mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Penjualan / Sales

Penjualan sales adalah pekerjaan yang bertujuan untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting.

profesi penjualan / sales

Deskripsi Profesi Penjualan / Sales

Apa itu Penjualan / Sales?

Penjualan sales adalah proses menjual produk atau jasa kepada pelanggan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Penjualan sales melibatkan berbagai aktivitas seperti mencari prospek, menghubungi calon pelanggan, melakukan presentasi, menangani keberatan, menutup penjualan, dan memberikan layanan purna jual.

Penjualan sales merupakan salah satu fungsi penting dalam bisnis karena dapat meningkatkan pendapatan dan memperluas pangsa pasar. Penjualan sales juga dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang loyal dan puas.

Untuk menjadi sales yang sukses, Anda perlu memiliki beberapa keterampilan dan sikap seperti komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, pengetahuan produk, motivasi diri, dan orientasi hasil. Anda juga perlu mengikuti strategi penjualan yang efektif dan sesuai dengan target pasar Anda.

Penjualan sales adalah sebuah seni dan ilmu yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Dengan berlatih secara terus-menerus dan belajar dari pengalaman, Anda dapat menjadi sales yang profesional dan handal.

Jobdesk Penjualan / Sales

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab penjualan sales meliputi:

  • Mencari dan menghubungi pelanggan potensial atau eksisting melalui berbagai cara, seperti telepon, email, media sosial, kunjungan lapangan, dll.
  • Menyampaikan informasi tentang produk atau jasa yang dijual secara jelas dan menarik.
  • Menjawab pertanyaan dan keberatan dari pelanggan dengan profesional dan persuasif.
  • Menawarkan solusi atau alternatif yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Menegosiasikan harga, syarat dan kondisi penjualan dengan pelanggan.
  • Membuat dan mengirimkan penawaran atau proposal penjualan kepada pelanggan.
  • Mengikuti proses administrasi penjualan, seperti membuat kontrak, faktur, surat jalan, dll.
  • Membuat dan menyimpan catatan penjualan secara akurat dan teratur.
  • Memonitor dan melaporkan perkembangan penjualan kepada atasan atau manajemen.
  • Mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Membina hubungan baik dengan pelanggan dan menjaga loyalitas mereka.
  • Menghadiri rapat, pelatihan, seminar, atau acara lain yang berkaitan dengan pekerjaan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Penjualan / Sales

Keahlian yang harus dimiliki oleh penjualan sales antara lain:

  • Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan persuasif dengan pelanggan dan pihak lain yang terkait dengan pekerjaan.
  • Negosiasi: Kemampuan untuk menawar dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  • Pengetahuan produk/jasa: Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan fitur, manfaat, kelebihan dan kekurangan produk atau jasa yang dijual.
  • Pengetahuan pasar: Kemampuan untuk mengenali dan menganalisis kebutuhan, keinginan, preferensi, dan perilaku pelanggan dan pesaing.
  • Penjualan: Kemampuan untuk menarik minat, meyakinkan, dan menutup penjualan dengan pelanggan.
  • Motivasi: Kemampuan untuk bersemangat, berinisiatif, dan bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaan.
  • Kerjasama: Kemampuan untuk bekerja sama dengan tim, atasan, dan pihak lain yang terkait dengan pekerjaan.
  • Adaptasi: Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi, kondisi, dan perubahan yang terjadi dalam pekerjaan.

Cara Menjadi Penjualan / Sales

Cara menjadi penjualan sales dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Menyelesaikan pendidikan formal sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Mencari dan melamar lowongan pekerjaan penjualan sales yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Anda dapat menggunakan situs web pencari kerja, media sosial, koran, majalah, dll.
  • Mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh perusahaan, seperti tes tertulis, wawancara, presentasi, dll. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dan menunjukkan kualitas dan potensi Anda sebagai penjualan sales.
  • Jika diterima, Anda harus mengikuti proses orientasi dan pelatihan yang disediakan oleh perusahaan. Anda harus mempelajari produk atau jasa yang dijual, kebijakan dan prosedur perusahaan, teknik penjualan, dll.
  • Mulai bekerja sebagai penjualan sales sesuai dengan jobdesk, tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Anda harus berusaha untuk mencapai target penjualan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Jenjang Karir Penjualan / Sales

