mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Staff Packing

Pekerjaan staff packing adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan proses pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen

staff packing

Deskripsi Profesi Staff Packing

Pekerjaan staff packing adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan proses pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di gudang, pabrik, toko, atau perusahaan e-commerce.

Staff packing bertanggung jawab untuk memastikan barang atau produk yang dikemas sesuai dengan standar kualitas, spesifikasi, dan jumlah yang diminta. Selain itu, staff packing juga harus memperhatikan keamanan, kebersihan, dan ketertiban barang atau produk yang dikemas.

Staff packing adalah orang yang melakukan pekerjaan pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen. Staff packing harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan alat-alat pengemasan, seperti mesin packing, label printer, barcode scanner, dan sebagainya.

Staff packing juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berkoordinasi dengan tim packing lainnya, supervisor, dan bagian logistik. Staff packing harus mampu bekerja dengan cepat, teliti, dan rapi dalam mengemas barang atau produk.

Jobdesk Staff Packing

Tanggung Jawab Staff Packing

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab staff packing antara lain adalah:

  • Menerima dan mengecek barang atau produk yang akan dikemas dari bagian produksi atau gudang.
  • Menghitung dan memastikan jumlah barang atau produk yang akan dikemas sesuai dengan pesanan pelanggan atau konsumen.
  • Memilih bahan pengemasan yang sesuai dengan jenis barang atau produk yang akan dikemas, seperti kardus, plastik, bubble wrap, kertas koran, dll.
  • Mengoperasikan alat-alat pengemasan yang diperlukan untuk mengemas barang atau produk dengan rapi dan aman.
  • Menempelkan label pengiriman yang berisi informasi nama penerima, alamat tujuan, nomor resi, dll pada bahan pengemasan.
  • Menyimpan barang atau produk yang sudah dikemas di tempat yang ditentukan sesuai dengan kode pengiriman.
  • Melaporkan hasil pekerjaan pengemasan kepada supervisor atau bagian logistik.
  • Menjaga kebersihan dan ketertiban tempat kerja pengemasan.
  • Mengikuti aturan dan prosedur kerja yang berlaku di perusahaan.

Kualifikasi Staff Packing

  • Pendidikan minimal SMA atau setara.
  • Pengalaman kerja di bidang pengemasan akan menjadi nilai tambah.
  • Kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan teliti dalam lingkungan yang padat dan bergerak cepat.
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan tim.
  • Memiliki ketahanan fisik untuk mengangkat dan memindahkan produk yang berat.
  • Memiliki pemahaman dasar tentang keselamatan kerja dan prosedur pengemasan yang baik.
  • Fleksibel dalam menjalani jam kerja yang mungkin termasuk shift dan akhir pekan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Staff Packing

Keahlian yang harus dimiliki oleh staff packing antara lain adalah:

  • Mampu mengoperasikan alat-alat pengemasan dengan baik dan benar.
  • Mampu bekerja dengan cepat, teliti, dan rapi dalam mengemas barang atau produk.
  • Mampu bekerja secara tim maupun individu.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dengan tim packing lainnya, supervisor, dan bagian logistik.
  • Mampu menghitung dan mengecek jumlah barang atau produk dengan akurat.
  • Mampu memilih bahan pengemasan yang sesuai dengan jenis barang atau produk yang akan dikemas.
  • Mampu menempelkan label pengiriman dengan benar dan jelas.
  • Mampu menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban barang atau produk yang dikemas.

Cara Menjadi Staff Packing

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi staff packing:

1. Mempelajari prosedur packing yang berlaku di perusahaan Anda

Setiap perusahaan mungkin memiliki standar dan aturan yang berbeda-beda mengenai cara packing barang, seperti jenis kemasan, label, kode barcode, dan sebagainya. Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti prosedur packing yang sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda.

2. Menjaga kualitas dan kebersihan barang yang akan dipacking

Anda harus memeriksa kondisi barang sebelum memasukkannya ke dalam kemasan, dan membuang barang yang rusak, cacat, atau kadaluarsa. Anda juga harus membersihkan barang dari debu, kotoran, atau bahan asing lainnya yang dapat merusak kualitas barang atau mengganggu proses packing.

