mployee logo

Profesi Pemandu Wisata (Tour Guide)

Profesi tour guide adalah kata lain dari pemandu wisata. Dalam melakukan perjalanan wisata, salah satu diantara komponen jasa dan fasilitas, profesi tour guide ialah jasa yang dibutuhkan para wisatawan.

pemandu wisata tour guide

Deskripsi Profesi Pemandu Wisata (Tour Guide)

Di dunia pariwisata banyak istilah yang sering didengar. Salah satunya adalah tour guide yang dalam bahasa Indonesianya disebut pramuwisata

Definisi dari tour guide secara umum ialah orang yang bertugas mendampingi, memberi informasi dan membantu wisatawan memenuhi kebutuhannya selama berada di sebuah kawasan wisata. Baik itu wisatawan lokal yang berasal dari negara sendiri maupun wisatawan luar negeri. Profesi tour guide ini sendiri dibutuhkan terutama untuk turis asing yang berkunjung ke Indonesia.

Profesi Tour Guide sebagai pemandu wisata merupakan salah satu profesi di bidang pariwisata. Seorang tour guide bertanggung jawab memberi petunjuk, mendampingi serta membimbing wisatawan baik di dalam maupun luar negeri. Apalagi kini travelling telah menjadi budaya tersendiri bagi para kalangan milenial. 

Tour guide sendiri mempunyai peran penting dalam mengenalkan tempat wisata ke banyak pengunjung.

Melalui pekerjaan menjadi tour guide ini, Anda bisa mendapat pengalaman berharga setiap harinya. Selain menikmati pemandangan yang indah, bertemu dengan orang-orang baru, Anda juga bisa merancang petualangan yang bisa dinikmati bersama klien atau pengunjung wisata tempat Anda bekerja. 

Mengapa harus ada Tour Guide?

Sebagian besar pasti mengira peran seorang tour guide itu hanya sebatas mendampingi turis di lokasi wisata saja. Misalnya turis yang merupakan solo traveler atau rombongan dari luar daerah seperti Bandung yang pakai jasa sewa bus pariwisata Bandung.

Padahal banyak tanggung jawab besar yang wajib dijalani, apalagi jika sudah berada di bawah naungan travel agent. Maka dari itu, berikut peran seorang tour guide:

  • Memberi penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan destinasi wisata pada turis. Baik itu sejarah tempat wisata, seluk beluknya, hingga detil masing-masing objek wisata. Sehingga para turis dapat memahami tempat yang ia kunjungi.
     
  • Membantu mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan wisata turis. Mulai dari penginapan, tempat makan, transportasi. Transportasinya apakah pakai sewa bus pariwisata atau cukup dengan sewa mobil biasa saja, hingga itinerary perjalanan, dan mengkoordinasikan dimana mereka akan membeli oleh-oleh nantinya.
     
  • Memastikan turis yang didampinginya selamat dari awal keberangkatan hingga kembali dari berwisata di semua lokasi sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Hal ini sangat penting, terutama di kawasan wisata beresiko tinggi kecelakaan, cedera, dan hal-hal negatif lainnya.
     
  • Melaksanakan semua tugas sesuai dengan yang telah diberikan kantor tempatnya bekerja. Baik itu yang berhubungan langsung dengan turis maupun berkoordinasi dengan pihak lain untuk melancarkan perjalanan turis yang dibawanya. Menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa sewa contohnya sewa bus pariwisata Bandung.

Profesi tour guide adalah kata lain dari pemandu wisata. Dalam melakukan perjalanan wisata, salah satu diantara komponen jasa dan fasilitas, profesi tour guide ialah jasa yang dibutuhkan para wisatawan.

Kalau dipahami lebih jauh, sangat besar tanggung jawab menjadi seorang tour guide karena bukan hanya sekedar menemani turis, tapi juga menyangkut keselamatan dan kenyamanan mereka selama perjalanan. Baik bagi turis yang menggunakan kendaraan pribadi, atau turis rombongan yang pakai jasa sewa bus pariwisata. Kalau kamu berminat tentunya harus benar-benar siap untuk menjadi tour guide sejati.

