mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Advertiser Manager

Advertising Manager adalah salah satu posisi manajerial yang bertanggung jawab memimpin dan mengelola periklanan (advertising) di suatu perusahaan. Tugas utamanya adalah untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengatur strategi periklanan dari sebuah perusahaan.

advertiser director

Deskripsi Profesi Advertiser Manager

Advertising Manager adalah salah satu posisi manajerial yang bertanggung jawab memimpin dan mengelola periklanan di suatu perusahaan. Tugasnya adalah merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola kampanye periklanan guna mempromosikan produk, layanan, atau merek. Tujuan utamanya adalah memaksimalkan dampak dan jangkauan iklan agar menarik dan melibatkan audiens target.

Advertising manager juga bertugas mengawasi berbagai aspek proses periklanan. Mereka melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi audiens target dan preferensi mereka, lalu menggunakan informasi ini untuk menciptakan pesan dan visual iklan yang menarik. Advertising manager berkolaborasi dengan tim kreatif, seperti penulis naskah dan desainer grafis, untuk mengembangkan iklan yang efektif dalam menyampaikan pesan yang diinginkan.

Selain itu, seorang advertising manager harus dapat memilih platform periklanan yang paling sesuai, seperti media cetak, televisi, radio, atau saluran digital, serta bernegosiasi dengan media untuk mendapatkan tempat iklan.

Selama kampanye berlangsung, advertising manager melacak dan menganalisis kinerja iklan serta melakukan penyesuaian jika diperlukan untuk mengoptimalkan hasil.

Jobdesk Advertiser Manager

Menurut The Balances Small Business, seorang advertising manager memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengatur strategi periklanan dari sebuah perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Advertiser Manager

  1. Menangani digital marketing campaign khususnya iklan berbayar Facebook, Instagram, Google, TikTok (Setting, Placement, Audience also budgeting, SEM. SEO)
  2. ⁠Menangani inquiries dan database
  3. ⁠Monitoring dan analisa campaign yang dijalankan
  4. ⁠Membuat laporan analisa all platform tiap hari, minggu dan bulan
  5. ⁠Berkomunikasi dengan atasan untuk mencapai target divisi
  6. ⁠Mampu meningkatkan Sales, Website & Landing Page (Leads)
  7. Mengawasi hasil advertising campaign atau periklanan untuk menentukan keefektifan serta rasio biaya dan manfaat.
  8. Terlibat dalam proses rekrutmen staf advertising dan marketing.
  9. Membangun hubungan baik dengan penentu kebijakan dari berbagai platform media.
  10. Mengidentifikasi strategi baru untuk memaksimalkan brand visibility.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Advertiser Manager

Kualifikasi umum seorang advertiser manager:

  • Minimal 3-4 tahun pengalaman beriklan Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads dan atau digital ads lainnya
  • Pernah bekerja sebagai Advertiser, Social Media Specialist, Digital Marketing, atau sejenisnya
  • Portfolio spending Facebook Ads mulai dari 10 juta/bulan
  • Mampu membuat alur Funneling hingga menghasilkan leads
  • Memahami pembuatan dan penggunaan Landing Page
  • Mampu menulis copywriting

Dan berikut adalah beberapa keahlian lain yang juga harus dimiliki oleh seorang Marketing Manager:

  • Membuat rencana pemasaran: Seorang Marketing Manager harus mampu merinci sasaran dan hasil dari rencana pemasaran yang akan dijalankan.
  • Merancang strategi pemasaran: Kemampuan untuk merancang strategi pemasaran yang kreatif, baik di media cetak maupun digital, sangat penting.
  • Mengelola anggaran dan perkiraan biaya: Marketing Manager bertanggung jawab untuk membuat anggaran dan memperkirakan biaya yang komprehensif untuk kampanye pemasaran.
  • Menangani hubungan masyarakat: Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, termasuk pelanggan, mitra bisnis, dan media, adalah keterampilan yang harus dimiliki.

