mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi System Analyst

System analyst adalah sebuah pekerjaan yang termasuk dalam tim engineering. Posisi ini bertugas untuk melakukan analisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem.

system analyst

Deskripsi Profesi System Analyst

System analyst adalah sebuah pekerjaan yang termasuk dalam tim engineering. Posisi ini bertugas untuk melakukan analisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem. Ia bertanggung jawab atas hasil yang ingin dicapai perusahaan dalam hal IT. Orang yang duduk di posisi ini menggunakan teknik analisis dan roadmap untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan IT. 

Biasanya, ia juga berperan sebagai pemimpin dalam implementasi sistem baru yang akan digunakan oleh perusahaan. Di beberapa perusahaan, posisi ini juga meneliti sistem terbaru yang berhubungan dengan peningkatan IT maupun infrastruktur agar perusahaan lebih efisien.

Pekerjaan system analyst memiliki prospek karir yang baik di era digital ini. Banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkan system analyst untuk mengembangkan atau meningkatkan sistem mereka. Menurut Indeed, gaji rata-rata untuk system analyst di Indonesia adalah Rp 4.5 juta per bulan. Gaji ini tentu bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat pengalaman, lokasi kerja, dan jenis perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi system analyst, Anda bisa mempersiapkan diri dengan belajar lebih banyak tentang teknologi informasi dan pengembangan sistem. Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan system analyst di berbagai platform online, seperti Glints, CakeResume, atau Gramedia.

Jobdesk System Analyst

Tanggung Jawab:

  • Menganalisis dan mengevaluasi sistem dan proses bisnis yang ada untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pengembangan.
  • Selidiki dan rekomendasikan solusi teknologi yang memungkinkan efisiensi dan efektivitas dalam operasi bisnis.
  • Berkolaborasi dengan tim pengembangan perangkat lunak dan pemangku kepentingan bisnis dalam mengembangkan spesifikasi fungsional dan teknis untuk solusi yang akan diimplementasikan.
  • Mengelola proyek pengembangan sistem dan perubahan dengan koordinasi sumber daya, jadwal, anggaran, dan pencapaian target.
  • Melakukan pengujian sistem dan pelatihan pengguna untuk memastikan solusi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Kualifikasi:

  • Lulusan S1 Informatika, Sistem Informasi, atau bidang terkait.
  • Memiliki 2-3 tahun pengalaman dalam peran serupa, lebih disukai dalam industri yang relevan.
  • Kemampuan yang kuat dalam analisis sistem dan pemecahan masalah.
  • Pengalaman dalam teknik analisis bisnis, pemodelan data, dan pengoptimalan proses bisnis.
  • Memiliki pengetahuan dalam IT, framework aplikasi, basis data, dan sistem integrasi.
  • Kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan.
  • Kemampuan untuk bekerja sama dengan tim lintas fungsional dan mengelola proyek.

Keahlian Yang Harus Dimiliki System Analyst

Untuk menjadi system analyst yang handal, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, baik yang bersifat teknis maupun non-teknis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Keahlian Teknis

  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah
  • Kemampuan pemrograman dan pengembangan sistem
  • Kemampuan menggunakan berbagai perangkat lunak dan alat bantu analisis dan desain sistem, seperti Microsoft Visio, UML, SQL, dll.
  • Kemampuan menggunakan berbagai metodologi dan framework pengembangan sistem, seperti waterfall, agile, scrum, dll.
  • Kemampuan menggunakan berbagai bahasa pemrograman dan teknologi sistem, seperti Java, C#, PHP, Python, HTML, CSS, JavaScript, dll.
  • Kemampuan menggunakan berbagai sistem operasi dan platform sistem, seperti Windows, Linux, Android, iOS, dll.

Keahlian Non-Teknis

  • Kemampuan komunikasi dan presentasi
  • Kemampuan kerjasama dan koordinasi tim
  • Kemampuan manajemen proyek dan waktu
  • Kemampuan belajar dan beradaptasi dengan perubahan
  • Kemampuan kreatif dan inovatif

Cara Menjadi System Analyst

Untuk menjadi system analyst, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Menempuh pendidikan formal di bidang teknologi informasi, sistem informasi, ilmu komputer, atau bidang terkait lainnya.
  2. Mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan analisis dan desain sistem, pemrograman dan pengembangan sistem, atau metodologi dan framework pengembangan sistem.
  3. Mendapatkan sertifikat profesional yang berkaitan dengan analisis dan desain sistem, pemrograman dan pengembangan sistem, atau manajemen proyek.
  4. Mencari pengalaman kerja sebagai system analyst di berbagai perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa analisis dan desain sistem.
  5. Meningkatkan keahlian teknis dan non-teknis yang dibutuhkan sebagai system analyst melalui pembelajaran mandiri atau bergabung dengan komunitas profesional.

