mployee logo

Profesi Account Executive

Definisi account executive tersebut adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap hubungan bisnis antara perusahaan dengan klien.

profesi account executive

Deskripsi Profesi Account Executive

Pada dasarnya AE atau Account Executive adalah orang yang memiliki tanggung jawab sehari-hari dalam mencari dan menjaga hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien.

Menurut laman Hubspot, account executive juga merupakan para ahli yang bertanggung jawab untuk menangani klien  perusahaan.

Tugas utama mereka adalah untuk mengelola, menumbuhkan, serta memperbarui akun-akun klien tersebut. Seperti halnya profesi lain yang bernaung di bawah divisi sales, ada beberapa tahap kerja yang perlu mereka ikuti.

Sebagai contoh, seorang sales representative akan menjual produk atau jasanya ke klien. Nah, ia akan mengoper akun klien tersebut ke tim AE untuk dikelola.

Selain bekerja bersama tim sales, AE juga memegang peranan penting dalam memegang klien di divisi marketing.

Jobdesk Account Executive

1. Menjaga relasi dengan klien

Seorang account executive secara tak langsung adalah representasi dari sebuah perusahaan.

Maka itu, tugas utama mereka adalah menjaga relasi klien dengan perusahaan agar tetap berjalan lancar.

Dalam menjalankan tugasnya, seorangaccount executive harus memiliki banyak ide atau solusi yang baik agar klien tetap betah bekerja sama dengan perusahaan. Serta, account executive juga harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Pasalnya Anda harus terus menggali kebutuhan bisnis klien sehingga dapat mengidentifikasi peluang dan potensi kerja sama baru yang mungkin selama ini belum ada.

Salah satu cara agar klien mau mempertahankan kerja samanya adalah dengan rajin menanyakan feedback pada agar timaccount executive.

Dengan begitu, para account executive dapat belajar dan memberikan win-win solution kepada klien.

2. Mencari klien baru

Selain menjaga klien yang sudah ada, seorang juga harus berusaha untuk mencari klien baru. Di sinilah skill marketing dan berjualan harus kamu kombinasikan.

Menjadiaccount executive tidak hanya diam di kantor. Kamu akan sering ditugaskan keluar atau mengunjungi perusahaan lain untuk mengajukan penawaran dan proposal.

Jika Anda senang berkelana keluar kantor dan bertemu orang baru, mungkin pekerjaan account executive sangat cocok untukmu.

3. Memetakan dan menyingkirkan ancaman risiko

Menjadi seorang account executive tandanya kamu harus siap untuk menjadi orang di garis depan dalam perusahaan.

Kamu harus melindungi tim dari serangan kompetitor dan juga berpikir kritis agar bisa mengeliminasi ancaman-ancaman yang kompetitif.

Memangnya, apa yang maksud dengan ancaman kompetitif? Nah, timaccount executive tersebar di berbagai perusahaan, dan mereka banyak mengincar klien yang sudah Anda kelola.

Hal ini bisa dikatakan sebagai ancaman. Karenanya, Anda harus rajin menganalisis kompetitor. Salah satunya dengan menganalisis service dan tawaran apa yang diberikan perusahaan lain.

Kamu juga bisa mengusulkan inovasi-inovasi atau masukkan kepada tim internal agar perusahaanmu bisa memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh timaccount executive perusahaan lain.

Nah, selain ketiga tugas utama di atas, berikut adalah beberapa tanggung jawab lain yang wajib dilaksanakan oleh para account executive.

  • Diskusi dengan account executive lain untuk membahas tujuan, kemajuan, dan hasil proyek klien.
  • Mengembangkan anggaran dan jadwal untuk klien dan perusahaan tempat mereka bekerja.
  • Mengkoordinasikan tim untuk memenuhi pencapaian proyek bersama klien.
  • Membentuk tim baru untuk memenuhi tujuan klien atau bisnis.

4. Menjaga kepuasan pelanggan 

Account executive juga harus memastikan kepuasan klien yang menjadi pelanggan perusahaan. S

alah satu caranya dengan konsisten meminta umpan balik tentang perusahaan sebagai vendor. Pasalnya tugas account executive adalah memastikan pelanggan merasa didengar.

