mployee logo

Profesi Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis merupakan seseorang yang ahli dalam bidang ekonomi dan bisnis.

profesi konsultan bisnis

Deskripsi Profesi Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat kepada perusahaan maupun individu agar perusahaan tersebut dapat lebih maju, berkembang dan efisien.

Konsultan bisnis menyediakan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan, agar semakin berkembang dan lebih efisien. Konsultan bisnis mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Ia membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.

Konsultan bisnis merupakan seseorang yang ahli dalam bidang ekonomi dan bisnis. Konsultan bisnis sangat diperlukan bagi para pebisnis yang ingin berkonsultasi mengenai pengembangan, perencanaan, masalah atau hal-hal lain mengenai bisnisnya.

Selain itu, berbeda dengan pekerjaan yang terikat seperti pekerjaan kantoran lainnya, waktu kerja profesi ini sangatlah fleksibel.

Biasanya konsultan bisnis diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Konsultan bisnis bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.

Konsultan bisnis memberikan analisis terhadap praktik perusahaan yang ada dan membuat rekomendasi untuk perbaikannya. Para profesional ini sering berspesialisasi dalam satu bidang manajemen bisnis, seperti sumber daya manusia.

Misalnya, rumah sakit dapat menyewa konsultan bisnis perawatan kesehatan untuk membantu mengembangkan program pelatihan karyawannya lebih lanjut atau pusat distribusi dapat menyewa konsultan bisnis logistik untuk merampingkan departemen pengirimannya.

Tujuan Profesi Konsultan Bisnis

Beberapa tujuan profesi konsultan bisnis itu yakni:

1. Meningkatkan sales (penjualan) dan revenue (keuntungan)

Konsultan bisnis memiliki andil yang cukup besar dalam suatu perusahaan mencapai targetnya.emaksimalkan performa pegawai.

Konsultan bisnis sangat konsisten dalam memberikan bimbingan kepada kliennya, jadi tak heran jika profit perusahaan meningkan seiring tumbuhnya perusahaan.

2. Menghindari kerugian financial

Dengan memperkerjakan seorang konsultan bisnis, perusahaan Anda akan bisa terhindar dari kerugian keuangan. konsultan bisnis akan menjamin keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan ke depannya.

Hal ini terlihat dari konsistensi konsultan bisnis yang tetap menjalin komunikasi yang baik untuk memberikan informasi relevan terhadap kemajuan bisnis para klien.

3. Meningkatkan efisiensi perusahaan

Seorang konsultan bisnis akan melakukan observasi mendalam dalam suatu bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam solusi dan strategi untuk mengatasi supaya tidak terjadi masalah selanjutnya.

4. Menambah jaringan yang luas

Dengan pengalamanya seorang konsultan bisnis biasanya dapat memeberikan informasi mengenai sumber daya yang belum dimiliki oleh pelaku bisnis.

Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan konsultan bisnis, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.

Seorang konsultan bisnis yang telah menangani begitu banyak klien terkadang bisa mempertemukan klien-kliennya jika, bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution.

5. Memiliki banyak trik jitu

Seorang konsultan bisnis juga dituntut punya banyak trik untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi pada bisnismu. Konsultan bisnis cenderung memanfaatkan setiap peluang yang ada, termasuk peluang-peluang terkecil pun.

Jobdesk Konsultan Bisnis

  • Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan
  • Mengumpulkan semua informasi klien dengan berbagai macam metode seperti wawancara, survei, membaca laporan dan lain sebagainya
  • Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus mampu menganlisis dan memberikan solusi yang tepat sasaran
  • Mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis yang dijalankan klien dengan mengidentifikasi segala masalah yang ada
  • Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada. Rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau radikal. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memenuhi target yang diinginkan klien
  • Berkomunikasi secara langsung kepada klien membahas perencanaan dan strategi bisnis melihat berbagai macam peluang agar dapat mencapai target yang diinginkan pelaku bisnis atau klien
  • Memberikan panduan terhadap penyelesaian masalah yang terjadi dan memberikan gambaran terhadap masalah yang akan terjadi
  • Mengatur dan menjalankan sebuah proyek yang diberikan atas nama klien sesuai dengan persyaratan yang telah diberikan klien
  • Presentasikan temuan dan saran kepada klien dengan justifikasi yang cukup dan saran praktis
  • Mempelajari bisnis klien atau perusahaan tempat ia bekerja secara menyeluruh, baik dengan meneliti data perusahaan, menghimpun informasi dari pemilik dan pegawai, mengecek keuangan perusahaan, mengunjungi perusahaan, dan sebagainya
  • Atur dan laksanakan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien (perekrutan, penggajian, kampanye promosi, dll.) Sesuai dengan persyaratan klien
  • Bertemu dengan klien yang ditugaskan ketika dibutuhkan dan melakukan penilaian awal dari situasi yang bermasalah
  • Memberikan panduan untuk masalah yang terjadi

