mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Astronot

Pekerjaan astronot adalah menjadi pengamat atau seseorang yang akan melihat dan mendokumentasikan apa yang terjadi di luar angkasa.

profesi astronot

Deskripsi Profesi Astronot

Astronot adalah orang yang telah menjalani pelatihan untuk memimpin, mengendalikan, atau anggota awak pesawat ruang angkasa. Astronot bekerja untuk penerbangan luar angkasa yang dijalankan oleh pemerintah, militer atau badan antariksa sipil, dan beberapa perusahaan swasta.

Pekerjaan astronot adalah menjadi pengamat atau seseorang yang akan melihat dan mendokumentasikan apa yang terjadi di luar angkasa. Sebagian astronot bekerja dengan pilot untuk melakukan percobaan, meluncurkan satelit, dan memelihara pesawat ruang angkasa. Astronot juga dapat bekerja sebagai pendidik dan menginspirasi siswa untuk bergabung dengan program luar angkasa.

Pekerjaan astronot adalah salah satu profesi yang paling menantang dan menarik di dunia. Astronot adalah orang-orang yang berani menjelajahi luar angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa, baik untuk tujuan ilmiah maupun eksplorasi. Astronot harus memiliki kualifikasi fisik, mental, dan akademik yang tinggi, serta melalui pelatihan yang intensif dan selektif.

Tugas utama seorang astronot adalah melakukan perjalanan ke luar angkasa, baik ke orbit bumi maupun ke objek-objek lain seperti bulan atau mars. Di luar angkasa, astronot melakukan berbagai aktivitas seperti memasang atau memperbaiki satelit, melakukan eksperimen ilmiah, mengambil sampel, atau berjalan di permukaan bulan. Astronot juga bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan rekan-rekannya, serta mengoperasikan dan memelihara pesawat ruang angkasa.

Pekerjaan astronot tidak hanya dilakukan di luar angkasa, tetapi juga di bumi. Sebelum dan sesudah perjalanan ke luar angkasa, astronot harus melakukan persiapan dan evaluasi yang meliputi pemeriksaan kesehatan, simulasi, pengujian, pelaporan, dan lain-lain. Astronot juga harus belajar terus-menerus tentang ilmu-ilmu ruang angkasa, teknologi terbaru, bahasa asing, dan budaya negara-negara lain yang terlibat dalam program antariksa.

Pekerjaan astronot membutuhkan dedikasi, kerjasama, dan pengorbanan yang besar. Astronot harus bersedia meninggalkan keluarga dan teman-temannya untuk waktu yang lama, menghadapi risiko yang tinggi, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda dari bumi. Namun, pekerjaan astronot juga memberikan kepuasan, pengalaman, dan kontribusi yang luar biasa bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang astronot, Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi persaingan yang ketat dan tantangan yang berat. Anda harus belajar dengan giat, berlatih dengan keras, dan mengembangkan diri dengan baik. Anda juga harus mengikuti perkembangan program antariksa di negara Anda sendiri maupun di negara-negara lain. Anda harus memiliki mimpi yang besar dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya.

Pekerjaan astronot adalah pekerjaan yang luar biasa dan mengagumkan. Pekerjaan astronot adalah pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk melihat bumi dari sudut pandang yang berbeda, menyaksikan keindahan dan keajaiban luar angkasa, dan berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Pekerjaan astronot adalah pekerjaan yang layak untuk diimpikan dan dicapai.

Jobdesk Astronot

Tugas dan Tanggung Jawab: Jobdesk, tugas dan tanggung jawab astronot tergantung pada posisi mereka di dalam pesawat ruang angkasa.

Sebagian dari astronot mungkin bertanggung jawab untuk memimpin pesawat, sehingga harus memiliki pelatihan, keterampilan, dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem pesawat ruang angkasa.

Sebagian lainnya mungkin bertugas sebagai spesialis misi, yang melakukan berbagai tugas ilmiah, teknis, atau operasional selama penerbangan.

Beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh spesialis misi adalah melakukan eksperimen ilmiah atau teknologi di laboratorium pesawat ruang angkasa, mengoperasikan robot lengan atau kendaraan luar angkasa lainnya, melakukan aktivitas luar kendaraan (EVA) atau spacewalk untuk memeriksa atau memperbaiki pesawat ruang angkasa atau satelit .

Astronot juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka sendiri dan kru lainnya selama penerbangan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Astronot

  • Keahlian yang harus dimiliki oleh astronot adalah keterampilan interpersonal dan komunikasi yang sangat baik.
  • Astronot juga harus memiliki keterampilan kerja tim dan kepemimpinan yang baik sehingga mampu bekerja sebagai bagian dari tim dengan kru.
  • Astronot juga tidak bisa bekerja sendiri dan harus bekerjasama dengan sekelompok Ilmuwan, Pilot, dan Insinyur.
  • Keterampilan manajemen stres dan pengambilan keputusan yang tepat juga mampu menangani situasi darurat dengan efektif.
  • Mampu melakukan perawatan pesawat dan satelit luar angkasa Internasional juga dibutuhkan oleh astronot sebagai keahlian.
  • Astronot juga harus paham akan teknik mesin dan penerbangan.
  • Zaman yang sudah canggih ini juga menuntut astronot untuk memiliki keahlian komputer dan numerik yang kuat. Hal ini dibutuhkan, sehingga astronot mampu menangani perangkat lunak untuk mengumpulkan, mengurutkan, dan membaca data.

