Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
pertanyaan interview staff admin notaris

Pertanyaan Interview Staff Admin Notaris

Interview staff admin notaris cukup menarik dibahas akhir-akhir ini seiring dengan banyaknya lowongan kerja admin notaris yang tersebar secara online. Seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya tentang tugas admin notaris yang berperan membantu pekerjaan notaris, terutama dalam administratif dalam pembuatan akta. 

Persyaratan bekerja di posisi ini meliputi: kemampuan komputer, kemampuan analisa hukum dan ketelitian yang tinggi. Posisi ini juga terbuka lebar bagi lulusan SMA/K. Yuk simak pertanyaan interview staff admin notaris yang paling sering muncul. Jangan sampai tertinggal. 

Daftar Pertanyaan Interview Staff Admin Notaris

Persiapan diri yang matang akan membuat kamu percaya diri dan luwes saat interview. Pertanyaan interview notaris biasanya dimulai dari perkenalan diri, kelebihan kekurangan lalu dilanjutkan dengan soft skill kamu saat bekerja nantinya seperti kemampuan manajemen waktu dan bekerja di bawah tekanan. Nah, berikut beberapa pertanyaan yang telah kami rangkum: 

1. Silakan Perkenalkan Diri Anda 

Pertanyaan interview pekerjaan yang paling utama adalah perkenalan diri. Ketika kamu melamar sebagai Admin Notaris kamu juga diminta untuk memperkenalkan diri. Kunci saat perkenalan diri yaitu bersikap percaya diri. Mulailah dengan perkenalan secara umum tentang nama, pendidikan, usia lalu dilanjutkan dengan soft skill, hard skill dan pengalaman bekerja di posisi yang sesuai. 

2. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Selanjutnya saat wawancara, recruiter ingin mengetahui tentang diri kamu melalui pertanyaan kelebihan dan kekurangan ini. Sebutkan kelebihan yang ada kaitannya dengan pekerjaan Admin Notaris. Misalnya saja, kamu bisa menyebutkan bahwa teliti, jujur ataupun senang belajar tentang hukum. Namun, jangan dilebih-lebihkan juga. Selanjutnya, berikan pula apa kekurangan yang ada pada dirimu. Hal terpenting, saat menyebutkan kekurangan, berikan solusi untuk mengurangi masalah akibat kekurangan yang kamu miliki. Misalnya saja, kamu orang yang sering lupa terhadap pekerjaan yang multitasking, solusinya mencatat apa saja yang perlu kamu kerjakan. 

3. Apa yang Anda Ketahui Tentang Tugas Staff Admin Notaris?

interview admin notaris

Sebelum proses interview, kamu harus memahami tugas staff admin notaris. Dengan memahaminya, pasti kamu akan lebih percaya diri saat proses interview bukan? Dari pertanyaan ini, recruiter akan menilai rasa ingin tahu kamu dan kesungguhan kamu dalam melamar posisi Admin Notaris. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan: 

“Bagi saya profesi staff admin notaris adalah seorang profesional yang berperan membantu pekerjaan notaris, terutama dalam administratif dalam pembuatan akta. Selain itu, admin notaris juga bertugas untuk…..”

4. Bagaimana Cara Anda Mengelola Waktu saat Bekerja?

Apa yang kamu bayangkan ketika bekerja sebagai staff admin notaris? Pekerjaan di kantor notaris sangat padat, mulai dari mengatur jadwal bertemu klien, pembuatan akta, meeting dengan tim dan penyusunan dokumen lainnya. Semua pekerjaan ini akan berjalan optimal, ketika kamu dan tim yang ada di sana mampu memanajemen waktu. 

Saat tiba di pertanyaan ini, jawablah dengan jujur bagaimana kamu dapat mengatur waktu. Setiap orang punya cara tersendiri dalam mengelola waktu. Jelaskan cara yang kamu pakai, misalkan dengan skala prioritas, membuat catatan setiap harinya dan cara lainnya. Sebagai tambahan berikan pula penjelasan tentang pengalaman kamu di tempat kerja sebelumnya. 

4. Apakah Kamu Pernah Menganalisa Data Hukum? Lalu, Bagaimana Cara yang Anda Gunakan?

Pertanyaan interview staff admin notaris terkait cara menganalisa data hukum ini, tentunya tidak boleh ketinggalan. Recruiter ingin mengetahui kemampuan kamu dalam menganalisa serta mendapatkan informasi yang jelas dan akurat. Hal terpenting saat tiba di pertanyaan ini, berikan penjelasan yang jelas dan tidak berbelit. Kemampuan menjelaskan secara terstruktur menjadi nilai positif di mata recruiter. 

5. Apakah Anda Mampu Bekerja di bawah Tekanan?

Bekerja di kantor notaris harus siap bergerak dengan ritme kerja yang cepat. Selain kemampuan mengatur waktu, saat interview sebagai admin notaris kamu juga akan ditanya apakah dapat bekerja di bawah tekanan? Saat menjawabnya, coba berikan contoh kemampuan kamu saat berada dalam kondisi atau pekerjaan sebelumnya serta cara kamu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. 

6. Mengapa Anda Tertarik Bekerja sebagai Admin Notaris?

admin notaris pekerjaan

Tiba di pertanyaan yang menarik. Ceritakan apa alasan kamu ingin bekerja sebagai admin di kantor notaris. Seperti yang kita ketahui bekerja di kantor notaris pasti akan terlibat dengan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum. Apakah kamu tertarik? Berikan pula alasan seperti ingin membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah hukum atau ingin mendalami ilmu hukum sesuai dengan pendidikan yang telah kamu tempuh. Sebenarnya banyak alasan yang bisa kamu persiapkan, tergantung pada isi dalam diri kamu sendiri. 

Itulah pertanyaan interview staff admin notaris yang paling sering ditanyakan oleh recruiter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk persiapan interview. Mployee juga menyediakan artikel tentang pekerjaan, interview dan karir lainnya. Ikuti updatenya setiap hari.See you. 

Share this post