mployee logo

Profesi Pramugara/Pramugari

Pramugara/Pramugari adalah salah satu awak kabin yang juga karyawan maskapai penerbangan dimana memiliki tugas untuk melayani penumpang selama penerbangan berlangsung.

profesi pramugari

Deskripsi Profesi Pramugara/Pramugari

Pramugara/Pramugari adalah salah satu awak kabin yang merupakan karyawan maskapai penerbangan dengan tugas utamanya yaitu melayani penumpang selama penerbangan berlangsung.

Ternyata profesi ini ada padanan namanya dalam Bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris awalnya seorang pramugari/pramugara dijuluki sebagai stewardees (perempuan) dan steward (laki-laki). Namun terdapat pergeseran sehingga profesi stewardees dan steward berubah menjadi flight attendant, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Dalam Bahasa Indonesia juga begitu. Pramugari cenderung mengacu pada perempuan, sedangkan pramugara lebih identik dengan laki-laki.

Pada artikel ini mari kita sebut saja pramugari sebagai sebuah profesi secara umum yang mewakili profesi ini. Hal ini mengingat, sebagian besar yang melayani penumpang di pesawat adalah pramugari.

Menurut KBBI, pengertian pramugari adalah karyawan perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang.

Para petugas yang melayani penumpang di berbagai jenis angkutan umum, seperti pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, adalah pramugari. Dengan kata lain, karir seorang pramugari sebenarnya tak terbatas pada pramugari pesawat terbang saja.

Karena memiliki prestige yang cukup tinggi, seperti dikenal sebagai kumpulan wanita-wanita cantik dan anggun, profesi pramugari menjadi salah satu pekerjaan idaman bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Jobdesk Pramugara/Pramugari

Berikut ini adalah jobdesk, tugas dan tanggung jawab seorang pramugari di pesawat :

  1. Memastikan pesawat siap untuk dimasuki penumpang.
  2. Mengecek ketersediaan peralatan keselamatan penerbangan untuk penumpang dan kru.
  3. Melayani penumpang di dalam kabin pesawat terbang.
  4. Membantu menunjukkan tempat duduk penumpang.
  5. Membantu penumpang yang mengalami kesulitan meletakkan barang bawaan di bagasi kabin.
  6. Mendemonstrasikan tata cara menggunakan alat keselamatan penerbangan.
  7. Memberikan informasi-informasi penting mengenai fasilitas dan kegunaannya kepada penumpang.
  8. Membantu dan mendampingi penumpang anak kecil, lanjut usia, juga penumpang dengan penanganan khusus.
  9. Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat seperti berusaha sebaik mungkin memikirkan cara untuk menjamin keamanan penumpang.
  10. Memberi pertolongan pertama pada penumpang yang sakit dalam perjalanan pesawat.
  11. Selalu memastikan dengan seksama, bahwa penumpang telah mengenakan sabuk pengaman dengan baik dan benar sesuai instruksi.
  12. Selalu memperlihatkan kebersihan selama melakukan penerbangan.
  13. Selalu menunjukan keramahan dan senantiasa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penumpang.
  14. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan peralatan maupun system elektronik yang berada di pesawat.
  15. Cepat tanggap dalam memberikan pertolongan pada penumpang yang membutuhkan, karena akan selalu ada kejadian tak terduga, misalnya penumpang membutuhkan pertolongan ketika ia merasa mual dsb.
  16. Menghadiri briefing untuk mengetahui detail penerbangan serta rute yang akan dilewatinya.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pramugara/Pramugari

Menjadi seorang pramugari membutuhkan skills-skills khusus untuk menunjang pekerjaan dalam melayani penumpang. Berikut ini adalah beberapa keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pramugari :

