mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Housekeeping

Housekeeping adalah pekerjaan yang erat dengan pemeliharan dari kebersihan suatu ruangan atau tempat. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di lingkungan hotel, penginapan, rumah sakit, perkantoran, atau rumah pribadi.

housekeeping

Deskripsi Profesi Housekeeping

Housekeeping adalah pekerjaan yang erat dengan pemeliharan dari kebersihan suatu ruangan atau tempat. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di lingkungan hotel, penginapan, rumah sakit, perkantoran, atau rumah pribadi. Seorang housekeeper bertugas untuk membersihkan lantai, kamar mandi, toilet, kamar tidur, area publik, dan tempat-tempat lainnya yang membutuhkan perawatan. Selain itu, housekeeper juga bertanggung jawab untuk mengganti sprei, menyetok perlengkapan mandi, membuang sampah, membantu tamu atau pasien jika dibutuhkan, dan memberi tahu manajer jika ada ruangan atau tempat yang memerlukan perbaikan.

Housekeeping adalah pekerjaan yang membutuhkan profesionalisme dan keahlian. Seorang housekeeper harus mampu bekerja dengan cepat, rapi, teliti, dan efisien. Housekeeper juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk menghadapi komplain atau permintaan konsumen dengan profesional dan penuh kesabaran. Selain itu, housekeeper juga harus memiliki etika kerja yang baik, seperti tidak mengambil barang-barang milik tamu atau pasien, tidak meninggalkan barang berharga di kamar, dan menjaga kesopanan.

Housekeeping adalah profesi yang menuntut kerja keras, ketelitian, dan keterampilan komunikasi. Housekeeping juga harus memiliki pengetahuan tentang produk-produk pembersih yang aman dan efektif, serta cara mengoperasikan peralatan-peralatan housekeeping. Housekeeping harus selalu bersikap ramah,dan sopan.

Housekeeping adalah salah satu faktor yang menentukan kepuasan tamu. Tamu yang mendapatkan kamar yang bersih dan nyaman akan merasa lebih betah dan loyal terhadap hotel. Oleh karena itu, housekeeping harus selalu berusaha untuk memberikan layanan yang berkualitas dan memenuhi harapan tamu.

Jobdesk Housekeeping

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab seorang housekeeper bisa berbeda-beda tergantung pada tempat kerja dan bagian yang dipegangnya. Secara umum, ada beberapa bagian dalam departemen housekeeping di sebuah hotel atau penginapan, yaitu:

  • Public Area Section: bagian ini bertugas untuk membersihkan area publik seperti lobby, koridor, lift, tangga, ruang rapat, ruang makan, dan lain-lain.
  • Room Section: bagian ini bertugas untuk membersihkan kamar tamu dan memastikan semua fasilitas di dalamnya berfungsi dengan baik.
  • Laundry Section: bagian ini bertugas untuk mencuci dan menyetrika linen hotel seperti sprei, handuk, seragam karyawan, dan lain-lain.
  • Linen Section: bagian ini bertugas untuk menyimpan dan mendistribusikan linen hotel ke setiap bagian yang membutuhkannya.
  • Florist Section: bagian ini bertugas untuk merawat dan menghias bunga-bunga yang digunakan untuk dekorasi hotel.
  • Gardener Section: bagian ini bertugas untuk merawat dan membersihkan taman dan halaman hotel.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Housekeeping

Seorang housekeeper harus memiliki beberapa keahlian yang mendukung pekerjaannya. Keahlian ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan housekeeping, seperti:

  • Mengoperasikan alat-alat kebersihan, seperti sapu, vacuum cleaner, pel, dll.
  • Mengenal bahan-bahan pembersih dan cara menggunakannya dengan aman dan efektif.
  • Mengetahui standar kebersihan dan kenyamanan yang harus dipenuhi di setiap tempat kerja.
  • Mengetahui cara mengatur dan menyimpan perlengkapan dan peralatan kerja dengan rapi dan teratur.

Soft skill adalah keterampilan non-teknis yang berkaitan dengan sikap dan perilaku seorang housekeeper, seperti:

  • Komunikasi: mampu berkomunikasi dengan baik dengan tamu, pasien, manajer, dan rekan kerja.
  • Kerjasama: mampu bekerja sama dengan tim atau bagian lain untuk mencapai tujuan bersama.
  • Inisiatif: mampu mengambil tindakan yang tepat tanpa menunggu perintah atau instruksi.
  • Adaptabilitas: mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang berubah-ubah.
  • Integritas: mampu bekerja dengan jujur, bertanggung jawab, dan menghormati hak-hak orang lain.

