mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Bartender

Bartender adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol di bar, pub, klub, hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya.

profesi bartender

Deskripsi Profesi Bartender

Bartender adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol di bar, pub, klub, hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya. Bartender juga harus mengetahui berbagai jenis minuman, resep, teknik pencampuran, dan peralatan yang digunakan untuk membuat minuman.

Bartender juga bertugas melayani dan memberikan hiburan menarik bagi pelanggan, serta menciptakan resep minuman baru dengan harga yang sesuai. Bartender biasanya bekerja di bar, restoran, hotel, klub malam, atau tempat hiburan lainnya. Selain itu, bartender juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, melayani pesanan, memberikan saran, menangani keluhan, dan menjaga kebersihan dan keamanan di area kerja.

Pekerjaan bartender memiliki tantangan dan keuntungan tersendiri. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh bartender adalah:

  • Jam kerja yang panjang dan tidak teratur: Bartender biasanya bekerja pada malam hari, akhir pekan, atau hari libur. Jam kerja bisa mencapai 10-12 jam per hari atau lebih. Bartender juga harus siap untuk menghadapi lonjakan permintaan pada saat-saat tertentu seperti musim liburan atau acara khusus.
  • Tekanan fisik dan mental: Bartender harus berdiri sepanjang waktu, bergerak cepat, mengangkat barang-barang berat seperti botol atau baki, dan terpapar suara bising atau asap rokok. Bartender juga harus menghadapi pelanggan yang beragam, mulai dari yang ramah hingga yang kasar atau agresif. Bartender harus tetap tenang, sabar, dan profesional dalam situasi apapun.
  • Persaingan yang ketat: Pekerjaan bartender sangat diminati oleh banyak orang karena fleksibilitas dan kesempatan untuk mendapatkan tip yang besar. Namun, hal ini juga berarti bahwa pekerjaan bartender sangat kompetitif dan membutuhkan kualifikasi yang tinggi. Bartender harus memiliki pengalaman kerja yang cukup, sertifikat pelatihan yang relevan, atau bahkan gelar pendidikan tinggi dalam bidang hospitality atau pariwisata.

Beberapa keuntungan yang didapat oleh bartender adalah:

  • Kesempatan untuk belajar dan berkembang: Pekerjaan bartender memberikan kesempatan untuk belajar banyak hal tentang minuman, budaya, bisnis, dan manusia. Bartender juga bisa meningkatkan keterampilan mereka melalui pelatihan formal atau informal, kursus online, buku-buku referensi, atau majalah-majalah spesialis. Bartender juga bisa memperluas jaringan mereka dengan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan industri.
  • Kesempatan untuk bersenang-senang dan berekspresi: Pekerjaan bartender memberikan kesempatan untuk bekerja di lingkungan yang dinamis, kreatif, dan menyenangkan. Bartender bisa menikmati musik, suasana, dan hiburan yang ada di tempat kerja mereka. Bartender juga bisa berekspresi melalui gaya berpakaian, penampilan, atau cara membuat minuman mereka.
  • Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar: Pekerjaan bartender memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar tergantung pada lokasi, reputasi, dan kualitas tempat kerja mereka. Bartender bisa mendapatkan gaji pokok yang cukup tinggi, ditambah dengan tip yang bisa mencapai 10-20% dari total penjualan. Bartender juga bisa mendapatkan bonus atau insentif jika mereka mencapai target atau prestasi tertentu.

Pekerjaan bartender adalah pekerjaan yang menarik, menantang, dan menguntungkan bagi orang-orang yang memiliki minat, bakat, dan dedikasi dalam bidang ini. Pekerjaan bartender juga memberikan kesempatan untuk berkarier di industri hospitality atau pariwisata yang terus berkembang dan memiliki prospek yang cerah.

Jobdesk Bartender

Sebagai bartender, ada beberapa jobdesk, tugas, dan tanggung jawab yang harus dilakukan, antara lain:

  • Menyajikan minuman kepada pelanggan, baik beralkohol maupun non-alkohol, sesuai dengan menu atau pesanan.
  • Menciptakan resep minuman baru berikut dengan kisaran harga yang cocok untuk minuman yang dibuatnya.
  • Berinteraksi dengan pelanggan, menerima pesanan, dan menyajikan makanan ringan jika diperlukan.
  • Memahami apa yang diinginkan pelanggan, dan memberikan rekomendasi menu. Hal ini menjadi penting, karena tidak semua pelanggan yang datang adalah pelanggan lama. Tawarkan minuman sesuai dengan suasana hati pelanggan.
  • Melakukan perhitungan stok bahan, dan memastikan ketersediaan bahan.
  • Membersihkan peralatan sebelum dan sesudah bar dibuka.
  • Kadang kala bertindak sebagai kasir langsung, untuk ukuran bar yang minimalis.
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan bar, serta mengikuti standar keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Melakukan aksi dan pertunjukan ketika meracik minuman untuk menarik perhatian dan menghibur pelanggan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Bartender

Untuk menjadi bartender yang handal dan profesional, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, seperti:

1. Kemampuan meracik minuman yang baik dan kreatif

Bartender harus menguasai teknik-teknik dasar meracik minuman, seperti shaking, stirring, blending, layering, muddling, dll. Bartender juga harus mengenal jenis-jenis minuman, baik alkohol maupun non-alkohol, serta bahan-bahan dan takaran yang digunakan. Selain itu, bartender harus bisa menciptakan resep minuman baru yang unik dan menarik.

2. Kemampuan berkomunikasi dan interpersonal yang baik

Bartender harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara ramah, sopan, dan profesional. Bartender harus bisa mendengarkan dan memahami keinginan pelanggan, serta memberikan saran atau rekomendasi yang sesuai. Bartender juga harus bisa berinteraksi dengan rekan kerja dan manajemen secara baik dan efektif.

3. Kemampuan mengoperasikan peralatan bar yang baik

Bartender harus bisa mengoperasikan peralatan bar, seperti shaker, strainer, jigger, blender, juicer, dll. Bartender juga harus bisa membersihkan dan merawat peralatan bar agar tetap higienis dan berfungsi dengan baik.

4. Kemampuan menghitung dan mengelola uang yang baik

Bartender harus bisa menghitung dan mengelola uang yang diterima dari pelanggan, serta membuat laporan penjualan yang akurat. Bartender juga harus bisa menghitung dan mengelola stok bahan yang digunakan untuk meracik minuman.

5. Kemampuan bekerja di bawah tekanan dan multitasking yang baik

Bartender harus bisa bekerja di bawah tekanan dan multitasking, karena seringkali harus melayani banyak pelanggan dalam waktu yang bersamaan. Bartender harus bisa bekerja dengan cepat, tepat, dan efisien, tanpa mengorbankan kualitas pelayanan dan produk.

Cara Menjadi Bartender

Untuk menjadi bartender, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengikuti kursus atau pelatihan bartending yang tersedia di berbagai tempat, seperti sekolah pariwisata, hotel, restoran, bar, atau lembaga pendidikan lainnya. Di sini, Anda akan belajar dasar-dasar meracik minuman, mengenal jenis-jenis minuman, mengoperasikan peralatan bar, dll.
  • Memiliki sertifikat atau lisensi bartending yang diakui oleh asosiasi atau lembaga profesional di bidangnya, seperti International Bartenders Association (IBA) atau Indonesian Bartenders Association (IBA). Ini akan menambah nilai plus bagi Anda saat melamar pekerjaan sebagai bartender.
  • Mencari pekerjaan sebagai bartender di berbagai tempat, seperti bar, restoran, hotel, klub malam, atau tempat hiburan lainnya. Anda bisa melamar secara online atau offline, tergantung pada kebijakan masing-masing tempat. Biasanya, Anda akan diminta untuk melakukan tes praktik meracik minuman dan tes wawancara.
  • Mengembangkan kemampuan dan karir sebagai bartender dengan terus belajar dan berlatih. Anda bisa belajar dari pengalaman kerja Anda sendiri, dari rekan kerja atau manajer Anda, dari buku-buku atau media online tentang bartending, dll. Anda juga bisa mengikuti kompetisi atau lomba bartending yang sering diadakan oleh berbagai pihak untuk menunjukkan kemampuan Anda.

Jenjang Karir Bartender

Sebagai bartender, Anda memiliki peluang untuk meningkatkan jenjang karir Anda di bidang F&B. Berikut adalah beberapa posisi yang bisa Anda capai sebagai bartender:

1. Barback

Ini adalah posisi awal bagi bartender pemula. Tugas utama barback adalah membantu bartender dalam hal-hal seperti menyiapkan bahan-bahan minuman, membersihkan gelas-gelas dan peralatan bar lainnya, mengisi ulang stok bahan minuman, dll.

