mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Personal Assistant

Personal assistant (PA) adalah orang yang membantu pekerjaan seorang profesional, eksekutif, atau selebriti dengan melakukan berbagai tugas administratif, organisasi, dan personal.

personal assistant

Deskripsi Profesi Personal Assistant

Personal Assistant (PA) adalah orang yang membantu pekerjaan seorang profesional, eksekutif, atau selebriti dengan melakukan berbagai tugas administratif, organisasi, dan personal. PA biasanya bekerja di kantor, rumah, atau tempat lain sesuai dengan kebutuhan atasan mereka. PA juga sering disebut sebagai sekretaris pribadi, asisten eksekutif, atau asisten manajer.

Pekerjaan ini biasanya melibatkan berbagai tugas administratif, komunikasi, organisasi, dan manajemen. Seorang personal assistant harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal, pengetahuan komputer, dan kemampuan beradaptasi dengan situasi yang berbeda.

Pekerjaan personal assistant dapat dilakukan di berbagai bidang dan industri, seperti bisnis, hukum, media, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Pekerjaan ini juga dapat bersifat full-time atau part-time, tergantung pada kebutuhan dan kesepakatan dengan atasan atau klien. Beberapa personal assistant bahkan dapat bekerja secara remote atau online dari rumah.

Pekerjaan personal assistant memiliki beberapa keuntungan dan tantangan. Keuntungan pekerjaan ini antara lain adalah:

  • Mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang berbagai bidang dan industri
  • Membangun jaringan profesional dan relasi dengan orang-orang penting
  • Meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja
  • Mendapatkan penghasilan yang cukup menarik

Sementara itu, tantangan pekerjaan ini antara lain adalah:

  • Menangani beban kerja yang tinggi dan deadline yang ketat
  • Menyesuaikan diri dengan gaya kerja dan kepribadian atasan atau klien yang berbeda-beda
  • Menjaga kerahasiaan informasi dan data yang sensitif
  • Menyeimbangkan antara kepentingan pribadi dan profesional

Pekerjaan personal assistant adalah pekerjaan yang menarik dan menantang bagi orang-orang yang ingin mengembangkan diri dan karirnya. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan motivasi yang tinggi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi atasan atau klien. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang persyaratan, proses seleksi, dan peluang karir yang tersedia di berbagai sumber online maupun offline.

Jobdesk Personal Assistant

Tugas dan Tanggung Jawab Personal Assistant

  • Memberikan dukungan administratif yang komprehensif kepada [Nama/Jabatan].
  • Mengelola dan menjaga jadwal, kalender, dan janji.
  • Mengatur dan mengkoordinasikan pertemuan, konferensi, dan pengaturan perjalanan.
  • Menyiapkan dan mengedit korespondensi, laporan, dan presentasi.
  • Menangani panggilan telepon, email, dan komunikasi lainnya atas nama [Nama/Jabatan].
  • Melakukan riset, mengumpulkan informasi, dan menyiapkan materi briefing jika diperlukan.
  • Menjaga dan memperbarui file dan dokumen rahasia.
  • Membantu dalam manajemen proyek dan melakukan tindak lanjut terhadap tugas yang ditugaskan.
  • Bertindak sebagai penghubung antara [Nama/Jabatan] dengan stakeholder internal/eksternal.
  • Menangani tugas dan pekerjaan pribadi yang dibutuhkan.

Kualifikasi Personal Assistant

  • Pengalaman sebelumnya sebagai Personal Assistant atau dalam peran serupa lebih disukai.
  • Kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang kuat.
  • Kemampuan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik.
  • Mahir dalam menggunakan alat produktivitas seperti Microsoft Office Suite.
  • Kemampuan untuk menangani informasi sensitif dan rahasia dengan integritas.
  • Kemampuan pemecahan masalah yang kuat dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.
  • Tingkat profesionalisme, kehati-hatian, dan adaptabilitas yang tinggi.
  • Perhatian yang tinggi terhadap detail dan akurasi.
  • SIM yang valid dan akses ke transportasi yang dapat diandalkan merupakan nilai tambah.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Personal Assistant

Untuk menjadi PA yang handal, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, antara lain:

1. Keahlian komunikasi

PA harus mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan dengan atasan, klien, rekan kerja, mitra bisnis, media, atau pihak lain yang berhubungan dengan pekerjaan. PA harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas, tepat, dan sopan. PA juga harus mampu mendengarkan, memahami, dan merespon kebutuhan dan permintaan atasan.

