mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Notaris

Notaris adalah salah satu profesi yang telah mendapatkan lisensi dari pemerintah dan berwenang untuk membuat akta otentik untuk semua akta, semua akta, perjanjian, dan ketentuan yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan, serta untuk memastikan kepastian tanggal pembuatan akta, memegang akta, dan menyertakan salinan atau petikan akta.

notaris

Deskripsi Profesi Notaris

Siapa disini yang pernah melihat plang notaris di depan sebuah gedung? Nah, biasanya dibawah tulisan nama notaris ada kalimat tentang no SK Menkumham dan/atau SK KA. BPN.

Kalian pasti penasaran ya sebenarnya apa itu notaris dan apa saja yang dikerjakan oleh seorang notaris? Yuk, simak artikel berikut.

Apa itu Notaris?

Istilah notaris diambil dari nama pengabdinya, notarius, yang kemudian menjadi sebuah sebutan bagi seorang penulis cepat atau stenografer. Perlu diketahui bahwa profesi notaris merupakan salah satu cabang profesi hukum yang tertua di dunia.

Notaris adalah salah satu profesi yang telah mendapatkan lisensi dari pemerintah dan berwenang untuk membuat akta otentik untuk semua akta, semua akta, perjanjian, dan ketentuan yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan, serta untuk memastikan kepastian tanggal pembuatan akta, memegang akta, dan menyertakan salinan atau petikan akta.

Untuk menjadi notaris harus mendapatkan lisensi resmi, artinya tidak semua orang bisa dengan mudah menjadi seorang notaris.

Lalu apa saja sih produk atau contoh akta yang dibuat oleh seorang notaris? Berikut ini adalah contoh akta notaris:

  • Pendirian Perseroan Terbatas (PT)
  • Perubahan juga Risalah Rapat Umum Pemegang Saham
  • Pendirian Yayasan
  • Pendirian badan usaha lainnya
  • Kuasa untuk menjual
  • Perjanjian sewa menyewa
  • Perjanjian jual beli
  • Keterangan hak waris
  • Wasiat
  • Pendirian CV termasuk perubahannya
  • Pengakuan utang, perjanjian kredit dan pemberian hak tanggungan
  • Perjanjian kerjasama, kontrak kerja
  • Segala bentuk perjanjian yang tidak dikecualikan kepada pejabat lain

Kewenangan seorang notaris tercantum secara jelas dalam pasal 15 UU Nomor 2 tahun 2014. Wewenang seorang notaris adalah sebagai berikut:

  • Notaris membuat dan menerbitkan akta autentik mengenai perbuatan, perjanjian, serta penetapan yang diwajibkan oleh aturan perundang-undangan yang dibutuhkan oleh pihak berkepentingan untuk dicantumkan dalam akta autentik.
  • Notaris menjamin kepastian tanggal penerbitan akta.
  • Notaris menyimpan akta.
  • Notaris memberi grosse, salinan, serta kutipan akta.

Jobdesk Notaris

1. Notaris berwenang membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta, semuanya itu sepanjang pembuatan akta-akta itu tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat lain atau orang lain yang ditetapkan oleh undang-undang

2. Selain kewenangan di atas, notaris juga mempunyai kewenangan lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

  • Notaris membuat akta autentik yang isinya tentang semua perbuatan, perjanjian, dan penetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau dikehendaki sama yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam bentuk akta autentik.
  • Notaris menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan, dan kutipan akta.
  • Notaris melakukan pengesahan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (waarmerking).
  • Notaris membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus.
  • Notaris membuat kopi dari asli surat di bawah tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat yang bersangkutan (copy collationee).
  • Notaris melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya (legalisir).
  • Notaris memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta.
  • Notaris membuat akta risalah lelang.
  • Notaris membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan.
  • Notaris membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan.
  • Notaris membuat berita acara dan memberikan catatan tentang hal tersebut pada minuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor berita acara pembetulan, dan salinan tersebut dikirimkan ke para pihak. Hal ini sesuai dengan pasal 51 UUJN.
  • Notaris membetulkan kesalahan tulis atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang sudah ditandatangan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Notaris

1. Teliti

Sebagai seorang notaris, nantinya Anda akan menjadi orang yang sangat bertanggung jawab terhadap surat atau sertifikat dan perjanjian penting klien-klien Anda. Maka dari itu, Anda harus memiliki kemampuan berupa ketelitian yang tinggi agar tidak merugikan pihak klien.

