mployee logo

Profesi Sales Hotel

Sales Hotel adalah posisi yang bertanggung jawab untuk menggali peluang bisnis dan mengoptimalkan penjualan dalam industri perhotelan.

sales hotel

Deskripsi Profesi Sales Hotel

Pekerjaan Sales Hotel adalah posisi yang bertanggung jawab untuk menggali peluang bisnis dan mengoptimalkan penjualan dalam industri perhotelan. Sales Hotel bekerja sama dengan tim penjualan dan pemasaran untuk mempromosikan fasilitas dan layanan hotel kepada calon tamu, perusahaan, dan agen perjalanan. Tujuan utama pekerjaan ini adalah meningkatkan pendapatan hotel dengan menjual kamar, layanan tambahan, paket acara, dan fasilitas lainnya kepada klien potensial.

Sales Hotel adalah posisi yang penting dalam industri perhotelan. Seorang Sales Hotel bertanggung jawab untuk menggali peluang bisnis dan mengoptimalkan penjualan hotel. Mereka bekerja sama dengan tim penjualan dan pemasaran untuk mempromosikan fasilitas dan layanan hotel kepada calon tamu, perusahaan, dan agen perjalanan. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan negosiasi yang baik, serta pengetahuan yang mendalam tentang industri perhotelan.

Seorang Sales Hotel harus aktif dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru dan membangun hubungan dengan klien potensial seperti perusahaan, agen perjalanan, dan grup acara. Mereka melakukan riset pasar dan memantau tren industri untuk mengidentifikasi peluang baru. Selain itu, mereka juga harus membangun dan memelihara hubungan dengan klien yang sudah ada, berkomunikasi dengan mereka, merespons permintaan dan pertanyaan, serta menyediakan informasi yang diperlukan.

Tugas seorang Sales Hotel meliputi menyusun penawaran yang menarik berdasarkan kebutuhan klien, melakukan presentasi kepada calon tamu atau klien, serta melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan antara hotel dan klien. Mereka juga bertanggung jawab memantau dan melaporkan kinerja penjualan kepada manajemen hotel.

Untuk berhasil dalam pekerjaan Sales Hotel, seseorang harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi yang kuat, pengetahuan industri perhotelan yang mendalam, serta kemampuan penjualan yang efektif. Selain itu, kemampuan manajemen waktu yang baik juga penting dalam menyelesaikan tugas-tugas yang beragam dalam pekerjaan ini.

Pekerjaan Sales Hotel sering kali melibatkan jadwal kerja yang fleksibel, dengan kemungkinan bekerja di luar jam kerja normal, termasuk akhir pekan dan hari libur. Mobilitas yang tinggi juga bisa menjadi bagian dari pekerjaan ini, karena Sales Hotel seringkali harus bepergian untuk bertemu dengan klien atau menghadiri acara pemasaran.

Dalam kesimpulannya, Sales Hotel adalah pekerjaan yang penting dalam industri perhotelan yang bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan dan memperluas basis klien hotel. Dengan keterampilan yang tepat dan pengetahuan yang mendalam tentang industri, seorang Sales Hotel dapat berkontribusi pada kesuksesan operasional dan pertumbuhan bisnis hotel.

Jobdesk Sales Hotel

Tugas dan Tanggung Jawab:

  1. Pemasaran dan Penjualan: Mencari peluang bisnis baru, mengembangkan dan menjaga hubungan dengan klien korporat, agen perjalanan, dan pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan kamar hotel.
  2. Negosiasi Kontrak: Menawarkan penawaran yang menarik dan bernegosiasi dengan klien untuk kontrak perpanjangan atau kerjasama jangka panjang.
  3. Pemeliharaan Pelanggan: Memberikan layanan pelanggan yang luar biasa dengan merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien.
  4. Pemasaran Digital: Menggunakan media sosial, situs web, dan alat pemasaran digital lainnya untuk mempromosikan hotel dan menarik tamu potensial.
  5. Pelaporan dan Analisis: Memantau dan melaporkan kinerja penjualan serta memberikan analisis reguler kepada manajemen.