Lagipula dengan meminta penilaian dari klienaccount executive dapat memberikan saran strategis yang berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Umpan balik tersebut juga dibutuhkan untuk menetapkan target yang realistis di kemudian hari.

5. Mengumpulkan dan menganalisa data 

Tugas account executive lainnya adalah mengumpulkan dan menganalisa data demi membantu perusahaan menentukan layanan yang ideal dan target pertumbuhan yang tepat.

Analisa data tersebut dapat mencakup informasi tentang perilaku klien, tren industri, dan potensi pertumbuhan untuk setiap klien baru.

Data ini akan bermanfaat tidak hanya saat mencari klien baru yang potensial bagi perusahaan, namun juga dapat membantu menginformasikan gambaran bagi strategi penjualan perusahaan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Account Executive

Melansir dari Ekrut, keahlian yang harus dimiliki seorang account executive ialah:

1. Keterampilan menulis yang baik

Menurut Arzu Yonak, seorang pemilik dan Creative Director dari Addicted Youth Public Relations, Account Executive harus menjadi penulis yang baik, hal ini tidak bisa ditawar, karena mereka harus dapat mengkomunikasikan pesan klien secara efektif dengan cara yang menarik bagi media dan target audiens.

Keterampilan menulis dibutuhkan karena biasanya seorang account executive juga menulis press release untuk menyampaikan informasi mengenai proyek klien untuk dipublikasikan.

2. Kemampuan sales

Sebagai seorang account executive Anda perlu keterampilan penjualan yang baik karena menjual produk atau layanan kepada klien adalah salah satu tugas utama seorangaccount executive.

Keterampilan penjualan juga berpotensi untuk mendatangkan klien baru dan memastikan klien terdahulu tetap melakukan pembelian ulang.

Untuk meningkatkan keterampilan ini kamu perlu mempelajari secara menyeluruh tentang produk atau layanan yang akan Anda jual, membuat pesan penjualan secara efektif, mengetahui siapa calon pembeli, serta mengapa pembeli tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Kemampuan customer services

Erin Pieretti, seorang senior Account Executive di Bauserman Group, menyebutkan bahwa kemampuan melayani pelanggan dengan baik, keterampilan perencanaan strategis, kreativitas dan perhatian terhadap detail juga penting untuk dimiliki.

Kemampuan customer service yang baik dapat membantu Account Executive menjadi lebih dekat dengan klien dan bisa mempengaruhi klien agar mau melakukan pembelian.

Kemampuan ini juga penting untuk menjadi jembatan antara klien dan perusahaan agar dapat memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

4. Dapat bersosialisasi dengan baik

Skill bersosialisasi dengan baik sangat dibutuhkan karena account executive pasti bertemu banyak orang baru, baik itu klien maupun relasi lainnya.

Keterampilan ini juga diperlukan saataccount executive harus berdiskusi dengan tim dari proyek maupun klien agar suasana tidak terkesan kaku dan semua pihak dapat berkomunikasi dengan nyaman dan efektif.

5. Kemampuan komunikasi 

Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menjadiaccount executive yang sukses, karena mereka akan sering berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui telepon, email ataupun aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Kemampuan ini berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Sehingga Anda perlu mengasah skill ini dengan terus berlatih mendengarkan dengan seksama, menyampaikan poin-poin penting dengan jelas dan meminta umpan balik dari orang lain agar kamu tahu hal yang perlu Anda perbaiki.

6. Kemampuan negosiasi

Kemampuan negosiasi sangat dibutuhkan terutama saat account executive sedang membicarakan mengenai kontrak dan nilainya dengan klien agar dapat mencari solusi terbaik yang menguntungkan perusahaan dan klien.

Kemampuan negosiasi ini berfungsi untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan dan memastikan klien mereka puas dengan kesepakatan yang telah dibuat. Keterampilan ini akan memaksa Anda untuk pintar menimbang setiap poin agar tidak ada pihak yang merugi.

7. Kemampuan presentasi

Untuk berbagi konsep dan hasil dari negosiasi antar klien dengan pemangku kepentingan, Account Executive harus bisa berbicara di depan umum dan mempresentasikan hasilnya dengan lancar dan meyakinkan.

Tidak hanya menyampaikannya, Account Executive juga perlu kemampuan untuk membuat dan mendesain presentasi yang singkat, jelas dan menarik agar dapat mempengaruhi keputusan dan menghasilkan keputusan terbaik.