2. Komunikasi Yang Baik

Profesi sebagai seorang notaris juga akan membuat Anda bertemu berbagai orang dan klien dengan karakter-karakter yang berbeda. Penting nih, seorang notaris haruslah memiliki komunikasi yang baik agar klien bisa lebih nyaman berkonsultasi dan tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda atau klien.

3. Bisa Berlaku Adil

Sebagai seorang notaris juga Anda dituntut agar bisa memiliki sifat adil dan tidak memandang suatu hal secara subjektif. Anda harus berlaku adil dalam memutuskan sebuah perkara atau keputusan tertentu dengan pertimbangan yang obyektif.

4. Kemampuan Verifikasi

Sebagai notaris, hal yang dilakukan sebelum Anda menandatangani suatu keputusan, Anda harus benar-benar melakukan verifikasi agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Ini membuat seorang notaris harus memiliki kemampuan verifikasi yang baik.

5. Rapi

Seorang notaris wajib bisa menyimpan segala arsip dan catatan dengan rapi karena ia akan selalu berhubungan dengan berbagai dokumen penting yang tentu harus dijaga dengan baik.

6. Patuh Terhadap Aturan

Keahlian yang harus dimiliki notaris selanjutnya adalah patuh terhadap aturan. Sebagai notaris, Anda harus melayani klien Anda sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku dan tidak mengambil jalan pintas agar pekerjaan Anda cepat selesai.

7. Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis yang harus dimiliki notaris tentu nggak harus sama dengan skill yang dimiliki para penulis. Ada tapinya nih, sebagai notaris Anda tentu harus memiliki kemampuan menulis yang baik, karena Anda akan berhadapan dengan berbagai pekerjaan dimana Anda akan membuat akta, perjanjian, atau dokumen-dokumen semacamnya.

8. Kemampuan Mendengar Yang Baik

Sebagai seorang notaris, Anda harus menjadi pendengar yang baik agar Anda bisa memahami keinginan dan kebutuhan klien-klien Anda.

9. Ingatan Yang Baik

Sebagai seorang notaris, Anda tentu harus ingat dan hafal segala peraturan yang berlaku dalam undang-undang agar Anda bisa memberi solusi yang terbaik untuk klien-klien Anda.

10. Suka Berpergian

Tidak semua notaris harus selalu bepergian ke luar kota, namun Anda tentu akan memiliki banyak aktivitas di luar kantor sehingga akan lebih baik jika Anda memang menyukai kegiatan bepergian.

Cara Menjadi Notaris

a. Berijazah sarjana hukum dan lulusan jenjang strata dua kenotariatan

Langkah awal menjadi seorang notaris adalah mempelajari ilmu hukum di jenjang Strata 1 (S1). Setelah menyelesaikan pendidikan S1 selama kurang lebih empat tahun, seseorang yang ingin menjadi notaris harus mengambil jenjang Strata 2 (S2) atau Magister Kenotariatan. Pendidikan ini ditempuh kurang lebih selama dua tahun.

b. Menjalani magang atau pernah bekerja sebagai karyawan Notaris dalam waktu 12 (dua belas) bulan berturut-turut pada kantor Notaris atas prakarsa sendiri atau atas rekomendasi Organisasi Notaris setelah lulus strata dua kenotariatan.

Kantor notaris yang dimaksud adalah kantor notaris yang telah memiliki masa kerja minimal selama lima tahun lamanya. Selain itu, kantor notaris tempat magang yang telah menerbitkan setidaknya 100 akta.

c. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat, atau tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan notaris

d. Mengikuti seminar untuk mendapatkan poin

Anda juga diharuskan mengikuti syarat lain seperti mengikuti beberapa seminar yang diadakan oleh Ikatan Notaris Indonesia (INI) selama masa magang. Dari seminar-seminar ini, calon notaris harus mengumpulkan minimal 30 poin agar memenuhi persyaratan.

