mployee logo

Profesi Telemarketer

Telemarketer merupakan salah satu posisi yang penting dalam dunia pemasaran modern. Mereka adalah ahli dalam berkomunikasi melalui telepon dengan calon pelanggan potensial untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

profesi telemarketer

Deskripsi Profesi Telemarketer

Apa itu Pekerjaan Telemarketer ?

Telemarketer merupakan salah satu posisi yang penting dalam dunia pemasaran modern. Mereka adalah ahli dalam berkomunikasi melalui telepon dengan calon pelanggan potensial untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Pekerjaan ini melibatkan berbagai tugas yang meliputi membuat panggilan pemasaran, menjelaskan manfaat produk atau layanan kepada pelanggan, serta mencatat dan mengelola informasi yang diperoleh selama panggilan. Meskipun pekerjaan ini mungkin terdengar sederhana, telemarketer harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kepribadian yang percaya diri, dan ketekunan yang tinggi untuk berhasil.

Pekerjaan telemarketer adalah pekerjaan yang melibatkan penjualan produk atau jasa melalui telepon. Telemarketer biasanya bekerja di sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telemarketing, atau di bagian pemasaran dari perusahaan yang menjual produk atau jasa tertentu.

Tujuan utama dari pekerjaan telemarketer adalah untuk meyakinkan pelanggan potensial untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, atau untuk membuat janji pertemuan dengan perwakilan penjualan. Telemarketer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan negosiasi, dan pengetahuan tentang produk atau jasa yang dijual.

Beberapa tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan telemarketer adalah:

  • Membuat daftar kontak pelanggan potensial dari database perusahaan atau sumber lain.
  • Menghubungi pelanggan potensial melalui telepon dan menyampaikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menjawab pertanyaan dan keberatan dari pelanggan potensial dengan cara yang profesional dan persuasif.
  • Mencatat informasi penting tentang percakapan dengan pelanggan potensial, seperti minat, kebutuhan, dan data kontak.
  • Mengikuti prosedur penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan, seperti mengirimkan penawaran harga, kontrak, atau faktur.
  • Mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan atau manajer.
  • Melakukan evaluasi dan pelaporan tentang kinerja penjualan dan aktivitas telemarketing.

Pekerjaan telemarketer dapat memberikan banyak manfaat bagi mereka yang tertarik dengan bidang pemasaran dan penjualan. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Mendapatkan pengalaman dan pelatihan dalam bidang pemasaran dan penjualan.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan persuasi.
  • Mendapatkan penghasilan tambahan dari komisi atau bonus berdasarkan hasil penjualan.
  • Memiliki fleksibilitas dalam menentukan jam kerja dan lokasi kerja.

Namun, pekerjaan telemarketer juga memiliki beberapa tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Beberapa tantangan dan risiko tersebut adalah:

  • Menghadapi penolakan dan kritik dari pelanggan potensial yang tidak tertarik atau tidak sopan.
  • Menjaga motivasi dan semangat kerja di tengah persaingan dan tekanan target penjualan.
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah beban kerja yang tinggi dan stres.

Oleh karena itu, pekerjaan telemarketer membutuhkan orang-orang yang memiliki sifat-sifat berikut:

  • Berorientasi pada hasil dan pencapaian.
  • Berani mengambil inisiatif dan tantangan baru.
  • Memiliki sikap positif dan antusiasme tinggi.
  • Memiliki daya tahan dan ketekunan yang kuat.
  • Memiliki etika kerja yang baik dan profesional.

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan telemarketer, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan di situs-situs online yang menyediakan informasi tentang pekerjaan telemarketing. Anda juga dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda tentang pekerjaan telemarketing dengan mengikuti kursus, seminar, atau workshop yang relevan. Selain itu, Anda dapat membangun jaringan profesional Anda dengan bergabung dengan komunitas atau asosiasi telemarketing yang ada di Indonesia.

Pekerjaan telemarketer adalah pekerjaan yang menantang namun juga menarik bagi mereka yang memiliki minat dan bakat dalam bidang pemasaran dan penjualan. Pekerjaan ini dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan diri Anda secara profesional dan pribadi. Jika Anda memiliki sifat-sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang telemarketer yang sukses, maka Anda dapat mencoba pekerjaan ini sebagai karir Anda.