2. Bartender

Ini adalah posisi inti bagi bartender. Tugas utama bartender adalah meracik dan menyajikan minuman kepada pelanggan sesuai dengan menu atau pesanan. Bartender juga bertugas menciptakan resep minuman baru dengan harga yang sesuai.

3. Head Bartender

Ini adalah posisi senior bagi bartender. Tugas utama head bartender adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kinerja bartender lainnya. Head bartender juga bertugas membuat jadwal kerja bartender, melatih bartender baru, mengevaluasi kualitas pelayanan dan produk minuman, dll.

4. Bar Manager

Ini adalah posisi manajerial bagi bartender. Tugas utama bar manager adalah mengelola operasional bar secara keseluruhan. Bar manager juga bertugas membuat anggaran dan target penjualan bar, membeli bahan-bahan minuman dan peralatan bar yang dibutuhkan, menetapkan standar kualitas pelayanan dan produk minuman, menangani keluhan pelanggan atau masalah internal bar, dll.

Yang Harus Kalian Ketahui Bartender

Sebelum bekerja sebagai Bartender, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan, seperti:

  • Mengetahui jenis-jenis minuman, baik beralkohol maupun non-alkohol, serta bahan-bahan dan takaran yang digunakan untuk meraciknya.
  • Mengetahui teknik-teknik dasar meracik minuman, seperti shaking, stirring, blending, layering, muddling, dll.
  • Mengetahui peralatan bar yang digunakan untuk meracik minuman, seperti shaker, strainer, jigger, blender, juicer, dll. serta cara mengoperasikan dan membersihkannya.
  • Mengetahui standar kualitas pelayanan dan produk minuman yang ditetapkan oleh tempat kerja, serta cara mengukur dan mengevaluasinya.
  • Mengetahui cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan secara ramah, sopan, dan profesional. Termasuk cara menerima pesanan, memberikan rekomendasi menu, menangani keluhan atau masalah, dll.
  • Mengetahui cara menghitung dan mengelola uang yang diterima dari pelanggan, serta membuat laporan penjualan yang akurat.
  • Mengetahui cara menghitung dan mengelola stok bahan yang digunakan untuk meracik minuman, serta melakukan pembelian bahan jika diperlukan.
  • Mengetahui cara bekerja di bawah tekanan dan multitasking, karena seringkali harus melayani banyak pelanggan dalam waktu yang bersamaan.
  • Mengetahui cara menjaga kesehatan dan stamina tubuh, karena harus berdiri dan bergerak sepanjang waktu.
  • Mengetahui cara menjaga etika dan integritas sebagai bartender, serta mengikuti aturan dan peraturan yang berlaku di tempat kerja.

Profesi Lainnya

Officer Development Progam

Officer Development Program (ODP) adalah sebuah program pengembangan karir yang ditawarkan oleh banyak perusahaan besar dan institusi keuangan. Program ini dirancang untuk melatih dan mengembangkan

Read More »
konsultan pendidikan

Konsultan Pendidikan

Profesi konsultan pendidikan adalah salah satu bidang pekerjaan yang berkembang pesat di era modern ini. Sebagai seorang konsultan pendidikan, tugas utama Anda adalah membantu siswa,

Read More »
profesi seniman

Seniman

Seniman adalah seseorang yang menciptakan karya seni, baik berupa lukisan, patung, musik, tari, sastra, film, atau media lainnya. Seniman dapat bekerja secara mandiri atau bergabung

Read More »
profesi eksportir

Eksportir

Profesi eksportir merupakan salah satu peran penting dalam dunia perdagangan internasional. Eksportir bertanggung jawab dalam mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan ekspor barang dan jasa dari suatu

Read More »
profesi bidan

Bidan

Bidan adalah seorang profesional medis yang khusus terlatih untuk memberikan perawatan kesehatan kepada ibu hamil, melahirkan, dan pasien perempuan lainnya. Profesi ini memegang peranan penting

Read More »
perancang dan teknisi mesin

Perancang dan Teknisi Mesin

Pekerjaan sebagai perancang dan teknisi mesin memainkan peran penting dalam industri manufaktur dan rekayasa. Mereka bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara mesin-mesin industri yang

Read More »