Jenjang karir penjualan sales dapat berkembang seiring dengan pengalaman, kinerja, dan prestasi yang dicapai. Beberapa posisi yang dapat dijabat oleh penjualan sales adalah:

  • Penjualan Sales Junior: Posisi ini biasanya diisi oleh penjualan sales yang baru mulai bekerja atau memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun. Tugas utama mereka adalah menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting sesuai dengan target yang ditetapkan. Mereka biasanya mendapat bimbingan dan pengawasan dari atasan atau senior mereka.
  • Penjualan Sales Senior: Posisi ini biasanya diisi oleh penjualan sales yang memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dan memiliki kinerja yang baik. Tugas utama mereka adalah menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting sesuai dengan target yang ditetapkan. Mereka juga dapat bertanggung jawab untuk membina hubungan dengan pelanggan penting atau strategis. Mereka biasanya memiliki otoritas dan tanggung jawab yang lebih besar daripada junior mereka.
  • Penjualan Sales Supervisor: Posisi ini biasanya diisi oleh penjualan sales yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dan memiliki kinerja yang sangat baik. Tugas utama mereka adalah mengawasi, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi kinerja tim penjualan sales di bawah mereka. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat rencana, strategi, anggaran, dan laporan penjualan. Mereka biasanya berhubungan langsung dengan manajemen atau direktur perusahaan.
  • Penjualan Sales Manager: Posisi ini biasanya diisi oleh penjualan sales yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki kinerja yang luar biasa. Tugas utama mereka adalah mengelola, mengembangkan, dan memimpin tim penjualan sales di bawah mereka. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat visi, misi, tujuan, dan kebijakan penjualan perusahaan. Mereka biasanya menjadi wakil perusahaan dalam berhubungan dengan pelanggan besar atau mitra bisnis.

Yang Harus Kalian Ketahui Penjualan / Sales

Sebelum menjadi Penjualan Sales Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

Sales adalah pekerjaan yang penuh tantangan, baik dari segi fisik, emosi, mental, maupun tujuan hidup. Beberapa tantangan yang sering dihadapi sales antara lain:

  • Mengundang traffic dan lead, yaitu menarik perhatian dan minat calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Melacak ROI dari kegiatan marketing, yaitu mengukur seberapa efektif dan menguntungkan setiap aktivitas pemasaran yang dilakukan.
  • Menjaga budget agar tetap cukup, yaitu mengelola dana yang tersedia untuk kegiatan pemasaran agar tidak melebihi batas dan tetap efisien.
  • Mencari tools yang tepat, yaitu menggunakan alat-alat yang terbaru dan efektif untuk mendukung kegiatan pemasaran, seperti customer relationship management software.
  • Menghadapi penolakan dan komplain dari pelanggan, yaitu menangani situasi-situasi yang tidak menyenangkan dengan profesional dan sabar.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, sales perlu memiliki skill yang baik, seperti pengetahuan produk, komunikasi, negosiasi, manajemen waktu, active listening, rasa peduli dan empati, dan lain-lain. Sales juga perlu memiliki motivasi dan tujuan hidup yang jelas agar tidak mudah menyerah atau bosan.

Profesi Lainnya

cleaning service

Cleaning Service

Cleaning service adalah seorang yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian suatu area/tempat baik itu kantor, hotel, mall, restoran dan lain sebagainya. Cleaning

Read More »
profesi ilustrator

Ilustrator

lustrator adalah seorang seniman atau desainer grafis yang membuat gambar atau ilustrasi untuk media cetak atau digital, seperti buku, majalah, iklan, poster, kartu ucapan, situs

Read More »
profesi antropolog

Antropolog

Antropolog adalah sebuah disiplin ilmu sosial yang mempelajari manusia, budaya, dan peradaban manusia secara holistik. Antropolog mempelajari berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk sistem sosial, struktur

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
profesi ak3

AK3

Apa itu Pekerjaan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja ? Ahli keselamatan dan kesehatan kerja (AK3) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencegah dan mengurangi risiko

Read More »
profesi kondektur

Kondektur Transportasi

Apa itu Pekerjaan Kondektur transportasi ? Jika Anda sering menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, atau kapal laut, Anda mungkin pernah melihat sosok yang

Read More »