Semua keahlian ini membantu Marketing Manager dalam mengelola kampanye pemasaran dengan efektif dan efisien. Jika Anda ingin menjadi seorang Marketing Manager, pastikan Anda mengembangkan keterampilan-keterampilan ini dengan baik!

Cara Menjadi Advertiser Manager

Untuk menjadi seorang Advertising Manager, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

  1. Miliki Pendidikan yang Relevan
    Menempuh pendidikan yang relevan sangat penting. Meskipun tidak ada spesifikasi bidang pendidikan tertentu, banyak perusahaan mengharapkan setidaknya gelar sarjana dalam bisnis atau manajemen.
  2. Miliki Pengalaman Kerja Sebanyak-banyaknya
    Pengalaman dalam bidang sales and marketing sangat berharga. Kamu dapat mencari pengalaman kerja melalui beberapa posisi yang relevan.
  3. Ikuti Sertifikasi Keahlian Marketing
    Memiliki sertifikasi marketing dari lembaga seperti International Institute of Marketing Professionals akan membuktikan keterampilanmu dan memajukan karirmu.

Jenjang Karir Advertiser Manager

Berikut adalah beberapa kemungkinan kemajuan karir bagi seorang Advertising Manager:

  • Advertising Director: Banyak Advertising Manager mengambil langkah maju menjadi Advertising Director. Posisi ini memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mengelola kampanye iklan dan strategi pemasaran.
  • Marketing Consultant: Setelah beberapa tahun pengalaman sebagai Advertising Manager, Anda dapat beralih ke posisi konsultan pemasaran. Ini melibatkan memberikan saran kepada klien tentang strategi pemasaran dan promosi.
  • Regional Marketing Director: Dengan kesuksesan yang terbukti dan pengalaman yang luas, Anda dapat naik ke posisi direktur pemasaran regional atau bahkan posisi eksekutif lainnya.
  • Group Account Director: Posisi ini melibatkan pengelolaan akun klien secara keseluruhan dan mengawasi tim pemasaran .

Yang Harus Kalian Ketahui Advertiser Manager

Sebelum menjadi Advertiser Manager Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  • Sebagai seorang advertiser manager Anda akan terlibat dalam seluruh proses periklanan, dari perencanaan hingga pelaksanaan iklan.
  • Anda harus siap menjadi pemimpin untuk mengelola tim dan mengawasi pelaksanaan kampanye.
  • Salah satu tugas utama advertiser manager adalah menentukan platform dan saluran periklanan yang paling sesuai, seperti media cetak, televisi, radio, digital, atau media sosial, berdasarkan audiens target dan tujuan kampanye. Menetapkan jadwal kampanye, anggaran, dan indikator kinerja kunci (KPI) untuk melacak keberhasilan.

Profesi Lainnya

sales manager

Sales Manager

Pekerjaan Sales Manager adalah salah satu peran kunci dalam dunia bisnis. Seorang Sales Manager bertanggung jawab untuk mengelola tim penjualan dan mencapai target penjualan perusahaan.

Read More »
office boy

Office Boy

Office boy adalah seorang karyawan kantor yang memiliki banyak tugas rutin dalam membantu memenuhi kebutuhan pegawai dan kantor. Tugas-tugasnya meliputi menjaga kebersihan dan kerapihan kantor, memfotokopi,

Read More »
tugas ahli statistik

Ahli Statistik

Ahli statistik adalah seorang profesional yang terampil dalam mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan data. Mereka menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi tren, pola, dan hubungan di

Read More »
staff administrasi

Staff Administrasi

Staff Administrasi atau lebih sering disebut dengan admin adalah mereka yang bertugas mengurus dan mengorganisasi semua pekerjaan administrasi atau tata usaha perusahaan. Adanya staff admin

Read More »
tugas kasir

Kasir

Kasir adalah seorang pegawai yang bertanggung jawab atas pengelolaan uang dalam transaksi bisnis atau perdagangan, khususnya pada bidang ritel dan jasa. Tugas utama kasir adalah

Read More »
profesi finance

Finance

Finance atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai keuangan adalah ilmu dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan setiap perusahaan. Sementara

Read More »