mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Pilot

Profesi pilot adalah pekerjaan yang melibatkan seseorang untuk mengoperasikan pesawat terbang untuk tujuan komersial atau militer.

pilot

Deskripsi Profesi Pilot

Profesi pilot adalah pekerjaan yang melibatkan seseorang untuk mengoperasikan pesawat terbang untuk tujuan komersial atau militer. Pilot bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan, kesejahteraan, dan keamanan penumpang serta kargo yang diangkut dalam pesawat terbang. Mereka harus memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengoperasikan pesawat, melakukan navigasi, melakukan tindakan darurat, dan mengambil keputusan dengan cepat dalam situasi yang sulit.

Pilot dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, seperti maskapai penerbangan, perusahaan penerbangan swasta, dan militer. Ada berbagai jenis lisensi pilot, seperti lisensi pilot komersial, lisensi pilot angkatan udara, dan lisensi pilot helikopter, tergantung pada jenis pesawat dan tipe penerbangan yang dioperasikan. Untuk menjadi pilot, seseorang harus mengikuti pelatihan dan memenuhi persyaratan lisensi yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan sipil di negara tempat mereka berada.

Jobdesk Pilot

Tugas pilot meliputi:

  1. Memeriksa pesawat
    Pilot harus melakukan pemeriksaan sebelum terbang dan memastikan bahwa pesawat terbangnya dalam kondisi baik dan aman untuk diterbangkan.
  2. Mengoperasikan pesawat
    Pilot bertanggung jawab untuk mengoperasikan pesawat terbang selama penerbangan. Mereka harus memahami sistem kontrol pesawat, melakukan takeoff dan landing, melakukan navigasi, dan mengatasi situasi darurat.
  3. Berkomunikasi dengan awak kabin
    Pilot harus dapat berkomunikasi dengan awak kabin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang.
  4. Berkomunikasi dengan pengawas lalu lintas udara
    Pilot harus dapat berkomunikasi dengan pengawas lalu lintas udara selama penerbangan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pesawat.
  5. Memimpin tim
    Jika ada co-pilot atau anggota kru lainnya, pilot harus dapat memimpin tim dengan efektif dan mengkoordinasikan tugas-tugas mereka.
  6. Mempelajari kondisi cuaca
    Pilot harus memahami dan memantau kondisi cuaca selama penerbangan, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan penerbangan.
  7. Melakukan pelaporan
    Setelah penerbangan, pilot harus membuat laporan tentang penerbangan dan kondisi pesawat.
  8. Menjaga kualifikasi
    Pilot harus menjaga kualifikasi mereka dengan mengikuti pelatihan dan tes yang diperlukan untuk memperbarui lisensi mereka dan memastikan bahwa mereka tetap kompeten dan terlatih untuk tugas mereka.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pilot

Untuk dapat menjalankan Seorang pilot harus memiliki keahlian teknis, kepemimpinan, dan komunikasi yang kuat. Beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang pilot meliputi:

  1. Pengetahuan teknis
    Seorang pilot harus memiliki pengetahuan teknis yang kuat tentang pesawat terbang dan sistem kontrolnya. Mereka harus memahami bagaimana mesin dan sistem pesawat terbang bekerja dan bisa mengatasi situasi darurat dalam penerbangan.
  2. Kemampuan navigasi
    Pilot harus memiliki kemampuan navigasi yang kuat untuk dapat memantau posisi pesawat terbang mereka dan menghindari rute penerbangan yang berbahaya.
  3. Kepemimpinan
    Jika ada co-pilot atau anggota kru lainnya, seorang pilot harus dapat memimpin tim dengan efektif dan mengkoordinasikan tugas-tugas mereka dengan baik.
  4. Kemampuan mengambil keputusan
    Seorang pilot harus dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi darurat dan mempertimbangkan semua faktor yang relevan, termasuk kondisi cuaca dan ketersediaan bahan bakar.
  5. Kemampuan berkomunikasi
    Seorang pilot harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan awak kabin dan pengawas lalu lintas udara untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.
  6. Kemampuan mengevaluasi risiko
    Seorang pilot harus dapat mengevaluasi risiko dalam penerbangan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meminimalkan risiko tersebut.
  7. Kemampuan bekerja di bawah tekanan
    Seorang pilot harus dapat bekerja di bawah tekanan dan dalam situasi yang stres, termasuk dalam situasi darurat atau ketika pesawat terbang dalam kondisi yang tidak normal.
  8. Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi
    Seorang pilot harus selalu belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru dan persyaratan regulasi yang berubah untuk tetap kompeten dan terlatih untuk tugas mereka.

