mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Sales Executive

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan potensial atau eksisting.

tugas sales executive

Deskripsi Profesi Sales Executive

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan potensial atau eksisting. Sales executive harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, menawarkan solusi yang sesuai, dan menutup penjualan dengan efektif. Sales executive juga harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan, melakukan follow-up, dan mencari peluang baru untuk meningkatkan penjualan.

Sales Executive harus mampu memasarkan produk atau jasa perusahaan kepada konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sales executive juga harus memiliki kemampuan untuk bernegosiasi, melakukan riset pasar, mengembangkan target penjualan, dan menjaga hubungan baik dengan klien.

Pekerjaan sales executive membutuhkan keterampilan komunikasi, persuasi, analisis, dan kerjasama yang tinggi. Sales executive bisa bekerja di berbagai industri, seperti startup, advertising, asuransi, dan lain-lain. Gaji sales executive terdiri dari gaji pokok dan komisi atau bonus dari hasil penjualan yang dicapai.

Jobdesk Sales Executive

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab sales executive antara lain:

  • Mencari dan menghubungi calon pelanggan melalui telepon, email, media sosial, atau kunjungan langsung
  • Memperkenalkan produk atau jasa perusahaan dengan cara yang menarik dan profesional
  • Menyajikan demo atau presentasi produk atau jasa kepada pelanggan
  • Menjawab pertanyaan dan keberatan pelanggan dengan cara yang meyakinkan dan informatif
  • Menegosiasikan harga, syarat, dan kondisi penjualan dengan pelanggan
  • Membuat dan mengirimkan penawaran, kontrak, invoice, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan penjualan
  • Melakukan follow-up dengan pelanggan untuk memastikan kepuasan dan loyalitas mereka
  • Mencatat dan melaporkan aktivitas penjualan secara rutin kepada atasan atau manajer
  • Menganalisis data penjualan dan pasar untuk menentukan strategi dan target penjualan yang optimal
  • Menghadiri rapat, pelatihan, seminar, atau acara lainnya yang berkaitan dengan penjualan
  • Membina hubungan baik dengan pelanggan, rekan kerja, pemasok, dan mitra bisnis lainnya

Kualifikasi Sales Executive

  • Pendidikan: Tidak ada kualifikasi pendidikan khusus untuk menjadi sales executive. Posisi ini terbuka untuk semua lulusan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Pengalaman: Di beberapa perusahaan, dibutuhkan pengalaman sales executive minimal selama 3 tahun atau pengalaman sebagai sales representative selama minimal 3 tahun.
  • Penguasaan bahasa asing: Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris, adalah salah satu keunggulan yang dapat membantu sales executive dalam berhubungan dengan klien dari berbagai negara.
  • Mampu melakukan riset pasar, mencari peluang penjualan baru, menjaga hubungan dengan klien, menegosiasikan perjanjian, dan menganalisis data penjualan .
  • Memiliki skill komunikasi, presentasi, negosiasi, persuasi, dan networking yang baik.
  • Memiliki pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dan memahami kebutuhan konsumen .

 

Keahlian Yang Harus Dimiliki Sales Executive

Keahlian yang harus dimiliki sales executive antara lain:

  • Komunikasi: Sales executive harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dari berbagai latar belakang, budaya, dan tingkat sosial. Sales executive harus dapat menyampaikan pesan dengan jelas, sopan, dan persuasif.
  • Negosiasi: Sales executive harus mampu menegosiasikan harga, syarat, dan kondisi penjualan dengan pelanggan dengan cara yang menguntungkan kedua belah pihak. Sales executive harus dapat menyelesaikan masalah dan konflik yang mungkin timbul selama proses penjualan.
  • Pengetahuan produk atau jasa: Sales executive harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Sales executive harus dapat menjelaskan fitur, manfaat, kelebihan, dan kekurangan produk atau jasa kepada pelanggan dengan cara yang mudah dipahami.
  • Penjualan: Sales executive harus memiliki kemampuan untuk menjual produk atau jasa perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien. Sales executive harus dapat mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, menawarkan solusi yang sesuai, dan menutup penjualan dengan cepat.
  • Motivasi: Sales executive harus memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan perusahaan. Sales executive harus dapat mengatasi tantangan, hambatan, dan penolakan yang mungkin dihadapi selama proses penjualan.
  • Kerjasama tim: Sales executive harus mampu bekerja sama dengan rekan kerja, atasan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Sales executive harus dapat memberikan dan menerima umpan balik, saran, dan dukungan yang konstruktif.