Jobdesk Pemandu Wisata (Tour Guide)

Kalau dipahami lebih jauh, sangat besar tanggung jawab menjadi seorang tour guide karena bukan hanya sekedar menemani turis, tapi juga menyangkut keselamatan dan kenyamanan mereka selama perjalanan. Baik bagi turis yang menggunakan kendaraan pribadi, atau turis rombongan yang pakai jasa sewa bus pariwisata. Kalau kamu berminat tentunya harus benar-benar siap untuk menjadi tour guide sejati.

Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Tour Guide:

  1. Tour Guide menemani dan membimbing para turis.
  2. Tout Guide bertugas memberikan berbagai informasi kepada wisatawan mulai dari sejarah, info budaya, info sosial, serta berbagai aspek-aspek lain yang diperlukan wisatawan terhadap tempat yang dikunjungi.
  3. Tour Guide juga harus menyadari tanggung jawabnya di mana setiap penampilan, tingkah laku, dan sikapnya akan membawa imej kepada perusahaan tempat ia bernaung.
  4. Tour Guide juga harus selalu memperhatikan keadaan wisatawan mulai dari kenyamanan, kesehatan dan lainnya.
  5. Tour Guide juga bertugas memastikan serta menjaga berbagai hal-hal komersial operasional tur (misalnya dalam berhubungan dengan para supplier atau principal: restoran lokal, perusahaan transportasi, dan kegiatan operasional lainnya) sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam petunjuk operasional, atau yang tertera dalam brosur paket wisata dan itinerary.
  6. Tour Guide juga bertugas menjaga kelengkapan finansial dan keutuhan serta peralatan atau perlengkapan milik perusahaan.
  7. Tour Guide bertugas membuat laporan tertulis dan mencatat dengan tepat setiap pengeluaran seelama tur berlangsung dengan menyertakan b bukti anggaran tur yang dibuat sebelumnya, segera setelah tur selesai.
  8. Tour Guide bertugas mengkoordinasi dan mengatur kegiatan harian sebagaimana tertera dalam tour itinerary (program perjalanan wisata) dengan sebelumnya bekerja sama dengan staf perusahaan lainnya, misalnya saja tour driver serta staf bagian operasional.
  9. Merekomendasikan tempat wisata yang menarik kepada wisatawan.
  10. Menciptakan kesan baik atas daerah, negara, bangsa, dan kebudayaan pada wisatawan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pemandu Wisata (Tour Guide)

1. Public Speaking

Keahlian utama public speaking atau berani berbicara di depan umumini wajib Anda kuasa. Keahlian ini akan sangat Anda butuhkan sebagai tour guide karena salah satu tugasnya yakni memberikan informasi mengenai destinasi wisata yang dikunjungi.

Anda sebagai tour guide dituntut untuk dapat berbicara di depan rombongan wisatawan yang dibawa.

2. Penguasaan Dalam Berbahasa

Karena tinggal di negara Indonesia, penguasaan bahasa Indonesia yang baik akan sangat berguna ketika Anda menjadi pemandu bagi wisatawan lokal.

Selain itu, seorang tour guide juga akan berhadapan langsung dengan orang yang berasal dari berbagai negara yang berbeda. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan minimal Bahasa Inggris yang baik.

Nah, kelebihan yang akan didapatkan apabila Anda fasih lebih dari satu bahasa ialah Anda dapat menjadi pemandu bagi wisatawan mancanegara. Untuk itu, pengalaman yang Anda peroleh akan sangat berharga sehingga dapat mempengaruhi kualitas kerja.

3. Memiliki Wawasan Yang Luas

Pengetahuan, sejarah dan wawasan yang luas adalah modal utama seorang tour guide. Pengetahuannya yang luas tentang sejarah dan budaya Indonesia. Terutama jika berkaitan dengan destinasi wisata yang dikunjungi.

Informasi mengenai profil, sejarah, letak geografis, hingga fasilitas yang disediakan pada tempat wisata perlu untuk disampaikan secara jelas dan mendetail. Sebab wisatawan juga ingin mendapatkan informasi lengkap selain menikmati keindahan alam di obyek wisata.