2. Keahlian interpersonal

PA harus mampu menjalin hubungan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan atasan. PA harus mampu bekerja sama, beradaptasi, dan menghargai perbedaan. PA juga harus mampu menangani konflik, kritik, atau masalah yang mungkin timbul dengan profesional dan bijaksana.

3. Keahlian manajemen waktu

PA harus mampu mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh atasan. PA harus mampu menentukan prioritas, membuat rencana, mengikuti jadwal, dan memenuhi deadline. PA juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan atau situasi mendesak yang mungkin terjadi.

4. Keahlian organisasi

PA harus mampu mengorganisir pekerjaan atasan dengan baik. PA harus mampu menyimpan, mengelola, dan mengakses informasi dan dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan atasan. PA juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai kegiatan, acara, atau proyek yang melibatkan atasan.

5. Keahlian administratif

PA harus mampu melakukan berbagai tugas administratif dengan baik. PA harus mampu menggunakan komputer, internet, dan aplikasi perkantoran dengan lancar. PA juga harus mampu menyiapkan dokumen, laporan, presentasi, dan surat-surat penting dengan akurat dan rapi.

6. Keahlian personal

PA harus mampu mengurus keperluan pribadi atasan dengan baik. PA harus mampu memenuhi kebutuhan dan harapan atasan. PA juga harus mampu menjaga kerahasiaan, loyalitas, dan integritas dalam pekerjaan.

Cara Menjadi Personal Assistant

Untuk menjadi PA,

  • Anda harus memiliki minat dan motivasi untuk bekerja sebagai PA.
  • Anda harus memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA atau sederajat. Jika Anda memiliki gelar sarjana atau diploma dalam bidang terkait, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan sebagai PA.
  • Anda harus memiliki keterampilan dasar dalam menggunakan komputer, internet, dan aplikasi perkantoran. Anda juga harus mampu berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Jika Anda menguasai bahasa asing lainnya, Anda akan memiliki nilai tambah dalam pekerjaan sebagai PA.
  • Anda harus mencari informasi tentang lowongan pekerjaan sebagai PA di berbagai media, seperti internet, koran, majalah, atau radio. Anda juga bisa menggunakan jaringan kontak Anda, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan sebagai PA.
  • Anda harus menyiapkan CV atau resume yang menarik dan profesional yang mencantumkan data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, sertifikat, atau prestasi Anda yang relevan dengan pekerjaan sebagai PA.
  • Anda harus melamar pekerjaan sebagai PA sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi yang membuka lowongan. Anda bisa melamar secara online atau offline tergantung pada preferensi perusahaan atau organisasi tersebut.
  • Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi tes atau wawancara kerja sebagai PA jika Anda dipanggil oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Anda harus menunjukkan sikap positif, percaya diri, dan profesional dalam tes atau wawancara tersebut. Anda juga harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada pewawancara tentang pekerjaan sebagai PA.

Jenjang Karir Personal Assistant

Pekerjaan PA adalah pekerjaan yang memiliki prospek karir yang baik. PA bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman mereka dalam pekerjaan. PA juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan profesional, eksekutif, atau selebriti yang berpengaruh dan terkenal.

Jenjang karir PA bisa bervariasi tergantung pada jenis industri, perusahaan, dan atasan yang mereka layani. Namun secara umum, PA bisa mengembangkan karir mereka menjadi:

Senior personal assistant

PA yang memiliki pengalaman dan kinerja yang baik bisa dipromosikan menjadi senior personal assistant. Senior personal assistant bertanggung jawab untuk mengawasi dan membimbing PA lainnya dalam pekerjaan. Senior personal assistant juga bisa mendapatkan tugas-tugas yang lebih kompleks dan strategis dari atasan.

