mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Kasir

Kasir adalah seorang pegawai yang bertanggung jawab atas pengelolaan uang dalam transaksi bisnis atau perdagangan, khususnya pada bidang ritel dan jasa. Tugas utama kasir adalah menerima pembayaran dari pelanggan atas pembelian barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, dan kemudian mengeluarkan tanda terima atau bukti transaksi. Selain itu, kasir juga harus menjaga keamanan uang yang diterima dan melaporkan seluruh transaksi ke pihak yang berwenang dalam perusahaan.

tugas kasir

Deskripsi Profesi Kasir

Kasir adalah seorang pegawai yang bertanggung jawab atas pengelolaan uang dalam transaksi bisnis atau perdagangan, khususnya pada bidang ritel dan jasa.

Tugas utama kasir adalah menerima pembayaran dari pelanggan atas pembelian barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, dan kemudian mengeluarkan tanda terima atau bukti transaksi. Selain itu, kasir juga harus menjaga keamanan uang yang diterima dan melaporkan seluruh transaksi ke pihak yang berwenang dalam perusahaan.

Kasir biasanya bekerja di berbagai jenis usaha seperti di restoran, pusat perbelanjaan, minimarket, toko retail, hotel, dan berbagai jenis usaha lainnya yang melakukan transaksi jual-beli secara tunai atau non-tunai. Terkadang kasir juga bisa bekerja di bank atau lembaga keuangan yang memproses transaksi tunai atau non-tunai.

Pada beberapa jenis bisnis, seperti supermarket atau toko ritel, kasir sering diisi oleh wanita, tetapi pada bisnis lain, kasir bisa diisi oleh pria atau wanita secara merata. Hal ini tergantung pada kebijakan perusahaan dan kebutuhan bisnis tersebut.

Jobdesk Kasir

Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang kasir:

  1. Menerima Pembayaran: Kasir bertanggung jawab untuk menerima pembayaran dari pelanggan yang membeli produk atau jasa. Kasir harus memastikan bahwa jumlah uang yang diterima sesuai dengan harga yang tertera pada produk atau jasa yang dibeli.
  2. Menyediakan Kembalian: Setelah menerima pembayaran dari pelanggan, kasir harus memberikan kembalian yang tepat jika pelanggan membayar lebih dari harga yang tertera.
  3. Mencatat Transaksi: Kasir harus mencatat setiap transaksi yang dilakukan dalam buku kas, komputer, atau sistem kas lainnya. Mencatat transaksi adalah penting untuk mengelola keuangan perusahaan dan membantu mencegah kecurangan.
  4. Menjaga Persediaan Uang Tunai: Kasir bertanggung jawab untuk menjaga persediaan uang tunai dan memastikan bahwa uang tunai yang tersedia cukup untuk memberikan kembalian kepada pelanggan.
  5. Membantu Pelanggan: Kasir harus siap membantu pelanggan dengan pertanyaan atau masalah pembayaran yang mereka hadapi. Kasir harus selalu sopan dan ramah dalam melayani pelanggan.
  6. Menjaga Kebersihan dan Keteraturan Kas: Kasir harus menjaga kebersihan dan keteraturan kas serta lingkungan di sekitar kas. Membuat lingkungan kas yang bersih dan rapi dapat membantu meningkatkan citra perusahaan.
  7. Melaporkan Kegiatan Kasir: Kasir harus melaporkan kegiatan mereka kepada atasan atau manajemen. Laporan ini dapat membantu manajemen untuk memantau aktivitas kasir dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan kas.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Kasir

Seorang kasir harus memiliki beberapa keahlian, antara lain:

  1. Kemampuan menghitung dan mengelola uang: Seorang kasir harus mampu menghitung dan mengelola uang dengan baik, termasuk melakukan perhitungan secara cepat dan tepat, menangani perbedaan jumlah uang, dan melakukan penghitungan kas harian.
  2. Kemampuan menggunakan teknologi: Kebanyakan kasir harus menggunakan perangkat lunak kasir dan peralatan elektronik lainnya, seperti scanner dan mesin kartu kredit. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan teknologi yang cukup untuk memahami dan menggunakan perangkat ini.
  3. Kemampuan berkomunikasi: Seorang kasir harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja, terutama ketika menyelesaikan transaksi.
  4. Kemampuan menjaga keamanan dan kerahasiaan: Seorang kasir harus dapat menjaga keamanan uang dan menghindari penipuan, serta menjaga kerahasiaan informasi pribadi pelanggan yang diperlukan saat melakukan transaksi.
  5. Kemampuan menjaga keseimbangan emosional: Seorang kasir harus dapat menjaga keseimbangan emosional saat melayani pelanggan, terutama ketika mereka menghadapi situasi yang sulit atau pelanggan yang tidak sabar.
  6. Kemampuan bekerja dalam tim: Seorang kasir sering bekerja dengan rekan kerja lainnya, seperti manajer, kasir lain, atau staf lainnya. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkontribusi pada kesuksesan tim secara keseluruhan.