Cara Menjadi Astronot

Cara menjadi astronot adalah dengan mengikuti proses seleksi yang ketat dan kompetitif. Proses seleksi ini meliputi tahap-tahap berikut:

  • Mengirimkan aplikasi online melalui situs web NASA atau organisasi lain yang merekrut astronot.
  • Menjalani wawancara awal untuk menilai kualifikasi, motivasi, dan kesiapan kandidat.
  • Menjalani tes fisik dan psikologis untuk memastikan kesehatan dan kemampuan kandidat.
  • Menjalani wawancara akhir dengan panel ahli untuk menentukan kelayakan dan kesesuaian kandidat.
  • Menunggu pengumuman hasil seleksi dan penempatan kandidat.
  • Menjalani pelatihan dasar astronot selama dua tahun, yang meliputi pelajaran teoritis dan praktis tentang sistem pesawat ruang angkasa, ilmu ruang angkasa, operasi luar angkasa, bahasa Rusia, dan keterampilan bertahan hidup.
  • Menyelesaikan pelatihan dasar astronot dan mendapatkan sertifikat astronot.
  • Menjalani pelatihan lanjutan astronot sesuai dengan spesialisasi atau misi yang ditugaskan.
  • Bersiap untuk terbang ke luar angkasa setelah mendapatkan penugasan misi dan jadwal penerbangan.

Jenjang Karir Astronot

Jenjang karir astronot dapat bervariasi tergantung pada pengalaman, prestasi, dan organisasi yang mempekerjakan mereka. Secara umum, astronot dapat memiliki jenjang karir sebagai berikut:

  • Astronot pemula: Astronot yang baru lulus dari pelatihan dasar astronot dan belum terbang ke luar angkasa. Mereka biasanya menunggu penugasan misi dan menjalani pelatihan lanjutan sesuai dengan spesialisasi atau misi mereka.
  • Astronot berpengalaman: Astronot yang telah terbang ke luar angkasa setidaknya sekali dan memiliki pengalaman dalam melakukan berbagai tugas di luar angkasa. Mereka dapat ditugaskan untuk misi-misi lanjutan atau lebih kompleks, atau menjadi mentor atau instruktur untuk astronot pemula.
  • Astronot senior: Astronot yang telah terbang ke luar angkasa beberapa kali dan memiliki pengalaman yang luas dan mendalam dalam bidang luar angkasa. Mereka dapat menjadi pemimpin atau komandan misi, atau menjadi manajer atau direktur program luar angkasa. Mereka juga dapat menjadi peneliti atau konsultan senior di bidang luar angkasa.

Yang Harus Kalian Ketahui Astronot

Yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai Astronot adalah bahwa pekerjaan ini memiliki tantangan, risiko, dan pengorbanan yang besar. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah :

  • Pekerjaan ini membutuhkan dedikasi, komitmen, dan disiplin yang tinggi, karena proses seleksi dan pelatihan sangat sulit dan memakan waktu lama.
  • Pekerjaan ini membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang prima, karena kondisi luar angkasa sangat berbeda dengan bumi. Astronot harus siap menghadapi gravitasi nol, radiasi kosmik, isolasi sosial, stres psikologis, gangguan tidur, dan perubahan fisiologis lainnya.
  • Pekerjaan ini membutuhkan kerjasama tim yang baik, karena astronot harus bekerja dengan kru lainnya dari berbagai negara, budaya,
  • Pekerjaan ini membutuhkan pengorbanan pribadi dan keluarga, karena astronot harus meninggalkan rumah dan orang-orang terkasih mereka untuk waktu yang lama. Astronot juga harus siap menghadapi risiko kecelakaan atau kematian yang dapat terjadi sewaktu-waktu selama penerbangan.
  • Pekerjaan ini membutuhkan minat dan semangat yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan luar angkasa, karena astronot harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan terbaru di bidang tersebut. Astronot juga harus memiliki rasa ingin tahu dan kreativitas yang tinggi untuk menemukan solusi dan inovasi di luar angkasa.

Profesi Lainnya

profesi mekanik pesawat

Mekanik Pesawat

Tahukah kamu profesi mekanik pesawat? Mekanik pesawat adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan baik dan aman. Mereka melakukan perawatan rutin,

Read More »
profesi produser tv

Produser TV atau Radio

Profesi produser TV atau radio adalah salah satu posisi penting dalam industri media yang bertanggung jawab untuk menghasilkan program-program berkualitas untuk ditayangkan di televisi atau

Read More »
profesi bartender

Bartender

Bartender adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol di bar, pub, klub, hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya. Bartender

Read More »
profesi data engineer

Data Engineer

Apa itu Pekerjaan Data Engineer ? Data engineer adalah salah satu profesi yang berkembang pesat di era digital saat ini. Data engineer bertanggung jawab untuk

Read More »
terapis okupasi

Terapis Okupasi

Terapis Okupasi adalah profesional kesehatan yang bekerja dengan individu yang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka membantu individu yang menderita cacat fisik, mental, atau

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »