mployee logo

Profesi Psikiater

Psikiater adalah seorang ahli medis yang fokus menangani masalah kesehatan mental dan perilaku melalui upaya pencegahan, kuratif dan rehabilitatif dengan pemberian konseling, psikoterapi, dan obat-obatan.

psikiater

Deskripsi Profesi Psikiater

Profesi Psikiater lebih jelasnya merupakan seorang ahli medis yang fokus menangani masalah kesehatan mental dan perilaku melalui upaya pencegahan, kuratif dan rehabilitatif dengan pemberian konseling, psikoterapi, dan obat-obatan. Psikiater yakni spesialisasi dari ilmu kedokteran. 

Seorang Psikiater biasanya paham betul mengenai kesehatan fisik dan mental serta bagaimana pengaruhnya terhadap satu sama lainnya.

Pengetahuan seorang psikiater terkait faktor-faktor biologis, masalah psikologi dan kejiwaan sangat luas.

Psikiater punya peran sebagaimana dokter spesialis pada umumnya, yaitu mengobati pasien, terutama yang mempunyai masalah dengan kesehatan mentalnya.

Menemui psikiater menjadi langkah pertama yang tepat untuk dilakukan ketika seorang terganggu mental dan butuh perawatan medis.

Mendapatkan psikiater yang tepat sangat penting karena akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan terapi yang dilakukan.

Meskipun dalam proses terapi ini membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup lama.

Tidak perlu bingung dalam mencari dan memilih psikiater yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda, sebab panduannya ada di bawah ini yang dilansir dari alodokter:

  • Konsultasikan dengan dokter

Untuk mendapatkan psikiater yang tepat, Anda bisa memulainya dengan  berkonsultasi ke dokter umum atau psikolog. Dokter umum dapat menentukan perkiraan diagnosis sesuai keluhan dan kondisi Anda yang nantinya dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan jiwa yang sedang dihadapi.

Selain itu, dokter umum atau psikolog dapat memberikan beberapa rekomendasi psikiater yang praktik di daerah tempat tinggal Anda.

  • Tanyakan kepada keluarga atau teman

Anda dapat mencari rekomendasi psikiater yang tepat dengan menanyakannya kepada keluarga, teman, atau kerabat di lingkungan Anda. Besar kemungkinan juga Anda bisa mendapatkan informasi dari komunitas, media darling atau organisasi kesehatan di bidang kesehatan mental baik melalui internet atau telepon.

  • Pertimbangkan biaya yang dibutuhkan

Periksa peraturan asuransi yang Anda ikuti. Biasanya turut berisi daftar psikiater dan pilihan pengobatan yang diasuransikan. Pilih pengobatan yang paling tepat untuk kondisi kesehatan mental Anda dan periksa semua persyaratannya, termasuk ditanggung atau tidaknya obat-obatan yang Anda bisa dapatkan dari pengobatan melalui psikiater. Pertimbangkan juga mengenai biayanya apabila tidak ditanggung oleh asuransi.

Tips Memilih Psikiater

  1. Utamakan psikiater yang memiliki lisensi dan izin praktik resmi yang dapat divalidasi.
  2. Pilih yang lokasi prakteknya dekat dengan rumah atau kantor Anda.
  3. Buat jadwal kunjungan ke tempat praktik psikiater tersebut, yaitu dapat melalui surel atau telepon langsung.
  4. Pastikan Anda dan psikiater sepakat dengan metode terapi dan tujuan pengobatan yang akan Anda dapatkan. Psikiater Anda mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis lain bila Anda memerlukan penanganan medis tertentu misalnya ke dokter penyakit dalam untuk mengobati diabetes atau hipertensi.

Jobdesk Psikiater

  • Menjelaskan bentuk pengobatan dan perilaku yang diharapkan dengan pasien, kepada anggota keluarga, wali atau kerabat pasien.
  • Menganalisa, mendiagnosis gangguan mental yang dialami pasien, kemudian menentukan pengobatannya.
  • Merancang dan merencanakan perawatan yang dibutuhkan pasien dengan membahas bersama tenaga profesional kesehatan lainnya seperti dokter, pekerja sosial, psikolog, dan lainnya.
  • Dalam konsultasi, psikiater mengajak klien atau pasien untuk menentukan sendiri pilihan dalam bertindak, setelah memperhitungkan risiko yang akan dihadapi dan cara mengatasinya. Proses ini dilakukan secara sistematik profesional.
  • Menjelaskan bentuk pengobatan dan perilaku yang diharapkan dengan pasien, kepada anggota keluarga, wali atau kerabat pasien.
  • Memberikan resep berupa obat-obatan, terapi stimulasi otak, pemeriksaan fisik, dan laboratorium.
  • Mengumpulkan dan memelihara catatan pasien untuk menganalisis kemajuan pengobatan.
  • Psikiater menjaga rahasia pribadi pasien.
  • Menganalisis dan mengevaluasi data temuan atau memberi tes pada pasien untuk mendiagnosa sifat atau tingkat gangguan mental.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Psikiater

