mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Admin Media Sosial

Admin sosial media adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten, mengatur jadwal postingan, berinteraksi dengan pengikut, memantau performa, dan melakukan analisis data sosial media. Admin sosial media harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankan tugas-tugas tersebut dengan baik.

admin media sosial

Deskripsi Profesi Admin Media Sosial

Pada zaman digital saat ini, kehadiran sosial media mempengaruhi kegiatan di berbagai bidang kehidupan mulai sosial, ekonomi, bisnis dan budaya.

Dari sisi sosial misalnya, dengan adanya sosial media interaksi sosial menjadi lebih intens dan luas. Kita bisa berinterasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh. Ada ungkapan sosial media itu menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh. Ya setiap itu pasti ada plus dan minusnya.

Dari sisi ekonomi dan bisnis, sosial media merubah bagaimana orang menawarkan produknya. Karena ada pasar di sosial media, maka perusahaan dapat memanfaatkan itu untuk berpromosi.

Karena itulah perusahaan sebaiknya memiliki sosial media di era saat ini. Lalu siapa yang mengelola sosial media perusahaan?

Ya, jawabannya adalah admin sosial media.

Apa itu admin sosial media?

Admin sosial media adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial suatu organisasi, perusahaan, atau public figure (individu).

Tanggung jawabnya meliputi posting gambar/video terbaru, mendesain postingan, membalas chat dan komentar, menerapkan strategi digital marketing untuk mendapatkan reach yang tinggi dan lain sebagainya.

Kita akan membahas secara lebih lengkap dalam artikel ini.

Jobdesk Admin Media Sosial

Tugas dan tanggung jawab seorang admin media sosial yaitu:

  1. Membuat konten yang menarik, relevan, dan sesuai dengan tujuan dan audiens akun media sosial.
  2. Mengatur jadwal postingan, mengedit, dan mempublikasikan konten di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lain-lain.
  3. Mengawasi dan merespon komentar, pesan, dan interaksi dari pengikut atau pelanggan akun media sosial.
  4. Menganalisis dan melaporkan kinerja akun media sosial, seperti jumlah pengikut, jangkauan, impresi, klik, dan konversi.
  5. Membuat dan mengimplementasikan strategi media sosial yang sesuai dengan visi, misi, dan nilai organisasi, merek, atau individu.
  6. Melakukan riset pasar dan kompetitor untuk mengetahui tren, permintaan, dan peluang di media sosial.
  7. Bekerja sama dengan tim lain, seperti pemasaran, penjualan, desain grafis, atau hubungan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

 

Keahlian Yang Harus Dimiliki Admin Media Sosial

Admin sosial media harus memiliki keterampilan dan kemampuan seperti:

  1. Kreatif, inovatif, dan mampu membuat konten yang menarik perhatian dan membangun loyalitas pengikut atau pelanggan.
  2. Komunikatif, ramah, dan mampu berinteraksi dengan baik dengan berbagai macam orang di media sosial.
  3. Analitis, kritis, dan mampu menginterpretasikan data dan memberikan saran perbaikan.
  4. Fleksibel, adaptif, dan mampu mengikuti perkembangan media sosial yang cepat berubah.
  5. Terorganisir, disiplin, dan mampu mengatur waktu dan prioritas dengan baik.
  6. Memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang berbagai platform media sosial dan alat-alat yang mendukungnya.

 

Cara Menjadi Admin Media Sosial

Bagaimana cara menjadi seorang admin sosial media?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang admin sosial media yang handal:

1. Pelajari dasar-dasar sosial media

Anda harus menguasai cara menggunakan dan mengoptimalkan berbagai platform sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn, dan lainnya. Setiap platform memiliki fitur, audiens, dan tujuan yang berbeda-beda. Anda harus menyesuaikan konten dan strategi Anda sesuai dengan karakteristik masing-masing platform.

2. Tingkatkan keterampilan menulis dan desain

Konten adalah salah satu faktor yang paling penting dalam sosial media. Anda harus bisa membuat konten yang menarik, informatif, relevan, dan sesuai dengan tone of voice merek atau organisasi Anda. Anda juga harus bisa membuat desain grafis yang menarik dan profesional untuk mendukung konten Anda. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software untuk membantu Anda dalam hal ini, seperti Canva, Photoshop, Illustrator, dan lainnya.

3. Perluas wawasan dan pengetahuan Anda

Sebagai admin sosial media, Anda harus selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia sosial media, seperti algoritma, tren, fitur baru, dan lainnya. Anda juga harus mengikuti perkembangan di bidang atau industri yang terkait dengan merek atau organisasi Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens Anda.

4. Bangun jaringan dan komunitas

Sosial media adalah tempat untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan minat. Sebagai admin sosial media, Anda harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pengikut Anda. Anda harus responsif, ramah, sopan, dan profesional dalam menjawab pertanyaan, komentar, atau keluhan mereka. Anda juga harus aktif dalam berpartisipasi di berbagai grup, forum, atau komunitas online yang terkait dengan bidang atau industri Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kredibilitas, reputasi, dan loyalitas merek atau organisasi Anda.

