mployee logo

Profesi Konsultan Pajak

Konsultan pajak memiliki pengertian sebagai orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak.

konsultan pajak

Deskripsi Profesi Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan.

Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Secara singkat, bisa dibilang konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak perorangan maupun wajib pajak badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Dengan hadirnya konsultan pajak, diharapkan bagi setiap pihak yang menggunakan jasa konsultan pajak tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik. Selain itu,  diharapkan pula mereka bisa merasakan manfaat dari membayar pajak tepat waktu.

Konsultan pajak membantu mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kepatuhan pajak kliennya, mulai dari menghitung, membayar, juga melaporkannya.

Jobdesk Konsultan Pajak

  • Konsultasi – Konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan.
  • Restitusi Pajak – Bila klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), konsultan pajak dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.
  • Penyelesaian Sengketa Pajak – Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak. Contohnya jika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, proses PK di MA (Mahkamah Agung) dan lain sebagainya.
  • Kepatuhan Pajak – Konsultan pajak mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya seperti persiapan, penghitungan, serta membayarkan pajak terutang dengan SSP, juga melaporkan semua SPT dari klien.
  • Perencanaan Pajak – Melakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan mengoptimalkan keuntungan klien.
  • Pemeriksaan Laporan Pajak – Ini adalah layanan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.
  • Pendampingan dalam Pemeriksaan – Konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan pajak juga ikut membantu menyiapkan data atau dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Konsultan Pajak

  1. Pengetahuan Dasar – Konsultan pajak harus memiliki pengetahuan tentang prosedur melalui pajak dan menjaga dirinya diperbaharui pada aturan perubahan dan peraturan
  2. Komunikasi yang Baik – Konsultan pajak harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menjelaskan hal-hal yang rumit dengan cara yang mudah dipahami
  3. Penalaran Matematika – Kemampuan untuk memilih metode dan formula matematika yang tepat untuk menyelesaikan masalah
  4. Kemampuan Berhitung – Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat
  5. Paham Keuangan – Pemahaman akan keuangan serta undang-undang yang ada. Aturan ini menjadi payung hukum serta pedoman bagi setiap konsultan dalam bekerja
  6. Administrasi dan Manajemen – Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara oang dan sumber daya
  7. Ekonomi dan Akuntansi – Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan
  8. Berpikir Analitis – Dengan menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  9. Manajemen Waktu – Dengan manajemen waktu yang baik dalam menangani deadline, maka semakin efisian waktu bekerja Anda
  10. Sensitif – Memiliki sensitivitas masalah agar ia dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah-masalah yang dapat muncul
  11. Problem Solving – Penyelesaian masalah yang kompleks mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan
  12. Keterampilan Interpersonal – Mampu menampilkan keterampilan interpersonal yang baik dalam menjawab berbagai pertanyaan dari klien
  13. Manajemen Stress yang Baik – Sebab mereka harus memenuhi tenggat waktu dan bekerja dalam suasana stress

Cara Menjadi Konsultan Pajak

S1 Sederajat

Bagi Anda yang tertarik dengan profesi konsultan pajak, maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Perpajakan, Akutansi, Administrasi Fiskal dan jurusan relevan lainnya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menginginkan gelar master untuk posisi ini.

Lulusan perpajakan sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari ketentuan perpajakan, baik yang mengikat wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan, baik pajak pusat maupun daerah. Mulai dari pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak bumi dan bangunan, bea materai, pajak kendaraan, pajak hotel dan restoran, sampai pajak hiburan.

Anda juga akan dibekali dengan keterampilan dalam mengelola pajak, melakukan pengawasan dan pemeriksaan pajak juga menggali potensi perpajakan. Pendidikan perpajakan ini akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

Jasa Sertifikasi

  1. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat A, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP orang pribadi dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali WP yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia;
  2. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat B, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP orang pribadi dan WP badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali kepada WP penanaman modal asing, Bentuk Usaha Tetap, dan WP yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia; dan
  3. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat C, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP orang pribadi dan WP badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya

Mencari Pengalaman

Anda bisa mulai karir sebagai konsultan pajak setelah lulus minimal sertifikasi pajak A dan B.

Jika ingin menimba ilmu dan pengalaman terlebih dahulu sebelum mendirikan Kantor Konsultan Pajak (KKP) milik sendiri, Anda bisa bergabung dengan KKP yang sudah terlebih dahulu berdiri sebagai junior tax consultant. Jenjang karir di KKP secara umum adalah:

1. Kantor Akuntan Publik (KAP)

KAP menyediakan layanan Trusted Business Advisory atau yang lazim disebut TBA, di mana jasa andalan di bidang ini adalah Tax Planning. Layanan jasa ini akan membantu klien untuk melakukan perencanaan pajak mereka. Jenjang karirnya dimulai dari Junior Tax Planner, Senior, Supervisor, Manager, hingga Partner.

2. Kantor Konsultan Pajak (KKP)

Berkarir sebagai seorang Konsultan Pajak di KKP, Anda akan bertugas memberikan konsultasi pajak (tax planning) sekaligus membantu klien dalam menghitung, membuat laporan, dan melaksanakan administrasi perpajakan lainnya.