Jenjang Karir System Analyst

Seorang system analyst dapat memiliki jenjang karir yang menjanjikan di dunia IT. Berikut adalah beberapa contoh posisi karir yang dapat dicapai oleh seorang system analyst.

  • Junior System Analyst: posisi ini biasanya diberikan kepada system analyst yang baru lulus atau memiliki pengalaman kerja kurang dari 2 tahun. Tugas utama posisi ini adalah melakukan investigasi masalah dan analisis kebutuhan sistem.
  • Senior System Analyst: posisi ini biasanya diberikan kepada system analyst yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 2 tahun atau memiliki sertifikat profesional tertentu. Tugas utama posisi ini adalah melakukan desain arsitektur dan antarmuka sistem serta mengawasi implementasi sistem.
  • Lead System Analyst: posisi ini biasanya diberikan kepada system analyst yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun atau memiliki sertifikat profesional tertentu. Tugas utama posisi ini adalah memimpin tim system analyst dalam proyek pengembangan sistem serta berkoordinasi dengan klien atau pengguna sistem.
  • System Architect: posisi ini biasanya diberikan kepada system analyst yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun atau memiliki sertifikat profesional tertentu. Tugas utama posisi ini adalah merancang arsitektur sistem secara keseluruhan serta menentukan standar kualitas dan keamanan sistem.

Yang Harus Kalian Ketahui System Analyst

Sebelum bekerja sebagai system analyst, ada beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu:

  • System analyst harus siap untuk bekerja dalam lingkungan yang dinamis dan kompetitif. Hal ini karena system analyst harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dan spesifikasi sistem serta menghadapi tantangan teknis maupun bisnis yang mungkin muncul dalam proyek pengembangan sistem.
  • System analyst harus siap untuk bekerja dalam tim yang multidisiplin. Hal ini karena system analyst harus mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim maupun klien atau pengguna sistem secara efektif dan profesional.
  • System analyst harus siap untuk belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan metodologi terbaru yang berkaitan dengan analisis dan desain sistem. Hal ini karena system analyst harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan metodologi terbaru yang berkaitan dengan analisis dan desain sistem.
  • System analyst harus siap untuk menghadapi tekanan dan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena system analyst harus mampu menghasilkan produk atau layanan IT yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi sistem serta standar kualitas dan keamanan sistem.

Profesi Lainnya

konsultan penyuluh pertanian

Konsultan Penyuluh Pertanian

Konsultan penyuluh pertanian adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pertanian dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat, bimbingan, dan bantuan kepada petani, peternak, dan

Read More »
staff administrasi

Staff Administrasi

Staff Administrasi atau lebih sering disebut dengan admin adalah mereka yang bertugas mengurus dan mengorganisasi semua pekerjaan administrasi atau tata usaha perusahaan. Adanya staff admin

Read More »
teknisi tambang

Teknisi Tambang Minyak dan Material

Teknisi tambang minyak dan material adalah seseorang profesional yang terlibat dalam operasi dan pemeliharaan peralatan serta fasilitas di industri pertambangan minyak dan gas bumi. Teknisi

Read More »
profesi interpreter

Interpreter

Interpreter disebut sebagai salah satu profesi yang bertugas menerjemahkan bahasa secara lisan, tanpa ditulis. Interpreter dikenal sebagai juru bahasa yang tidak perlu menulis terjemahan, tetapi

Read More »
pengarah gaya fashion stylish

Pengarah Gaya Fashion Stylist

Pengarah Gaya Fashion Stylist, juga dikenal sebagai Fashion Director, adalah individu yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengarahkan konsep mode dan gaya dalam industri fashion.

Read More »
penyuluh kesehatan masyarakat

Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Penyuluh Kesehatan Masyarakat adalah profesi yang bertanggung jawab dalam memberikan edukasi dan informasi kesehatan kepada masyarakat. Mereka bekerja untuk mempromosikan gaya hidup sehat, mencegah penyakit,

Read More »