mployee logo

Profesi Konsultan IT

Konsultan IT ialah orang yang membantu bisnis atau perorangan untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kinerja melalui teknologi.

konsultan it

Deskripsi Profesi Konsultan IT

Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing.

Secara detail, konsultan IT (Information Technlogi) merupakan profesi yang bergelut dalam bidang IT yang ahli dalam memberikan jasa berupa nasihat dalam bidangnya, wujudnya berupa memberikan layanan sekaligus dalam satu waktu.

Namun pada kenyataannya seorang konsultan IT juga harus memiliki beberapa kemampuan diantaranya:

  • Pengetahuan yang luas dengan dunia it.
  • Mengetahui setiap permasalahan dan solusi terkait komputer, software ataupun jaringan.
  • Menguasai tulis menulis dengan baik.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan presentasi.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam hal dokumentasi.

Konsultan IT biasanya bekerja sebagai jembatan antara tim teknis dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis klien.

Konsultan IT juga terlibat dalam penjualan dan pengembangan bisnis, ia bertugas memberikan nasihat kepada kliennya mengenai penggunaan teknologi informasi yang dapat memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah.

Dengan demikian, konsultan IT bertanggung jawab dalam merancang struktur dan efisiensi sistem IT dari kliennya. Konsultan IT dapat terlibat dalam berbagai kegiatan seperti pemasaran, manajemen proyek, customer relationship management (CRM), dan system development.

Sebagai konsultan IT, Anda bertugas meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT di berbagai perusahaan maupun organisasi.

Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM) dan system development.

Konsultan IT juga bertanggung jawab untuk pelatihan user dan feedback. Pada banyak perusahaan, tugas tersebut dilakukan oleh IT project team.

Seorang konsultan IT wajib mengetahui setiap perkembangan komputer dan segala hal yg berkaitan dengannya sejak awal hingga perkembangan terbaru.

Konsultan IT bukanlah ilmu yang dapat anda kuasai dalam waktu yang singkat terutama mengingat luas nya perkembangan teknologi yang ada sekarang. Penerapan teknologi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

Menjadi seorang konsultan IT dengan teknologi sangat menghemat waktu anda dan perusahaan anda sehingga teknologi dapat diterapkan dengan lebih efisien dan tepat sasaran.

Konsultan IT tersebut dibagi menjadi 3 sesuai dengan fungsinya, yakni:

  • Business Analyst: Analis Bisnis atau Business Analyst biasa juga disebut sebagai manajemen di bidang IT tugasnya menganalisis secara profesional pengoperasian sistem, seperti strategi manajemen, pelatihan kerja sama, dan memberikan proposal atau perencanaan yang jelas yang memenuhi kebutuhan klien.
  • Konsultan Pengenalan: Konsultan akan menyiapkan syarat dan ketentuan, memastikan kemajuan rencana pengembangan dan memeriksa spesifikasi yang telah disiapkan oleh analis. Sebagai tambahan, tugas paling penting seorang konsultan adalah memastikan penyesuaian yang diinginkan oleh klien.
  • Project Management Office (PMO): Seringkali mengacu pada divisi manajemen pendukung project (proyek), divisi audit untuk proyek, atau project support department, dan lain-lin yang merupakan salah satu sistem pengoperasian yang berorientasi pada efektivitas biaya.

Jobdesk Konsultan IT

  • Bertemu dengan klien untuk membicarakan persyaratan yang diperlukan
  • Bekerja dengan klien untuk menentukan ruang lingkup pekerjaan dalam sebuah proyek
  • Merencanakan rentang waktu dan sumber daya yang dibutuhkan
  • Memperjelas spesifikasi sistem milik klien, memahami praktik kerja dan bisnis klien
  • Berhubungan dengan staf di semua tingkatan organisasi klien
  • Menentukan persyaratan dan kebutuhan dari softwarehardware, dan jaringan
  • Menganalisa persyaratan IT dalam perusahaan dan memberikan saran yang objektif tentang penggunaan teknologi
  • Mengembangkan solusi sesuai kesepakatan dan menerapkan sistem baru jika diperlukan
  • Memberikan solusi dalam bentuk laporan
  • Membantu klien jika memerlukan perubahaan dalam kegiatan pembelian sistem dan teknologi
  • Mendesain, menguji, melakukan install, dan memantau sistem baru
  • Menyiapkan dokumen serta memberikan laporan kepada klien dan perusahaan
  • Mengatur pelatihan untuk pengguna atau pun konsultan lainnya
  • Terlibat dalam proses penjualan dan menjaga kontak dengan klien
  • Mengidentifikasi klien yang potensial serta membangun hubungan dengan klien tersebut

Keahlian Yang Harus Dimiliki Konsultan IT

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Konsultan IT perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mulai dari melakukan wawancara riset dengan klien, mengelola tim dan pemangku kepentingan, menulis proposal bisnis, melakukan presentasi, sampai menuliskan laporan.

