mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Sommelier

Sommelier adalah posisi profesional dalam industri anggur dan minuman beralkohol di restoran, hotel, atau lembaga kuliner lainnya.

profesi sommelier

Deskripsi Profesi Sommelier

Seiring dengan berkembangnya industri perhotelan dan perrestaurantan, pekerjaan sebagai sommelier semakin populer. Seorang sommelier adalah seorang ahli dalam dunia anggur dan minuman beralkohol, yang bertanggung jawab untuk menyusun dan mengelola daftar anggur di restoran atau hotel, memberikan rekomendasi kepada pelanggan, serta mengurus pembelian, penyimpanan, dan penjualan anggur. Peran mereka sangat penting dalam menciptakan pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Pekerjaan sebagai sommelier adalah posisi profesional dalam industri anggur dan minuman beralkohol di restoran, hotel, atau lembaga kuliner lainnya. Seorang sommelier adalah ahli dalam dunia anggur yang memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis anggur, metode produksi, wilayah penghasil anggur, dan keterampilan sensorik yang berkaitan dengan mengevaluasi dan merasakan anggur.

Tugas utama seorang sommelier meliputi menyusun dan mengelola daftar anggur di restoran atau hotel, memberikan rekomendasi anggur kepada pelanggan berdasarkan preferensi mereka, mengadakan acara pelatihan dan sesi degustasi anggur, serta mengelola pembelian, penyimpanan, dan penjualan anggur. Mereka juga dapat bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan pemasok anggur, merancang menu makanan dan anggur yang cocok, dan menjaga persediaan anggur yang memadai.

Seorang sommelier harus memiliki keahlian sensorik yang baik untuk dapat membedakan rasa, aroma, dan karakteristik anggur dengan akurasi tinggi. Kemampuan komunikasi yang baik juga penting, karena mereka harus dapat berinteraksi dengan pelanggan, menjelaskan tentang anggur dengan jelas, dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Selain itu, sommelier juga perlu mengikuti perkembangan dan tren terbaru dalam industri anggur, serta menjaga integritas dan etika bisnis yang tinggi.

Pekerjaan sebagai sommelier menawarkan peluang karir yang menarik bagi mereka yang memiliki minat dan dedikasi dalam industri anggur. Dengan pengalaman dan kredibilitas yang cukup, seorang sommelier dapat memperoleh gaji yang baik dan memiliki peluang untuk berkarir di restoran mewah, hotel, perusahaan anggur, atau bahkan membuka bisnis anggur sendiri.

Jobdesk Sommelier

Tanggung Jawab:

  • Mengkurasi dan menjaga daftar anggur dan/atau minuman yang luas dan beragam yang sesuai dengan penawaran kuliner dan memanjakan para tamu kami.
  • Membantu para tamu dalam memilih minuman yang paling cocok dengan preferensi makanan dan minuman mereka.
  • Memberikan deskripsi yang rinci dan menarik tentang berbagai anggur, minuman beralkohol, koktail, dan minuman lain yang tersedia di menu.
  • Menawarkan wawasan tentang metode produksi, asal usul, dan profil rasa dari berbagai minuman untuk meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.
  • Berkolaborasi dengan tim kuliner untuk memberikan saran tentang padanan dan menciptakan kombinasi makanan dan minuman inovatif.
  • Mengelola ruang penyimpanan anggur dan inventaris, memastikan kondisi penyimpanan yang tepat dan pengisian stok yang tepat waktu.
  • Melatih dan mengedukasi anggota staf mengenai penawaran minuman, membantu mereka memberikan pelayanan luar biasa kepada para tamu.
  • Tetap update dengan tren industri, rilis baru, dan produsen baru di dunia anggur dan minuman beralkohol.

Kualifikasi:

  • Sertifikasi Sommelier atau sertifikasi setara lebih diutamakan.
  • Pengalaman terbukti sebagai Sommelier di tempat bersantap bergengsi atau lingkungan serupa.
  • Pengetahuan yang luas tentang anggur, minuman beralkohol, koktail, dan minuman lain yang relevan.
  • Cita rasa yang luar biasa dengan kemampuan untuk membedakan rasa dan aroma yang halus.
  • Kemampuan komunikasi yang baik dengan kemampuan untuk menyampaikan informasi kompleks dengan cara yang mudah dimengerti.
  • Orientasi pelayanan pelanggan yang kuat dan kemampuan untuk menciptakan pengalaman tamu yang berkesan.
  • Kemampuan organisasi untuk mengelola inventaris, ruang penyimpanan, dan proses pemesanan secara efektif.
  • Antusiasme untuk tetap update dengan tren industri dan terus memperluas pengetahuan Anda.
  • Kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dalam lingkungan yang berorientasi tim.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Sommelier

Untuk menjadi sommelier yang sukses, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki:

  1. Pengetahuan mendalam tentang anggur: Seorang sommelier harus memiliki pengetahuan yang luas tentang anggur, termasuk varietas anggur, wilayah penghasil anggur, metode produksi, dan karakteristik rasa. Mereka juga harus terus mengikuti perkembangan dan tren terbaru dalam industri anggur.
  2. Keterampilan sensorik: Sommelier harus memiliki kemampuan untuk membedakan rasa, aroma, dan karakteristik anggur dengan akurasi tinggi. Mereka harus dapat mengidentifikasi cacat dalam anggur dan memberikan rekomendasi yang sesuai.
  3. Keterampilan komunikasi yang baik: Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang sommelier. Mereka harus dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan baik, mendengarkan kebutuhan dan preferensi mereka, serta menjelaskan secara jelas tentang anggur yang mereka rekomendasikan.
  4. Keterampilan menjaga hubungan: Sommelier harus memiliki keterampilan menjalin hubungan yang baik dengan pemasok anggur, produsen, dan kolega. Kemampuan bernegosiasi dan berkomunikasi efektif akan membantu mereka memperoleh anggur berkualitas tinggi dan menjaga kemitraan yang baik.

Cara Menjadi Sommelier

Cara Menjadi Sommelier

Sommelier adalah seorang ahli anggur yang bertugas memberikan saran tentang pemilihan, penyajian, dan penyesuaian anggur dengan makanan. Sommelier biasanya bekerja di restoran, hotel, atau tempat lain yang menyediakan anggur. Menjadi sommelier membutuhkan pengetahuan yang luas tentang anggur, termasuk jenis, daerah, sejarah, proses pembuatan, dan karakteristik rasa. Selain itu, sommelier juga harus memiliki keterampilan komunikasi, layanan pelanggan, dan manajemen.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi sommelier:

1. Mendapatkan pendidikan dasar tentang anggur. Anda dapat belajar sendiri dengan membaca buku, majalah, atau situs web tentang anggur, atau mengikuti kursus online atau offline yang menawarkan materi tentang anggur. Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan anggur, seperti kebun anggur, pabrik anggur, atau toko anggur, untuk melihat langsung proses pembuatan dan penyimpanan anggur.

2. Mendapatkan sertifikat profesional sebagai sommelier. Ada beberapa lembaga yang menyelenggarakan ujian sertifikasi untuk sommelier, seperti Court of Master Sommeliers (CMS), Wine and Spirit Education Trust (WSET), atau International Sommelier Guild (ISG). Setiap lembaga memiliki syarat dan tingkatan yang berbeda-beda untuk menjadi sommelier. Anda dapat memilih lembaga yang sesuai dengan tujuan dan minat Anda.

3. Mendapatkan pengalaman kerja sebagai sommelier. Setelah memiliki sertifikat profesional, Anda dapat mencari pekerjaan sebagai sommelier di tempat-tempat yang menyediakan anggur. Anda dapat mulai dari posisi junior atau asisten sommelier, dan kemudian naik ke posisi senior atau kepala sommelier. Anda juga dapat mengembangkan jaringan profesional dengan bergabung dengan asosiasi atau komunitas sommelier.

4. Menjaga pengetahuan dan keterampilan sebagai sommelier. Anggur adalah bidang yang terus berkembang dan berubah. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang anggur, baik dari sumber-sumber resmi maupun dari pengalaman pribadi. Anda juga harus terus berlatih dan meningkatkan keterampilan Anda dalam menyajikan dan menyesuaikan anggur dengan makanan.

Menjadi sommelier adalah profesi yang menantang dan menarik bagi para pecinta anggur. Dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sertifikat yang dibutuhkan, Anda dapat menjadi seorang sommelier yang profesional dan dihormati.

Jenjang Karir Sommelier

Jenjang Karir Sommelier

Sommelier adalah seorang ahli anggur yang bertanggung jawab untuk memilih, menyajikan, dan memberikan informasi tentang anggur kepada pelanggan di restoran, hotel, atau tempat lain yang menyediakan anggur. Sommelier harus memiliki pengetahuan luas tentang jenis-jenis anggur, daerah asal, proses pembuatan, karakteristik rasa, dan cara menyimpan dan menyajikan anggur dengan benar. Sommelier juga harus bisa menyesuaikan pilihan anggur dengan menu makanan, preferensi pelanggan, dan anggaran.

Untuk menjadi seorang sommelier profesional, ada beberapa langkah yang harus dilalui. Pertama, seseorang harus memiliki minat dan semangat terhadap dunia anggur. Ini akan membantu seseorang untuk belajar secara terus-menerus dan mengikuti perkembangan terbaru di bidang ini. Kedua, seseorang harus mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan anggur, baik secara formal maupun informal. Ada banyak lembaga atau organisasi yang menawarkan sertifikat atau gelar sommelier, seperti Court of Master Sommeliers, Wine and Spirit Education Trust, International Sommelier Guild, dan lain-lain. Ketiga, seseorang harus memiliki pengalaman kerja di industri perhotelan atau restoran yang berhubungan dengan anggur. Ini akan membantu seseorang untuk mengasah keterampilan praktis dalam menyajikan dan merekomendasikan anggur kepada pelanggan.

