mployee logo

Profesi Produk Manajer

Produk Manajer adalah seorang profesional dalam organisasi yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pengelolaan produk atau jasa perusahaan. Mereka memainkan peran kunci dalam siklus hidup produk, mulai dari perencanaan strategis hingga pengembangan, pemasaran, dan pengelolaan produk setelah diluncurkan ke pasar.

produk manajer

Deskripsi Profesi Produk Manajer

Sebuah produk tidak akan disukai oleh masyarakat jika tidak dikembangkan dengan baik sejak awal.

Dalam mengembangkan produk, terdapat berbagai macam langkah yang harus dilakukan. Hal tersebut bisa terdiri dari menemukan ide-ide, menentukan tujuan bisnis, hingga mengetahui permasalahan user.

Produk manajer hadir untuk mengemas semua langkah tersebut agar dapat membuat produk semakin disukai oleh masyarakat.

Produk Manajer adalah seorang profesional dalam organisasi yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pengelolaan produk atau jasa perusahaan. Mereka memainkan peran kunci dalam siklus hidup produk, mulai dari perencanaan strategis hingga pengembangan, pemasaran, dan pengelolaan produk setelah diluncurkan ke pasar.

Profesi ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan penjualan serta pendapatan lewat produk-produk yang telah dikembangkan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, profesi ini tampak semakin dicari oleh banyak perusahaan.

Di tahap awal, profesi ini bertugas untuk mengemukakan ide-ide yang brilian dan berbeda dalam menciptakan sebuah produk.

Tidak hanya sampai situ, ia juga harus mengamati perkembangan ide tersebut sampai pada akhirnya produk yang diciptakan dapat dinikmati oleh user atau pelanggan.

Secara umum, product manager mempunyai tanggung jawab yang sangat luas. Sebab, mereka berdiri di antara tiga pilar, yaitu teknologi, business, dan UX (user experience).

Dalam artian lain, seorang product manager setidaknya harus memahami dasar-dasar dari ketiga pilar tersebut supaya dapat menjalankan tugas dengan baik.

Sederhananya product Manager adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan dan keberhasilan sebuah produk.

Produk yang dimaksud bisa berupa produk fisik maupun produk digital, tanggung jawab diri sendiri mencakup pemasaran, perencanaan dan bertanggung jawab terhadap laba dan rugi produk tersebut.

Kenali lebih jauh jenis-jenis product manager berikut.

Operational Product Manager

Bagian yang satu ini memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang sifatnya operasional, seperti dalam pembuatan internal to untuk mendukung operasional sehari-hari produk atau integrasi dengan pihak ketiga. Dengan tanggung jawab tersebut, maka product manager jenis ini akan sering melakukan komunikasi dengan tipe operasional serta pihak eksternal.

Operasional product Manager juga memiliki tanggung jawab untuk selalu siap siaga kapanpun ketika terjadi sebuah masalah yang mengganggu operasional sebuah produk.

Feature Product Manager

Jenis Product Manager yang satu ini memiliki tanggung jawab atas apa yang dilakukan oleh pengguna produk, seperti bagaimana dalam menentukan alur pembelian produk maupun pembuatan fitur baru yang dibutuhkan pengguna. Karenanya jenis Product Manager  satu ini lebih banyak bekerja di semua jenis pemrograman (depan maupun belakang).

Meski fokus utamanya sendiri dalam pengembangan fitur, Featured Product Manager juga akan mengurusi berbagai hal operasional lainnya yang berkaitan dengan fitur yang dikembangkan.

Business To Business Product Manager

Jenis Product Manager satu ini masih masuk tipe lain dari Feature Product Manager. Jika Feature Product Manager lebih fokus pada fitur yang digunakan oleh pengguna individu, sedangkan Business to business Product Manager lebih fokus pada fitur yang digunakan oleh pengguna korporat bekerja sama dengannya.