Di lapangan, banyak pekerjaan yang akhirnya berhenti di tengah-tengah, karena kurangnya komunikasi yang efektif. Inilah alasan kenapa kemampuan berkomunikasi dengan baik dikatakan penting.

2. Mampu Bekerja Dalam Tim

Menjadi seorang konsultan yang baik berarti menjadi pemimpin dan rekan kerja yang baik pula. Sebuah proyek akan melibatkan banyak orang, banyak pekerjaan yang akan terjadi di saat bersamaan.

Oleh karena itu, kemampuan untuk bekerja dalam tim dan mengendalikan tim jika diperlukan sangatlah penting. Pelajari bagaimana mendukung pekerjaan rekan kamu dan mendelegasikan pekerjaan secara efektif dan adil.

3. Mampu Memecahkan Masalah

Sebelum memberikan solusi terhadap klien, sebagai konsultan kamu perlu melakukan penelitian mengumpulkan data untuk memahami situasi organisasi klien.

Hal ini membutuhkan keahlian untuk berpikir kritis dan analitis, serta berorientasi pada detail yang solutif.

IT consultant perlu untuk dapat bekerja dengan terorganisir dan terstruktur hingga menghasilkan solusi yang efektif.

4. Mampu Belajar dengan Cepat

Baik seorang fresh graduate atau mereka yang berpengalaman, seorang konsultan IT akan terus belajar.

Proses belajar ini diharapkan bisa dilakukan dengan cepat, mengingat kebutuhan masalah teknologi klien butuh diselesaikan dengan cepat dan sangat dinamis.

Bersiaplah untuk berkomunikasi secara efektif dengan banyak orang dan melakukan pelatihan. Kamu perlu berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan kamu dengan menghadiri pertemuan, pelatihan, kursus onlinewebinar, ataupun membaca buku.

5. Mampu Mengambil Keputusan

Pada praktiknya, seorang konsultan IT akan menemukan banyak hal di lapangan. Mungkin kamu akan merasa ragu terhadap diri sendiri, apalagi jika kamu tergolong baru di bidang teknologi.

Namun, keyakinan untuk tetap percaya pada apa yang kamu punya sangatlah penting. Kepercayaan diri juga perlu diiringi dengan pengalaman. Jangan takut untuk mengambil keputusan.

6. Mampu Memberikan Ketenangan

Salah satu kunci menjadi konsultan yang baik adalah mampu membuat tenang lawan bicata yang sedang sedang konsultasi. Konsultasi melibatkan tanggung jawab yang banyak dengan tekanan yang tinggi.

7. Pengembangan Proyek

Untuk dapat menjalankan proyek dengan lancar, dibutuhkan beberapa kemampuan untuk memeriksa pengembangan dan mendukung dalam proses uji coba atau memeriksa spesifikasinya.

Selain itu, desain dokumen untuk mengklarifikasi masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya pun menjadi perhatian utama.

Pengalaman dan pemahaman terhadap alur serta pengembangan sistem juga bekal yang penting dimiliki.

8. Berpikir Analitis

Dengan menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani.

9. Memiliki Jam Terbang yang Tinggi

Salah satu skill yang memang dibutuhkan konsultan IT adalah jam terbang yang tinggi.

Pada dasarnya, masalah yang akan datang berbeda-beda, jika Anda tidak memiliki pengalaman dan jam terbang, Anda akan kesulitan mencari solusi untuk masalah tersebut.

Tugas yang diberikan perusahaan atau klien juga terbilang berat, butuh orang yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

10. Solutif

Sebagai seorang konsultan IT, Anda akan disodorkan atau diberikan beberapa masalah terkait sistem dan IT untuk kamu pecahkan solusinya.

Oleh karena itu, sebagai konsultan IT Anda harus memiliki sifat yang solutif serta berpikir secara logis untuk dapat memecahkan masalah yang ada.

