adalah orang yang membuka usaha sendiri di bidang pembersihan. Pengusaha cleaning service harus memiliki modal, peralatan, sumber daya manusia, dan jaringan yang cukup untuk menjalankan bisnisnya. Pengusaha cleaning service juga harus memiliki visi, misi, strategi, dan rencana bisnis yang jelas dan realistis. Penghasilan pengusaha cleaning service sangat bervariasi dan bergantung pada skala, kualitas, dan reputasi usahanya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cleaning service memiliki jenjang karir yang cukup menarik dan menantang. Cleaning service tidak hanya bekerja sebagai pekerja rendahan yang tidak dihargai, tetapi juga bisa menjadi profesional yang berprestasi dan berpengaruh di bidangnya. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk menjadi cleaning service atau sudah menjadi cleaning service, jangan pernah meremehkan pekerjaan Anda dan teruslah belajar dan berkembang untuk mencapai jenjang karir yang Anda inginkan.

Yang Harus Kalian Ketahui Cleaning Service

Yang perlu anda ketahui tentang cleaning service

Cleaning service adalah layanan yang menyediakan jasa pembersihan dan perawatan ruangan, baik di rumah, kantor, hotel, maupun tempat umum lainnya. Cleaning service bisa membantu anda menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang biasanya diperlukan untuk membersihkan sendiri. Cleaning service juga bisa meningkatkan kesehatan dan kenyamanan anda dan orang-orang di sekitar anda dengan menjaga kebersihan dan keindahan ruangan.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa cleaning service, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan, seperti:

– Jenis layanan yang ditawarkan

Cleaning service biasanya menawarkan berbagai jenis layanan, seperti general cleaning, deep cleaning, sanitasi, laundry, dry cleaning, carpet cleaning, dan lain-lain. Anda harus menyesuaikan jenis layanan dengan kebutuhan dan anggaran anda. Anda juga harus memastikan bahwa cleaning service memiliki peralatan dan bahan yang sesuai dengan jenis layanan yang anda inginkan.

– Kualitas layanan yang diberikan

Cleaning service harus memiliki standar kualitas yang tinggi dan konsisten dalam memberikan layanan. Anda bisa mengecek kualitas layanan dengan melihat testimoni, rating, atau review dari pelanggan sebelumnya. Anda juga bisa meminta contoh hasil kerja atau portofolio dari cleaning service. Selain itu, anda bisa menanyakan tentang sertifikat, lisensi, atau asuransi yang dimiliki oleh cleaning service untuk menjamin profesionalisme dan keamanan mereka.

– Harga layanan yang ditawarkan

Cleaning service biasanya menentukan harga layanan berdasarkan beberapa faktor, seperti luas ruangan, frekuensi pembersihan, jenis layanan, jumlah tenaga kerja, dan lain-lain. Anda harus membandingkan harga layanan dari beberapa cleaning service untuk mendapatkan penawaran terbaik. Anda juga harus memperhatikan apakah ada biaya tambahan atau pajak yang dikenakan oleh cleaning service. Anda harus mendapatkan penjelasan yang jelas dan transparan tentang rincian harga layanan dari cleaning service sebelum anda menandatangani kontrak atau perjanjian kerjasama.

– Waktu layanan yang ditawarkan

Cleaning service harus dapat memberikan layanan sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Anda harus menanyakan tentang jadwal dan durasi pembersihan dari cleaning service. Anda juga harus menanyakan tentang kemungkinan keterlambatan atau pembatalan layanan dari cleaning service dan bagaimana cara mereka menangani hal tersebut. Anda harus mendapatkan konfirmasi tertulis tentang waktu layanan dari cleaning service untuk menghindari kesalahpahaman atau konflik di kemudian hari.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang cleaning service. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari jasa pembersihan dan perawatan ruangan. Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa cleaning service kami, silakan hubungi kami melalui nomor telepon atau email yang tertera di bawah ini. Kami siap melayani anda dengan profesional dan berkualitas.

Profesi Lainnya

advokat

Advokat

Advokat adalah seorang profesional hukum yang memberikan jasa hukum dan mewakili klien dalam hal-hal yang berkaitan dengan hukum, seperti masalah hukum, perselisihan, dan perkara di

Read More »
profesi arkeolog

Arkeolog

Arkeolog adalah profesi pekerjaan yang mendalami bidang prasejarah atau peninggalan sejarah seperti bangunan, fosil, artefak, dan lainnya. Arkeolog bertugas untuk meneliti, mengkaji, dan menginterpretasikan kehidupan dan

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
profesi telemarketer

Telemarketer

Apa itu Pekerjaan Telemarketer ? Telemarketer merupakan salah satu posisi yang penting dalam dunia pemasaran modern. Mereka adalah ahli dalam berkomunikasi melalui telepon dengan calon

Read More »
personal assistant

Personal Assistant

Personal Assistant (PA) adalah orang yang membantu pekerjaan seorang profesional, eksekutif, atau selebriti dengan melakukan berbagai tugas administratif, organisasi, dan personal. PA biasanya bekerja di

Read More »
konsultan properti

Konsultan Properti

Profesi konsultan properti merupakan salah satu bidang pekerjaan yang berkembang pesat dalam industri properti. Seorang konsultan properti bertindak sebagai penasihat profesional yang membantu individu, perusahaan,

Read More »