mployee logo

Profesi Penulis Skenario

Penulis skenario adalah seorang sineas profesional yang menciptakan dan meletakkan dasar acuan bagi pembuatan film dalam bentuk naskah (skenario).

penulis skenario

Deskripsi Profesi Penulis Skenario

Berkecimpung di industri perfilman, tidak melulu hanya tentang aktor, aktris, atau sutradara. Penulis skenario juga mampu menjadi sosok inspiratif dengan segudang sisi menarik yang pastinya juga punya andil besar dalam menyukseskan sebuah karya film.

Penulis skenario atau penulis naskah adalah penulis yang memiliki kemampuan dalam penulisan skenario, bertugas menulis skenario di media massa seperti film, cara televisi, komik, atau permainan video.

Dalam proses penulisan naskah, penting untuk menuliskan gerakan, tindakan, eskpresi, dan dialog karakter dalam sebuah format screenplay.

Menulis naskah berbeda dengan proses menulis artikel novel, puisi, atau esai. Format screenplay diperlukan untuk mengekspresikan cerita secara visual.

Ia akan menulis penokohan, jalan cerita, monolog atau dialog, dan deskripsi visual dalam bentuk skenario.

Seorang penulis skenario akan menciptakan alur, konflik, dan karakteristik tokoh.

Selain itu, penulis skenario juga harus bisa menulis menggunakan bahasa gambar. Bahasa ini berbeda dengan bahasa tulisan yang biasanya digunakan dalam novel atau cerpen. Bahasa yang digunakan seorang penulis skenario seolah-seolah adalah refleksi dari kamera.

Ia harus bisa menjelaskan gambaran adegan dalam bentuk narasi, bukan deskripsi. Bahasa ini juga harus mudah dipahami karena naskah ini akan menjadi panduan bagi seluruh pemain dan kru film. 

Naskah yang ditulis dapat digunakan dengan cara dijual atau disewakan lewat agen ke beberapa proyek potensial. Tak jarang, penulis naskah memiliki spesialisasi genre tersendiri  seperti komedi, drama, atau horor.

Industri perfilman tanah air yang terus meningkat. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah layar bioskop dan jumlah penonton yang semakin besar. Maka, semakin tinggi pula pekerjaan sebagai penulis skenario ini dibutuhkan.

Penulis skenario dapat membuat materi cerita asli, menulis naskah berdasarkan kejadian aktual dan faktual, ataupun mengadaptasi karya yang sudah ada seperti buku.

Untuk mengadaptasi karya, penulis skenario menulis dan mengerjakan ulang materi yang ada sesuai dengan izin hukum yang disepakati.

Sedangkan untuk skrip berdasarkan peristiwa asli, penulis skenario harus melakukan penelitian yang mendalam sebelum membangun dan menuliskan cerita.

Jobdesk Penulis Skenario

  1. Penulis skenario memiliki peran penting untuk menciptakan dan menulis dasar yang menjadi acuan cerita film dalam bentuk sebuah naskah atau skenario baik berdasarkan ide cerita sendiri ataupun terinspirasi dari pihak lain
  2. Jika penulis sudah menemukan ide dasar cerita maka selanjutnya, penulis berperan untuk mengembangkan cerita dengan memberikan treatment atau bisa langsung menjadi skenario
  3. Penulis skenario masih bertugas mulai dari tahap pengembangan ide atau development sampai dengan jangka waktu terakhir atau biasa disebut praproduksi
  4. Penulis skenario selanjutnya menuliskan skenario sesuai dengan format yang telah ditentukan
  5. Penulis skenario juga memiliki peran menjadi nara sumber bagi pelaksanaan produksi film jika diperlukan
  6. Penulis skenario harus bisa membuat transkripsi sebuah film dan membuat film dalam bentuk tertulis
  7. Penulis skenario memiliki peran untuk membuat naskah menjadi menarik agar penonton merasa terhibur dan dapat menikmati alur cerita pada saat menonton film
  8. Penulis skenario adalah jantung dari suatu film, membuat alur cerita yang mengalir dan bisa membawa penonton  larut dalam cerita yang difilmkan tersebut.
  9. Membuat kerangka kerja atau treatment awal untuk skenario
  10. Bertemu dengan eksekutif film untuk mengajukan skenario dan gagasan
  11. Menggabungkan elemen-elemen visual dalam adegan dengan alur dan dialog
  12. Bekerja dengan produser dan sutradara untuk mengedit dan menyesuaikan skrip sesuai kebutuhan

Keahlian Yang Harus Dimiliki Penulis Skenario

Keterampilan Menulis

Dalam menuliskan skenario dibutuhkan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar untuk dapat membangun cerita yang menarik

Kreativitas

Penulis skenario harus dapat memberikan ide-ide baru yang memberikan kesegaran dalam industri film, TV, dan video digital.