Jobdesk Telemarketer

  1. Membuat panggilan pemasaran secara aktif kepada calon pelanggan potensial.
  2. Menjelaskan manfaat dan keunggulan produk atau layanan kepada pelanggan.
  3. Mencatat dan mengelola informasi pelanggan yang diperoleh selama panggilan.
  4. Mengikuti prosedur penjualan perusahaan dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  5. Menangani pertanyaan, keluhan, atau masalah pelanggan dengan sopan dan efisien.
  6. Mengikuti upaya tindak lanjut dengan calon pelanggan yang menunjukkan minat.
  7. Mempertahankan catatan panggilan dan kegiatan penjualan dalam sistem yang ditentukan.
  8. Berkolaborasi dengan tim penjualan dan pemasaran untuk meningkatkan strategi penjualan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Telemarketer

  1. Kemampuan komunikasi yang kuat dan jelas, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Kemampuan persuasif untuk meyakinkan calon pelanggan tentang manfaat produk atau layanan.
  3. Keterampilan mendengarkan yang baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  4. Kepribadian yang percaya diri dan ramah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
  5. Kemampuan mengelola waktu dengan baik dan bekerja dengan target yang ditetapkan.
  6. Ketekunan dan ketahanan untuk menangani penolakan atau tantangan dalam penjualan.

Cara Menjadi Telemarketer

Cara Menjadi Telemarketer ?

Telemarketer adalah orang yang melakukan penjualan produk atau jasa melalui telepon. Telemarketer biasanya bekerja di perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk atau jasa, seperti asuransi, kartu kredit, pinjaman, atau barang elektronik. Telemarketer bertugas untuk menghubungi calon pelanggan, memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, dan meyakinkan mereka untuk membeli atau berlangganan.

Untuk menjadi telemarketer yang sukses, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi telemarketer yang profesional:

1. Kuasai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda harus mengetahui secara detail tentang fitur, manfaat, harga, dan cara penggunaan produk atau jasa yang Anda jual. Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan produk atau jasa Anda dibandingkan dengan pesaing. Dengan begitu, Anda dapat menjawab pertanyaan atau keberatan dari calon pelanggan dengan baik dan meyakinkan.

2. Siapkan skrip penjualan yang efektif. Skrip penjualan adalah panduan yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Skrip penjualan harus mencakup salam pembuka, perkenalan diri dan perusahaan, tujuan panggilan, pertanyaan untuk menggali kebutuhan dan minat calon pelanggan, penawaran produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, penanganan keberatan, penutupan penjualan, dan ucapan terima kasih. Skrip penjualan harus disesuaikan dengan karakteristik produk atau jasa yang Anda tawarkan dan profil calon pelanggan yang Anda targetkan.

3. Latih kemampuan komunikasi Anda. Komunikasi adalah kunci utama dalam pekerjaan telemarketer. Anda harus mampu berbicara dengan lancar, jelas, sopan, dan ramah. Anda juga harus mampu mendengarkan dengan baik, menangkap informasi penting dari calon pelanggan, dan memberikan tanggapan yang sesuai. Selain itu, Anda harus mampu mengatur nada suara, intonasi, dan volume suara Anda sesuai dengan situasi dan emosi calon pelanggan.

4. Atur waktu dan target Anda dengan baik. Sebagai telemarketer, Anda harus mampu mengatur waktu dan target Anda dengan baik. Anda harus menentukan berapa banyak panggilan yang harus Anda lakukan dalam sehari, berapa banyak penjualan yang harus Anda capai dalam sebulan, dan berapa lama waktu yang harus Anda habiskan untuk setiap panggilan. Anda juga harus menentukan waktu terbaik untuk menghubungi calon pelanggan, misalnya saat jam kerja atau jam istirahat.

5. Tetap semangat dan positif. Pekerjaan telemarketer tidak mudah. Anda mungkin akan menghadapi banyak penolakan, kritik, atau bahkan hinaan dari calon pelanggan yang tidak tertarik atau tidak sopan. Namun, Anda tidak boleh menyerah atau putus asa. Anda harus tetap semangat dan positif dalam menjalankan pekerjaan Anda. Anda harus percaya bahwa setiap panggilan adalah kesempatan baru untuk mendapatkan pelanggan baru. Anda juga harus belajar dari pengalaman dan kesalahan Anda untuk meningkatkan kinerja dan kualitas penjualan Anda.