3. Menggunakan alat bantu packing yang tepat dan aman

Anda harus memilih alat bantu packing yang sesuai dengan jenis dan ukuran barang yang akan dipacking, seperti gunting, cutter, lakban, tali, plastik wrap, kardus, dan sebagainya. Anda juga harus memperhatikan keselamatan diri Anda dan orang lain saat menggunakan alat bantu packing tersebut, seperti memakai sarung tangan, masker, kacamata pelindung, dan sebagainya.

4. Mengatur waktu dan prioritas packing dengan baik

Anda harus mengetahui jadwal pengiriman barang dan deadline packing yang ditetapkan oleh perusahaan Anda. Anda juga harus menentukan prioritas packing berdasarkan jenis barang, jumlah pesanan, tujuan pengiriman, dan faktor lainnya. Anda harus mampu menyelesaikan tugas packing Anda dengan cepat dan tepat sesuai dengan target yang ditentukan.

5. Bekerja sama dengan tim packing lainnya

Anda harus berkomunikasi dengan baik dengan tim packing lainnya untuk memastikan bahwa proses packing berjalan lancar dan efisien. Anda juga harus saling membantu dan memberi masukan kepada tim packing lainnya untuk meningkatkan kinerja dan kualitas packing. Anda harus bersikap profesional, sopan, dan menghormati tim packing lainnya.

Jenjang Karir Staff Packing

Jenjang karir staff packing biasanya dimulai dari posisi junior staff packing. Setelah memiliki pengalaman kerja yang cukup dan menunjukkan kinerja yang baik, staff packing bisa naik ke posisi senior staff packing. Selanjutnya, staff packing bisa naik ke posisi supervisor packing yang bertugas untuk mengawasi dan mengkoordinasikan tim packing. Posisi tertinggi dalam jenjang karir staff packing adalah manager packing yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola seluruh proses pengemasan di perusahaan.

Yang Harus Kalian Ketahui Staff Packing

Yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai staff packing adalah:

  • Pekerjaan staff packing adalah pekerjaan yang membutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Staff packing harus siap untuk berdiri, berjalan, membungkuk, mengangkat barang berat, dll selama jam kerja.
  • Pekerjaan staff packing adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Staff packing harus mampu menghindari kesalahan dalam mengemas barang atau produk yang bisa berakibat fatal bagi pelanggan atau konsumen.
  • Pekerjaan staff packing adalah pekerjaan yang membutuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang besar. Staff packing harus mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan target waktu dan standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Pekerjaan staff packing adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan beradaptasi dan belajar yang baik. Staff packing harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan metode pengemasan yang baru dan lebih efisien.

Profesi Lainnya

profesi kontraktor

Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai

Read More »
profesi make up artist

Penata Rias Make Up Artist

Apakah Anda suka berkreasi dengan make up dan ingin menjadikannya profesi? Jika ya, maka pekerjaan “Penata Rias Make Up Artist” mungkin cocok untuk Anda. Penata

Read More »
pengarah gaya fashion stylish

Pengarah Gaya Fashion Stylist

Pengarah Gaya Fashion Stylist, juga dikenal sebagai Fashion Director, adalah individu yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengarahkan konsep mode dan gaya dalam industri fashion.

Read More »
tugas surveyor tanah

Surveyor Tanah

Profesi surveyor tanah adalah salah satu pekerjaan yang krusial dalam industri konstruksi dan pengembangan lahan. Seorang surveyor tanah bertanggung jawab untuk mengukur, menganalisis, dan merekam

Read More »
electrical engineer

Electrical Engineer

Pekerjaan Electrical Engineer adalah sebuah profesi yang melibatkan perancangan, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan sistem kelistrikan. Seorang Electrical Engineer bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan solusi

Read More »
management trainee

Management Trainee

Apa itu Management Trainee? Management Trainee adalah program pengembangan karir yang ditawarkan oleh banyak perusahaan untuk lulusan baru atau profesional muda yang ingin mempelajari seluk-beluk

Read More »