  1. Keahlian Dalam Berkomunikasi
    Seorang pramugari membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi kepada penumpang. Pramugari dituntut untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan para penumpang sebab ialah yang memberikan presentasi tentang prosedur keselamatan penerbangan, menjawab pertanyaan penumpang dan menenangkan  penumpang yang cemas atau kesal.
  2. Keahlian Dalam Berbahasa Inggris
    Pramugari adalah orang yang diandalkan untuk memberi instruksi kepada penumpang. Salah satu persyaratan menjadi pramugari adalah mampu berbahas Inggris sebab tidak semua penumpang adalah berasal dari negeri sendiri. Seorang pramugari dituntut memiliki keterampilan verbal berbahasa Inggris yang sangat baik baik itu endengarkan, memahami dan memberi instruksi.
  3. Terampi dan Sigap
    Seorang pramugari adalah orang yang mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan atau dalam situasi yang penuh tekanan. Ia dituntut untuk bertindak cepat, dan dapat diandalkan saat hal paling darurat terjadi di pesawat.
  4. Keahlian Merawat Orang
    Pramugari adalah orang yang sangat sabar karena ia  dituntut untuk melayani penumpang. Ia selalu berurusan dengan penumpang dan pramugari dituntut untuk selalu bersikap ceria dan ramah. Ia selalu fokus melayananipara penumpang dan memberikan kepuasan kepada pelanggan untuk tetap nyaman. Ya, penumpang adalah orang yang paling penting dalam penerbangan.
  5. Body Language yang Baik
    Menjadi seorang pramugari dituntut untuk ramah kepada semua orang terutama kepada penumpang. Sehingga pramugari haruslah mempunyai pembawaan body language atau bahasa tubuh yang baik. Apalagi kesan pertama yang tampak dari seseorang adalah bahasa tubuh yang dimunculkan saat itu. Ditambah juga pramugari harus menjelaskan tentang peraturan sebelum terbang kepada penumpang dengan bahasa verbal dan non verbal. Jadi kalau tidak mempunyai keahlian bahasa tubuh yang bagus, maka penumpang tidak akan mengerti apa yang dijelaskan pramugari.
  6. Berenang
    Keahlian yang harus dimiliki pramugari adalah berenang. Keahlian ini merupakan keahlian dasar sebagai pramugari jika tiba-tiba pesawat mengalami kecelakaan. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau beberapa kasus pesawat jatuh di laut. Hal inilah yang menjadikan dasar pihak maskapai mewajibkan awak kabinnya harus bisa renang supaya bisa tetap selamat walaupun dalam air sekalipun. Bahkan pramugari harus bisa melakukan penyelamatan pada penumpang jika pesawat mendarat di air.

Cara Menjadi Pramugara/Pramugari

Pendidikan Terakhir Minimal SMA/ Sederajat

Syarat yang pertama ini wajib dipenuhi sebab, dengan bekal SMA/ Sederajat tersebut Anda dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan pramugari, untuk mendapatkan bekal ilmu penerbangan yang berguna ketika proses seleksi pramugari.

Tinggi Dan Berat Badan

Terkait kondisi fisik, seorang pramugari dituntut untuk memiliki kondisi fisik professional seperti memiliki tinggi badan minimal 160 cm, dengan memiliki kondisi fisik tersebut memudahkan untuk membantu para penumpang pesawat, seperti membantu memasukan atau menurunkan tas penumpang ke bagasi pesawat.

Serta dengan memiliki berat badan yang ideal pramugari dapat bertahan atau kuat berdiri selama berjam-jam juga agar tampil menarik, sehingga mampu membangun citra positif maskapai penerbangan.

Sehat Jasmani Dan Rohani

Memiliki kondisi sehat jasmani maupun rohani memang harus dipenuhi sebab sebelum memberikan pelayanan ataupun membantu penumpang secara sehat jasmani dan rohani maka penumpang akan mendapatkan pelayanan secara maksimal saat didalam pesawat.

Bebas Dari Obat-Obatan Terlarang Dan Tidak Merokok

Menjadi seorang pramugari memang dilarang untuk mengkonsumsi obat terlarang baik sebelum maupun setelah penerbangan.

Sebab, obat-obatan tersebut akan mengganggu kinerja para pramugari, bahkan mengkonsumsi minuman beralkohol pun juga dilarang sebelum penerbangan.

Maka dari itu untuk menjadi pramugari yang profesional harus bebas dari obat-obatan terlarang.

Tidak Memiliki Kekurangan Fisik

Bagaimana pun menjadi seorang pramugari sangatlah wajib berpenampilan menarik.

Sehingga sangat tidak diperkenankan bila memiliki kekurangan fisik seperti cacat dan sejenisnya. Sehingga, kekurangan secara fisik inilah yang memang sulit untuk menjadi pramugari meskipun sudah digantikan dengan organ tubuh tiruan.

Sebab, akan menghambat proses pramugari dalam menjalankan tugasnya.

Harus Memiliki Sertifikat Sekolah Pramugari Atau Flight Attendant Training

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal untuk menjadi pramugari Anda harus mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi pramugari.

Meskipun demikian, di sekolah pramugari Anda akan mendapatkan banyak ilmu dalam hal pengetahuan serta keterampilan yang berhubungan dengan dunia kerja.

Sehingga, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi untuk Anda gunakan nantinya pada saat melamar pekerjaan.

Jenjang Karir Pramugara/Pramugari

  • Pramugari/Pramugara Junior. Dalam penerbangan bertugas sebagai pelaksana.

  • Pramugari/Pramugara Senior. Dalam penerbangan bertugas sebagai pelaksana.

  • Maitre D’Cabin. Dalam penerbangan bertugas sebagai koordinator di masing-masing kelas, seperti first classbusiness class, juga economy class.

  • Flight Manager Service. Tingkatan tertinggi dari jenjang karier seorang pramugari/pramugara. Untuk mencapai posisi ini, pramugari/pramugara yang mendapatkan kesempatan bidding akan menjalani serangkaian tes untuk menjalani training.

Yang Harus Kalian Ketahui Pramugara/Pramugari

Sebelum menjadi pramugara/pramugari, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Di beberapa maskapai penerbangan, jenjang karier seorang pramugari/pramugara ditunjukkan dengan warna seragamnya.