Memiliki wawasan yang luas juga akan bermanfaat dalam menghadapi wisatawan yang kritis dan memiliki banyak pertanyaan. Untuk itu seorang tour guide harus selalu siap dan mampu untuk memberikan jawaban. Maka, tak heran apabila profesi ini akan membutuhkan seseorang yang berwawasan luas.

4. Time Keeper

Kemampuan dalam mengatur waktu atau time keeper juga akan dibutuhkan apabila Anda tertarik untuk bekerja sebagai tour guide. Anda dituntut untuk selalu fokus pada jam.

Artinya Anda harus tahu pukul berapa harus tiba dan pergi, waktu untuk kumpul, waktu untuk istirahat, waktu untuk bebas, dan waktu-waktu lainnya yang sesuai jadwal perjalanan. Jangan sampai Anda lalai sehingga membiarkan waktu berjalan tidak sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan disepakati.

5. Fisik Yang Kuat

Tour Guide juga diharuskan memiliki fisik yang kuat, memiliki kemampuan berenang yang baik, memiliki kemampuan trekking yang mumpuni, sebab ia bertugas mendampingi peserta selama perjalanan berlangsung.

6. Memahami Teknik Dasar Fotografi

Kemampuan dalam memotret salah satu komponen yang harus dikuasai, sehingga menghasilkan foto yang bagus. Skill ini dapat Anda terapkan ketika mengambil foto untuk para tamu atau wisatawan. Hasil foto yang ciamik akan membuat tamu yang Anda bawa merasa senang.

7. Daya Ingat Yang Tinggi Dan Mampu Membaca Peta

Selanjutnya, seorang tour guide harus memiliki kemampuan mengingat yang baik, dan kemampuan membaca peta. Kedua kemampuan ini akan membantu tour guide dalam mengingat wajah dan tempat, mengingat informasi dan segala hal mengenai wisata. Terutama peta serta jalan menuju ke obyek wisata.

Hal ini tentu saja akan memperlancar trip atau perjalanan nantinya.

8. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik juga dibutuhkan sebab, komunikasi berguna untuk mengartikulasi dan memproyeksikan kejelasan suara mereka dalam berbicara dan mencegah kesalahpahaman selama trip berlangsung.

9. Cepat Mengambil Keputusan

Keputusan yang diambil oleh tour guide harus dipertimbangan dengan keadaan keamanan dan kenyamanan tamu. Hal ini atas dasar karena industri pariwisata bergerak di bidang jasa sehingga harus memberikan pelayanan terbaik.

Apabila terdapat masalah yang perlu untuk diselesaikan, tour guide harus membereskan masalah tersebut dengan mengambil keputusan yang tepat.

Tour guide profesional biasanya sudah memiliki lisensi tersendiri untuk menjalankan pekerjaannya.

10 Mengenal Karakter dan Memahami Selera Wisatawan

Setiap wisatawan tentu berbeda-beda darimana asalnya dan negaranya. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri mulai dari selera destinasi yang dikunjungi hingga selera menu makan.

Jangan lupa menyertakan menu serba manis untuk mereka yang datang dari Jawa misalnya. Begitupun karakter wisatawan asing yang tentunya jauh sangat berbeda dengan wisatawan domestik.

11. Dapat Bekerja Sama Dengan Tim

Sebagai seorang tour guide, Anda tidak bisa apabila harus bekerja seorang diri. Anda perlu bekerja sama dan bersikap kooperatif terhadap anggota tim yang lain.

Driver, travel agent, serta tour leader merupakan orang-orang umum yang perlu Anda ajak bekerja sama. Oleh sebab itu, kemampuan agar mampu bekerja dalam tim harus Anda kuasai.

Cara Menjadi Pemandu Wisata (Tour Guide)

Tour guide yang kompeten tentu harus memiliki lisensi atau surat izin agar bisa memandu para wisatawan secara profesional. Maka, hal yang harus dicapai, yakni:

1. Mengikuti Pendidikan Pariwisata

Memilih menjadi seorang tour guide harus mengikuti pendidikan terkait kepariwisataan untuk mendukung profesinya. Seorang tour guide dituntut untuk mampu menyampaikan informasi tentang suatu destinasi secara menyenangkan dan lebih komprehensif yang tidak bisa dipelajari secara otodidak.

