mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Credit Officer

Credit Officer adalah orang yang bertugas untuk mengevaluasi dan memutuskan permohonan kredit dari nasabah. Credit Officer harus memiliki kemampuan untuk menganalisis data keuangan, menilai risiko kredit, dan bernegosiasi dengan nasabah. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang Credit Officer:

credit officer

Deskripsi Profesi Credit Officer

Apa itu Credit Officer? – Credit officer adalah seorang profesional yang bertugas untuk memproses, menganalisis, dan menyetujui permohonan kredit dari calon nasabah. Credit officer juga bertanggung jawab untuk memasarkan produk kredit perusahaan, melakukan survei kelayakan, dan memantau pembayaran kredit dari nasabah.

Credit officer biasanya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, seperti bank, lembaga pembiayaan, atau leasing. Credit officer harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk kredit yang ditawarkan perusahaan, serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, credit officer juga harus memiliki kemampuan analisis, komunikasi, dan negosiasi yang baik.

Jobdesk Credit Officer

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama dari seorang credit officer:

  1. Memasarkan produk kredit perusahaan kepada calon nasabah, baik secara langsung maupun melalui media online atau offline.
  2. Mengumpulkan dan memeriksa dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk permohonan kredit, seperti identitas, slip gaji, rekening koran, laporan keuangan, dll.
  3. Melakukan survei lapangan untuk mengevaluasi kondisi usaha, aset, dan jaminan dari calon nasabah.
  4. Menganalisis data keuangan dan kredit dari calon nasabah dengan menggunakan rumus-rumus seperti debt service ratio (DSR), debt to equity ratio (DER), dll.
  5. Memberikan rekomendasi apakah permohonan kredit layak atau tidak untuk disetujui, serta menentukan plafon, suku bunga, jangka waktu, dan angsuran kredit yang sesuai.
  6. Menjalin hubungan baik dengan nasabah, dealer, showroom, dan pihak-pihak terkait lainnya.
  7. Memantau pembayaran kredit dari nasabah dan melakukan tindakan penagihan jika terjadi keterlambatan atau tunggakan.
  8. Menyelesaikan masalah atau keluhan yang berkaitan dengan produk kredit perusahaan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Credit Officer

Berikut ini adalah keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Credit Officer:

  1. Kemampuan analitis. CO harus mampu mengumpulkan dan menganalisis data keuangan, mengidentifikasi tren dan pola, dan menarik kesimpulan logis. CO harus bisa melakukan analisis laba rugi, analisis keuangan, dan analisis kredit.
  2. Pengetahuan bisnis. CO harus memiliki pengetahuan mendalam tentang industri dan produk keuangan. CO harus memahami proses pengajuan kredit dan persyaratan yang diperlukan.
  3. Keterampilan komunikasi. CO harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan meyakinkan. CO harus bisa menjelaskan produk kredit, syarat dan ketentuan, serta manfaat dan risiko kepada nasabah. CO juga harus bisa bernegosiasi dengan nasabah dan mitra bisnis .
  4. Keterampilan pemecahan masalah. CO harus bisa menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dalam proses kredit, seperti penolakan, penundaan, atau sengketa. CO harus bisa mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.
  5. Keterampilan membangun hubungan. CO harus bisa membangun hubungan yang kuat dengan nasabah dan calon nasabah untuk meningkatkan portofolio kredit. CO harus bisa memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan profesional.
  6. Kemampuan multitasking. CO harus bisa menangani banyak tugas sekaligus, seperti mengurus administrasi, melakukan survei lapangan, mengikuti pelatihan, dan lain-lain. CO harus bisa mengatur waktu dan prioritas dengan baik.
  7. Keterampilan organisasi. CO harus bisa mengelola dokumen-dokumen kredit dengan rapi dan akurat. CO harus bisa membuat laporan-laporan kredit yang lengkap dan terperinci.
  8. Keterampilan komputer. CO harus bisa menggunakan perangkat lunak komputer yang berkaitan dengan pekerjaannya, seperti Microsoft Office, aplikasi perbankan, atau aplikasi analisis data.
  9. Keterampilan interpersonal. CO harus bisa bekerja sama dengan tim dan atasan. CO harus bisa memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif. CO juga harus bisa menghadapi tekanan dan tantangan dengan positif.

Skill-skill di atas dapat membantu seorang CO untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan mencapai target yang diharapkan. Seorang CO yang memiliki skill-skill tersebut dapat meningkatkan kinerja dan karier di bidang keuangan.