5. Evaluasi dan perbaiki kinerja Anda

Sosial media adalah platform yang dinamis dan selalu berubah. Anda harus selalu mengukur dan menganalisis performa akun-akun sosial media Anda menggunakan berbagai metrik dan alat bantu, seperti insights, analytics, atau dashboard. Anda harus mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil dalam strategi dan konten Anda. Anda harus selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas konten dan strategi Anda.

Menjadi seorang admin sosial media bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan tekad, usaha, dan pembelajaran yang terus-menerus, Anda bisa menjadi seorang admin sosial media yang sukses dan profesional.

Jenjang Karir Admin Media Sosial

Jenjang karir profesi admin media sosial bisa bervariasi tergantung pada jenis media sosial yang dikelola, ukuran organisasi atau perusahaan, dan tingkat pengalaman. Secara umum, ada beberapa level karir yang bisa dicapai oleh admin media sosial, yaitu:

1. Junior Social Media Admin

Level ini biasanya untuk admin media sosial yang baru memulai karirnya atau memiliki pengalaman kurang dari satu tahun. Tugas utama junior social media admin adalah membuat konten sederhana, menjawab komentar, dan mengikuti arahan dari senior social media admin atau supervisor. Gaji rata-rata untuk level ini berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

2. Senior Social Media Admin

Level ini untuk admin media sosial yang memiliki pengalaman lebih dari satu tahun atau memiliki kemampuan lebih tinggi dalam membuat konten, menganalisis data, dan mengelola strategi. Tugas utama senior social media admin adalah membuat konten kreatif dan menarik, mengatur jadwal postingan, menganalisis performa akun media sosial, dan memberikan masukan kepada junior social media admin atau supervisor. Gaji rata-rata untuk level ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

3. Social Media Supervisor

Level ini untuk admin media sosial yang memiliki pengalaman lebih dari dua tahun atau memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan. Tugas utama social media supervisor adalah mengawasi dan mengkoordinasikan tim admin media sosial, membuat rencana dan anggaran untuk kampanye media sosial, berkomunikasi dengan klien atau stakeholder, dan mengevaluasi hasil dan dampak dari aktivitas media sosial. Gaji rata-rata untuk level ini berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per bulan

4. Social Media Manager

Level ini untuk admin media sosial yang memiliki pengalaman lebih dari tiga tahun atau memiliki kemampuan strategis dan inovatif. Tugas utama social media manager adalah merancang dan mengimplementasikan strategi media sosial secara keseluruhan, mengembangkan dan memperluas jaringan dan kemitraan dengan pihak-pihak terkait, mengidentifikasi dan mengeksplorasi peluang baru untuk meningkatkan brand awareness dan reputasi, dan memimpin dan mengembangkan tim admin media sosial. Gaji rata-rata untuk level ini berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

 

Yang Harus Kalian Ketahui Admin Media Sosial

Untuk mencapai jenjang karir profesi admin media sosial yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

– Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang media sosial, seperti algoritma, tren, fitur, tools, dll.
– Membuat portofolio konten yang menunjukkan kreativitas, kualitas, dan hasilnya.
– Membangun jejaring profesional dengan sesama admin media sosial atau pihak-pihak lain yang relevan.
– Mengikuti pelatihan, kursus, sertifikasi, atau seminar yang berkaitan dengan media sosial.
– Menjaga sikap positif, proaktif, dan profesional dalam bekerja.

Demikianlah ulasan tentang jenjang karir profesi admin media sosial. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bidang ini. Selamat berkarir!

Profesi Lainnya

panitera

Panitera

Panitera adalah salah satu profesi yang memiliki peran penting di dalam sistem peradilan. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan tugas administratif yang berkaitan dengan persidangan dan

Read More »
profesi enumerator

Enumerator

Enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengumpulkan data dari responden melalui wawancara, survei, atau sensus. Enumerator biasanya bekerja untuk lembaga penelitian, pemerintah, atau organisasi non-pemerintah

Read More »
tugas business development

Business Development

Pekerjaan Business Development (pengembangan bisnis) adalah peran strategis yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menjaga hubungan bisnis yang menguntungkan dengan mitra, pelanggan, dan pemangku kepentingan

Read More »
profesi welder

Welder

Apa itu Pekerjaan Welder ? Jika Anda tertarik dengan dunia industri, mungkin Anda pernah mendengar istilah welder atau juru las. Welder adalah seorang profesional yang

Read More »
profesi content strategist

Content Strategist

Content Strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan strategi konten yang tepat untuk mencapai tujuan pemasaran/penjualan suatu perusahaan. Dimulai dari riset konten, produksi sampai

Read More »
psikolog klinis

Psikolog Klinis

Apa itu Pekerjaan Psikolog Klinis ? Psikolog klinis adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi yang berfokus pada usaha memahami dan menangani masalah-masalah psikologis, meningkatkan kemampuan

Read More »