Cara Menjadi Konsultan IT

Pendidikan S1

Jurusan yang bisa digeluti dalam profesi ini yakni:

  • Teknik Informatika
  • Sistem Informasi
  • Matematika
  • Manajemen Informatika
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Programming

Pendidikan dengan jurusan tersebut akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

Sertifikasi

Sertifikasi profesional yang akan memudahkan Anda menggeluti profesi ini diantaranya:

  1. Cisco Certified Internetwork Expert
  2. Cisco Certified Network Professional
  3. Microsoft Certified Systems Engineer
  4. CompTIA Security+

Jenjang Karir Konsultan IT

Jenjang karier konsultan IT berbeda-beda mengikuti peraturan di berbagai perusahaan konsultan. Jenjang karir konsultan IT secara umum:

Konsultan IT Junior (staf)

Setelah diterima pertama kali sebagai staf konsultan IT, perusahaan akan memberikan pelatihan untuk dapat dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mereka yang lulus pelatihan ini biasanya diberi titel “Junior“, atau dikenal dengan Junior Consultant. Seorang yang telah berada pada level junior biasanya memiliki pengalaman 1 – 3 tahun.

Konsultan Senior

Level senior dapat dikatakan sebagai level technical tertinggi yang umumnya dapat dicapai seorang konsultan IT. Untuk mencapai level ini, diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang luas di bidang terkait. Biasanya orang yang berada di level ini ditempatkan sebagai team leader dalam proyek.

Yang Harus Kalian Ketahui Konsultan IT

Sebelum menjadi konsultan IT, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Indonesia saat ini menghadapi kebutuhan tenaga ahli di bidang teknologi informasi atau konsultan IT yang sangat tinggi. Dilansir dari tribunnews.com, dikarenakan tren digitalisasi yang melaju kencang di berbagai sektor termasuk dunia bisnis.

  • Mengutip data dari sebuah survei, Mujiono menyatakan, sampai tahun 2030 Indonesia memerlukan 27 juta konsultan IT atau dengan rata-rata kebutuhan mencapai 1,7 juta konsultan IT baru per tahunnya.

  • Berdasarkan survei yang dilakukan World Economic Forum (WEF) terhadap 56 ribu pemuda berusia 15-35 tahun di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), ditemukan fakta bahwa mereka memiliki keinginan yang kuat untuk dapat bekerja di bidang teknologi. Selain itu, 33 persen dari pemuda yang mengikuti survei tersebut menyatakan ingin bekerja di perusahaan startup atau mendirikan perusahaan startup sendiri di masa depan.

  • Peran seorang konsultan IT cukup penting karena konsultan IT ini bisa mengerjakan hal-hal lain seperti troubleshooting dan hal sejenisnya sehingga pihak perusahaan beserta bagian manajemennya dapat lebih konsentrasi dalam mengembangkan strategi bisnis.

  • Bagi perusahaan yang ingin mengintegrasikan seluruh proses kerjanya, maka hal ini bisa diserahkan kepada konsultan IT karena konsultan IT sudah memiliki ilmu dan wawasan yang cukup tentang cara menyesuaikan sistem IT ke dalam sistem kerja suatu perusahaan.

Perkembangan teknologi ternyata membuat semakin banyak perusahaan tertarik dan membuka lowongan pekerjaan di bidang IT. Berdasarkan data dari Ekrut, sepanjang tahun 2018 setidaknya tercatat ada lebih dari 1.052 perusahaan yang aktif mencari tenaga IT di Indonesia, atau naik sekitar 380 persen dibandingkan 2017.

Dengan kata lain, terjadi peningkatan yang mencapai tiga kali lipat mengenai ketertarikan perusahaan terhadap bidang teknologi. Selain itu, dalam lowongan pekerjaan tersebut, back-end engineer dan front-end engineer menjadi pekerjaan yang paling dicari dan diminati oleh perusahaan kala itu.

Profesi Lainnya

profesi model

Model

Apa itu model? Secara umum model adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau

Read More »
penulis skenario

Penulis Skenario

Berkecimpung di industri perfilman, tidak melulu hanya tentang aktor, aktris, atau sutradara. Penulis skenario juga mampu menjadi sosok inspiratif dengan segudang sisi menarik yang pastinya

Read More »
system analyst

System Analyst

System analyst merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi.  Posisi

Read More »
art director

Art Director

Art director sendiri dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “Pengarah Seni”. Pada dasarnya seorang art director memang harus memikirkan tampilan sebuah iklan agar terlihat menarik. Namun

Read More »
profesi arsitek

Arsitek

Arsitek yakni seseorang yang memiliki lisensi dan profesional dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.  Arsitek harus menguasai desain dan konstruksi bangunan yang mayoritas terkait dengan

Read More »
psikiater

Psikiater

Profesi Psikiater lebih jelasnya merupakan seorang ahli medis yang fokus menangani masalah kesehatan mental dan perilaku melalui upaya pencegahan, kuratif dan rehabilitatif dengan pemberian konseling,

Read More »