Cara Menjadi Pilot

Secara umum hal yang harus Anda perhatikan adalah tinggi badan, kesehatan mata, dan kualifikasi.

Berikut rincian syarat umum menjadi pilot:

  • Lulus pendidikan formal tingkat menengah atas/sederajat
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 23-26 tahun
  • Tinggi badan minimal 160 cm
  • Tidak buta warna, bebas narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit kronis
  • Tidak menggunakan kacamata

  • Persiapkan Dana

Hal yang paling krusial adalah dana untuk sekolah. Biaya sekolah pilot ini berkisar antara 700  juta hingga 1 miliar. Di beberapa sekolah, biaya tersebut sudah termasuk makan dan akomodasi selama proses belajar, namun ada juga yang belum termasuk.

Persiapan biaya harus disiapkan secara matang.

  •  Sekolah Tinggi ataupun Akademi Penerbangan

Beberapa pendidikan yang sesuai jika ingin menjadi seorang pilot adalah: Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.

  • Ground School

Calon pilot yang lolos seleksi awal kemudian akan memasuki tahapan ground school.

Artinya, Anda akan mendapat pembekalan berupa teori terlebih dahulu sebelum mulai berlatih menerbangkan pesawat.

Ilmu-ilmu dasar yang akan kamu dapatkan diantaranya:

  • Aircraft System and Component, mempelajari cara kerja dan sistem komponen mesin pesawat
  • Airframe and Aircraft System, mempelajari airframe yang digunakan pesawat
  • Rules and Regulation, aturan dasar menjadi pilot
  • Principle of Flight, mempelajari prinsip terbang pesawat
  • Navigasi, mempelajari instrumen navigasi untuk menerbangkan pesawat

Selain poin-poin di atas, masih banyak ilmu-ilmu dasar lainnya yang akan dipelajari calon pilot dalam ground school.

  • Simulasi dan Solo Flight

Setelah 3-5 bulan menjalani ground school, calon pilot akan mulai melakukan simulasi terbang dengan didampingi professional flight instructor.

Dalam simulasi Anda akan menerapkan teori yang telah dipelajari sebelumnya sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Jika fase simulasi sudah selesai, nantinya akan ada praktik lapangan dengan dan tanpa instruktur.

Pada tahap ini calon pilot sudah mulai menabung jam terbang sebagai tolak ukur pengalaman untuk melamar pekerjaan di maskapai penerbangan.

  • Mengambil Sertifikasi

Beberapa macam sertifikasi pilot antari lain ialah Commercial Pilot License (CPL), Private Pilot License (PPL), Airline Transport Pilot License (ATPL), Multi-Engine Rating (MER), dan Instrument Rating (IR)

Lisensi tersebut merupakan pengakuan kemampuan kompetensi seorang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe dan ukuran tertentu.

