mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Juru Bahasa Isyarat

Juru Bahasa Isyarat adalah sebuah peran profesional yang bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara individu yang menggunakan bahasa isyarat (terutama individu dengan gangguan pendengaran) dan individu yang tidak menguasai bahasa isyarat.

juru bahasa isyarat

Deskripsi Profesi Juru Bahasa Isyarat

Pekerjaan “Juru Bahasa Isyarat” adalah sebuah peran profesional yang bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara individu yang menggunakan bahasa isyarat (terutama individu dengan gangguan pendengaran) dan individu yang tidak menguasai bahasa isyarat. Seorang juru bahasa isyarat bertindak sebagai perantara atau penerjemah antara bahasa isyarat dan bahasa lisan. Mereka biasanya bekerja dalam berbagai situasi, seperti konferensi, pertemuan bisnis, lembaga pendidikan, dan acara publik lainnya.

Tugas utama seorang juru bahasa isyarat adalah menerjemahkan dan mengartikan pesan yang disampaikan dalam bahasa isyarat ke dalam bahasa lisan, serta mengartikan bahasa lisan ke dalam bahasa isyarat untuk individu yang mengandalkan bahasa isyarat dalam komunikasi. Mereka biasanya bekerja dalam berbagai konteks dan situasi, termasuk konferensi, pertemuan bisnis, lembaga pendidikan, acara publik, layanan medis, dan interaksi sehari-hari.

Pekerjaan ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bahasa isyarat, termasuk kosakata, tata bahasa, dan ragam dialek yang berbeda. Juru bahasa isyarat juga harus memiliki pemahaman yang kuat terhadap budaya, norma, dan nilai-nilai yang terkait dengan komunitas bahasa isyarat yang dilayani. Selain itu, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan mendengarkan yang akurat, dan fleksibilitas dalam beradaptasi dengan berbagai situasi dan gaya berkomunikasi yang berbeda-beda.

Pekerjaan juru bahasa isyarat memainkan peran penting dalam memastikan inklusi dan aksesibilitas bagi individu dengan gangguan pendengaran. Dengan adanya juru bahasa isyarat, individu yang menggunakan bahasa isyarat dapat berpartisipasi secara penuh dalam berbagai kegiatan sosial, pendidikan, dan profesional, serta mendapatkan akses terhadap informasi dan layanan yang disediakan oleh masyarakat umum.

Jobdesk Juru Bahasa Isyarat

Tugas dan Tanggung Jawab Juru Bahasa Isyarat

  • Menerjemahkan bahasa isyarat menjadi bahasa lisan dan sebaliknya untuk memfasilitasi komunikasi antara individu yang menggunakan bahasa isyarat dan mereka yang tidak memahaminya.
  • Memberikan interpretasi bahasa isyarat secara simultan atau konsekutif pada pertemuan, seminar, presentasi, atau acara lainnya.
  • Memastikan keakuratan dan kejelasan interpretasi bahasa isyarat dengan memahami konteks dan maksud pesan yang disampaikan.
  • Menyediakan dukungan interpretasi bahasa isyarat dalam situasi-situasi penting, seperti layanan darurat atau perawatan medis.
  • Membantu dalam memfasilitasi aksesibilitas bagi individu yang menggunakan bahasa isyarat dengan mengkoordinasikan kebutuhan khusus dan menyediakan bantuan yang diperlukan.
  • Menjaga kerahasiaan dan etika profesional dalam menjalankan tugas-tugas interpretasi bahasa isyarat.

Kualifikasi Juru Bahasa Isyarat

  • Memiliki sertifikasi atau lisensi sebagai Juru Bahasa Isyarat yang diakui.
  • Kemampuan komunikasi yang sangat baik dalam bahasa isyarat dan bahasa lisan yang sesuai (misalnya, bahasa nasional atau bahasa Inggris).
  • Pemahaman yang kuat tentang budaya dan komunitas yang menggunakan bahasa isyarat.
  • Kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan konteks komunikasi.
  • Keterampilan mendengarkan dan observasi yang tajam untuk memastikan interpretasi yang akurat.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan dalam tim.
  • Kedisiplinan, kehandalan, dan ketepatan waktu yang tinggi.
  • Memiliki etika kerja yang baik dan dapat mempertahankan kerahasiaan informasi pribadi atau sensitif.
  • Pengalaman sebelumnya sebagai Juru Bahasa Isyarat akan menjadi nilai tambah.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Juru Bahasa Isyarat

