mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Tax Officer

Tax officer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus dan menangani segala hal yang berkaitan dengan pajak sebuah perusahaan/instansi. Mulai dari perhitungan pajak, pelaporan hingga pembayaran pajak.

tax officer

Deskripsi Profesi Tax Officer

Tax officer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus dan menangani segala hal yang berkaitan dengan pajak sebuah perusahaan/instansi. Mulai dari perhitungan pajak, pelaporan hingga pembayaran pajak.

Salah satu tanggung jawab seorang tax officer adalah menghitung PPh 21, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPN, PPH perusahaan. Serta membuat laporan pajak bulanan, tahunan (e-Faktur, E-SPT)

Tax officer bisa bekerja di lembaga pemerintah, seperti Direktorat Jenderal Pajak, atau di perusahaan swasta, seperti konsultan pajak, auditor pajak, atau akuntan pajak.

Jobdesk Tax Officer

Tugas dan tanggung jawab tax officer antara lain adalah:

  1. Memeriksa dan menghitung kewajiban pajak dari individu atau perusahaan
  2. Mengumpulkan, mengatur, dan menyiapkan dokumen perpajakan perusahaan
  3. Memberikan perhitungan dan rekonsiliasi Pajak
  4. Menyiapkan laporan pajak bulanan dan tahunan
  5. Memantau dan memperbarui database pajak perusahaan
  6. Menjaga hubungan baik dengan klien atau wajib pajak dan otoritas pajak
  7. Menyelesaikan sengketa atau kasus pajak yang muncul
  8. Mengikuti perkembangan dan perubahan peraturan perpajakan
  9. Melakukan riset dan analisis mengenai isu-isu perpajakan

Keahlian Yang Harus Dimiliki Tax Officer

Untuk menjadi tax officer, ada beberapa syarat dan kualifikasi yang harus dipenuhi, seperti:

  1. Pendidikan minimal S1 jurusan akuntansi, perpajakan, atau hukum
  2. Memiliki pengalaman dalam menghitung PPN, PPh21, PPh 23/26, PPh Final
  3. Memiliki sertifikat brevet A dan B sebagai bukti kompetensi di bidang perpajakan
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang perpajakan
  5. Menguasai peraturan dan prosedur perpajakan yang berlaku
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik, baik lisan maupun tulisan
  7. Mampu bekerja secara mandiri maupun tim
  8. Mampu bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu
  9. Mampu menggunakan komputer dan aplikasi perpajakan

Cara Menjadi Tax Officer

Menjadi seorang Tax Officer memerlukan kombinasi pendidikan yang relevan, keterampilan analitis yang tajam, dan pemahaman mendalam tentang perpajakan. Sebagai Tax Officer, Anda akan bertanggung jawab atas pengelolaan dan administrasi pajak perusahaan, yang mencakup perencanaan pajak, penghitungan pajak yang harus dibayarkan, dan pelaporan pajak kepada otoritas yang berwenang.

Untuk memulai karir sebagai Tax Officer, langkah pertama adalah memperoleh pendidikan yang sesuai. Gelar dalam bidang akuntansi atau perpajakan sangat disarankan karena memberikan dasar teoritis yang kuat untuk mengelola masalah pajak dengan efektif. Selain itu, memiliki sertifikat profesional seperti Brevet A dan B dapat meningkatkan prospek karir Anda di bidang ini.

Keterampilan yang diperlukan untuk menjadi Tax Officer meliputi kemampuan analitis yang baik, perhatian terhadap detail, dan manajemen waktu yang efisien. Anda juga harus terbiasa dengan angka dan memiliki kemampuan untuk mengolah data keuangan dengan akurat. Kemampuan untuk tetap up-to-date dengan perubahan peraturan pajak juga sangat penting, karena ini akan mempengaruhi bagaimana Anda mengelola pajak perusahaan.