Jobdesk Produk Manajer

Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang product manager:

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi produk yang sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan.
  • Melakukan analisis pasar untuk mengidentifikasi tren, kebutuhan pelanggan, dan persaingan yang relevan.
  • Mengumpulkan dan menganalisis data pasar serta umpan balik pelanggan untuk mendapatkan wawasan yang berharga dalam pengembangan produk.
  • Merumuskan rencana bisnis produk, termasuk penetapan tujuan, jadwal, dan anggaran untuk pengembangan dan pemasaran produk.
  • Bekerja sama dengan tim pengembangan produk untuk merancang, mengembangkan, dan menguji produk baru atau penyempurnaan produk yang ada.
  • Mengawasi seluruh siklus hidup produk, mulai dari konseptualisasi hingga peluncuran dan pengelolaan produk setelah diluncurkan.
  • Mengkoordinasikan kegiatan pemasaran dan penjualan produk, termasuk penyusunan strategi pemasaran, pengembangan materi promosi, dan pelatihan tim penjualan.
  • Memantau kinerja produk, menganalisis data penjualan, dan mengidentifikasi peluang atau masalah yang perlu diatasi.
  • Melakukan penelitian pasar secara terus-menerus untuk tetap mendapatkan wawasan tentang tren industri dan kebutuhan pelanggan.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan departemen terkait, termasuk pemasaran, penjualan, pengembangan produk, dan keuangan, untuk memastikan keselarasan strategi dan pencapaian tujuan produk.
  • Mengikuti perkembangan teknologi dan tren industri terbaru untuk mengidentifikasi peluang inovasi dan pengembangan produk.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Produk Manajer

Kualifikasi soerang produk manajer:

  • Gelar sarjana dalam bidang pemasaran, bisnis, manajemen, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang pengembangan produk, manajemen produk, atau pemasaran produk.
  • Pemahaman yang kuat tentang analisis pasar, penelitian pasar, dan strategi pemasaran.
  • Kemampuan analitis yang baik untuk menginterpretasikan data pasar dan membuat keputusan berdasarkan wawasan yang diperoleh.
  • Kemampuan kepemimpinan yang kuat untuk mengoordinasikan tim lintas fungsional dan memotivasi anggota tim.
  • Kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk pelanggan, tim internal, dan pihak eksternal.
  • Keterampilan manajemen proyek yang baik untuk mengatur jadwal, anggaran, dan sumber daya dalam pengembangan produk.
  • Keahlian dalam menggunakan alat analisis dan perangkat lunak terkait seperti analisis data, manajemen produk, dan perencanaan pemasaran.
  • Ketertarikan dan pengetahuan tentang industri terkait produk yang dikelola.

Cara Menjadi Produk Manajer

Mengambil S1 dengan Jurusan Terkait

Jika ingin menjadi seorang product manager, jurusan yang bisa dipilih yakni:

  • Manajemen Bisnis

  • Administrasi Niaga

  • Teknik Industri

  • Ilmu Komunikasi

  • Desain Produk

  • Desain Komunikasi Visual (DKV)

  • Rekayasa Hayati

  • Produksi Ternak

  • Agro Industri

  • Agro Bisnis

  • Manajemen Pemasaran

  • Manajemen Operasi

Memahami Pengetahuan Dasar

1. Pengetahuan Dasar Bisnis

Tidak perlu gelar sarjana bisnis atau keuangan untuk menjadi seorang product manager.

Akan tetapi, penting untuk mengetahui dasar-dasar bisnis karena profesi ini akan bersinggungan langsung dengan istilah-istilah bisnis.

2. Pengetahuan Dasar Ekonomi

Selain pengetahuan bisnis, penting juga untuk mengetahui dasar-dasar ekonomi.

Sebab, nantinya dalam keberlangsungan pengembangan produk ada berbagai masalah terkait ekonomi, seperti banyaknya permintaan produk, kurangnya anggaran, dan sebagainya.

3. Pengetahuan Dasar Teknologi

Karena profesi ini juga bersinggungan dengan tim teknologi, ada baiknya untuk mempelajari dasar-dasar dari codingprogramming, dan sejenisnya.

4. Familiar Dengan Software Manajemen Proyek

Software manajemen proyek merupakan perangkat lunak yang kerap digunakan oleh manajer proyek dan tim nya untuk mengelola pekerjaan mereka.

Untuk menjadi seorang product manager yang profesional, Anda harus familiar atau menguasai software tersebut. Software yang sering digunakan antara lain Milanote, Trello, 2-Plan, Zoho Projects, dan sebagainya.

