mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Teknisi Tambang Minyak dan Material

Teknisi tambang minyak dan meterial memiliki tugas untuk menjaga kondisi alat berat, memperbaiki kerusakan atau masalah, serta memastikan kegiatan pengeboran dan produksi berjalan dengan lancar.

teknisi tambang

Deskripsi Profesi Teknisi Tambang Minyak dan Material

Teknisi tambang minyak dan material adalah seseorang profesional yang terlibat dalam operasi dan pemeliharaan peralatan serta fasilitas di industri pertambangan minyak dan gas bumi.

Teknisi tambang minyak dan meterial memiliki tugas untuk menjaga kondisi alat berat, memperbaiki kerusakan atau masalah, serta memastikan kegiatan pengeboran dan produksi berjalan dengan lancar.

Teknisi tambang minyak dan material juga berperan dalam pengawasan dan penanganan bahan kimia dan material berbahaya yang digunakan dalam proses pengeboran dan produksi minyak.

Sebagai seorang teknisi tambang minyak dan material, Andah harus mematuhi peraturan keselamatan (K3) yang ketat dan menjaga tingkat keamanan yang tinggi dalam setiap tindakan yang dilakukan. Mengingat, bekerja di tambang memiliki risiko yang tinggi. Betul kan sobat?

Untuk berhasil dalam profesi yang satu ini ini, Anda perlu memiliki pengetahuan teknik yang baik dalam bidang teknik mesin, teknik listrik, teknik alat berat atau bidang terkait lainnya.

Selain itu juga diperlukan kemampuan yang baik dalam hal pemecahan masalah, komunikasi, dan kemampuan bekerja dalam tim juga penting dalam pekerjaan ini.

Secara keseluruhan, profesi teknisi tambang minyak dan material merupakan pekerjaan yang menantang dan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan teknis yang kuat. Mereka memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan operasi dan produksi di industri pertambangan minyak dan gas bumi.

Jobdesk Teknisi Tambang Minyak dan Material

Tugas Teknisi Tambang Minyak dan Meterial

Teknisi tambang minyak dan meterial adalah pekerja yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan, memelihara, dan memperbaiki peralatan dan sistem yang digunakan untuk mengeksplorasi, mengekstraksi, mengolah, dan mengangkut minyak dan meterial. Tugas-tugas teknisi tambang minyak dan meterial antara lain:

  • Melakukan inspeksi rutin dan pemeriksaan keselamatan pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial, seperti mesin bor, pompa, pipa, katup, tangki, kompresor, generator, instrumen, kontrol, dan komunikasi.
  • Mengidentifikasi dan mendiagnosa masalah, kerusakan, atau kegagalan pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial, menggunakan alat ukur, alat uji, atau manual.
  • Melakukan perbaikan, penggantian, atau penyesuaian pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, menggunakan alat tangan, alat mesin, atau alat las.
  • Melakukan pemasangan, pengaturan, atau kalibrasi pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial yang baru atau dimodifikasi, sesuai dengan spesifikasi teknis atau standar operasional.
  • Melakukan pengujian kinerja atau fungsional pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial yang telah diperbaiki, diganti, atau disesuaikan, untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan benar dan aman.
  • Melakukan pencatatan atau pelaporan tentang pekerjaan inspeksi, perbaikan, penggantian, atau penyesuaian yang telah dilakukan pada peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial, termasuk waktu, biaya, bahan, suku cadang, atau sumber daya yang digunakan.
  • Melakukan koordinasi atau komunikasi dengan supervisor, rekan kerja, kontraktor, pemasok, atau pihak lain yang terkait dengan operasi atau pemeliharaan peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial.
  • Melakukan pelatihan atau bimbingan kepada teknisi junior atau pekerja baru tentang prosedur atau teknik operasi atau pemeliharaan peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial.
  • Melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap kondisi lingkungan kerja di lokasi tambang minyak dan meterial, seperti suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara, tingkat kebisingan, tingkat radiasi, atau tingkat polusi.
  • Melakukan tindakan pencegahan atau penanggulangan terhadap potensi bahaya atau risiko yang dapat mengganggu operasi atau pemeliharaan peralatan dan sistem tambang minyak dan meterial, seperti kebakaran, ledakan, kebocoran gas, banjir, longsor, gempa bumi, atau sabotase.
  • Teknisi tambang minyak dan meterial harus memiliki keterampilan teknis yang tinggi dalam bidang mekanik, elektrik, elektronik, hidrolik, pneumatik,

Keahlian Yang Harus Dimiliki Teknisi Tambang Minyak dan Material

Untuk menjadi seorang teknisi tambang minyak dan material, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, yaitu:

– Mampu mengoperasikan dan memelihara peralatan pengeboran, produksi, dan pengolahan minyak dan gas bumi
– Memiliki pengetahuan tentang geologi, hidrologi, dan geofisika yang berkaitan dengan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam
– Memahami prinsip-prinsip keselamatan kerja, kesehatan lingkungan, dan manajemen risiko di sektor tambang dan minyak
– Menguasai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung kegiatan operasional dan administratif di bidang tambang dan minyak
– Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan beradaptasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam proyek tambang dan minyak

Cara Menjadi Teknisi Tambang Minyak dan Material

Bagaimana cara menjadi teknisi tambang minyak dan material?