Jenjang Karir Pilot

Seorang pilot dapat mengembangkan karir mereka melalui beberapa tingkat penerbangan, pengalaman dan pelatihan. Berikut adalah beberapa langkah dalam jenjang karir seorang pilot:

  1. Penerbangan Umum
    Setelah mendapatkan lisensi penerbangan dasar, seorang pilot dapat memulai karir mereka di penerbangan umum. Penerbangan umum meliputi penerbangan kecil, seperti penerbangan penumpang regional atau penerbangan kargo.
  2. Penerbangan Komersial
    Seorang pilot dapat meningkatkan karir mereka ke penerbangan komersial yang lebih besar. Penerbangan komersial meliputi penerbangan internasional, penerbangan jarak jauh dan penerbangan penumpang besar.
  3. Kapten
    Setelah mengumpulkan pengalaman yang cukup dan mencapai persyaratan tertentu, seorang pilot dapat menjadi kapten pesawat. Seorang kapten bertanggung jawab atas semua operasi penerbangan dan memimpin kru.
  4. Pelatih Penerbangan
    Seorang pilot yang telah mencapai tingkat yang tinggi dapat menjadi instruktur penerbangan dan melatih pilot baru.
  5. Manajemen
    Seorang pilot dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam industri penerbangan dapat memilih untuk beralih ke manajemen penerbangan, seperti manajemen operasi penerbangan atau manajemen penerbangan keselamatan.

Dalam setiap tahap karir, seorang pilot dapat memperoleh lisensi tambahan dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan mereka dan membuka peluang karir baru.

Yang Harus Kalian Ketahui Pilot

Sebelum menjadi pilot, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Pilot harus menjaga kesehatan diri dengan baik. Pasalnya, seorang pilot harus bekerja secara ekstra sehingga dibutuhkan tubuh yang fit tanpa rasa kantuk dan lelah saat bekerja.

  • Peluang kerja sebagai pilot akan selalu terbuka, karena dibutuhkan lebih dari 620.000 pilot baru yang dapat menerbangkan pesawat komersial dalam 15-20 tahun ke depan.

  • Gaji seorang pilot per bulan akan bergantung pada jenis pesawat yang diterbangkan dan jumlah jam terbang yang ditempuh. Semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi pula gaji yang akan diperoleh.

  • Pilot dapat Bekerja di Maskapai Penerbangan atau Pesawat Komersial, Helikopter untuk penyaluran barang dan informasi, maupun Pesawat Kecil.

  • Sebagai pilot biasanya kita tidak mengenal hari, jadi bekerja sebagai penerbang tidak sama seperti pegawai kantor/darat, karena sebagai penerbang tetap bekerja walaupun hari minggu/raya apabila mendapat tugas/jadwal terbang maka kita harus menjalankannya.

  • Seorang kapten senior di maskapai bintang lima, bisa menerima take home pay Rp100.000.000,00 sampai Rp150.000.000,00 per bulan. Menarik bukan?

Profesi Lainnya

sales hotel

Sales Hotel

Pekerjaan Sales Hotel adalah posisi yang bertanggung jawab untuk menggali peluang bisnis dan mengoptimalkan penjualan dalam industri perhotelan. Sales Hotel bekerja sama dengan tim penjualan

Read More »
profesi sosiolog

Sosiolog

Sosiolog adalah seorang profesional yang mempelajari masyarakat dan dinamika sosial. Mereka menganalisis pola-pola sosial, interaksi manusia, struktur sosial, dan perubahan sosial untuk memahami bagaimana individu

Read More »
staff packing

Staff Packing

Pekerjaan staff packing adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan proses pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen. Pekerjaan ini biasanya

Read More »
profesi scrum master

Scrum Master

Pekerjaan Scrum Master adalah peran kunci dalam metodologi pengembangan perangkat lunak yang dikenal sebagai Scrum. Scrum Master bertanggung jawab untuk memfasilitasi tim pengembangan dalam mencapai

Read More »
financial analyst

Financial Analyst

Financial analyst adalah salah satu profesi yang menarik dan menantang di bidang keuangan. Seorang financial analyst bertugas untuk menganalisis data keuangan, pasar, dan investasi, serta

Read More »
guru smp

Guru SMP

Guru SMP adalah profesi yang berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama. Seorang guru SMP bertanggung jawab dalam memberikan

Read More »