  1. Menguasai metode perawatan – Metode yang digunakan untuk membantu menyembuhkan masalah kejiwaan pasien, seperti psikoterapi, terapi obat, intervensi psikososial.
  2. Kemampuan melakukan terapi elektrokonvulsif (ECT) – Dapat menghilangkan atau mengendalikan gejala yang mengganggu pasien. Psikoterapi biasanya memerlukan beberapa sesi selama satu hingga dua minggu, atau bahkan lebih, tergantung dari tingkat masalah kejiawaan pasien.
  3. Berkompetensi – Dalam segala hal yang berkaitan dengan diagnosis dan perawatan untuk pasien dengan masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia, juga memahami berbagai masalah kesehatan jiwa dan pemicunya.
  4. Keahlian untuk mengatasi penyalahgunaan zat-zat tertentu dan masalah kecanduan (adikisi).
  5. Memahami terapi obat yang lazim untuk membantu memperbaiki ketidakseimbangan kimia di dalam otak pasien.
  6. Penalaran Deduktif, agar dapat menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dan menghasilkan jawaban yang masuk akal.
  7. Penalaran Induktif – Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).
  8. Pemahaman Lisan – Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan.
  9. Ekspresi Lisan – Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan.
  10. Sensitivitas Masalah – Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cara Menjadi Psikiater

Apabila Anda ingin menjadi psikiater, pastikan tidak salah memilih jurusan sejak masuk kuliah. Dilansir dari situs Renesia, berikut adalah tahapan untuk menjadi psikiater yang harus Anda pahami:

1. Mengikuti Pendidikan S1 Jurusan Kedokteran

Psikiater sebenarnya adalah dokter yang memiliki spesialisasi di bidang kejiwaan. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti rangkaian studi di S1 Kedokteran atau Pendidikan Dokter Umum.

Mengapa demikian? Sebab seorang psikiater harus memahami cara mendiagnosis penyakit atau gangguan pada pasien, mempelajari anatomi tubuh, serta fungsi dan mekanisme dasar organ tubuh agar dapat memberikan cara pengobatan yang tepat dan dapat mencegah penyakit itu muncul kembali atau setidaknya agar dapat lebih terkendali.

2. Menyelesaikan Studi S1 Kedokteran

Untuk dapat lulus menjadi Sarjana Kedokteran, kurang lebih Anda memerlukan waktu studi selama 4 tahun. Belajarlah dengan tekun selama menjalani perkuliahan.

Sudah menjadi hal umum, bahwa menjadi mahasiswa Kedokteran masuknya berat, bertahannya berat, apa lagi keluarnya. Namun, apabila Anda menjalaninya dengan sepenuh hati dan tulus serta mengetahui cara untuk manajemen diri yang baik, maka beban tanggung jawab dapat lebih dapat diatasi.

3. Menjalani Pendidikan Profesi Kedokteran

Ketika kamu baru lulus dari S1 Kedokteran, Anda perlu mengikuti pendidikan profesi kedokteran atau dapat disebut juga dengan istilah co-ass selama kurang lebih tiga semester.

Co-ass ini dilakukan untuk bisa memperoleh gelar dokter sebab S1 Kedokteran hanya memberikan gelar Sarjana Kedokteran saja.

4. Mengikuti UKDI

UKDI atau Uji Kompetensi Dokter Indonesia adalah ujian yang harus dilakukan untuk membuktikan kelayakan seseorang untuk menjadi dokter.

5. Memperoleh SKD

Setelah lulus dalam Uji Kompetensi Dokter Indonesia, Anda akan diberikan Sertifikat Kompetensi Dokter (SKD) yang menunjukkan legalitas gelar dokter yang dimiliki.

6. Melakukan Sumpah Dokter

Sebelum benar-benar mendapatkan gelar dokter, kamu wajib melakukan sumpah dokter. Sumpah ini diucapkan oleh lulusan dokter yang intinya berjanji akan menjalankan profesi sekaligus tugas mulianya dengan baik dan benar.

7. Menjalankan Program Internship

Anda harus melakukan program internship selama satu tahun dengan delapan bulan di rumah sakit dan empat bulan di puskesmas yang dipilih sesuai dengan tempat yang tersedia dan kuota dokter yang dapat melaksanakan internship.

8. Melanjutkan Studi dengan Pendidikan Keprofesian Kedokteran Jiwa

Tidak banyak perguruan tinggi yang membuka program pendidikan ini, terdapat beberapa universitas negeri yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi, di antaranya:

  • Universitas Riau
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Udayana
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sriwijaya

Untuk dapat menjadi psikiater, pendidikan terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terkait ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri selama empat tahun. Setelah itu, Anda akan mendapatkan gelar Spesialis Kedokteran Jiwa.