Kualifikasi:

  1. Pengalaman dalam penjualan di industri perhotelan atau perjalanan akan menjadi nilai tambah.
  2. Kemampuan komunikasi yang luar biasa, termasuk kemampuan bernegosiasi yang baik.
  3. Pemahaman tentang industri perhotelan dan tren pasar terkini.
  4. Inisiatif tinggi dan kemampuan bekerja secara mandiri.
  5. Keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak komputer, termasuk Microsoft Office.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Sales Hotel

  1. Keterampilan Komunikasi: Seorang Sales Hotel harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan berbagai pihak, termasuk calon tamu, perusahaan, dan rekan kerja.
  2. Kemampuan Negosiasi: Kemampuan negosiasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan Sales Hotel. Mereka harus mampu bernegosiasi dengan klien untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.
  3. Pengetahuan Industri Perhotelan: Seorang Sales Hotel harus memahami industri perhotelan secara keseluruhan. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang tren terkini, persaingan, harga pasar, dan kebutuhan tamu.
  4. Kemampuan Penjualan: Sales Hotel harus memiliki kemampuan penjualan yang kuat. Mereka harus dapat meyakinkan calon tamu atau klien tentang keunggulan fasilitas dan layanan hotel.
  5. Keterampilan Manajemen Waktu: Pekerjaan Sales Hotel melibatkan penanganan banyak tugas dan interaksi dengan berbagai pihak. Oleh karena itu, kemampuan manajemen waktu yang baik sangat penting agar dapat mengatur pekerjaan dengan efisien.

Cara Menjadi Sales Hotel

Cara Menjadi Sales Hotel

Sales hotel adalah salah satu profesi yang menarik dan menantang di industri perhotelan. Sales hotel bertanggung jawab untuk menjual produk dan layanan hotel kepada pelanggan potensial, baik individu maupun korporasi. Sales hotel juga harus membangun dan menjaga hubungan baik dengan klien, agen perjalanan, media, dan mitra bisnis lainnya.

Untuk menjadi sales hotel yang sukses, Anda perlu memiliki beberapa keterampilan dan kualitas berikut:

– Komunikasi yang baik. Anda harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai macam orang, baik secara lisan maupun tertulis. Anda harus dapat menyampaikan informasi tentang hotel Anda dengan jelas, menarik, dan meyakinkan. Anda juga harus dapat mendengarkan kebutuhan dan harapan pelanggan Anda dengan baik dan memberikan solusi yang sesuai.
– Pengetahuan yang luas. Anda harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk dan layanan hotel Anda, termasuk fasilitas, harga, promosi, kebijakan, dan prosedur. Anda juga harus mengikuti perkembangan terbaru di industri perhotelan, termasuk tren, persaingan, regulasi, dan peluang pasar.
– Kepribadian yang menyenangkan. Anda harus memiliki kepribadian yang menyenangkan, ramah, sopan, dan profesional. Anda harus dapat menunjukkan sikap positif, antusiasme, dan keramahan kepada pelanggan Anda. Anda juga harus dapat menangani keluhan dan masalah dengan tenang, sabar, dan solutif.
– Inisiatif yang tinggi. Anda harus memiliki inisiatif yang tinggi untuk mencari dan mengembangkan peluang bisnis baru. Anda harus proaktif dalam menghubungi pelanggan potensial, melakukan presentasi, negosiasi, dan penutupan kontrak. Anda juga harus kreatif dalam membuat strategi pemasaran dan promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan hotel Anda.
– Kerjasama tim yang baik. Anda harus memiliki kerjasama tim yang baik dengan rekan kerja Anda di departemen sales maupun departemen lainnya di hotel Anda. Anda harus dapat bekerja sama dengan mereka untuk mencapai tujuan bersama dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda.

Jika Anda memiliki keterampilan dan kualitas di atas, maka Anda berpotensi untuk menjadi sales hotel yang handal. Namun, Anda juga perlu terus belajar dan mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja Anda sebagai sales hotel.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi sales hotel yang lebih baik:

– Lakukan riset pasar. Sebelum Anda menjual produk dan layanan hotel Anda kepada pelanggan potensial, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui profil, kebutuhan, preferensi, dan perilaku pembelian mereka. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda dengan kepentingan mereka dan meningkatkan peluang penjualan Anda.
– Buat rencana kerja. Buatlah rencana kerja yang jelas dan terstruktur untuk mencapai target penjualan Anda. Rencana kerja tersebut harus mencakup tujuan, strategi, taktik, anggaran, jadwal, sumber daya, dan indikator kinerja utama (KPI) yang akan Anda gunakan untuk mengukur hasil kerja Anda.
– Jaga hubungan baik dengan pelanggan. Jaga hubungan baik dengan pelanggan Anda dengan melakukan follow-up secara rutin, memberikan informasi terbaru tentang hotel Anda, memberikan apresiasi dan insentif bagi pelanggan setia atau pelanggan baru, serta menyelesaikan masalah atau keluhan mereka dengan cepat dan profesional.
– Tingkatkan keterampilan komunikasi. Tingkatkan keterampilan komunikasi Anda dengan mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau kursus yang relevan dengan bidang Anda. Anda juga dapat belajar dari pengalaman dan contoh sales hotel yang sukses di hotel Anda atau di hotel lainnya.
– Evaluasi dan perbaiki kinerja. Evaluasi dan perbaiki kinerja Anda secara berkala dengan meminta umpan balik dari atasan, rekan kerja, dan pelanggan Anda. Anda juga dapat menggunakan data dan analisis dari sistem manajemen penjualan hotel Anda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda sebagai sales hotel.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat menjadi sales hotel yang lebih profesional, produktif, dan sukses. Semoga bermanfaat!

