mployee logo
gaji kerja di bank BNI

Gaji Kerja di Bank BNI dan Posisinya

Gaji kerja di bank BNI – Bekerja di perusahaan BUMN merupakan impian sebagian orang. Terdapat berbagai bidang di perusahaan di BUMN salah satunya perbankan. Adapun BNI menjadi salah satu perusahaan BUMN bidang perbankan yang cukup diminati para pencari kerja di seluruh Indonesia.

Bank Negara Indonesia (BNI) adalah salah satu bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Saat ini BNI mempunyai 2.262 kantor cabang di Indonesia dan 8 di luar negeri. BNI juga mempunyai unit perbankan syariah, namun sejak 2010 telah memisahkan diri sebagai BNI Syariah (kini digabung ke Bank Syariah Indonesia).

Berdasarkan riwayat dan besarnya Bank Negara Indonesia (BNI), membuat banyak orang tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari BNI. Selain pertimbangan jenjang karir, tentu gaji juga menjadi salah prioritas yang dipertimbangkan. Lantas berapa gaji kerja di bank BNI, posisi, tugas, dan tanggungnya. Simak ulasan Mployee berikut ini.

Gaji kerja di bank BNI dan beberapa posisinya  

Sebagai informasi, gaji kerja di bank BNI dan beberapa posisinya berikut ini bersumber dari berbagai laman portal pekerjaan dan tidak bersifat mutlak. Nominal gaji tentu tergantung pada jabatan, lama pekerjaan, kebijakan perusahaan, dan pengalaman. Untuk selengkapnya berikut ini gaji dan posisinya.

Teller

Teller merupakan salah satu bagian frontliner yang pasti ada di setiap bank di Indonesia. Profesi ini merupakan salah satu bagian dari yang berhubungan dengan nasabah secara langsung.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang teller adalah melayani dan memproses transakasi nasabah, cek identitas nasabah, memasukkan data transaksi pada sistem, melakukan pemeriksaan kas, melakukan tugas administrasi bank, dan lain sebagainya. Menurut portal job Indeed, gaji kerja di bank BNI untuk posisi teller adalah Rp 4.833.707 per bulan.

Customer service

Customer service juga menjadi salah satu divisi frontliner yang berhubungan langsung dengan nasabah. Adapun tugas dan tanggung jawab seorang customer service di antaranya adalah memberikan informasi layanan dan produk dari bank BNI, mengatasi berbagai masalah perbankan nasabah seperti pembuatan rekening baru, masalah transaksi, dan lain sebagainya, membuat berbagai jenis administrasi, dan memberikan berbagai penawaran terkait produk di bank BNI. Gaji kerja di bank BNI dengan posisi customer service berkisar mulai dari Rp 4.500.000 hingga Rp 13.500.000 per bulan.

Account officer

Account officer merupakan seseorang yang mengelola pembukuan keuangan sebuah perusahaan. Beberapa tugas dan tanggung jawab lain seorang account officer adalah mengenalkan produk ke klien, berkoordinasi dengan tim marketing, melakukan analisa kelayakan dari klien, dan membuat laporan mingguan dan bulanan. Adapun profesi ini biasanya menjadi garda terdepan eprusahaan keuangan dan perbankan. Gaji kerja di bank BNI sebagai account officer berkisar mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 9.000.000 per bulan.

Marketing staff

Staf marketing merupakan bagian divisi yang juga tak kalah penting dari sebuah perusahaan. Salah satu tugas utama seorang staf marketing tentu membuat rancangan strategi promosi terbaik dari sebuah perusahaan.

Selain itu terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab seorang marketing staff di bank BNI adalah merencanakan strategi promosi produk, menetapkan harga jual yang sesuai, melakukan riset produk, mengevaluasi hasil pemasaran, dan menyusun target penjualan, dan lain sebagainya. Bersumber dari portal job Indeed, gaji kerja di bank BNI adalah Rp 3.8000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan.

Analys credit

Analys credit merupakan seorang yang bertugas untuk menganalisis berbagai data pinjaman dan pernyataan keuangan perorangan atau perusahaan. Beberapa tugas dan tanggung jawabnya lain seperti menentukan tingkat risiko mereka yang berkaitan dengan perpanjangan kredit, berkonsultasi dengan klien, membandingkan catatan likuiditas, profitabilitas, dan kredit suatu organisasi, serta menyiapkan loporan. Gaji kerja di bank BNI sebagai analys credit adalah Rp 3.500.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Funding officer

Fungding officer merupakan salah satu profesi yang bergelut dengan dunia keuangan dan perbankan. Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang funding officer adalah mencari nasabah, menganalisi kebutuhan nasabah, memberikan informasi produk perbankan BNI, mengelola akun nasabah, mengawasi proses kredit dengan baik, dan menjaga loyalitas  pelanggan. Gaji kerja di bank BNI sebagai funding officer adalah Rp 3.450.000 hingga Rp 10.786.000 per bulan.

IT support

IT support dalam manajemen bank adalah mengatur berbagai kegiatan operasional dalam bank. Tugas dan tanggung jawab seorang staff IT dalam bank BNI adalah memastikan bahwa setiap komputer yang digunakan dapat berkomunikasi dengan baik dan terhubung pada sistem jaringan. Memperbaiki dan mengecek jaringan komputer yang bermasalah serta melakukan pembaruan dan pengecekan terhadap aplikasi dan sistem operasi. Adapun gaji staf IT adalah Rp 3.600.000 hingga Rp 4.800.000 per bulan.

Risk management

Seorang risk management bertanggung jawab untuk memprediksi dan mengelola seluruh risiko yang dimiliki perusahaan. Seseorang risk management juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengurangi dampak kerugian perusahaan. Adapun gaji kerja di bank BNI sebagai risk management adalah Rp 4.900.000 hingga Rp 9.000.000.

Audit internal

Profesi audit internal merupakan seorang yang bertanggung jawab dalam kegiatan asuransi dan konsultasi yang independen dan obyektif yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan operasi organisasi.

Tugas dan tanggung jawab seorang audit internal lainnya adalah mempersiapkan dan melaksanakan rencana kerja audit internal tahunan, menetapkan frekuensi audit, serta menguji dan mengevaluasi pelaksanaan dan pengendalian internal. Adapun gaji sebagai audit internal adalah Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Daftar anak perusahaan BNI

Terdapat 12 anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) persero Tbk antara lain BNI life, PT BNI Sekuritas, BNI cabang Tokyo, BNI Multifinance, BNI New York, Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI, PT Bank Negara Indonesia Hong Kong, PT Swardharma Duta Data, Graha Sahari Surya Jaya PT, Bank Negara Indonesia 1946 (cayman island branch), PT Bank Negara Indonesia Tbk asset management, Yayasan Kesejahteraan Pegawai BNI. Berikut ini ulasan ringkas dua anak perusahaan BNI.

BNI Life

BNI Life Insurance merupakan anak usaha BNI yang bergerak di bidang asuransi. Hingga akhir tahun 2020, perusahaan ini memiliki 6 kantor layanan, 12 kantor pemasaran, dan 10 kantor pemasaran mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas merupakan anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pasar modal. BNI Sekuritas terdaftar di OJK dan memiliki izin dalam menjalankan jasa perantara pedagang efek, jasa penjamin emisi efek serta jasa agen penjual reksadana.   

Itulah ulasan mengenai daftar gaji kerja di bank BNI, posisi, dan tanggung jawabnya. Jika ingin melamar, ketahui terlebih dahulu profil, gaji, prospek karir, dan berbagai anak perusahaan BNI.

Baca Juga:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email