Akan tetapi, beberapa psikiater memilih untuk mengambil pelatihan untuk spesialisasi tambahan yang dapat meningkatkan kompetensinya untuk menangani gangguan psikologis khusus, seperti psikiater forensik, psikiatri anak dan remaja, atau psikiatri psikosomatis.

9. Anda Telah Menjadi Psikiater

Akhirnya, setelah mengikuti pendidikan serta kewajiban-kewajiban lainnya selama paling tidak sepuluh tahun, Anda dapat melakukan praktik Psikiatri.

Jenjang Karir Psikiater

Prospek kerja psikiater adalah sebagai dokter umum terlebih dahulu kemudian melanjutkan pendidikan ke profesi yaitu Dokter Spesialis Kejiwaan.

Setelah lulus, maka Anda bisa praktek atau berprofesi sebagai psikiater.

Karir jabatan psikiater tidak ada jenjang karirnya.

Meskipun begitu, tenang saja jika Anda bekerja di Rumah Sakit, Klinik Kesehatan atau sejenisnya, Anda dapat menduduki jabatan struktural pada institusi.

Memilih menjadi seorang psikiater mengharuskan Anda untuk menguasai beberapa ilmu pendidikan yaitu pendidikan dokter dan pendidikan dokter spesialis psikiater.

Yang Harus Kalian Ketahui Psikiater

  1. Psikiater berbeda dengan Psikolog.
  2. Sebelum jadi psikiater, harus menjalani profesi sebagai Dokter umum terlebih dahulu dan melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Profesi Dokter Spesialis Kejiwaan (Sp.KJ).
  3. Melansir dari Ilmupedia, profesi psiakter paling banyak diminati karena besarnya gaji yang didapatkan.
  4. Besarnya gaji atau pendapatan yang diperoleh psikiater sebanding dengan rumitnya pekerjaan yang harus dijalankan. Gaji yang diperoleh dari psikiater satu dengan psikiater lainnya akan berbeda-beda tergantung juga pada tingkat jabatannya.
  5. Mengutip dari hellodoc, psikolog dan psikiater bekerja sama untuk saling berkordinasi dalam memberikan terapi terbaik bagi pasien. Psikolog sering melakukan terapi kepada pasien setiap minggu untuk konseling psikososial.
  6. Sama halnya dengan psikolog, psikiater juga sering melakukan terapi kepada pasien setiap minggu atau bulanan untuk psikoterapi ataupun psikofarmakologi. Hal ini tergantung pada kasus ataupun permasalah yang dihadapi masing-masing pasien dan kebutuhan klinis pasien.
  7. Dilansir dari Tirto.id, saat ini di Indonesia hanya ada 48 rumah sakit jiwa dengan separuh jumlahnya berada di empat provinsi dari keseluruhan 34 provinsi. Bahkan delapan provinsi di Indonesia tidak memiliki rumah sakit jiwa.
  8. Menurut artikel dari unisbank, banyak peran sebagai seseorang psikolog di Indonesia dalam menolong proses hukum, yakni dengan aparat kepolisian, kejaksaan, pengadilan, serta lembaga pengembangan masyarakat. Semacam terjadinya banyaknya kasus- kasus pada akhir- akhir ini semacam pelecehan intim, pembunuhan, serta lain sebagainya. Kasus- kasus semacam itu pula butuh penindakan dari seseorang psikolog untuk mengasesmen pelaku serta korban dalam hal ke- abnormalitasnya.
  9. Jika ada orang di sekitarmu yang membutuhkan psikiater, penduduk Indonesia sudah bisa mendapatkan layanan psikiater dengan menggunakan jaminan kesehatan nasional ataupun BPJS. Jangan lupa lengkapi persyaratan dan ikuti alurnya.

Profesi Lainnya

profesi account executive

Account Executive

Pada dasarnya AE atau Account Executive adalah orang yang memiliki tanggung jawab sehari-hari dalam mencari dan menjaga hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien. Menurut laman Hubspot, account executive juga

Read More »
profesi kontraktor

Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai

Read More »
kepala desa

Kepala Desa

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kepala Desa – Peran kepala desa sangat penting lho! Jangan remehkan profesi satu ini, karena tanpa ada kepala desa, tidak

Read More »
profesi konsultan bisnis

Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

Read More »
profesi desiain interior

Desainer Interior

Desainer interior adalah suatu profesi yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses desain interior yang terdiri dari perencanaan, penataan dan perancangan ruang-ruang interior. Desain interior memiliki berbagai

Read More »
pemandu wisata tour guide

Pemandu Wisata (Tour Guide)

Di dunia pariwisata banyak istilah yang sering didengar. Salah satunya adalah tour guide yang dalam bahasa Indonesianya disebut pramuwisata.  Definisi dari tour guide secara umum ialah orang yang

Read More »