Cara Menjadi Kasir

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi kasir yang sukses:

  1. Pelajari tugas dan tanggung jawab kasir: Pelajari tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh kasir seperti melayani pelanggan, menghitung uang, dan memproses transaksi. Juga pelajari sistem kasir yang digunakan oleh perusahaan Anda.
  2. Miliki keterampilan komunikasi yang baik: Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan sebagai kasir. Anda harus mampu berbicara dengan jelas dan sopan kepada pelanggan serta rekan kerja.
  3. Pahami produk yang dijual: Sebagai kasir, Anda harus memahami produk yang dijual oleh perusahaan Anda. Anda harus tahu harga, jenis, dan kegunaan produk yang dijual sehingga Anda dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan.
  4. Pelajari teknologi kasir: Teknologi kasir semakin canggih dan terus berkembang. Pelajari sistem kasir yang digunakan oleh perusahaan Anda dan cara menggunakannya dengan baik.
  5. Jadilah orang yang teliti: Kesalahan dalam menghitung uang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam menghitung uang dan memproses transaksi.
  6. Jaga kebersihan dan tampilan: Sebagai kasir, Anda adalah salah satu perwakilan perusahaan di depan pelanggan. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan tampilan diri agar memberikan kesan yang baik kepada pelanggan.
  7. Jangan lupa senyum: Senyuman dapat memberikan kesan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah kepada pelanggan

Jenjang Karir Kasir

Jenjang karir kasir biasanya dimulai dari posisi kasir junior, lalu bisa naik ke posisi senior kasir, supervisor kasir, hingga manajer kasir. Namun, jenjang karir kasir bisa bervariasi tergantung pada perusahaan dan industri tempat kasir bekerja.

Untuk meningkatkan peluang naik jabatan, seorang kasir perlu memiliki pengalaman kerja yang baik dan kemampuan yang unggul dalam mengelola uang tunai, pelayanan pelanggan, dan penggunaan perangkat lunak kasir. Pendidikan yang relevan seperti diploma atau sertifikasi dalam bisnis, akuntansi, atau manajemen juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kasir dalam melakukan tugas mereka dan membuka peluang karir yang lebih besar.

Yang Harus Kalian Ketahui Kasir

Sebelum menjadi kasir, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Menjadi seorang kasir dalam sebuah toko bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Posisi kasir sangat penting. Kasir menjadi salah satu ujung tombak bagi operasional perusahaan sehari-hari. Kalau tidak ada kasir, tak ada yang mengurus transaksi pembelian.

  • Kemunculan pasar modern seperti swalayan dan minimarket kian merebak bahkan sampai ke desa-desa sehingga pekerjaan sebagai penjaga swalayan dan kasir pun banyak dibutuhkan.

  • Kasir adalah profesi yang berhubungan dengan transaksi dan keuangan. Maka kasir bisa termasuk ke dalam departemen keuangan dan akuntansi.

Profesi Lainnya

master of ceremony

MC (Master of Ceremony)

Orang yang akan memimpin serangkaian acara, baik formal maupun nonformal agar acara dapat berjalan lancar dan meninggalkan kesan positif disebut sebagai MC (Master of Ceremony). MC

Read More »
tugas content manager

Content Manager

Dalam era digital saat ini, konten menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi pemasaran dan branding suatu perusahaan. Content manager adalah peran penting dalam mengelola

Read More »
profesi kurator

Kurator

Pekerjaan seorang kurator melibatkan pengelolaan, pemeliharaan, dan pameran seni serta warisan budaya. Seorang kurator bertanggung jawab untuk menggali, menjaga, dan menginterpretasikan karya seni atau objek

Read More »
marketing manager

Marketing Manager

Marketing manager merupakan jabatan yang berperan penting dalam pencapaian omset atau keuntungan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi fokusnya tidak lagi hanya memasarkan produk secara offline, namun

Read More »
perancang dan teknisi mesin

Perancang dan Teknisi Mesin

Pekerjaan sebagai perancang dan teknisi mesin memainkan peran penting dalam industri manufaktur dan rekayasa. Mereka bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara mesin-mesin industri yang

Read More »
profesi supervisor

Supervisor

Pekerjaan sebagai supervisor adalah peran penting dalam berbagai industri. Seorang supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi tim kerja, memastikan operasional berjalan dengan lancar, dan mencapai tujuan

Read More »