Setiap seminar memiliki poin yang berbeda. Seminar dengan poin terendah adalah seminar yang diadakan oleh INI tingkat daerah yaitu hanya dua poin. Selanjutnya, seminar pada tingkat wilayah mendapat empat poin. Seminar dengan nilai tertinggi, yaitu enam poin, diadakan INI tingkat pusat.

e. Mengikuti empat ujian pengangkatan

Setidaknya ada empat ujian yang harus diikuti untuk seseorang yang menempuh tahapan menjadi notaris. Empat ujian yang harus ditempuh tersebut adalah ujian tesis Magister Kenotariatan, Ujian Kode Etik Notaris (UKEN), ujian pra anggota luar biasa (ALB), dan ujian pengangkatan notaris.

f. Notaris wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya di hadapan Menteri Hukum dan HAM atau pejabat yang ditunjuk. Pengucapan sumpah atau janji jabatan notaris tersebut dilakukan dalam waktu paling lambat 2 bulan terhitung sejak tanggal keputusan pengangkatan sebagai notaris

g. Syarat yang wajib dilengkapi lain adalah menunjukkan keterangan sehat jiwa. Surat keterangan ini berasal dari psikiater atau diperoleh melalui Rumah Sakit Jiwa yang menyatakan bahwa calon notaris memiliki kondisi kesehatan jiwa yang baik. Surat keterangan ini berlaku satu tahun setelah dikeluarkan oleh dokter atau rumah sakit.

Jenjang Karir Notaris

Notaris adalah pejabat umum yang diberi wewenang khusus untuk membuat akta autektik. Notaris wajib punya satu kantor di tempat kedudukannya.

Notaris diperbolehkan menjalankan jabatannya dalam bentuk persekutuan perdata tapi tetap memperhatikan aspek kemandirian dan ketidakberpihakan.

Dalam menjalankan pekerjaannya, tidak ada jenjang karier bagi seorang Notaris atau tidak ada tingkatan secara khusus, hanya saja jika ingin profesional Anda harus memiliki jam terbang yang tinggi.

Yang Harus Kalian Ketahui Notaris

Sebelum menjadi notaris, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Notaris adalah satu-satunya jabatan di luar lembaga negara yang diizinkan memakai lambang Garuda di setiap produk hukumnya.

  • Seorang notaris dapat “pindah” kategori. Misalnya, ingin menjadi notaris terdekat di daerah lain. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa ketentuan. Terkait syarat menjadi notaris yang hendak pindah kantor notaris diterangkan dalam Pasal 37 Permenkumham 19/2019.

  • Notaris dapat merangkap jabatan sebagai PPAT dalam lingkup wilayah jabatannya (lihat pasal 17 huruf g UU Notaris), tapi Notaris tidak dapat merangkap jabatan sebagai advokat (lihat pasal 3 huruf g jo. pasal 17 huruf e UU Notaris).

  • Calon notaris dapat memilih sendiri kantor yang diinginkan dengan tetap mendapatkan rekomendasi dari organisasi notaris.

  • Seorang notaris harus melaksanakan tugas jabatannya selama 3 tahun berturut-turut pada daerah kabupaten/kota tertentu yang mana merupakan tempat kedudukan notaris. Ketentuan selama 3 tahun ini tidak termasuk cuti yang telah dijalankan oleh notaris yang bersangkutan.

  • Notaris tidak boleh merangkap sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat, pimpinan atau pegawai BUMN, BUMD, maupun badan usaha swasta.

Profesi Lainnya

profesi kontraktor

Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Daerah

Pegawai Negeri Daerah (PND) adalah seseorang yang bekerja untuk pemerintah daerah dalam suatu negara. Mereka merupakan bagian dari aparatur sipil negara (ASN) dan bertanggung jawab

Read More »
profesi kurir

Kurir

Profesi kurir telah menjadi bagian penting dari industri pengiriman dan logistik. Para kurir bertanggung jawab untuk mengantarkan paket dan barang kepada pelanggan dengan tepat waktu

Read More »
penyuluh kesehatan masyarakat

Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Penyuluh Kesehatan Masyarakat adalah profesi yang bertanggung jawab dalam memberikan edukasi dan informasi kesehatan kepada masyarakat. Mereka bekerja untuk mempromosikan gaya hidup sehat, mencegah penyakit,

Read More »

Branch Manager

Dalam dunia bisnis, peran seorang Branch Manager sangat penting dalam memastikan kesuksesan operasional cabang perusahaan. Branch Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan, koordinasi,

Read More »
cyber security

Cyber Security

Di era digital yang semakin maju, keamanan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi organisasi dan individu. Dalam lingkungan yang terhubung secara online, kebocoran

Read More »