Menjadi penulis naskah yang sukses, harus dapat membawa sebuah kreativitas yang menjadi dobrakan bagi industri. Hal ini penting agar audiens tertarik dan tidak bosan.

Kemampuan menulis menggunakan bahasa gambar

Bahasa ini berbeda dengan bahasa tulisan yang biasanya digunakan dalam novel atau cerpen. Bahasa yang digunakan seorang penulis skenario seolah-seolah adalah refleksi dari kamera

Keterampilan observasi atau mengamati sekitar

Kebanyakan karakter, alur, dan dialog yang diciptakan oleh penulis skenario adalah berdasarkan kejadian nyata.

Dengan kata lain, penulis naskah bisa mendapatkan ide cerita dan menuliskan sebuah skenario ketika berhasil mengamati lingkungan sekitar dengan baik.

Cerita yang berasal dari lingkungan yang dekat, biasanya akan berhasil memberikan kedekatan pula dengan siapapun yang nantinya akan menikmati cerita tersebut.

Riset sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah dialog yang akan dihidupkan. Setelah itu juga masih harus mengembangkan dialog yang harus diucapkan oleh aktornya nanti.

Logika berpikir dalam menggambarkan karakter dalam cerita

Penulis skenario juga harus bisa menelaah berbagai adegan dan situasi yang masuk akal didalamnya. Hal ini juga berhubungan dengan unsur kontinuitas atau kesinambungan antara satu adegan dengan adegan selanjutnya.

Keterampilan dan keahlian interpersonal

Ketika mengerjakan sebuah proyek baik film, TV atau web Series, vlog, dan lain sebagainya, penulis skenario tak jarang harus bekerja dengan pihak lain.

Mereka umumnya harus bekerja langsung dengan produser, sutradara, dan tim lainnya untuk menyesuaikan naskah yang telah ditulis dengan kebutuhan produksi.

Selain itu, penulis skenario juga harus bisa memasarkan dan menampilkan skenario yang telah dibuat secara efektif.

Cara Menjadi Penulis Skenario

  • Menempuh Pendidikan S1

Minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Televisi dan Film, Ilmu Komunikasi, Sastra Indonesia atau jurusan relevan lainnya.

Lulusan Televisi dan Film sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari teknik-teknik dan pengetahuan dalam pembuatan film dan program siaran televisi.

Anda akan belajar menulis skrip, membuat story board, tata kamera, penyuteradaraan, produksi film dan program televisi, editing, dan memahami teori dan sejarah dunia film dan televisi.

Waktu yang akan ditempuh adalah selama 4 tahun.

  • Belajar Lewat Buku

Terus berlatih menulis agar skenario yang kita buat semakin bagus. Kita perlu memperkaya diri dengan membaca buku penulisan skrip.

  • Workshop

Mengikuti kelas kursus atau workshop agar skenario yang kita hasilkan lebih segar dan inovatif.

Jenjang Karir Penulis Skenario

Pada industri perfilman, seorang  penulis skenario biasanya bekerja secara independen, kemudian bekerja sama dengan production house untuk penggarapan filmnya.

Hal ini membuat penulis skenario umumnya mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah tanpa perlu berada di kantor secara tetap.

Awali karir sebagai asisten penulis skenario

Untuk menabung pengalaman, bagi Anda yang ingin menekuni dunia penulisan skenario bisa memulai karir sebagai asisten penulis skenario.

Dengan banyaknya jam terbang, biasanya produser akan mempercayakan asisten penulis skenario untuk menulis cerita.

Punya jaringan ke industri perfilman dan pertelevisian

Selain menguasai teknik menulis skenario, Anda juga harus menjalin hubungan baik dengan orang-orang di industri perfilman dan pertelevisian.

Kenapa begitu? Karena merekalah yang memiliki kuasa untuk menjadikan naskah penulis skenario bisa dituangkan ke dalam visual atau tidak. Nah, ini bisa jadi pengalaman sekaligus akses untuk karir yang lebih baik.

