mployee logo

Profesi Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat merupakan profesi yang berperan sebagai jembatan komunikasi berbagai pihak.

profesi hubungan masyarakat

Deskripsi Profesi Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat atau biasa disingkat humas, yakni merencanakan, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi strategi informasi dan komunikasi yang menciptakan pemahaman dan pandangan yang menguntungkan tentang usaha dan organisasi lainnya, barang-barang dan jasa pelayanan mereka dan peran mereka dalam masyarakat Indonesia.

Semua organisasi pasti pernah mengalami masa krisis sehingga dibutuhkan adanya persiapan dalam mengatasinya. Divisi hubungan masyarakat akan bermanfaat sebagai tim manajemen krisis dalam organisasi yang berhubungan dengan masyarakat.

Manfaat hubungan masyarakat sebagai penerbitan desktop sangat penting pada sebuah organisasi, dan organisasi jaman sekarang lebih memang membutuhkan operator komputer yang berdedikasi ketimbang editing konvensional.

Beberapa organisasi membutuhkan humas yang berhubungan dengan pemerintah, parlemen, dan birokrat di instansi pemerintah.

Hubungan masyarakat merupakan sebuah ilmu dalam rumpun ilmu sosial dan menjadi bagian ilmu dari induknya ilmu komunikasi.

Selain ilmu, hubungan masyarakat juga menjadi profesi di bidang komunikasi, yakni profesi Hubungan Masyarakat atau Public relations.

Orang yang bekerja di bidang tersebut disebut Public relations Officer/ Pejabat Humas atau praktisi humas, memang biasanya bekerja di sebuah lembaga/ instansi/ organisasi/ perusahaan.

Ada beberapa tujuan utama humas dalam organisasi, berikut ini adalah tujuan humas dalam organisasi, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi publik dalam bentuk sarana dan prasarana, tenaga, dan juga dana untuk membantu organisasi agar lebih mudah mencapai tujuan.
  • Melibatkan publik dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi publik.
  • Menciptakan rasa tanggung jawab dari masyarakat terhadap keberlangsungan program organisasi.
  • Memperluas jangkauan pelanggan dalam upaya peningkatan mutu organisasi
    Mengembangkan pencitraan yang baik dengan cara yang benar supaya hubungan antara publik internal dan publik eksternal menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan humas pada hakikatnya adalah kegiatan berkomunikasi dengan berbagai macam simbol komunikasi, verbal maupun nonverbal.

Kegiatan komunikasi nonverbal sebagian besar adalah pekerjaan menulis proposal, artikel, progress report, menulis untuk presentasi, menulis untuk press, membuat rekomendasi, penyelenggaraan pameran, seminar, special event, riset / penelitian, pers kliping, dan lain sebagainya.

Manfaat Menjadi Seorang Hubungan Masyarakat

  • Manajemen Krisis

Dalam beberapa decade belakangan ini, boleh dikatakan hampir seluruh organisasi pernalah mengalami krisis sehingga kalangan pimpin atau pihak manajemennya mulai menyadari bahwa mereka membutuhkan serangkaian persiapan dan kesiapan tersendiri untuk mengatasi berbagai masalah mendesak, terutama yang berkaitan dengan hubungan pers atau hubungan media. Oleh karena itu setiap organisasi/perusahaan perlu membentuk sebuah tim manajemen krisis yang permanen.


  • Penerbitan Desk-Top

System penerbitan desk-top memang sangat bermanfaat, namun lebih membutuhkan operator yang berdedikasi dan waktu dari editor dari pada metode editing konvensional yang masih menggunakan pensil, tumpukan kertas dan logam-logam pembentuk huruf.


  • Identitas Perusahaan

Tugas untuk menciptakan identitas perusahaan biasanya menjadi tanggung jawab staf humas karena hal itu menyangkut semua aspek dari organisasi secara keseluruhan dan menjadi bagian yang sangat penting dari keseluruhan komunikasi yang dijalankan organisasi.

  • Hubungan-Hubungan Parlementer

Dalam konteks ini, hubungan parlementer ialah hubungan-hubungan antara berbagai organisasi “baik secara langsung maupun melalui perantaraan konsultan khusus” dengan pihak pemerintah, para anggota parlemen, serta para birokrat dari berbagai departemen dan instansi pemerintah.


Hubungan parlemen biasanya terdiri dari dua unsur yaitu:

  1. Upaya-upaya untuk mendorong para politisi serta pejabat pemerintah menyadari atau mengetahui kepentingan dari suatu organisasi atau perusahaan.
  2. Upaya-upaya untuk memperoleh berbagai informasi bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan agar ia mengetahui akan adanya peraturan atau undang-undang baru yang sedikit banyak akan menimbulkan dampak tertentu terhadapnya.

Sedangkan verbal lisan antara lain jumpa pers, open house, announcer, presenter, desk information, dan lain sebagainya.

Jenis Media Hubungan Masyarakat

  • Iklan

Iklan sebagai alat humas adalah dengan melihat pesan yang diiklankan. Selama pesan iklan berkaitan dengan produk, maka dapat dikatakan saat itu iklan merupakan media/alat marketing. 

Namun, ketika iklan membawa pesan yang berkaitan dengan perusahaan, maka saat itu iklan merupakan alat atau media humas.


  • Pameran

Kegiatan pameran, baik yang diadakan sendiri maupun oleh organisasi lain, merupakan ajang publikasi yang baik. Disinilah humas memanfaatkan pameran untuk memperoleh publisitas.

Petugas humas melobi pejabat atau tokoh masyarakat yang diminta membuka pameran untuk mengunjungi stand perusahaannya.


  • Media Internal

Media internal atau dikenal dengan istilah majalah Ing-griya, perusahaan suatu terbitan yang ditunjukkan untuk publik internal (karyawan dan keluarga karyawan), berisi tentang beberapa informasi perusahaan, sifatnya top down maupun bottom up.

Tujuannya diciptakan untuk menciptakan kondisi yang well informed dan membina loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.


  • Fotografi

Dalam humas, foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun untuk kepentingan arsip/dokumentasi.

Foto-foto ini diambil oleh fotografer yang professional dengan sutradara seorang humas yang terlatih.


Hubungan masyarakat harus tetap mengambil kemudi dalam hal pengambilan dan penyimpanan foto ini tentu ada alasannya. Karena bagaimanapun, foto yang digunakan untuk keperluan publikasi maupun yang lain mestinya tidak boleh bertentangan dengan terjaganya image perusahaan.


  • Film

Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset dan sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya. Tidak hanya film documenter, film cerita pun merupakan media yang efektif.


Semuanya mengajak masyarakat untuk memaklumi kelemahan-kelemahan profesionalnya, menghargai kejujuran, dan bertepuk tangan atas pengorbanannya. Artinya kembali tujuan film itu adalah membentuk image positif.

Jobdesk Hubungan Masyarakat

1. Membagikan Informasi

Membagikan informasi secara luas informasi perihal suatu gagasan, supaya maksud atau tujuan dan manfaatnya diketahui oleh berbagai pihak di masyarakat.

2. Menyiapkan Bahan

Menyiapkan bahan yang terkini tentang sesuatu yang hendak dikomunikasikan pemimpin kepada masyarakat atau pihak tertentu dalam pidato, wawancara, ceramah, pemasaran seminar dan lain-lain.

Bahan tersebut dapat berupa konsep atau makalah yang sebelumnya sudah dibaca dan diketahui isinya oleh pemimpin.

3. Menyerahkan Informasi yang Jelas

Menyerahkan inforomasi yang jelas, yang telah disampaikan administrator atau pemimpin kepada masyarakat, dan pihak yang terhubung.

4. Membuat Susunan

Membuat susunan dan menjadikan berkembang rencana yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat yang diberikan kepada adminstrator/pemimpin untuk memperoleh persetujuan.

5. Mempresentasikan Citra Perusahaan Kepada Publik

Karena jati diri adalah cerminan profesi humas, maka seseorang yang menggeluti bidang ini harus bisa membangun citra positif.

Jadi, segala yang melekat di dirinya juga tindakan yang dilakukannya harus berlandaskan harapan akan terwujudnya hal-hal positif.