8. Kemampuan analisis

Seorang account executive senior harus bisa menafsirkan tren dan data industri secara efektif untuk dapat mengembangkan strategi penjualan dan menetapkan tujuan yang sesuai untuk tim penjualan mereka.

9. Kemampuan organisasi data

Account executive memerlukan keterampilan untuk mengolah data agar dapat menulis dokumen dan kontrak untuk klien. Sehingga mereka perlu mengetahui dasar-dasar program seperti spreadsheet untuk melacak sasaran dan kuota.

10. Keterampilan manajemen proyek

Seorang account executive biasanya tidak hanya memegang satu proyek besar melainkan mengelola beberapa proyek klien sekaligus dalam satu waktu.

Sehingga keterampilan manajemen proyek penting untuk dimiliki agar kamu dapat mengatur, melacak dan mengerjakan masing-masing tugas tepat waktu untuk semua proyek tersebut.

Cara Menjadi Account Executive

Pendidikan Strata 1

Bagi Anda yang tertarik dengan posisi account executive, maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Bisnis, Pendidikan Ekonomi Pemasaran, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi atau jurusan relevan lainnya.

Lulusan bisnis sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari bagaimana melakukan pemasaran produk, pembukuan dan pengelolaan keuangan serta hal-hal terkait keberlanjutan dari suatu usaha.

Bidang ini membantu memahami kebutuhan pelanggan dan mengkomersialisasikannya. Jadi, bisa dibilang bidang ini merupakan kombinasi dari Manajemen dan Akuntansi. Pendidikan Bisnis atau jurusan relevan ini akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

 

Jenjang Karir Account Executive

Karir account executive tergantung dari keahlian dan prestasi yang dimiliki sehingga dengan adanya pengalaman dan prestasi yang banyak membuat tanggung jawab dan gaji yang didapat juga besar.

Seorang account executive memiliki jenjang karier jika bekerja di industri media maupun non media. Setiap jenjang karier memiliki besaran penghasilan yang berbeda.

  • Junior Account executive. AE pemula yang belum berpengalaman dan belum banyak memegang klien. Biasanya AE junior tidak bergerak sendiri namun didampingi AE senior.

  • Senior Account executive. AE senior memiliki pengalaman 4-5 tahun dan memegang beberapa klien. Senior AE juga bertugas mengarahkan junior AE atau sales.

  • Account Manager. Bertugas mengatur para AE bekerja dan mencari klien.

Yang Harus Kalian Ketahui Account Executive

  • Melansir laman Career Builder, account executive atau AE merupakan opsi karier yang mengalami pertumbuhan pesat, pada angka 5% dari tahun 2014 hingga 2024 nanti.

  • Seorang account executive harus bisa melihat gambaran besar dari situasi apa pun yang ia hadapi, bukan sebatas apa yang ada di hadapannya.

  • Dikutip dari krjogja.com, account executive itu harus memiliki 1.000 wajah. Ibaratnya walaupun habis adu argumen sama orang kreatif tapi kalo ketemu klien ya tetep harus ramah.

  • Fakta yang ditemukan dari hipwee.com, analisis mengenai untung rugi dan positif negatif sudah tertanam di luar otak account executive. Saat menjalankan kerjanya, AE tidak akan membiarkan perusahaannya merugi.

Profesi Lainnya

profesi konsultan bisnis

Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

Read More »
marketing manager

Marketing Manager

Marketing manager merupakan jabatan yang berperan penting dalam pencapaian omset atau keuntungan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi fokusnya tidak lagi hanya memasarkan produk secara offline, namun

Read More »
profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
profesi hubungan masyarakat

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat atau biasa disingkat humas, yakni merencanakan, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi strategi informasi dan komunikasi yang menciptakan pemahaman dan pandangan yang menguntungkan tentang usaha

Read More »
profesi fotografer

Fotografer

Secara umum pengertian fotografer diartikan sebagai orang yang tengah menggeluti aktivitas fotografi. Profesi fotografer yakni bertugas membuat dan mengambil gambar, dengan cara menangkap cahaya dari

Read More »
art director

Art Director

Art director sendiri dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “Pengarah Seni”. Pada dasarnya seorang art director memang harus memikirkan tampilan sebuah iklan agar terlihat menarik. Namun

Read More »