mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Editor

Editor adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa, mengoreksi, dan menyempurnakan naskah atau konten yang dibuat oleh penulis, jurnalis, atau kreator lainnya.

orofesi editor

Deskripsi Profesi Editor

Apa itu Pekerjaan Editor ?

Editor adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa, mengoreksi, dan menyempurnakan naskah atau konten yang dibuat oleh penulis, jurnalis, atau kreator lainnya. Editor juga berperan dalam menentukan gaya, struktur, dan arah dari naskah atau konten tersebut agar sesuai dengan tujuan dan sasaran pembaca.

Editor bisa bekerja di berbagai bidang, seperti media massa, penerbitan buku, akademik, periklanan, hiburan, dan lain-lain. Editor bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer, atau menjadi bagian dari tim editorial di suatu organisasi.

Editor harus memiliki kemampuan bahasa yang baik, pengetahuan luas tentang berbagai topik, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Editor juga harus mampu memberikan saran dan kritik yang konstruktif kepada penulis untuk meningkatkan kualitas naskah mereka.

Pekerjaan editor tidak hanya melibatkan aspek teknis seperti tata bahasa, ejaan, dan tanda baca, tetapi juga aspek kreatif seperti gaya, struktur, dan isi. Editor harus dapat menyesuaikan naskah dengan tujuan dan sasaran pembaca yang diinginkan oleh penulis atau penerbit. Editor juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti etika, hukum, dan kepekaan budaya saat mengedit naskah.

Pekerjaan editor bisa dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung pada jenis naskah yang diedit. Beberapa jenis editor antara lain:

  • Editor buku: Editor yang mengedit naskah buku fiksi atau nonfiksi sebelum dicetak dan didistribusikan.
  • Editor majalah: Editor yang mengedit naskah artikel atau fitur untuk majalah cetak atau online.
  • Editor koran: Editor yang mengedit naskah berita atau opini untuk koran cetak atau online.
  • Editor akademik: Editor yang mengedit naskah jurnal ilmiah, tesis, disertasi, atau makalah konferensi.
  • Editor web: Editor yang mengedit naskah konten web seperti blog, situs web, media sosial, atau email.

Pekerjaan editor membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang berbeda-beda tergantung pada jenis editor yang diinginkan. Namun, secara umum, editor harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang naskah yang diedit, misalnya sastra, jurnalistik, komunikasi, atau ilmu sosial. Editor juga harus memiliki minat dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik dan isu terkini. Selain itu, editor harus memiliki keterampilan komputer yang baik untuk menggunakan perangkat lunak pengeditan dan publikasi.

Pekerjaan editor bisa menjadi pekerjaan yang menantang dan memuaskan bagi orang-orang yang suka membaca dan menulis. Pekerjaan editor juga bisa memberikan kesempatan untuk belajar hal-hal baru dan berinteraksi dengan penulis dan pembaca dari berbagai latar belakang. Namun, pekerjaan editor juga bisa menjadi pekerjaan yang menuntut dan stres karena harus memenuhi tenggat waktu yang ketat dan standar kualitas yang tinggi.

Jobdesk Editor

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab editor bisa berbeda-beda tergantung pada bidang dan jenis konten yang mereka edit. Namun secara umum, editor memiliki jobdesk, tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Membaca dan memahami naskah atau konten yang akan diedit
  • Memeriksa dan mengoreksi kesalahan ejaan, tata bahasa, tanda baca, fakta, logika, dan konsistensi dalam naskah atau konten
  • Memberikan saran perbaikan atau revisi untuk meningkatkan kualitas naskah atau konten
  • Menyesuaikan gaya penulisan naskah atau konten dengan tujuan dan sasaran pembaca
  • Menentukan struktur dan urutan naskah atau konten agar mudah dipahami dan menarik
  • Memastikan naskah atau konten sesuai dengan standar editorial dan pedoman organisasi
  • Berkomunikasi dengan penulis, jurnalis, kreator, atau pihak terkait lainnya untuk membahas proses editing
  • Menjaga kerahasiaan naskah atau konten yang diedit
  • Menyelesaikan editing sesuai dengan deadline yang ditentukan