Mengambil Sertifikasi

  • Certified Associate Project Management (CAPM)

Jika Anda baru memulai karir menjadi manajer proyek, maka sertifikasi tingkat pemula ini sangat cocok untuk Anda.

Sertifikasi ini merupakan langkah awal yang penting bagi seorang product manager pemula dalam memahami terminologi dan proses manajemen proyek. Anda hanya perlu menyiapkan Ijazah SMA atau diploma dan memiliki 1500 jam pengalaman kerja di bidang terkait.

  • Project Management Professional Certification (PMP)

Sertifikasi PMP dapat dianggap sebagai salah satu sertifikasi yang paling berharga untuk jenjang karir manajer proyek.

Syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini adalah pendidikan minimal Sarjana dan memiliki 4500 jam pengalaman kerja. Apabila Anda mendapatkan sertifikasi ini, Anda dapat membangun dasar pengetahuan dan pengalaman yang kuat yang diperlukan untuk menjalankan sebuah proyek.

Memperbanyak Pengalaman

Sebenarnya seorang product manager tidak boleh menguasai satu bidang saja. Selain bergerak dalam bidang produksi, product manager juga harus menguasai pemasaran, desain, teknis serta layanan konsumen.

Jenjang Karir Produk Manajer

  • Associate Product Manager (APM) adalah posisi tingkat awal. Seorang APM akan bertanggungjawab atas satu/beberapa sub-produk dan mengerjakan satu/banyak proyek sekaligus.2

  • Product Manager (PM) adalah posisi yang bertanggung jawab atas suatu produk sepenuhnya. Karena mengelola sepenuhnya, maka seorang PM juga sudah mulai menentukan roadmap dari produk tersebut di samping mengerjakan proyek.3

  • Senior Product Manager (SPM) adalah posisi tingkat atas yang tidak lagi berfokus pada eksekusi proyek. SPM bertanggungjawab atas banyak produk dan lebih berfokus untuk mengepalai dan menuntun tim-tim produk yang ada di bawahnya.

Yang Harus Kalian Ketahui Produk Manajer

Sebelum menjadi product manager, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Istilah Product Manager terbilang cukup baru lho! Sehingga posisi ini mudah Anda temui pada perusahaan startup atau perusahaan teknologi. Dalam pekerjaannya, Product Manager juga melakukan koordinasi dengan tim teknis seperti, software engineersdata scientists, dan product designers. 

  • Skill komunikasi yang efektif penting dimiliki oleh seorang product manager. Sebab, profesi ini akan berkomunikasi dengan berbagai tim, seperti tim pemasaran, produk, keuangan, desain, hingga teknologi.

  • Dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat khususnya dalam dunia bisnis, membuat para pengusaha banyak melirik keahlian seorang produk manager untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya.

Profesi Lainnya

profesi pembatik

Pembatik

Pembatik adalah seorang seniman yang mahir dalam seni membatik, sebuah teknik pewarnaan kain tradisional yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Dalam pembatikan, kain dihiasi

Read More »
konsultan penyuluh pertanian

Konsultan Penyuluh Pertanian

Konsultan penyuluh pertanian adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pertanian dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat, bimbingan, dan bantuan kepada petani, peternak, dan

Read More »
telemarketer

Telemarketer

Telemarketing adalah suatu bentuk pemasaran yang melibatkan penggunaan telepon untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau untuk memperoleh dukungan atau sumbangan dari orang-orang

Read More »
petugas imigrasi

Petugas Imigrasi

Petugas Imigrasi merupakan bagian penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perbatasan suatu negara. Mereka bertanggung jawab dalam mengatur dan memantau pergerakan orang dan barang

Read More »
market researcher

Market Researcher

Market researcher adalah seorang profesional yang melakukan analisis pasar dan mengumpulkan data untuk membantu perusahaan membuat keputusan strategis. Tugas utama market researcher adalah mengidentifikasi tren

Read More »
kepala desa

Kepala Desa

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kepala Desa – Peran kepala desa sangat penting lho! Jangan remehkan profesi satu ini, karena tanpa ada kepala desa, tidak

Read More »