Executive assistant

PA yang memiliki pengalaman dan kinerja yang baik bisa dipromosikan menjadi executive assistant. Executive assistant adalah PA yang bekerja untuk eksekutif tingkat tinggi, seperti direktur, presiden, atau CEO. Executive assistant bertanggung jawab untuk mengatur dan mengkoordinasikan pekerjaan eksekutif tersebut. Executive assistant juga bisa terlibat dalam pengambilan keputusan atau proyek-proyek penting yang berkaitan dengan perusahaan atau organisasi.

Office manager

PA yang memiliki pengalaman dan kinerja yang baik bisa dipromosikan menjadi office manager. Office manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi operasional kantor secara keseluruhan. Office manager bertanggung jawab untuk mengatur dan mengkoordinasikan sumber daya manusia, keuangan, administrasi, logistik, dan fasilitas kantor. Office manager juga bisa berperan sebagai perwakilan atau juru bicara kantor.

Business manager

PA yang memiliki pengalaman dan kinerja yang baik bisa dipromosikan menjadi business manager. Business manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan bisnis atasan mereka. Business manager bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi, tujuan, dan anggaran bisnis. Business manager juga bertanggung jawab untuk menjalin dan memelihara hubungan dengan klien, mitra bisnis, media, atau pihak lain yang berhubungan dengan bisnis.

Yang Harus Kalian Ketahui Personal Assistant

Yang perlu Anda ketahui sebelum bekerja menjadi Personal Assistant :

  • Anda harus mengetahui bahwa pekerjaan PA adalah pekerjaan yang menuntut, menantang, dan stres. Anda harus siap untuk bekerja di bawah tekanan, deadline, dan tanggung jawab yang tinggi. Anda juga harus siap untuk menghadapi berbagai situasi, masalah, atau konflik yang mungkin terjadi dalam pekerjaan.
  • Anda harus mengetahui bahwa pekerjaan PA adalah pekerjaan yang fleksibel, dinamis, dan bervariasi. Anda harus siap untuk bekerja di berbagai tempat, waktu, dan kondisi sesuai dengan kebutuhan atasan Anda. Anda juga harus siap untuk melakukan berbagai tugas, kegiatan, atau proyek yang mungkin berubah-ubah sesuai dengan permintaan atasan Anda.
  • Anda harus mengetahui bahwa pekerjaan PA adalah pekerjaan yang membutuhkan komitmen, loyalitas, dan integritas. Anda harus siap untuk memberikan dukungan, bantuan, dan solusi terbaik untuk atasan Anda. Anda juga harus siap untuk menjaga kerahasiaan, kepercayaan, dan reputasi atasan Anda.

Profesi Lainnya

profesi bidan

Bidan

Bidan adalah seorang profesional medis yang khusus terlatih untuk memberikan perawatan kesehatan kepada ibu hamil, melahirkan, dan pasien perempuan lainnya. Profesi ini memegang peranan penting

Read More »
profesi business analyst

Business Analyst

Business analyst atau analisa bisnis adalah salah satu profesi yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Biasanya seorang business analyst diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan analisa yang lebih mendalam

Read More »
application engineer

Application Engineer

Pekerjaan Application Engineer merupakan salah satu peran penting dalam industri teknologi. Seorang Application Engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan, menerapkan, dan memelihara aplikasi perangkat lunak. Mereka

Read More »
profesi resepsionis

Resepsionis

Resepsionis merupakan peran yang sudah sangat lumrah ditemui, terlebih di industri yang mengedepankan hospitality seperti perhotelan dan restoran. Tidak hanya di hotel dan restoran, resepsionis

Read More »
produk manajer

Produk Manajer

Sebuah produk tidak akan disukai oleh masyarakat jika tidak dikembangkan dengan baik sejak awal. Dalam mengembangkan produk, terdapat berbagai macam langkah yang harus dilakukan. Hal

Read More »
polisi

Polisi

Anggota polisi adalah orang yang bekerja sebagai petugas atau pegawai pada institusi kepolisian. Tugas utama anggota polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan

Read More »