Keahlian Yang Harus Dimiliki Editor

Untuk menjadi editor yang handal dan profesional, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh editor. Beberapa keahlian tersebut adalah:

  • Kemampuan bahasa yang baik: Editor harus mampu menggunakan bahasa dengan benar, tepat, dan efektif. Editor harus menguasai kaidah ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan gaya penulisan bahasa yang digunakan.
  • Kemampuan menulis yang baik: Editor harus mampu menulis dengan jelas, padat, dan menarik. Editor harus mampu menyampaikan pesan, ide, dan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan dan sasaran pembaca.
  • Kemampuan membaca yang baik: Editor harus mampu membaca dengan cepat, teliti, dan kritis. Editor harus mampu memahami isi, konteks, dan maksud dari naskah atau konten yang dibaca. Editor harus mampu menemukan dan mengoreksi kesalahan, kekurangan, atau kelemahan dalam naskah atau konten.
  • Kemampuan riset yang baik: Editor harus mampu melakukan riset untuk memastikan kebenaran, kelengkapan, dan relevansi fakta, data, atau informasi yang ada dalam naskah atau konten. Editor harus mampu menggunakan sumber-sumber yang kredibel, terpercaya, dan terbaru untuk mendukung naskah atau konten.
  • Kemampuan komunikasi yang baik: Editor harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan penulis, jurnalis, kreator, atau pihak terkait lainnya. Editor harus mampu memberikan umpan balik, saran, atau kritik yang konstruktif dan sopan. Editor harus mampu menjelaskan alasan dan tujuan dari editing yang dilakukan. Editor harus mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan tim editorial atau organisasi.
  • Kemampuan mengelola waktu yang baik: Editor harus mampu mengelola waktu dengan baik untuk menyelesaikan editing sesuai dengan deadline yang ditentukan. Editor harus mampu memprioritaskan tugas-tugas yang penting dan mendesak. Editor harus mampu bekerja dengan efisien dan produktif.

Cara Menjadi Editor

Tidak ada jalur khusus untuk menjadi editor. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang yang ingin menjadi editor. Beberapa langkah tersebut adalah:

  • Menempuh pendidikan di bidang sastra, bahasa, jurnalistik, komunikasi, atau bidang terkait lainnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa, pengetahuan, dan keterampilan menulis yang dibutuhkan oleh editor.
  • Mengikuti kursus, pelatihan, workshop, seminar, atau sertifikasi yang berkaitan dengan editing. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan editing, standar editorial, dan alat-alat editing yang digunakan oleh editor.
  • Membaca banyak buku, artikel, jurnal, majalah, koran, blog, atau sumber bacaan lainnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca, wawasan, dan gaya penulisan yang dibutuhkan oleh editor.
  • Menulis banyak naskah atau konten sendiri. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan menulis, kreativitas, dan ekspresi diri yang dibutuhkan oleh editor.
  • Meminta umpan balik dari orang lain tentang naskah atau konten yang ditulis. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, kritis, dan terbuka terhadap saran atau kritik yang dibutuhkan oleh editor.
  • Mengedit naskah atau konten orang lain secara sukarela atau berbayar. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan editing, pengalaman, dan portofolio yang dibutuhkan oleh editor.
  • Mencari pekerjaan sebagai editor di media massa, penerbitan buku, akademik, periklanan, hiburan, atau bidang lainnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan karir dan penghasilan sebagai editor.