Keahlian Yang Harus Dimiliki Konsultan Bisnis

  1. Aktif menjalin komunikasi yang baik dengan semua klien, seorang konsultan bisnis harus bisa berkomunikasi secara aktif. Tujuannya agar mampu memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan bisnisnya
  2. Keakraban dengan beragam pilihan perangkat lunak manajemen bisnis seperti CRM, ERP, juga basis data
  3. Seorang konsultan bisnis wajib memiliki pengetahuan bisnis yang baik. Sebab, ia merupakan sosok yang menyusun target dan strategi bisnis jangka panjang untuk klien
  4. Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya. Namun, mereka harus mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara detail data dari kliennya tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi miss pada saat pemberian konsultasi
  5. Memahami Strategi pemasaran dan penjualan agar dapat mengetahui langkah tepat untuk memperoleh keuntungan.
  6. Kemampuan persuasi juga diperlukan agar strategi yang ditawarkan dapat dimengerti dan disetujui oleh pemilik perusahaan
  7. Pengetahuan tentang beragam masalah bisnis, bidang IT, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, dan lain-lain
  8. Memiliki manajemen waktu yang baik
  9. Memiliki ide – ide di luar nalar dan berani dalam mengambil konsekuensi berdasarkan data yang diperoleh.
  10. Memiliki sikap yang baik dan menjaga hubungan sebaik mungkin dengan klien
  11. Memiliki pengetahuan yang luas. Seperti memiliki pengetahuan di bidang ekonomi, administrasi, penjualan dan pemasaran, serta mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing setidaknya bahasa Inggris
  12. Dapat dipercaya menjaga kerahasiaan klien
  13. Berpikir kritis. Menggunakan logika dan penalaran yang baik untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  14. Penyelesaian masalah yang kompleks. Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan

Cara Menjadi Konsultan Bisnis

Pendidikan Strata 1

Menyelesaikan Pendidikan Strata 1 utamanya Bisnis.

Jurusan lain yang relevan diantaranya Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Teknik Industri merupakan langkah awal untuk menjadi seorang konsultan bisnis.

Pendidikan ini akan ditempuh dalam waktu 4 tahun. Mempelajari Manajemen bisnis, manajemen bisnis Internasional, juga manajemen bisnis syariah. Kuliah di jurusan bisnis akan difokuskan pada bagaimana mengelola sumber daya dalam usaha secara berkelanjutan agar terus berkembang.

Anda akan dibekali dengan cara mengelola perusahaan mulai dari finansial, operasional, pemasaran, juga organisasi bisnis, dan lain-lain.

Sertifikasi

Meskipun hanya sedikit sertifikasi untuk konsultasi , ada beberapa sertifikasi di luar sana untuk topik konsultasi yang lebih umum. Kebanyakan dari mereka melibatkan solusi bisnis elektronik. Misalnya, Anda bisa menjadi konsultan manajemen bersertifikat (CMC).

Jenjang Karir Konsultan Bisnis

Peluang mendapatkan pekerjaaan sebagai konsultan bisnis akan selalu terbuka, sebab konsultan bisnis berperan dalam pertumbuhan suatu perusahaan. Konsultan bisnis juga menghindarkannya dari banyak kerugian yang tak perlu.

Tidak ada jenjang karir khusus untuk konsultan bisnis. Namun, erikut ini peluang kerja untuk seorang konsultan bisnis:

1. Perusahaan Swasta

Konsultan bisnis di sebuah perusahaan berperan dalam mendeteksi masalah  yang ada, baik yang sedang dialami ataupun yang akan muncul kedepannya.

Konsultan bisnis akan membantu perencanaan bisnis, sebab selain memberikan arahan atau nasehat untuk menyelesaikan masalah, seorang konsultan bisnis juga bisa membantu perencanaan bisnis sebuah perusahaan.

Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti meningkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi pasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif, kemudian network yang besar juga mempercepat pencapaian tujuan yang dituju.

2. Membuka Jasa Konsultasi Sendiri

Setelah lebih mengenal bagaimana sebuah bisnis konsultasi bekerja, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda laukan untuk membuka jasa konsultan sendiri:

  • Pilih pangsa pasar yang sesuai. Pangsa pasar ini akan menjadi industri tempatmu bekerja, semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, semakin besar cakupan industri yang dapat dipilih mulai dari konsultasi manajemen, penjualan, teknologi informasi, hubungan masyarakat dan pemasaran, keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia, bisnis intelijen dan data konsultan proses bisnis.
  • Rencanakan penawaran dan harga penawaran. Setelah memilih target industri, Anda dapat mempersempit layanan yang akan Anda berikan, jenis masalah yang ingin Anda selesaikan dan target yang akan Anda bantu capai, beserta jenis tugas dan proyek yang dapat Anda lakukan untuk klien target.
  • Dapatkan klien pertama. Sebaiknya Anda fokus pada perolehan klien di awal Anda membuka bisnis konsultan ini.Usaha serta waktu Anda tentunya akan diinvestasikan untuk hasil penjualan serta membangun hubungan pertama dengan orang yang akan menjadi klien Anda. Tujuannya supaya mencegah fokus Anda ke pekerjaannya saja, bukan bagaimana cara mendapatkan pelanggan.
  • Mencari koneksi yang berkualitas. Koneksi juga akan sangat penting dalam bisnis konsultan, untuk itu usahakan untuk mencari koneksi seluas-luasnya. Dalam membangun jaringan koneksi, Anda akan menjangkau orang lain yang memiliki karya yang menarik. Mereka juga bisa memperkenalkan Anda pada calon-calon klien yang berkualitas.

Yang Harus Kalian Ketahui Konsultan Bisnis

Sebelum menjadi konsultan bisnis, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

1. Mengutip dari jojonomic, ada 5 alasan mengapa perusahaan butuh seorang konsultan bisnis:

  • Agar bisnis perusahaan Anda tetap kompetitif dan mengikuti tren era milenial
  • Mendapat nasehat dan rekomendasi berkualitas dari “pihak luar”, bukan dari dalam perusahaan Anda.
  • Mendapatkan objektivitas ide dan memberikan solusi terhadap permasalahan perusahaan.
  • Tidak tersedianya waktu, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang memadai untuk mencari solusi bisnis perusahaan Anda.
  • Dibutuhkannya ahli yang berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis.

2. Gaji yang diterima oleh konsultan bisnis berbeda setiap bulannya. Tergantung dimana lokasi bekerja dan di perusahaan mana dia bekerja. Berdasarkan informasi yang diperoleh, rata – rata konsultan bisnis mendapatkan gaji sebesar Rp 4.400.000 – Rp 7.000.000 setiap bulanya.

3. Melansir karirpad, salah satu profesi yang dibutuhkan Indonesia itu yakni konsultan bisnis. Karena konsultan bisnis akan memberikan nasehat dan masukan bila perusahaan akan melakukan investasi atau divestasi. Konsultan bisnis harus bisa menganalisis kondisi perekonomian dan hubungannya dengan kemajuan perusahaan.

4. Dibagi menurut bidangnya, konsultan bisnis diharapkan bisa membantu 5 perkembangan area bisnis yang mencakup manajemen dan strategi, operasional, teknologi (IT), human resources, serta pemasaran.

Profesi Lainnya

profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
konsultan pajak

Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan. Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai

Read More »
profesi finance

Finance

Finance atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai keuangan adalah ilmu dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan setiap perusahaan. Sementara

Read More »
profesi digital marketing

Digital Marketing Specialist

Percaya atau tidak digital marketing di era saat ini menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk baik itu jasa maupun barang. Secara umum digital marketing adalah suatu

Read More »
profesi interpreter

Interpreter

Interpreter disebut sebagai salah satu profesi yang bertugas menerjemahkan bahasa secara lisan, tanpa ditulis. Interpreter dikenal sebagai juru bahasa yang tidak perlu menulis terjemahan, tetapi

Read More »
profesi business analyst

Business Analyst

Business analyst atau analisa bisnis adalah salah satu profesi yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Biasanya seorang business analyst diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan analisa yang lebih mendalam

Read More »