Untuk menjadi seorang teknisi tambang minyak dan material, Anda perlu mengikuti beberapa langkah dan memperoleh kualifikasi yang diperlukan. Berikut adalah panduan umum tentang cara menjadi seorang teknisi tambang minyak dan material:

1. Persyaratan Pendidikan dan Kualifikasi:

  • Dapatkan pendidikan menengah (SMA/SMK) atau setara. Fokus pada mata pelajaran yang terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknik, seperti matematika, fisika, dan kimia.
  • Pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan tingkat sarjana atau diploma di bidang teknik mesin, teknik listrik, teknik kimia, atau bidang terkait lainnya. Gelar pendidikan tinggi dapat memberikan pengetahuan yang lebih mendalam dan meningkatkan peluang karier Anda.

2. Ikuti Pendidikan Tambahan dan Pelatihan:

  • Cari tahu tentang program pendidikan tambahan atau kursus yang spesifik untuk industri pertambangan minyak dan gas bumi. Program ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam tentang operasi tambang dan peralatan yang digunakan.
  • Pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan keselamatan dan sertifikasi khusus yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan tambang. Sertifikasi seperti sertifikasi keselamatan tambang (Mining Safety Certification) atau sertifikasi pemahaman bahan kimia berbahaya (Hazardous Chemical Understanding Certification) dapat menjadi nilai tambah dalam melamar pekerjaan.

3. Cara Pengalaman Kerja sebanyak-banyaknya

  • Cari peluang magang atau kerja paruh waktu di industri pertambangan minyak dan gas bumi. Ini akan memberikan Anda pemahaman praktis tentang operasi tambang dan proses produksi minyak.
  • Jika memungkinkan, cari pengalaman kerja di posisi yang terkait dengan pemeliharaan peralatan atau pengawasan bahan kimia. Hal ini dapat membantu membangun keterampilan yang relevan dengan pekerjaan sebagai teknisi tambang minyak dan material.

4. Perluas Jaringan dan Rekrutmen

  • Bergabunglah dengan asosiasi atau organisasi profesional terkait dengan industri pertambangan minyak dan gas bumi. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan kontak dan mendapatkan informasi tentang peluang pekerjaan.
  • Pantau situs web perusahaan tambang minyak dan gas bumi atau platform rekrutmen untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai. Kirimkan lamaran kerja yang lengkap dan menyoroti kualifikasi, pendidikan, dan pengalaman Anda yang relevan.

6. Asah skilss terus menerus

  • Industri pertambangan minyak dan gas bumi terus berkembang dan berubah. Untuk tetap kompetitif, terus tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda melalui pelatihan tambahan, kursus, atau pendidikan lanjutan dalam bidang teknis yang terkait.
  • Ikuti perkembangan terkini di industri ini dengan membaca literatur dan publikasi yang terkait, menghadiri seminar atau konferensi, dan terlibat dalam komunitas profesional.

Ingatlah bahwa persyaratan dan proses untuk menjadi seorang teknisi tambang minyak dan material dapat bervariasi tergantung pada negara, perusahaan, dan posisi yang Anda lamar. Selalu periksa persyaratan yang spesifik dan ikuti panduan yang diberikan oleh pemberi kerja potensial Anda.

Jenjang Karir Teknisi Tambang Minyak dan Material

Sebagai seorang teknisi tambang minyak dan material, Anda memiliki peluang untuk mengembangkan karir Anda seiring berjalannya waktu dan dengan pengalaman yang diperoleh. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang mungkin dapat diikuti oleh seorang teknisi tambang minyak dan material:

  1. Teknisi Tambang Minyak dan Material: Pada tingkat awal karir, Anda akan bekerja sebagai teknisi tambang minyak dan material yang bertanggung jawab langsung dalam pemeliharaan, pengoperasian, dan perbaikan peralatan dan fasilitas tambang. Anda akan bekerja di bawah pengawasan supervisor atau manajer.
  2. Supervisor Lapangan: Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup sebagai teknisi tambang, Anda dapat naik ke posisi supervisor lapangan. Sebagai seorang supervisor, Anda akan mengawasi tim teknisi tambang dan memastikan operasi dan pemeliharaan yang efisien dari peralatan dan fasilitas. Anda akan mengatur jadwal kerja, memberikan arahan kepada anggota tim, serta melaporkan hasil kerja kepada manajer.
  3. Spesialis Pemeliharaan: Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mengembangkan keahlian khusus dalam bidang pemeliharaan peralatan tertentu. Misalnya, Anda dapat menjadi spesialis pemeliharaan mesin, elektronik, atau sistem kontrol. Sebagai spesialis, Anda akan bertanggung jawab untuk memperbaiki, memelihara, dan mengoptimalkan peralatan spesifik tersebut di tambang.
  4. Koordinator Proyek: Jika Anda memiliki pengalaman yang luas dan kemampuan manajemen yang baik, Anda dapat beralih ke peran sebagai koordinator proyek. Sebagai koordinator proyek, Anda akan mengawasi proyek-proyek besar dalam industri tambang minyak dan gas bumi. Anda akan mengoordinasikan berbagai tim, mengelola anggaran, dan memastikan kelancaran proyek dari awal hingga akhir.
  5. Manajer Operasional: Jenjang karir yang lebih tinggi adalah menjadi manajer operasional. Sebagai manajer operasional, Anda akan memiliki tanggung jawab luas dalam mengelola operasi keseluruhan di tambang minyak dan gas bumi. Anda akan mengawasi berbagai departemen, mengelola anggaran, dan membuat keputusan strategis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional.

Selain jenjang karir di atas, ada juga peluang untuk menjadi konsultan independen atau memulai usaha sendiri dalam bidang konsultasi teknis untuk industri pertambangan minyak dan gas bumi.

Penting untuk diingat bahwa kemajuan karir bergantung pada dedikasi, pengalaman, keterampilan, dan pencapaian Anda dalam pekerjaan. Selalu ambil kesempatan untuk terus belajar, mengikuti pelatihan tambahan, dan mengembangkan jaringan profesional untuk meningkatkan peluang karir Anda sebagai seorang teknisi tambang minyak dan material.

Yang Harus Kalian Ketahui Teknisi Tambang Minyak dan Material

Sebelum menjadi Teknisi Tambang Minyak dan Material, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  1. Lingkungan kerja yang keras: Pekerjaan ini sering dilakukan di lokasi tambang yang terpencil dan sulit diakses. Anda mungkin perlu bekerja dalam kondisi cuaca ekstrem dan lingkungan yang berdebu atau berlumpur.
  2. Waktu kerja yang tidak tetap: Industri pertambangan minyak dan gas bumi beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Oleh karena itu, teknisi tambang minyak dan material seringkali harus siap bekerja dalam shift yang melibatkan kerja malam, akhir pekan, dan hari libur.
  3. Tingkat keamanan yang tinggi: Karena alam pekerjaan yang melibatkan peralatan dan bahan berbahaya, kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan peraturan yang ketat sangat penting. Anda harus siap untuk mematuhi aturan keselamatan yang ditetapkan oleh perusahaan dan badan pengatur.

Profesi Lainnya

profesi teknisi robot

Teknisi Robot

Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, peran robot dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dari pabrik manufaktur hingga rumah tangga, robot telah menjadi bagian

Read More »
profesi penata musik

Penata Musik

Apa itu Penata Musik? Penata musik adalah orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan, mengatur, dan menyesuaikan musik untuk berbagai keperluan, seperti film, iklan, permainan video,

Read More »
instruktur

Instruktur Pelatihan Kejuruan

Pekerjaan sebagai Instruktur Pelatihan Kejuruan melibatkan memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada individu yang ingin mengembangkan keterampilan kejuruan dalam bidang tertentu. Seorang instruktur pelatihan kejuruan bertanggung

Read More »
marketing produk otomotif

Marketing Produk Otomotif

Marketing produk otomotif adalah bidang pekerjaan yang melibatkan promosi, penjualan, dan pengembangan strategi pemasaran untuk kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, truk, dan lainnya. Tugas

Read More »
profesi mekanik pesawat

Mekanik Pesawat

Mekanik pesawat adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan baik dan aman. Mereka melakukan perawatan rutin, perbaikan, serta inspeksi pesawat untuk

Read More »
sales manager

Sales Manager

Pekerjaan Sales Manager adalah salah satu peran kunci dalam dunia bisnis. Seorang Sales Manager bertanggung jawab untuk mengelola tim penjualan dan mencapai target penjualan perusahaan.

Read More »