mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
pertanyaan interview customer service

Pertanyaan Interview Customer Service dan Tips Menjawabnya

Apakah kamu mendapat panggilan interview customer service? Kesempatan interview harus dimanfaatkan dengan baik. Tinggal satu langkah lagi, kamu akan mendapatkan pekerjaan bukan? 

Pekerjaan customer service banyak dibutuhkan belakangan ini, seiring dengan perkembangan teknologi pada perusahaan barang dan jasa. Di sisi lain, peminat pekerjaan ini juga sangat banyak karena kesempatan bekerja terbuka lebar bagi semua jurusan dan lulusan mulai dari SMA/K hingga Sarjana. Oleh karenanya persiapan diri yang matang akan membantu kamu dalam mewujudkan mimpi sebagai customer service. 

Daftar Pertanyaan Interview Customer Service

Di artikel sebelumnya, kita sudah memberikan pembahasan tentang tugas customer service. Kunjungi dulu agar makin siap saat interview. Nah, berikut daftar pertanyaan interview customer service lengkap dengan tips menjawabnya. Yuk, check this out!

1. Silahkan Perkenalkan Diri Anda 

Poin pertama saat interview pekerjaan pada umumnya yaitu perkenalan diri. Sedikit tips pada saat perkenalan ini gunakan bahasa yang ‘menjual’. Kamu bisa memulainya dengan perkenalan secara umum tentang nama, pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan pengalaman di bidang layanan pelanggan (customer service). Bila belum mempunyai pengalaman bekerja, ceritakan tentang pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti sebelumnya.

2. Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Anda 

Setelah perkenalan diri, biasanya recruiter akan memberikan pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan dirimu. Jawaban di pertanyaan ini sangat penting loh. Karena recruiter akan mengukur apakah dengan sikap dan sifat yang kamu miliki sesuai untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sedikit tips, berikan kelebihan yang mendukung posisi posisi customer service agar recruiter yakin bahwa kamu termasuk kandidat terbaik.  Selanjutnya, hindari kekurangan yang menjadi penghambat kamu dalam bekerja, misalnya: pemalu, pendiam dan malas. Kekurangan ini harus dihindari karena merugikan perusahaan bukan?

3. Apa yang Anda Ketahui Tentang Tugas Customer Service?

Sebelum interview, kamu harus memahami tugas customer service dengan baik. Dari sini, recruiter ingin mengetahui sejauh mana kesungguhanmu untuk bekerja. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan: 

“Bagi saya customer service adalah sebuah tindakan pelayanan kepada pelanggan untuk mengedukasi, membantu, membimbing dan menyelesaikan masalah dengan pelayanan sebaik mungkin demi kepuasan pelanggan yang nantinya berdampak pada loyalitas pelanggan kepada perusahaan sehingga laba perusahaan akan terus meningkat. Kemudian customer bertugas untuk…..”

4. Coba Ceritakan Pengalaman Anda dalam Menghadapi Pelanggan yang Marah 

Sekarang masuk ke kasus saat bekerja. Recruiter ingin mengetahui bagaimana sikap kamu dalam bekerja, terutama saat berada di kondisi sulit. Kamu bisa menjawabnya dengan:

 “Ketika pelanggan tidak senang atau marah, hal pertama yang saya lakukan yaitu meyakinkan diri bahwa pelanggan tidak marah kepada saya, melainkan kepada perusahaan. Oleh karenanya saya tidak boleh baper dan harus tetap tenang. Saya akan mendengarkan keluh kesah pelanggan, karena biasanya orang yang marah hanya ingin didengarkan. Setelah kemarahan mereka mereda, barulah saya memberikan pengarahan atau solusi atas permasalahan yang mereka rasakan.”

5. Apa yang Akan Anda Lakukan Ketika Tidak Bisa Melayani Pelanggan Karena Perbedaan Bahasa?

customer service kerja tim

Dalam dunia pelayanan, perbedaan bahasa mungkin saja terjadi. Saat terkendala bahasa, kamu bisa meminta bantuan tim sebagai bentuk kerjasama tim. Hal ini, sebaiknya kamu jadikan pelajaran untuk bahan pengembangan diri.  Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan: 

Sepanjang perjalanan saya sebagai customer service, saya tidak mudah menyerah dengan perbedaan bahasa yang ada. Jika saya tidak mengerti bahasa yang pelanggan gunakan, saya akan menggunakan Google Translate. Bila hasil terjemahan masih sesuai dan bisa saya pahami, saya akan melanjutkan pembicaraan. Namun, bila saya sama sekali tidak memahaminya makan saya akan meminta bantuan teman yang lain. Terkadang, saya juga meminta pelanggan mengirimkan email agar saya bisa memahami permasalahan pelanggan dengan lebih jelas.”

6. Coba Ceritakan Pengalaman Terberat Anda Saat Bekerja Sebagai Customer Service  

Pada pertanyaan ini, kamu jangan terpancing menjelekkan pelanggan. Mengapa? Karena customer service yang baik adalah mereka yang mempunyai rasa empati dan mempu memberikan solusi terhadap segala pertanyaan dan permasalahan pelanggan. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan: 

“Pengalaman yang paling berat ketika saya masih menjadi karyawan baru di tempat sebelumnya, kemudian saya mendapatkan kasus pelanggan komplain terhadap jasa yang perusahaan berikan. Ia sangat marah dan emosi hingga meluap-luap. Sebagai customer service saya tetap tenang saat itu, kemudian saya pelan-pelan mencatat keluhannya sambil menanyakan detail masalahnya. Setelah itu, saya mengungkapkan bahwa bila saya berada di kondisi yang sama dengan pelanggan saya juga kecewa. Kemudian, saya meminta ijin untuk menyambungkan langsung pelanggan kepada atasan”

7. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Produk dan Layanan di Perusahaan Kami?

Ketika interview untuk posisi apapun, kamu pasti akan ditanyai pengetahun tentang perusahaan tersebut. Apalagi saat melamar sebagai customer service. Paling tidak kamu harus tau produk dan layanan perusahaan tersebut. Kandidat yang lebih tau, pasti akan lebih menonjol bukan? Artinya, ketika kamu tahu tentang perusahaan tersebut berarti kamu sangat antusias. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pendapat tentang produk dan layanan yang perusahaan tawarkan.

8. Coba Berikan Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memilih Anda

Saat tiba di pertanyaan ini, yakinkan recruiter bahwa kamu dan perusahaan dapat bekerja sama. Misalnya saja karena pendidikan atau keahlian yang kamu miliki. Berikut contoh jawabannya: 

“Alasan perusahaan harus memilih saya karena keahlian yang saya miliki sesuai dengan kebutuhan yang perusahaan cari. Profesi customer service sangat mewakili diri saya. Sejak kecil saya senang dalam dunia pelayanan, pengalaman ini saya rasakan ketika membantu orang tua dalam melayani pelanggan yang datang ke warung. Kemudian sejak di bangku SMA hingga kuliah saya tergabung dalam banyak organisasi. Dari sini saya banyak belajar tentang adaptasi, komunikasi dan cara menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak. Berdasarkan pendidikan dan pengalaman inilah saya yakin dapat bekerja sama dengan perusahaan untuk saling bertumbuh. “

9. Sebelum Wawancara Selesai, Apakah Ada Pertanyaan?

Ketika sesi wawancara sudah selesai, pasti hampir semua recruiter akan bertanya “Apakah ada pertanyaan?” Kamu jangan langsung menjawab tidak ada atau sudah cukup. Alangkah lebih baiknya kamu menggunakan kesempatan ini untuk menggali lebih jauh informasi tentang perusahaan dan posisi yang sedang kamu lamar. Asalkan jangan tanya gaji ya! Ketika pelamar mengajukan pertanyaan, maka akan terlihat antusias di hadapan recruiter. Kemungkinan diterima bekerja juga semakin meningkat. 

Kesimpulan:

Saat interview untuk posisi customer service, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan secara umum dan khusus. Pertanyaan umum meliputi perkenalan diri, kelebihan dan kekurangan, motivasi bekerja hingga apa yang kamu ketahui tentang perusahaan. Sedangkan pertanyaan khusus terkait tugas, cara menghadapi pelanggan yang marah, pengalaman terberat saat menjadi customer service, cara menghadapi pelanggan yang berbeda bahasa. Persiapan diri yang matang akan sangat membantu dalam menjawab pertanyaan recruiter. Kepercayaan diri kamu juga akan meningkat.

Nah, itulah artikel terkait pertanyaan interview customer service dan jawabannya. Semoga sukses saat interview. Semangat!

Share this post