  • Karir pramugari banyak dipengaruhi oleh jam terbangnya. Semakin banyak jam terbang seorang pramugari, semakin banyak pula pengalaman dan semakin baik skill-nya. Semakin baik review atas pelayanannya, semakin dibutuhkan seorang pramugari pada penerbangan berikutnya. Semakin sering terbang, semakin baik pula jenjang karir pramugari tersebut.

  • Bekerja sebagai pramugari artinya kita berpeluang untuk menikmati penerbangan gratis di luar jam kerja. Jeda waktu antar jadwal penerbangan juga dapat dimanfaatkan untuk jalan-jalan menikmati kota-kota yang disinggahi.

  • Sulit menentukan jam kerja pramugari karena sifatnya yang tak tentu (on call). Kapanpun, setiap saat dipanggil untuk bertugas, seorang pramugari pesawat terbang harus bersedia dan siap berangkat menuju bandara dalam waktu kurang dari dua jam.

  • Beberapa maskapai bahkan mengharuskan beberapa hari dalam satu bulan untuk ready reserve. Pramugari yang bertugas jaga ini harusberseragam lengkap jika sewaktu-waktu ditugaskan terbang.

  • Jauh dari keluarga, kerabat dekat akan dialami oleh pramugari. Pekerjaannya di atas udara mengelilingi dunia pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan untuk segala kondisi pramugari harus siap-sedia, seperti membantu persalinan dalam pesawat.

  • Bahkan pramugari harus siap menerima risiko, mempertaruhkan nyawa setiap kali terbang.

  • Dilansir dari detik.com, pramugari harus menjaga kecantikan badan atau pun wajah.

Daftar Gaji Seorang Pramugari di Indonesia

Daftar gaji pramugari setiap maskapai di Indonesia umumnya berbeda-beda, tergantung jenis maskapai, status, dan jam terbang pramugari tersebut.

1. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan milik negara atau BUMN ini merupakan salah satu maskapai penerbangan nomor satu yang ada di Indonesia.

Untuk gaji yang diberikan Garuda Indonesia kepada pramugarinya yang masih berstatus junior atau masih training sudah sangat tinggi yaitu sekitar Rp 15 juta per bulan.

Sedangkan untuk pramugari yang sudah memiliki jam terbang tinggi maka akan mendapatkan gaji hingga Rp 30 juta per bulan.

Itu belum termasuk fasilitas lainnya seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, dan fasilitas lainnya.

2. Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang dikenal memiliki harga tiket terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Meskipun terjangkau, pelayanan yang diberikan tetap baik.

Untuk gaji dari pramugari Lion Air bervariasi tergantung dari jam terbang si pramugari.

Untuk gaji pokok, pramugari junior di angka Rp 2 juta-Rp 3 juta, sedangkan untuk gaji pokok pramugari senior di angka Rp 5 juta-Rp 6 juta per bulannya. Itu di luar tunjangan yang diberikan oleh perusahaan.

Jika ditotal secara keseluruhan, gaji seorang pramugari maskapai Lion Air bisa mencapai Rp 10-Rp 20 juta dalam satu bulan. Salah satu bonus yang diberikan oleh Lion Air adalah uang terbang sekitar Rp 50 ribu per jamnya.

3. Citilink

Citilink merupakan salah satu perusahaan penerbangan yang dulunya berada di bawah Garuda Indonesia. Gaji yang di terima oleh pramugari maskapai penerbangan Citilink terdiri dari gaji pokok, tunjangan, dan fasilitas pendukung bagi pramugari.

Gaji pokok pramugari junior adalah Rp 2-Rp 3 juta perbulan, sedangkan pramugari senior sekitar Rp 5 juta perbulan. Di luar itu, mereka masih menerima berbagai uang tunjangan dan fasilitas pendukung lainnya.

Jika ditotal secara keseluruhan, gaji pramugari senior bisa menembus angka Rp 20 juta per bulan. Wah besar bukan gaji seorang pramugari?

Profesi Lainnya

konsultan pajak

Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan. Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai

Read More »
konsultan it

Konsultan IT

Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak

Read More »
profesi psikolog

Psikolog

Psikolog adalah seorang ahli psikologi dalam bahasa inggris yaitu psychologist sebagai pakar yang menguasai bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental

Read More »
jobdesk general affair

General Affair

General Affair (GA) merupakan posisi dalam suatu perusahaan yang umumnya berada di bawah pimpinan kepala operasional, terkadang pada beberapa perusahaan GA berada dibawah Departemen Personalia (HR).

Read More »
profesi dokter

Dokter

Dokter yakni seseorang yang telah lulus pendidikan kedokteran yang oleh hukum diberi kewenangan untuk melakukan praktik kedokteran dalam upaya pelayanan kesehatan. Dokter adalah orang yang memiliki kewenangan

Read More »
produser film

Produser Film

Dalam proses pembuatan film membutuhkan banyak produser untuk membimbing beragam departemen. Produser film mengelola sisi bisnis dari proses produksi. Pengertian produser film lebih detail yakni orang

Read More »