Cara Menjadi Housekeeping

Untuk menjadi seorang housekeeper, ada beberapa langkah yang bisa diikuti, yaitu:

  • Menyelesaikan pendidikan minimal SMA atau sederajat.
  • Mempelajari bahasa Inggris dan keterampilan komunikasi.
  • Mencari informasi tentang lowongan pekerjaan housekeeping di berbagai media, seperti internet, koran, atau majalah.
  • Mengirimkan lamaran kerja yang sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak hotel, penginapan, atau rumah sakit.
  • Mengikuti proses seleksi yang meliputi tes tertulis, wawancara, dan tes praktik.
  • Jika diterima, mengikuti pelatihan atau orientasi yang diselenggarakan oleh pihak hotel, penginapan, atau rumah sakit.
  • Jika ingin meningkatkan kompetensi, mengikuti program sertifikasi housekeeping dari BNSP.

Jenjang Karir Housekeeping

Seorang housekeeper bisa memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan jika ia mau bekerja keras dan terus belajar. Berikut adalah beberapa posisi yang bisa dicapai oleh seorang housekeeper:

  • Housekeeping Attendant: posisi ini adalah posisi awal bagi seorang housekeeper. Tugasnya adalah melakukan pekerjaan bersih-bersih sesuai dengan bagian yang dipegangnya.
  • Housekeeping Supervisor: posisi ini adalah posisi selanjutnya bagi seorang housekeeper. Tugasnya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan housekeeping attendant di bawahnya.
  • Housekeeping Manager: posisi ini adalah posisi tertinggi bagi seorang housekeeper. Tugasnya adalah merencanakan, mengorganisir, dan mengendalikan seluruh kegiatan departemen housekeeping.

Yang Harus Kalian Ketahui Housekeeping

Sebelum menjadi Housekeeper Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

Sebelum bekerja sebagai seorang housekeeper, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan, yaitu:

  • Jam kerja housekeeper bisa berbeda-beda tergantung pada tempat kerja dan shift yang diambil. Biasanya ada 3 atau 4 shift dalam sehari. Seorang housekeeper harus siap untuk bekerja pada jam-jam yang tidak biasa, seperti pagi buta atau malam hari.
  • Pekerjaan housekeeper bisa sangat melelahkan dan menantang. Seorang housekeeper harus siap untuk bekerja dengan fisik yang kuat dan mental yang tangguh. Seorang housekeeper juga harus siap untuk menghadapi berbagai macam situasi dan masalah yang bisa terjadi di tempat kerja.
  • Pekerjaan housekeeper membutuhkan kedisiplinan dan profesionalisme yang tinggi. Seorang housekeeper harus selalu menjaga penampilan dan seragamnya agar rapi dan bersih. Seorang housekeeper juga harus selalu menjaga etika kerjanya agar tidak melanggar aturan.

Profesi Lainnya

operasional logistik

Operasional dan Logistik

Apa itu Pekerjaan Operasional dan Logistik ? Pekerjaan operasional dan logistik adalah pekerjaan yang berkaitan dengan perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan aliran barang dan jasa dari

Read More »
programmer game

Game Programmer Developer

Pekerjaan sebagai Game Programmer Developer merupakan salah satu profesi yang menarik dan menjanjikan di era digital saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan popularitas industri

Read More »
profesi seniman

Seniman

Seniman adalah seseorang yang menciptakan karya seni, baik berupa lukisan, patung, musik, tari, sastra, film, atau media lainnya. Seniman dapat bekerja secara mandiri atau bergabung

Read More »
profesi wartawan

Wartawan

Wartawan itu bahasa Indonesia, dari kara warta (berita) dan wan (orang), sebagaimana istilah hartawan, dermawan, fisikawan, atau relawan. Berdasarkan UU No. 40 Tahun 1999: Wartawan adalah orang yang teratur

Read More »
pegawai asuransi

Pegawai Asuransi

Pekerjaan pegawai asuransi merupakan salah satu karir yang menarik di industri keuangan. Pegawai asuransi bertanggung jawab untuk memberikan layanan asuransi kepada klien dan membantu mereka

Read More »
quality control

Quality Control (QC)

Quality Control (QC) adalah proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan untuk mengukur serta memastikan kualitas produk telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan dalam bisnis.

Read More »