Cara Menjadi Credit Officer

Untuk menjadi seorang credit officer, ada beberapa kualifikasi dan skill yang harus dimiliki, antara lain:

  • Pendidikan minimal D3 atau S1 di bidang keuangan, akuntansi, manajemen, atau sejenisnya.
  • Pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang pemasaran atau kredit.
  • Memiliki SIM C dan kendaraan pribadi.
  • Mampu mengoperasikan komputer dan aplikasi perkantoran.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun tim.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan target.
  • Jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan berorientasi pada hasil.

Jenjang Karir Credit Officer

Jenjang karir credit officer adalah salah satu pilihan karir yang menarik bagi lulusan jurusan ekonomi, manajemen, atau akuntansi. Credit officer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menganalisis kelayakan kredit nasabah, memberikan rekomendasi persetujuan atau penolakan kredit, serta memantau dan mengevaluasi kinerja kredit nasabah.

Untuk menjadi credit officer yang handal, ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki, antara lain:

– Kemampuan analisis yang baik untuk mengidentifikasi risiko dan peluang kredit
– Pengetahuan yang luas tentang produk dan layanan perbankan, terutama yang berkaitan dengan kredit
– Keterampilan komunikasi yang efektif untuk berinteraksi dengan nasabah, kolega, dan atasan
– Keterampilan negosiasi yang tajam untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak
– Integritas dan etika kerja yang tinggi untuk menjaga kepercayaan nasabah dan reputasi bank

Jenjang karir credit officer biasanya dimulai dari posisi staf atau junior credit officer, yang bertugas melakukan analisis kredit awal dan menyusun laporan kredit. Setelah memiliki pengalaman dan prestasi yang memuaskan, credit officer dapat naik ke posisi senior credit officer, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mengambil keputusan kredit dan mengawasi tim credit officer junior. Selanjutnya, credit officer dapat berkarir menjadi manajer kredit, yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan seluruh kegiatan kredit di cabang atau wilayah tertentu. Posisi tertinggi dalam jenjang karir credit officer adalah direktur kredit, yang merupakan bagian dari jajaran manajemen puncak bank dan berperan dalam menentukan strategi dan kebijakan kredit secara keseluruhan.

Jenjang karir credit officer menawarkan banyak peluang dan tantangan bagi mereka yang tertarik di bidang ini. Credit officer harus selalu siap menghadapi perubahan kondisi pasar, regulasi, dan persaingan yang dinamis. Credit officer juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang dapat mempengaruhi proses dan sistem kredit. Namun, di balik semua itu, jenjang karir credit officer juga memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka yang memiliki minat dan bakat di bidang ini.

Yang Harus Kalian Ketahui Credit Officer

Sebelum menjadi credit officer Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Gaji yang ditawarkan untuk posisi credit officer bervariasi tergantung pada perusahaan, lokasi, pengalaman, dan kinerja. Namun, berdasarkan data dari Glints , rata-rata gaji credit officer di Indonesia adalah sekitar Rp 4 juta per bulan. Selain gaji pokok, credit officer juga bisa mendapatkan insentif atau bonus berdasarkan jumlah nasabah atau nilai kredit yang berhasil diproses.
  2. Menjadi seorang credit officer memang menantang dan menarik. Namun, ada juga beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti persaingan yang ketat antara perusahaan-perusahaan pembiayaan, risiko gagal bayar atau macet dari nasabah, serta beban kerja yang cukup tinggi. Oleh karena itu, seorang credit officer harus selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar bisa sukses di bidang ini.

Read more:

Profesi Lainnya

konsultan pajak

Konsultan Pajak

Profesi konsultan pajak menjadi salah satu bidang pekerjaan yang sangat penting dalam dunia perpajakan. Konsultan pajak adalah seorang ahli yang memberikan nasihat dan bantuan kepada

Read More »
profesi astronot

Astronot

Astronot adalah orang yang telah menjalani pelatihan untuk memimpin, mengendalikan, atau anggota awak pesawat ruang angkasa. Astronot bekerja untuk penerbangan luar angkasa yang dijalankan oleh pemerintah,

Read More »
filsuf

Filsuf

Pekerjaan seorang filsuf adalah profesi yang terkait erat dengan eksplorasi pemikiran dan penelitian filosofis. Seorang filsuf memusatkan perhatian pada pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai eksistensi, pengetahuan, etika,

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »
social worker

Social Worker

Pekerjaan social worker atau pekerja sosial adalah profesi yang memberikan bantuan atau pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan. Pekerja sosial juga

Read More »
pettyserry

Patisseri

Patisseri atau yang dikenal dalam bahasa asalnya Pâtissier, merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk membuat kue dan dessert, seperti pastry, roti, mousse, kue kering, dan

Read More »