Jenjang karir sommelier bisa bervariasi tergantung pada tingkat keahlian, pengalaman, dan reputasi seseorang. Secara umum, ada empat tingkat sommelier yang diakui oleh Court of Master Sommeliers, yaitu:

– Introductory Sommelier: Ini adalah tingkat dasar yang membutuhkan pengetahuan dasar tentang anggur dan cara menyajikannya. Seseorang harus lulus ujian tertulis dan praktis untuk mendapatkan sertifikat ini.
– Certified Sommelier: Ini adalah tingkat lanjutan yang membutuhkan pengetahuan lebih mendalam tentang anggur dan cara menyesuaikannya dengan makanan. Seseorang harus lulus ujian tertulis, praktis, dan lisan untuk mendapatkan sertifikat ini.
– Advanced Sommelier: Ini adalah tingkat tinggi yang membutuhkan pengetahuan komprehensif tentang anggur dan cara mengelolanya di tempat kerja. Seseorang harus lulus ujian tertulis, praktis, lisan, dan blind tasting (mencicipi anggur tanpa mengetahui identitasnya) untuk mendapatkan sertifikat ini.
– Master Sommelier: Ini adalah tingkat tertinggi yang membutuhkan pengetahuan luar biasa tentang anggur dan cara menguasainya di semua aspek. Seseorang harus lulus ujian tertulis, praktis, lisan, dan blind tasting dengan standar yang sangat tinggi untuk mendapatkan gelar ini.

Menjadi seorang sommelier adalah karir yang menantang namun juga memuaskan. Sommelier tidak hanya bekerja sebagai pelayan anggur, tetapi juga sebagai pendidik, konsultan, manajer, dan duta budaya. Sommelier harus selalu siap untuk belajar hal-hal baru dan berbagi pengetahuannya dengan orang lain. Sommelier juga harus memiliki sikap profesional, ramah, sopan, dan beretika dalam berinteraksi dengan pelanggan dan kolega.

Yang Harus Kalian Ketahui Sommelier

Sebelum menjadi Sommelier, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Keterlibatan fisik: Pekerjaan sommelier dapat mengharuskan Anda untuk mengangkat dan menggerakkan kotak-kotak anggur yang berat, berjalan dan berdiri dalam waktu lama, serta bekerja di lingkungan yang kadang-kadang bising dan ramai.
  2. Tingkat stres yang tinggi: Sebagai sommelier, Anda akan dihadapkan pada situasi yang membutuhkan keputusan cepat, penanganan pelanggan yang tidak puas, dan koordinasi yang ketat dengan staf dapur dan pelayan. Ini bisa menjadi pekerjaan yang menantang secara emosional dan membutuhkan tingkat stres yang tinggi.
  3. Pengorbanan waktu: Kehidupan kerja seorang sommelier mungkin melibatkan jadwal yang tidak teratur, termasuk bekerja pada malam hari, akhir pekan, dan hari libur. Anda mungkin juga perlu beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dan pelanggan, yang bisa membutuhkan fleksibilitas waktu yang tinggi.

Profesi Lainnya

perawat

Perawat

Perawat adalah seseorang yang terlatih dan berpendidikan di bidang kesehatan yang bertugas merawat, memantau, dan memberikan perawatan kepada pasien di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah

Read More »
polisi

Polisi

Anggota polisi adalah orang yang bekerja sebagai petugas atau pegawai pada institusi kepolisian. Tugas utama anggota polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan

Read More »
profesi astronot

Astronot

Astronot adalah orang yang telah menjalani pelatihan untuk memimpin, mengendalikan, atau anggota awak pesawat ruang angkasa. Astronot bekerja untuk penerbangan luar angkasa yang dijalankan oleh pemerintah,

Read More »
desainer interior

Desainer Interior

Apa itu Pekerjaan Desainer Interior ? Pekerjaan desainer interior melibatkan merencanakan, merancang, dan menciptakan ruang yang fungsional, estetis, dan menginspirasi. Desainer interior bekerja dengan berbagai

Read More »
tugas ahli statistik

Ahli Statistik

Ahli statistik adalah seorang profesional yang terampil dalam mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan data. Mereka menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi tren, pola, dan hubungan di

Read More »

Branch Manager

Dalam dunia bisnis, peran seorang Branch Manager sangat penting dalam memastikan kesuksesan operasional cabang perusahaan. Branch Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan, koordinasi,

Read More »