Pengalaman praktis juga sangat berharga. Bekerja dalam peran terkait keuangan atau akuntansi dapat memberikan wawasan praktis tentang operasi bisnis dan mempersiapkan Anda untuk tanggung jawab yang lebih besar sebagai Tax Officer. Pengalaman ini dapat diperoleh melalui magang, pekerjaan paruh waktu, atau posisi tingkat pemula di departemen keuangan atau akuntansi perusahaan.

Selain itu, mengikuti pelatihan dan seminar terkait pajak dapat membantu Anda tetap informasi tentang praktik terbaik dan tren terbaru dalam perpajakan. Ini tidak hanya akan memperluas pengetahuan Anda tetapi juga menunjukkan komitmen Anda terhadap pembelajaran berkelanjutan dan keunggulan profesional.

Dengan persiapan yang tepat dan dedikasi untuk pembelajaran berkelanjutan, menjadi Tax Officer bisa menjadi karir yang memuaskan dengan banyak peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan profesional. Jika Anda memiliki minat yang kuat dalam angka dan keinginan untuk memainkan peran kunci dalam keuangan perusahaan, karir sebagai Tax Officer mungkin cocok untuk Anda.

Jenjang Karir Tax Officer

Jenjang karir seorang Tax Officer biasanya dimulai dari posisi entry-level sebagai Tax Officer Junior. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang terus bertambah, mereka dapat naik ke posisi Tax Officer Senior. Setelah itu, peluang untuk menjadi Kepala Bagian Perpajakan dan Kepala Bidang Perpajakan terbuka lebar. Puncak karir bisa dicapai dengan menjadi Kepala Kantor Pajak, di mana seseorang memiliki tanggung jawab penuh atas strategi dan kebijakan perpajakan di sebuah wilayah atau perusahaan besar.

Yang Harus Kalian Ketahui Tax Officer

Sebelum menjadi seorang Tax Officer, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Tugas utama seorang Tax Officer meliputi penyusunan perencanaan pajak, penghitungan pajak yang wajib dibayarkan perusahaan, dan memastikan bahwa pembayaran pajak dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, Tax Officer juga berperan dalam merancang strategi perpajakan yang efisien untuk mengoptimalkan pembayaran pajak dan menghindari pengeluaran dana yang tidak perlu.
  2. Gaji seorang Tax Officer bervariasi tergantung pada pengalaman, tingkat pendidikan, dan lokasi tempat bekerja. Di Indonesia, gaji Tax Officer dapat berkisar antara Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000 per bulan, tergantung pada faktor-faktor tersebut.
  3. Untuk memulai karir sebagai Tax Officer, seseorang harus memiliki latar belakang pendidikan yang relevan, seperti S1 Akuntansi, Pajak, atau Keuangan. Pengalaman di bidang yang berkaitan dengan keuangan juga sangat dihargai, serta pengetahuan akuntansi yang baik.
  4. Bekerja sebagai seorang Tax Officer memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada perekonomian negara. Dengan peran yang krusial dalam sistem perpajakan, Tax Officer membantu memastikan bahwa dana yang dibutuhkan untuk pembangunan dan layanan publik tersedia melalui pengelolaan pajak yang efektif dan efisien.

Profesi Lainnya

management trainee

Management Trainee

Apa itu Management Trainee? Management Trainee adalah program pengembangan karir yang ditawarkan oleh banyak perusahaan untuk lulusan baru atau profesional muda yang ingin mempelajari seluk-beluk

Read More »
bisnis development

Bisnis Development

Bisnis Development adalah proses menciptakan peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan dan keuntungan perusahaan. Bisnis development adalah salah satu pekerjaan yang menarik dan menantang di dunia

Read More »
dosen

Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen kerap disebut sebagai Ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki. Namun, cecara umum profesi

Read More »
dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
tugas kasir

Kasir

Kasir adalah seorang pegawai yang bertanggung jawab atas pengelolaan uang dalam transaksi bisnis atau perdagangan, khususnya pada bidang ritel dan jasa. Tugas utama kasir adalah

Read More »
kepala sekolah

Kepala Sekolah

Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah yang diselenggarakan proses belajar-mengajar atau tempat terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran

Read More »