Yang Harus Kalian Ketahui Penulis Skenario

Sebelum menjadi penulis skenario, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Hal paling pertama yang harus diperhatikan dalam penulisan skenario adalah membangun karakter. Karena skenario adalah berbicara lewat adegan, karakter yang jelas sangat penting untuk membangun emosi dan minat penonton.

  • Tantangan seorang penulis naskah adalah untuk secara konsisten memasarkan naskah yang telah mereka buat kepada agen atau pihak rumah produksi.

  • Terdapat film yang ide ceritanya berasal dari buku. Hal ini juga masih diperlukan seorang penulis skenario dalam menentukan adegan-adegan yang harus terjadi dalam film sesuai dengan buku tersebut. Jadi peranannya sangat vital ya dalam pembuatan sebuah film!

  • Berbicara tentang gaji, tentunya hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkup kerja dan jam terbang seorang penulis skenario. Untuk proyek film, gajinya berkisar antara 20 hingga 200 juta dan untuk proyek sinetron/FTV gajinya berkisar antara 5 hingga 15 juta.

  • Penulis naskah juga harus memiliki kesabaran dan keteguhan hati yang kuat, karena revisi draft-perdraft naskah sudah pasti menjadi sebuah hal yang akan dirasakan pahitnya dalam pekerjaan, demi meraih manisnya final draft yang menandakan sudah diperbolehkanya naskah untuk di produksi menjadi sebuah film.

Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang penulis skenario, secara umum, langkah-langkah menulis naskah adalah sebagai berikut:

  1. Ide, mempunyai sifat yang abstrak, jadi masih tak terlihat. Ide dapat berasal dari mana saja. Ide adalah konsep besar yang akan dibuat menjadi sebuah cerita dalam bentuk skenario. Naskah skenario bisa terwujud apabila memulai untuk menulis dan membuat outline sesuai format
  2. Premis adalah simpulan dari ide-ide yang sudah bermunculan ke dalam sebuah kalimat yang jelas. Premis biasanya terdiri dari satu kalimat yang dipaparkan secara jelas dan tegas. Serta mencakup keseluruhan dari isi cerita
  3. Alur, adalah runtutan jalannya cerita atau kronologis peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita.
  4. Plot adalah kronologis peristiwa yang berupa pergerakan cerita dari satu kejadian ke kejadian yang lain hingga saling berkaitan, sengaja dibenturkan untuk menimbulkan ketegangan, klimaks, antiklimaks, hingga ending
  5. Pembuatan Deskripsi Karakter, berisi penjelasan tentang nama karakter, jenis kelamin, usia, hobi atau kebiasaan, ciri-ciri fisik, ukuran tinggi dan berat badan, serta latar belakang kehidupan tokoh. Tujuan dari pembuatan deskripsi karakter adalah untuk membuat penanaman informasi sehingga penonton dapat memahami isi cerita. Selain itu, deskripsi karakter juga dibutuhkan untuk mempermudah penonton dalam mengenal karakter tokoh.
  6. Sekuens atau Storyline, adalah rangkaian kelompok cerita yang akan dibentuk di tiap babak-babak. Sekuens berbentuk garis besar dari cerita yang akan ada di setiap babak, mirip dengan chapter yang ada di film atau buku.
  7. Stepoutline, mempunyai tujuan untuk membantu memperjelas peristiwa-peristiwa lengkap dengan tegangan-tegangan yang ada di dalamnya
  8. Treatment adalah rangkaian scene tanpa disertai dialog. Berisi tentang deskripsi apa yang ada pada scene tersebut.

Profesi Lainnya

quality control

Quality Control (QC)

Pengertian secara umum, Quality Control (QC) adalah proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan untuk mengukur serta memastikan kualitas produk telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan

Read More »
social media officer

Social Media Officer

Social Media Officer adalah sebuah bidang pekerjaan yang masuk dalam ranah komunikasi dengan tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap akun sosial media perusahaan yang didalamnya menyangkut

Read More »
jobdesk general affair

General Affair

General Affair (GA) merupakan posisi dalam suatu perusahaan yang umumnya berada di bawah pimpinan kepala operasional, terkadang pada beberapa perusahaan GA berada dibawah Departemen Personalia (HR).

Read More »
profesi content writer

Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media daring. Jika diartikan secara harfiah, content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten

Read More »
profesi pengacara

Pengacara

Berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, pengacara adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang wilayah kerjanya

Read More »
profesi seo specialist

SEO Specialist

SEO specialist menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi

Read More »