6. Memperkaya Identitas

Melaksanakan serangkaian kegiatan untuk membentuk dan memperkaya identitas dan citra perusahaan di mata stakeholders.

7. Memberikan Informasi

Membagikan informasi yang berkaitan dengan produk, isi suatu kegiatan, dan sebagainya dengan tujuan memperdalam pemahaman dari pihak luar seperti perusahaan, pemerintahan, atau asosiasi masyarakat.

8. Mengidentifikasi Masalah

Mengidentifikasi permasalahan yang timbul sehubungan dengan kegiatan komunikasi yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan menitikberatkan pembahasan pada identifikasi tingkat kesadaran konsumen, sikap dan persepsi konsumen terhadap produk perusahaan.

9. Simpati

Humas harus bisa memberikan pengertian dan pemahaman yang tepat dan jelas supaya masyarakat dapat memahami dan memberikan rasa simpati nya.

10. Penerimaan

Humas memiliki tanggung jawab dalam memberikan penjelasan kepada publik terhadap suatu kejadian atau situasi sehingga semua masyarakat tidak akan menentang dan menerima.

11. Menciptakan Interest atau Ketertarikan

Humas juga harus mampu dalam menciptakan ketertarikan publik terhadap sesuatu yang akan memberikan dampak besar terhadap organisasi.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Hubungan Masyarakat

1. Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

2. Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

3. Persuasi

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

.4. Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

5. Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

6. Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiensNegosiasi 

Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

7. Pemahaman Lisan

Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

8. Ekspresi Lisan

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

9. Kejelasan Berbicara

Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

10. Pemahaman Tertulis

Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

11. Ekspresi Tertulis

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

12. Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

13. Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

14. Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Cara Menjadi Hubungan Masyarakat

Jika Anda ingin berkarier pada profesi hubungan masyarakat, maka ilmu kuliah yang bisa diambil, diantaranya,

  • Ilmu Komunikasi
  • Studi Media Massa
  • Hubungan Masyarakat

Jenjang Karir Hubungan Masyarakat

  • Staff PR
  • Senior staff PR
  • PR Officer
  • Assistant PR Manager
  • PR Manager
  • Senior PR Manager

Yang Harus Kalian Ketahui Hubungan Masyarakat

Sebelum menjadi hubungan masyarakat, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  1. Dapat membangun citra merek yang positif di kalangan masyarakat, dengan memanfaatkan layanan media sebagai pihak ketiga yang lebih dipercayai masyarakat.
  2. Strategi hubungan masyarakat yang baik dapat dimanfaatkan perusahaan atau lembaga untuk mengambil peluang yang ada. Hal ini tentu untuk memudahkan dan melancarkan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Dapat membangun reputasi merek yang baik, dengan mengirimkan atau menyebarkan pesan positif sejalan dengan nilai-nilai yang ada pada produk yang diciptakan.
  4. Membangun dan memperkuat hubungan dengan komunitas, sehingga secara tidak langsung akan menanamkan citra merek yang kuat di mata publik.
  5. Bekerja di bidang hubungan masyarakat tentunya harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena tidak hanya satu orang saja yang perlu dihadapi, bahkan bisa sampai dua atau tiga orang sekaligus. Selain percaya diri yang besar, diperlukan pula karakter yang kritis, memiliki wawasan yang luas, dan dapat bekerja sama dengan tim.

Profesi Lainnya

profesi content writer

Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media daring. Jika diartikan secara harfiah, content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten

Read More »
profesi konsultan bisnis

Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

Read More »
social media officer

Social Media Officer

Social Media Officer adalah sebuah bidang pekerjaan yang masuk dalam ranah komunikasi dengan tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap akun sosial media perusahaan yang didalamnya menyangkut

Read More »
marketing manager

Marketing Manager

Marketing manager merupakan jabatan yang berperan penting dalam pencapaian omset atau keuntungan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi fokusnya tidak lagi hanya memasarkan produk secara offline, namun

Read More »
profesi kontraktor

Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai

Read More »
profesi resepsionis

Resepsionis

Resepsionis merupakan peran yang sudah sangat lumrah ditemui, terlebih di industri yang mengedepankan hospitality seperti perhotelan dan restoran. Tidak hanya di hotel dan restoran, resepsionis

Read More »