Anda bisa mengambil kuliah dengan jurusan Pariwisata. Jurusan yang mempelajari perjalanan wisata inti, mulai dari keberangkatan, kepulangan juga berbagai kebutuhan-kebutuhan ketika berada dalam suatu perjalanan. Jadi tak hanya destinasi, transportasi, akomodasi yang masuk ke dalam lingkup ilmu pariwisata.

Selain itu informasi tentang suatu destinasi, terutama kaitannya dengan sejarah harus disampaikan berdasarkan informasi ilmiah hasil riset para ahli, bukan sekedar legenda dan informasi dari mulut ke mulut.

2. Mengikuti Escorting

Escorting merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut praktik kerja lapangan di bidang pariwisata.

Escorting meliputi tiga tahap, pada tahap pertama hanya diizinkan untuk melihat seorang tour guide profesional memandu suatu kelompok wisatawan. Tahap selanjutnya, Anda diberikan kesempatan memandu sebagian kegiatan wisata. Jika telah dianggap mampu, tahap terakhir anda diizinkan memandu wisata secara mandiri.

3. Lisensi Tour Guide

Setelah melalui tahap pendidikan, escorting, selanjutnya adalah mencari lisensi sebagai tour guide pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang sedang dilaksankan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata.

Lisensi ini menjadi identitas yang menujukkan bahwa anda seorang tour guide profesional. Bagi seorang tour guide yang tidak berlisensi namun, memaksakan diri dan memandu wisata maka akan dikenai sanksi berupa kurungan penjara.

Jenjang Karir Pemandu Wisata (Tour Guide)

Jangan salah! Profesi tour guide juga ada jenjang kariernya.  Nah, salah satu yang mempengaruhi jenjang karier seorang pemandu wisata adalah jam terbangnya.

  1. Pramuwisata Muda
  2. Pramuwisata Madya
  3. Tour Leader

Yang Harus Kalian Ketahui Pemandu Wisata (Tour Guide)

Sebelum menjadi tour guide, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Mengutip dari Kompas, sebagai salah satu ujung tombak industri pariwisata, pemandu wisata memiliki tanggung jawab untuk bisa merepresentasikan objek wisata secara komprehensif. Pemandu wisata diharapkan dapat menceritakan detail objek wisata, dan memastikan ada nilai edukasi yang didapat wisatawan bukan hanya sekadar bersenang-senang.
  • Ternyata bukan cuma muda-mudi saja yang bisa menekuni profesi ini lho! Melansir dari Kompas, profesi ini bisa dijalani sampai usia 40-45 tahun, bahkan lebih dari itu. Pemandu wisata bisa menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan.

Profesi Lainnya

profesi teknisi radiologi

Teknisi Radiologi Medis

Pekerjaan teknisi radiologi medis adalah salah satu profesi penting dalam dunia kesehatan. Teknisi radiologi medis berperan dalam mengoperasikan peralatan radiologi untuk menghasilkan gambaran internal tubuh

Read More »
pilot

Pilot

Profesi pilot adalah pekerjaan yang melibatkan seseorang untuk mengoperasikan pesawat terbang untuk tujuan komersial atau militer. Pilot bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan, kesejahteraan, dan keamanan

Read More »
kartografer

Kartografer

Apakah Anda pernah melihat peta? Peta adalah gambaran permukaan bumi atau bagian darinya yang disederhanakan dan disimbolkan. Peta dapat menunjukkan berbagai informasi, seperti batas wilayah,

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah seorang pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri,

Read More »
profesi finance / keuangan

Finance / Keuangan

Pekerjaan bagian finance adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan suatu organisasi. Finance adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh lulusan perguruan tinggi, terutama

Read More »
profesi pramugari

Pramugara/Pramugari

Pramugara/Pramugari adalah salah satu awak kabin yang merupakan karyawan maskapai penerbangan dengan tugas utamanya yaitu melayani penumpang selama penerbangan berlangsung. Ternyata profesi ini ada padanan

Read More »