Jenjang Karir Sales Hotel

Jenjang Karir Sales Hotel

Apakah Anda tertarik untuk meniti karir di bidang sales hotel? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi sales hotel yang profesional dan sukses. Sales hotel adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk dan layanan hotel kepada pelanggan potensial, baik individu maupun korporasi. Sales hotel juga harus mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggan, mitra bisnis, dan pihak internal hotel.

Anda juga harus memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan dengan bidang sales hotel, seperti:

– Sertifikat Sales Hotel dari Asosiasi Perhotelan Indonesia (API).
– Sertifikat Sales Hotel dari Asosiasi Perhotelan Internasional (IHA).
– Lisensi Sales Hotel dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Jenjang karir sales hotel biasanya dimulai dari posisi sales executive, yang bertugas untuk mencari dan menghubungi pelanggan potensial, serta membuat penawaran dan kontrak. Setelah memiliki pengalaman dan prestasi yang memadai, Anda bisa naik ke posisi sales manager, yang bertugas untuk mengelola tim sales executive, serta membuat strategi dan target penjualan. Selanjutnya, Anda bisa mencapai posisi sales director, yang bertugas untuk mengawasi seluruh operasional sales hotel, serta berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel.

Jenjang karir sales hotel menawarkan banyak peluang dan tantangan bagi Anda yang ingin berkembang di bidang ini. Anda harus terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan pasar dan kebutuhan pelanggan. Anda juga harus siap untuk bekerja keras dan berkompetisi dengan sales hotel lainnya. Namun, jika Anda berhasil menjadi sales hotel yang profesional dan sukses, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:

– Penghasilan yang tinggi dan kompetitif, baik dari gaji maupun insentif.
– Kesempatan untuk bekerja di hotel-hotel berbintang dan bergengsi.
– Kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya.
– Kesempatan untuk mengembangkan jaringan dan reputasi di industri perhotelan.

Jadi, apakah Anda siap untuk meniti karir di bidang sales hotel? Jika ya, maka segera persiapkan diri Anda dengan meningkatkan kompetensi dan sertifikasi Anda. Jangan lupa juga untuk mencari informasi tentang lowongan kerja sales hotel di berbagai media online atau offline. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi sales hotel yang profesional dan sukses.

Yang Harus Kalian Ketahui Sales Hotel

Sebelum menjadi Sales Hotel, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Jam Kerja yang Fleksibel: Pekerjaan Sales Hotel sering kali melibatkan jadwal kerja yang fleksibel. Sales Hotel harus siap untuk bekerja di luar jam kerja normal, termasuk akhir pekan dan hari libur, tergantung pada kebutuhan bisnis.
  2. Mobilitas yang Tinggi: Sales Hotel seringkali harus bepergian untuk bertemu dengan klien atau menghadiri acara pemasaran. Mereka harus siap untuk mobilitas yang tinggi dan memiliki kemampuan mengatur perjalanan dengan efisien.
  3. Tekanan Kerja yang Tinggi: Pekerjaan Sales Hotel dapat menuntut, terutama ketika mencapai target penjualan atau menjalani proses negosiasi yang rumit. Kemampuan untuk mengelola tekanan kerja dengan baik sangat penting dalam pekerjaan ini.

Profesi Lainnya

profesi supervisor

Supervisor

Pekerjaan sebagai supervisor adalah peran penting dalam berbagai industri. Seorang supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi tim kerja, memastikan operasional berjalan dengan lancar, dan mencapai tujuan

Read More »
system analyst

System Analyst

System analyst merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi.  Posisi

Read More »
Display Designer Merchandiser

Display Designer Merchandiser

Pekerjaan sebagai Display Designer Merchandiser merupakan perpaduan antara kreativitas dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan tampilan produk di toko atau ruang ritel. Seorang Display

Read More »
profesi teknisi robot

Teknisi Robot

Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, peran robot dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dari pabrik manufaktur hingga rumah tangga, robot telah menjadi bagian

Read More »
guru tk

Guru TK

Pekerjaan Guru TK adalah pekerjaan yang melibatkan mengajar, merawat, dan mengembangkan anak-anak usia 4-6 tahun dalam pendidikan awal atau taman kanak-kanak (TK). Guru TK bertanggung

Read More »
profesi tukang pos

Tukang Pos

Tukang Pos, yang juga dikenal sebagai Pegawai Pos atau Petugas Pengiriman, adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengantarkan surat, paket, dan kiriman lainnya kepada penerima

Read More »