Jenjang Karir Editor

Jenjang karir editor bisa berbeda-beda tergantung pada bidang dan organisasi tempat mereka bekerja. Namun secara umum, jenjang karir editor adalah sebagai berikut:

  • Editor Junior: Editor junior adalah editor yang baru memulai karirnya sebagai editor. Editor junior biasanya bekerja di bawah bimbingan dan pengawasan editor senior. Editor junior bertugas untuk mengedit naskah atau konten sederhana dan rutin. Editor junior juga bertugas untuk belajar dan mengembangkan kemampuan editing mereka.
  • Editor Senior: Editor senior adalah editor yang sudah memiliki pengalaman dan kualitas kerja yang baik sebagai editor. Editor senior biasanya bekerja secara mandiri tanpa bimbingan dan pengawasan dari editor lainnya. Editor senior bertugas untuk mengedit naskah atau konten kompleks dan penting. Editor senior juga bertugas untuk memberikan umpan balik dan saran kepada editor junior.
  • Editor Kepala: Editor kepala adalah editor yang memiliki posisi tertinggi dalam tim editorial. Editor kepala biasanya memiliki pengalaman dan kualitas kerja yang sangat baik sebagai editor. Editor kepala bertugas untuk menentukan arah, strategi, dan standar editorial untuk naskah atau konten yang dihasilkan oleh tim editorial. Editor kepala juga bertugas untuk mengawasi, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi kinerja editor junior dan senior.

Yang Harus Kalian Ketahui Editor

Bekerja sebagai editor bisa menjadi pekerjaan yang menantang, menarik, dan bermanfaat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai editor. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Bekerja sebagai editor membutuhkan konsentrasi, ketelitian, dan ketekunan yang tinggi. Editor harus mampu mengedit naskah atau konten dengan cermat dan teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan, kekurangan, atau kelemahan dalam naskah atau konten tersebut.
  • Bekerja sebagai editor membutuhkan fleksibilitas, adaptabilitas, dan kreativitas yang tinggi. Editor harus mampu mengedit naskah atau konten dengan fleksibel dan adaptif sesuai dengan tujuan, sasaran, dan gaya penulisan naskah atau konten tersebut. Editor juga harus mampu mengedit naskah atau konten dengan kreatif untuk meningkatkan kualitas, daya tarik, dan nilai tambah naskah atau konten tersebut.
  • Bekerja sebagai editor membutuhkan komunikasi, kerjasama, dan profesionalisme yang tinggi. Editor harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan penulis, jurnalis, kreator, atau pihak terkait lainnya untuk membahas proses editing. Editor juga harus mampu bekerja sama dengan baik dengan tim editorial atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Editor juga harus mampu bekerja dengan profesional dengan menjaga kerahasiaan, etika, dan tanggung jawab sebagai editor.

Profesi Lainnya

profesi arkeolog

Arkeolog

Arkeolog adalah profesi pekerjaan yang mendalami bidang prasejarah atau peninggalan sejarah seperti bangunan, fosil, artefak, dan lainnya. Arkeolog bertugas untuk meneliti, mengkaji, dan menginterpretasikan kehidupan dan

Read More »
penulis skenario

Penulis Skenario

Berkecimpung di industri perfilman, tidak melulu hanya tentang aktor, aktris, atau sutradara. Penulis skenario juga mampu menjadi sosok inspiratif dengan segudang sisi menarik yang pastinya

Read More »
profesi asisten manager

Asisten Manager

Apakah Anda tertarik untuk menjadi asisten manager? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan Anda informasi lengkap dan detail tentang pekerjaan ini. Anda akan mengetahui

Read More »
dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
profesi masinis

Masinis

Apa itu Pekerjaan Masinis ? Masinis adalah orang yang bertugas mengoperasikan atau menjalankan mesin kereta api. Masinis juga berperan sebagai pemimpin perjalanan kereta api yang bertanggung

Read More »
sales di lembaga keuangan

Sales di Lembaga Keuangan

Sales di lembaga keuangan adalah peran yang penting dalam mempromosikan dan menjual produk dan layanan keuangan kepada pelanggan potensial. Lembaga keuangan, seperti bank, perusahaan asuransi,

Read More »