  1. Penguasaan Bahasa Isyarat:
    • Menguasai bahasa isyarat dengan baik, termasuk kosakata, struktur kalimat, tata bahasa, dan ragam dialek yang berbeda.
  2. Kemampuan Mendengar dan Memahami Bahasa Lisan:
    • Memiliki kemampuan mendengarkan yang baik untuk memahami pesan yang disampaikan dalam bahasa lisan.
  3. Pengetahuan Budaya dan Sensitivitas:
    • Memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya, nilai, dan norma yang terkait dengan komunitas bahasa isyarat yang dilayani.
  4. Keterampilan Komunikasi:
    • Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal yang kuat untuk memfasilitasi komunikasi yang efektif antara individu yang menggunakan bahasa isyarat dan mereka yang tidak.
  5. Fleksibilitas dan Ketangkasan:
    • Dapat beradaptasi dengan cepat dengan berbagai situasi dan gaya berkomunikasi yang berbeda-beda.

Cara Menjadi Juru Bahasa Isyarat

Juru bahasa isyarat adalah orang yang menerjemahkan bahasa lisan ke bahasa isyarat dan sebaliknya. Juru bahasa isyarat berperan penting dalam membantu orang tuli dan tunarungu berkomunikasi dengan orang lain. Untuk menjadi juru bahasa isyarat, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

– Belajar bahasa isyarat. Bahasa isyarat adalah bahasa visual yang menggunakan gerakan tangan, ekspresi wajah, dan postur tubuh untuk menyampaikan makna. Ada berbagai jenis bahasa isyarat di dunia, seperti American Sign Language (ASL), British Sign Language (BSL), dan Indonesian Sign Language (BISINDO). Anda perlu memilih bahasa isyarat yang sesuai dengan komunitas yang ingin Anda layani dan belajar secara intensif melalui kursus, buku, video, atau aplikasi.
– Mendapatkan sertifikat atau lisensi. Setelah Anda menguasai bahasa isyarat, Anda perlu mendapatkan sertifikat atau lisensi yang menunjukkan kemampuan Anda sebagai juru bahasa isyarat. Sertifikat atau lisensi ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga resmi yang berwenang, seperti asosiasi juru bahasa isyarat, pemerintah, atau universitas. Anda mungkin perlu mengikuti tes tertulis dan praktik untuk mendapatkan sertifikat atau lisensi ini.
– Mencari pengalaman dan pelatihan. Setelah Anda memiliki sertifikat atau lisensi, Anda dapat mencari pengalaman dan pelatihan sebagai juru bahasa isyarat. Anda dapat bekerja secara sukarela di organisasi sosial, sekolah, rumah sakit, atau tempat ibadah yang melayani orang tuli dan tunarungu. Anda juga dapat mengikuti pelatihan lanjutan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda tentang etika, kodeks profesional, dan bidang spesialisasi tertentu, seperti hukum, medis, atau pendidikan.
– Membangun jaringan dan reputasi. Sebagai juru bahasa isyarat, Anda perlu membangun jaringan dan reputasi yang baik dengan komunitas tuli dan tunarungu, klien, dan rekan kerja. Anda dapat bergabung dengan organisasi profesional, forum online, atau media sosial yang berkaitan dengan juru bahasa isyarat. Anda juga perlu menjaga kualitas dan integritas kerja Anda dengan menghormati privasi, kerahasiaan, dan kepentingan klien Anda.

Jenjang Karir Juru Bahasa Isyarat

Jenjang Karir Juru Bahasa Isyarat

Juru bahasa isyarat adalah orang yang menerjemahkan bahasa lisan atau tulisan ke dalam bahasa isyarat, atau sebaliknya. Juru bahasa isyarat berperan penting dalam memfasilitasi komunikasi antara orang-orang tuli atau tunarungu dengan orang-orang yang mendengar. Juru bahasa isyarat dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, hukum, bisnis, media, dan pemerintahan.