Cara Menjadi Sales Executive

Cara menjadi sales executive antara lain:

  • Menyelesaikan pendidikan formal sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan
  • Mencari dan melamar lowongan pekerjaan sebagai sales executive di berbagai media, seperti internet, koran, majalah, atau rekomendasi
  • Mengikuti proses seleksi yang mungkin meliputi tes tertulis, wawancara, psikotes, atau tes praktik
  • Mendapatkan tawaran pekerjaan dan menandatangani kontrak kerja sebagai sales executive
  • Mengikuti orientasi, pelatihan, atau bimbingan yang disediakan perusahaan untuk mempersiapkan diri sebagai sales executive
  • Melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai sales executive sesuai dengan standar dan etika perusahaan

Jenjang Karir Sales Executive

Jenjang karir sales executive antara lain:

  • Sales Executive: Posisi awal sebagai sales executive yang bertugas untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan
  • Senior Sales Executive: Posisi lanjutan sebagai sales executive yang memiliki pengalaman dan kinerja yang baik. Senior sales executive dapat ditugaskan untuk menangani pelanggan khusus, produk atau jasa tertentu, atau wilayah tertentu.
  • Sales Supervisor: Posisi pengawas sebagai sales executive yang bertugas untuk mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi kinerja sales executive di bawahnya. Sales supervisor juga bertanggung jawab untuk membuat laporan penjualan dan memberikan saran atau masukan kepada manajer.
  • Sales Manager: Posisi manajer sebagai sales executive yang bertugas untuk merencanakan, mengelola, dan mengembangkan strategi dan target penjualan perusahaan. Sales manager juga bertanggung jawab untuk merekrut, melatih, dan memotivasi sales executive di bawahnya.

Yang Harus Kalian Ketahui Sales Executive

Yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai sales executive antara lain:

  • Pekerjaan sales executive adalah pekerjaan yang menantang, dinamis, dan kompetitif. Sales executive harus siap menghadapi persaingan yang ketat dari perusahaan lain, permintaan yang tinggi dari pelanggan, dan target penjualan yang ambisius.
  • Pekerjaan sales executive adalah pekerjaan yang fleksibel, variatif, dan menarik. Sales executive dapat bekerja di berbagai industri, produk atau jasa, dan lokasi. Sales executive juga dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan belajar banyak hal baru dari mereka.
  • Pekerjaan sales executive adalah pekerjaan yang menguntungkan, memuaskan, dan berkembang. Sales executive dapat mendapatkan penghasilan yang besar dari gaji pokok, komisi, bonus, insentif, dan tunjangan lainnya. Sales executive juga dapat merasakan kepuasan dari berhasil menjual produk atau jasa perusahaan dan membantu pelanggan. Sales executive juga dapat meningkatkan karirnya menjadi posisi yang lebih tinggi atau berganti ke perusahaan yang lebih besar.

Profesi Lainnya

profesi web developer

Web Developer

Web Developer bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website. Fokus utama seorang web developer yakni harus selalu menciptakan aplikasi dan

Read More »
profesi pembatik

Pembatik

Pembatik adalah seorang seniman yang mahir dalam seni membatik, sebuah teknik pewarnaan kain tradisional yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Dalam pembatikan, kain dihiasi

Read More »
produser rekamar

Produser Rekaman

Pekerjaan produser rekaman adalah peran yang bertanggung jawab atas proses produksi musik dan rekaman. Seorang produser rekaman bekerja dengan artis, musisi, penulis lagu, dan teknisi

Read More »
staff packing

Staff Packing

Pekerjaan staff packing adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan proses pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen. Pekerjaan ini biasanya

Read More »
profesi kondektur

Kondektur Transportasi

Apa itu Pekerjaan Kondektur transportasi ? Jika Anda sering menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, atau kapal laut, Anda mungkin pernah melihat sosok yang

Read More »
profesi content writer

Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media daring. Jika diartikan secara harfiah, content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten

Read More »