Jenjang Karir Telemarketer

Jenjang Karir Telemarketer

Telemarketer adalah salah satu profesi yang bergerak di bidang pemasaran dengan menggunakan telepon sebagai media komunikasi utama. Telemarketer bertugas untuk menjual produk atau jasa, memberikan informasi, atau mengumpulkan data dari pelanggan potensial atau pelanggan yang sudah ada. Telemarketer harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan penjualan yang tinggi, dan pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Telemarketing adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dan efisien, terutama di era digital saat ini. Telemarketing dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan, kesadaran merek, dan loyalitas pelanggan. Telemarketing juga dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti telesales, telemarketing inbound, dan outbound telemarketing.

Telesales adalah bentuk telemarketing yang melibatkan penjualan langsung produk atau jasa melalui telepon. Telemarketing inbound adalah bentuk telemarketing yang melibatkan menerima panggilan dari pelanggan potensial dan menjawab pertanyaan mereka. Outbound telemarketing adalah bentuk telemarketing yang melibatkan inisiatif pihak penjual untuk menghubungi pelanggan potensial.

Jenjang karir telemarketer biasanya dimulai dari posisi entry-level sebagai telemarketer atau sales representative. Pada posisi ini, telemarketer harus menghubungi pelanggan melalui telepon, mempromosikan produk atau jasa, dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Telemarketer juga harus mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Setelah memiliki pengalaman dan kinerja yang baik, telemarketer dapat naik ke posisi yang lebih senior dan bertanggung jawab, seperti:

– Team leader: Team leader adalah telemarketer yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengkoordinasikan tim telemarketer lainnya. Team leader harus memastikan bahwa timnya bekerja sesuai dengan standar kualitas dan target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Team leader juga harus memberikan bimbingan, motivasi, dan evaluasi kepada anggota timnya.
– Supervisor: Supervisor adalah telemarketer yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengontrol operasional telemarketing di perusahaan. Supervisor harus memastikan bahwa semua proses telemarketing berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Supervisor juga harus membuat laporan dan analisis tentang kinerja telemarketing dan memberikan saran perbaikan jika diperlukan.
– Manager: Manager adalah telemarketer yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan strategi telemarketing di perusahaan. Manager harus menentukan tujuan, sasaran, anggaran, dan kebijakan telemarketing yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Manager juga harus berkoordinasi dengan departemen lain yang terkait dengan telemarketing, seperti pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dan teknologi informasi.

Jenjang karir telemarketer dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, telemarketer dapat memiliki prospek karir yang cukup baik jika mereka memiliki kualitas dan keterampilan yang dibutuhkan oleh profesi ini.

Yang Harus Kalian Ketahui Telemarketer

Yang Perlu Diketahui Sebelum Bekerja:

  1. Lingkungan kerja yang mungkin berisik dan stres karena aktivitas panggilan yang terus-menerus.
  2. Keterampilan teknologi dasar dalam penggunaan perangkat telepon dan perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management).
  3. Fleksibilitas jadwal, terkadang pekerjaan telemarketer melibatkan panggilan keluar di luar jam kerja normal.
  4. Pemahaman yang baik tentang produk atau layanan yang dipasarkan untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada pelanggan.

Profesi Lainnya

agen properti

Agen Properti

Profesi agen properti adalah pekerjaan yang melibatkan penjualan, pembelian, dan sewa properti seperti rumah, apartemen, tanah, atau bangunan komersial. Seorang agen properti berperan sebagai perantara

Read More »
software developer

Software Developer

Software Developer adalah seorang yang bertugas untuk mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak sehingga menghasilkan produk (aplikasi/software) yang baik dan berkualitas. Software Developer adalah seorang profesional

Read More »
jobdesk general affair

General Affair

General Affair (GA) merupakan posisi dalam suatu perusahaan yang umumnya berada di bawah pimpinan kepala operasional, terkadang pada beberapa perusahaan GA berada dibawah Departemen Personalia (HR).

Read More »
profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
ceo direktur utama

Direktur Utama (CEO)

Direktur Utama (bahasa Inggris: Chief Executive Officer atau CEO) adalah posisi eksekutif tertinggi di sebuah perusahaan. Direktur Utama bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis, pengelolaan

Read More »
profesi tentara

Tentara

Apa itu Pekerjaan Tentara ? Tentara adalah alat pertahanan suatu negara yang bertugas untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa dari

Read More »