Untuk menjadi juru bahasa isyarat yang profesional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

– Menguasai bahasa isyarat dan bahasa lisan atau tulisan yang akan diterjemahkan dengan baik dan benar.
– Memiliki sertifikat kompetensi dari lembaga yang berwenang, seperti Asosiasi Juru Bahasa Isyarat Indonesia (AJIBI) atau Federasi Internasional Juru Bahasa Isyarat (WASLI).
– Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bidang kerja yang dipilih.
– Memiliki etika dan sikap profesional yang tinggi, seperti menghormati kerahasiaan, menjaga netralitas, dan menghindari konflik kepentingan.

Jenjang karir juru bahasa isyarat dapat bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman, dan bidang kerja yang diambil. Secara umum, ada empat tingkatan karir juru bahasa isyarat, yaitu:

– Pemula: Juru bahasa isyarat yang baru lulus dari pendidikan formal atau nonformal dan memiliki sertifikat kompetensi dasar. Pada tingkat ini, juru bahasa isyarat biasanya bekerja di bawah bimbingan atau supervisi senior dan menangani tugas-tugas yang sederhana dan rutin.
– Menengah: Juru bahasa isyarat yang telah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun dan memiliki sertifikat kompetensi menengah. Pada tingkat ini, juru bahasa isyarat dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim dan menangani tugas-tugas yang lebih kompleks dan bervariasi.
– Lanjutan: Juru bahasa isyarat yang telah memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun dan memiliki sertifikat kompetensi lanjutan. Pada tingkat ini, juru bahasa isyarat dapat bekerja sebagai koordinator, konsultan, atau pelatih bagi juru bahasa isyarat lainnya dan menangani tugas-tugas yang menantang dan strategis.
– Ahli: Juru bahasa isyarat yang telah memiliki pengalaman kerja minimal sepuluh tahun dan memiliki sertifikat kompetensi ahli. Pada tingkat ini, juru bahasa isyarat dapat bekerja sebagai pemimpin, peneliti, atau pembuat kebijakan di bidang juru bahasa isyarat dan menangani tugas-tugas yang inovatif dan berdampak luas.

Jenjang karir juru bahasa isyarat dapat memberikan peluang bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan hak-hak orang-orang tuli atau tunarungu di masyarakat. Selain itu, juru bahasa isyarat juga dapat mengembangkan diri secara profesional dan personal dengan meningkatkan kompetensi dan jaringan mereka.

Yang Harus Kalian Ketahui Juru Bahasa Isyarat

Sebelum menjadi Juru Bahasa Isyarat, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Bahasa Isyarat Bukan Bahasa Universal:
    • Bahasa isyarat berbeda-beda di setiap negara atau wilayah, jadi penting untuk mempelajari bahasa isyarat yang spesifik untuk tempat di mana Anda akan bekerja.
  2. Pekerjaan yang Memerlukan Fokus dan Konsentrasi Tinggi:
    • Menjadi juru bahasa isyarat membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan kemampuan multitasking untuk memastikan bahwa pesan disampaikan dengan akurat dan tepat waktu.
  3. Pembelajaran Berkelanjutan:
    • Seperti bidang lainnya, bahasa isyarat terus berkembang. Penting untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda melalui pelatihan dan pengembangan profesional.

Profesi Lainnya

konsultan pajak

Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan. Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai

Read More »
pengrajin mebel

Pengrajin Mebel

Pekerjaan sebagai pengrajin mebel adalah salah satu profesi yang memadukan kreativitas, keterampilan teknis, dan dedikasi terhadap kerajinan kayu. Pengrajin mebel menciptakan karya seni yang indah

Read More »
profesi seo specialist

SEO Specialist

SEO specialist menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi

Read More »
staff administrasi

Staff Administrasi

Staff Administrasi atau lebih sering disebut dengan admin adalah mereka yang bertugas mengurus dan mengorganisasi semua pekerjaan administrasi atau tata usaha perusahaan. Adanya staff admin

Read More »
profesi tour guide

Pemandu Tur

Pemandu tur adalah seorang profesional yang bertugas untuk mendampingi, memberikan informasi, dan memperkenalkan tempat-tempat wisata kepada para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pemandu tur bisa bekerja

Read More »
profesi sommelier

Sommelier

Seiring dengan berkembangnya industri perhotelan dan perrestaurantan, pekerjaan sebagai sommelier semakin populer. Seorang sommelier adalah seorang ahli dalam dunia anggur dan minuman beralkohol, yang bertanggung

Read More »