Di bidang ini, Anda akan menangani perusahaan-perusahaan berskala menengah yang membutuhkan bantuan konsultasi pajak.

KKP yang berskala besar bahkan memberikan layanan litigasi kepada kliennya, di mana layanan ini meliputi beberapa tahap, yakni: menjadi pendamping ketika klien sedang diaudit oleh Kantor Pajak, meminta pengurangan atau potongan pajak terutang, mengajukan keberatan, dan bahkan menjalani pengadilan pajak perusahaan tersebut.

3. Perusahaan Swasta

Di perusahaan swasta, konsultan pajak memiliki peluang karir yang cukup baik, di mana Anda bisa menjadi tenaga khusus di bidang pajak atau yang lazim disebut Taxman.

Seorang Taxman akan bertugas untuk mengeksekusi Tax Planning yang telah dirancang oleh para Tax Planner dari KAP untuk perusahaan tersebut, di mana hal ini berkaitan dengan beberapa aktifitas, seperti: menghitung, membayar, dan bahkan hingga melapor ke kantor pajak.

4. Konsultan Pajak Mandiri

Ketika telah memiliki segudang pengalaman yang baik di bidang perpajakan, maka Anda bisa melirik karir ini sebagai pilihan. Menjadi seorang konsultan pajak mandiri, Anda akan memiliki kebebasan dalam memilih klien dan bahkan menentukan penghasilan, sebab di sini Anda akan bekerja layaknya seorang pebisnis.

Jika menginginkan penghasilan yang besar, maka harus bekerja dengan giat dan berburu klien dalam jumlah yang banyak.

Mendapat Izin

Selain langkah-langkah di atas, seorang konsultan pajak juga harus mempunyai izin praktik konsultan. Izin tersebut harus dimiliki oleh seorang konsultan pajak untuk dapat berpraktik sebagai konsultan pajak.

Izin praktik konsultan Pajak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Jenjang Karir Konsultan Pajak

  • Junior Tax Consultant
  • Senior Tax Consultant
  • Tax Supervisor
  • Tax Director

Yang Harus Kalian Ketahui Konsultan Pajak

Sebelum menjadi konsultan pajak, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

1. Banyak Perusahaan Menggunakan Konsultan Pajak

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak dalam rangka efisiensi perusahaan.

Syarat menjadi konsultan pajak sendiri adalah menjadi anggota pada salah satu asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak. Asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar sebanyak dua asosiasi konsultan pajak, yakni Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (ikpi.or.id) dan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia.

2. Pemberi Informasi

Dikutip dari Majalah Pajak, konsultan pajak adalah pemberi informasi yang lengkap, ia berperan sebagai adviser.

Dibutuhkan integritas yang kuat supaya tidak ikut tercebur dalam kasus pajak, seperti penyelundupan ataupun korupsi pajak.

3. Tidak Harus Lulusan Perpajakan

Faktanya, untuk jadi Konsultan Pajak tidak harus lulusan Perpajakan atau Akuntansi. Mengutip Kompas, siapa saja bisa jadi Konsultan Pajak, asalkan lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

Ilmu yang bisa diambil diantaranya: Perpajakan, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Administrasi Fiskal.

4. Mematuhi Kode Etik

Konsultan pajak wajib mematuhi kode etik konsultan pajak dan berpedoman pada standar profesi konsultan pajak yang diterbitkan oleh asosiasi konsultan pajak.

5. Kebutuhan Konsultan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak senantiasa mengakomodir kebutuhan para konsultan pajak dengan memberikan berbagai panduan dan layanan informasi.

Adanya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak turut memberikan dasar hukum yang jelas bagi konsultan pajak. Sistem Informasi Konsultan Pajak (SIKOP) juga dapat diakses langsung melalui laman https://konsultan.pajak.go.id/.

6. Peran Penting

Konsultan pajak berperan penting dalam proses penerimaan negara. Bagaimana tidak, konsultan pajak turut berpartisipasi dalam mengedukasi wajib pajak yang membutuhkan jasa perpajakan.

Profesi Lainnya

profesi web developer

Web Developer

Web Developer bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website. Fokus utama seorang web developer yakni harus selalu menciptakan aplikasi dan

Read More »
konsultan it

Konsultan IT

Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak

Read More »
profesi wartawan

Wartawan

Wartawan itu bahasa Indonesia, dari kara warta (berita) dan wan (orang), sebagaimana istilah hartawan, dermawan, fisikawan, atau relawan. Berdasarkan UU No. 40 Tahun 1999: Wartawan adalah orang yang teratur

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah seorang pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri,

Read More »
profesi programmer

Programmer

Seorang programmer bertugas untuk menulis dan mengedit kode untuk program dan software. Programmer adalah adalah orang yang mampu menguasai bahasa pemrograman dengan baik, sehingga bisa memberikan hasil kerja

Read More »
profesi business analyst

Business Analyst

Business analyst atau analisa bisnis adalah salah satu profesi yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Biasanya seorang business analyst diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan analisa yang lebih mendalam

Read More »