mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Beauty Advisor

Beauty Advisor adalah profesional di bidang kosmetik dan kesehatan kulit yang membantu konsumen mendapatkan produk kecantikan hingga skincare yang sesuai kebutuhannya.

profesi beauty advisor

Deskripsi Profesi Beauty Advisor

Apakah Anda suka berdandan, merawat kulit, dan memberi saran kecantikan kepada orang lain? Jika ya, mungkin Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan “Beauty Advisor” atau konsultan kecantikan. Pekerjaan ini adalah salah satu pilihan karier yang menarik di industri kecantikan, karena Anda bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, serta meningkatkan penjualan perusahaan.

Beauty Advisor adalah profesional di bidang kosmetik dan kesehatan kulit yang membantu konsumen mendapatkan produk kecantikan hingga skincare yang sesuai kebutuhannya. Seorang Beauty Advisor juga menjadi perwakilan dari perusahaan tempatnya bekerja dan mendorong penjualan produk kecantikan serta skincare yang dimiliki.

Biasanya, Beauty Advisor akan bekerja di salah satu toko milik perusahaan yang terletak di pusat perbelanjaan atau mal. Selain di mal, Beauty Advisor juga diminta untuk bekerja secara outdoor ketika perusahaannya mendirikan sebuah stand di suatu acara.

Saat bekerja, seorang Beauty Advisor akan mencari tahu hal-hal seperti:

  • tipe kulit konsumen
  • masalah atau kekhawatiran yang dimiliki konsumen
  • preferensi gaya konsumen

Nantinya Beauty Advisor dapat merekomendasikan produk kecantikan atau skincare perusahaannya yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan budget konsumen. Di samping itu, konsultan kecantikan juga akan mendemonstrasikan cara tepat menggunakan suatu produk ke konsumen.

Seorang Beauty Advisor juga perlu memiliki pengetahuan yang luas seputar tren kecantikan, produk skincare, dan kosmetik.

Jobdesk Beauty Advisor

Sebagai seorang Beauty Advisor, Anda akan menjadi mediator antara konsumen dengan perusahaan atau brand kecantikan. Tak hanya itu, seorang konsultan kecantikan juga akan turut bertanggung jawab melakukan penjualan produk dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Namun, bukan itu saja jobdesk, tugas dan tanggung jawab konsultan kecantikan. Menurut Better Team , beberapa jobdesk, tugas dan tanggung jawab yang umum dimiliki seorang Beauty Advisor adalah sebagai berikut:

  • menjawab pertanyaan konsumen tentang produk, teknik pengaplikasian atau penggunaannya
  • berkonsultasi dengan konsumen untuk menentukan tipe kulit, masalah kesehatan kulitnya, dan preferensi gaya yang diinginkannya
  • merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan kondisi keuangan konsumen serta menjelaskan cara kerja sebuah produk
  • merespons pertanyaan dan komplain dari konsumen
  • melakukan penjualan, memproses pengembalian barang, dan menjaga keseimbangan neraca di mesin kasir
  • menjelaskan manfaat, kegunaan, dan kandungan khusus yang ada di sebuah produk
  • mendemonstrasikan cara menggunakan atau mengaplikasikan produk kepada konsumen
  • memberikan sampel, voucher, atau brosur produk kepada konsumen
  • memastikan kebersihan dan kerapihan area kerja, peralatan, dan produk
  • mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan produk atau teknik kecantikan
  • mengikuti perkembangan tren kecantikan terbaru dan memberikan masukan kepada perusahaan tentang preferensi konsumen

Keahlian Yang Harus Dimiliki Beauty Advisor

Untuk menjadi seorang Beauty Advisor yang handal, Anda harus memiliki beberapa keahlian yang mendukung pekerjaan Anda. Beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang Beauty Advisor adalah:

  • Keahlian komunikasi. Seorang Beauty Advisor harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan konsumen, rekan kerja, dan atasan. Anda harus bisa menjelaskan produk dengan jelas, ramah, dan meyakinkan. Anda juga harus bisa mendengarkan kebutuhan dan keluhan konsumen dengan sabar dan empati.
  • Keahlian penjualan. Seorang Beauty Advisor harus bisa menawarkan dan menjual produk kepada konsumen dengan cara yang profesional dan etis. Anda harus bisa menarik perhatian konsumen, membangun kepercayaan, dan menutup penjualan dengan sukses. Anda juga harus bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Keahlian teknis. Seorang Beauty Advisor harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang produk kecantikan dan skincare yang ditawarkan. Anda harus bisa mengenali tipe kulit, masalah kulit, dan gaya konsumen serta merekomendasikan produk yang tepat untuk mereka. Anda juga harus bisa mendemonstrasikan cara menggunakan atau mengaplikasikan produk dengan benar dan aman.
  • Keahlian interpersonal. Seorang Beauty Advisor harus bisa bekerja sama dengan baik dengan tim dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis. Anda harus bisa menghormati perbedaan pendapat, budaya, dan latar belakang konsumen dan rekan kerja. Anda juga harus bisa menyelesaikan konflik atau masalah yang mungkin terjadi dengan cara yang positif dan profesional.

Cara Menjadi Beauty Advisor

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Beauty Advisor, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Menyelesaikan pendidikan formal terkait dengan bidang kecantikan, seperti SMK Kecantikan, D3 Kecantikan, atau S1 Kosmetologi.
  2. Mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan produk kecantikan atau skincare yang diminati, seperti make-up artist, estetisi kulit, atau ahli terapi wajah.
  3. Mendapatkan sertifikat atau lisensi profesional yang relevan dengan bidang kecantikan yang ditekuni.
  4. Mencari lowongan pekerjaan sebagai Beauty Advisor di berbagai platform online, seperti JobStreet , Jobs.id , Glints , atau LinkedIn .
  5. Melamar pekerjaan sebagai Beauty Advisor sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.
  6. Mengikuti proses seleksi dan wawancara pekerjaan sebagai Beauty Advisor dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.
  7. Menunjukkan kemampuan dan minat sebagai Beauty Advisor selama masa percobaan atau training di perusahaan.
  8. Bekerja sebagai Beauty Advisor secara profesional dan bertanggung jawab.

Jenjang Karir Beauty Advisor

Beberapa posisi karir yang bisa Anda capai setelah menjadi seorang Beauty Advisor adalah:

  • Senior Beauty Advisor. Seorang Senior Beauty Advisor adalah seorang Beauty Advisor yang memiliki pengalaman lebih lama dan tanggung jawab lebih besar di perusahaan. Seorang Senior Beauty Advisor biasanya akan membimbing dan mengawasi kinerja Beauty Advisor lainnya serta memberikan laporan kepada atasan.
  • Counter Manager. Seorang Counter Manager adalah seorang manajer yang bertanggung jawab atas operasional sebuah counter atau toko milik perusahaan di suatu lokasi. Seorang Counter Manager akan mengatur jadwal, anggaran, inventaris, dan promosi produk di counter atau toko tersebut. Seorang Counter Manager juga akan merekrut, melatih, dan mengevaluasi kinerja Beauty Advisor yang bekerja di bawahnya.
  • Area Manager. Seorang Area Manager adalah seorang manajer yang bertanggung jawab atas operasional beberapa counter atau toko milik perusahaan di suatu wilayah atau daerah. Seorang Area Manager akan mengkoordinasikan dan mengawasi kinerja Counter Manager dan Beauty Advisor di wilayah atau daerah tersebut. Seorang Area Manager juga akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemasok, distributor, atau media, untuk meningkatkan penjualan dan citra produk di wilayah atau daerah tersebut.
  • Trainer. Seorang Trainer adalah seorang profesional yang bertugas untuk memberikan pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan produk atau teknik kecantikan kepada Beauty Advisor, Counter Manager, atau Area Manager. Seorang Trainer harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam tentang produk kecantikan dan skincare serta cara mengajar yang efektif dan menarik.
  • Brand Manager. Seorang Brand Manager adalah seorang profesional yang bertugas untuk mengembangkan dan mengelola strategi pemasaran dan branding untuk produk kecantikan atau skincare tertentu. Seorang Brand Manager harus memiliki pengetahuan dan analisis yang kuat tentang pasar, konsumen, pesaing, dan tren kecantikan. Seorang Brand Manager juga harus bisa berkolaborasi dengan tim kreatif, media, dan sales untuk menciptakan kampanye promosi yang efektif dan inovatif.

Yang Harus Kalian Ketahui Beauty Advisor

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sebagai Beauty Advisor, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Anda harus memiliki minat dan passion yang tinggi di bidang kecantikan dan skincare. Anda harus mau belajar terus-menerus tentang produk, teknik, dan tren kecantikan terbaru serta berbagi pengetahuan Anda dengan konsumen.
  • Anda harus memiliki penampilan yang rapi, bersih, dan menarik. Anda harus bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi konsumen dengan cara merawat kulit dan berdandan sesuai dengan produk yang Anda jual.
  • Anda harus siap bekerja di bawah tekanan dan target. Anda harus bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan serta menghadapi persaingan dengan Beauty Advisor lainnya. Anda juga harus bisa mengatasi konsumen yang sulit atau tidak puas dengan produk atau pelayanan Anda.
  • Anda harus siap bekerja dengan jam kerja yang fleksibel. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan jadwal kerja yang berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda juga harus siap bekerja di akhir pekan, hari libur, atau jam sibuk.

Profesi Lainnya

profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
atlet profesional

Atlet Profesional

Apa itu Pekerjaan Atlet Profesional ? Atlet profesional adalah individu yang telah mengabdikan diri mereka sepenuhnya dalam dunia olahraga. Mereka adalah para ahli dalam bidangnya

Read More »
pramuniaga

Pramuniaga

Pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di bidang perdagangan dan jasa, dengan tugas utama melayani konsumen yang datang ke toko, swalayan, atau perusahaan tempat ia bekerja

Read More »
psikolog klinis

Psikolog Klinis

Apa itu Pekerjaan Psikolog Klinis ? Psikolog klinis adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi yang berfokus pada usaha memahami dan menangani masalah-masalah psikologis, meningkatkan kemampuan

Read More »
personal assistant

Personal Assistant

Personal Assistant (PA) adalah orang yang membantu pekerjaan seorang profesional, eksekutif, atau selebriti dengan melakukan berbagai tugas administratif, organisasi, dan personal. PA biasanya bekerja di

Read More »
personal assistant

Personal Assistant

Personal Assistant adalah seorang yang bertugas menjadi tangan kanan dari seseorang dengan jabatan tinggi, seperti C-level (seperti CEO, CFO, dll.) dan orang penting lainnya. Tugas

Read More »