mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Finance / Keuangan

Pekerjaan bagian finance adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan suatu organisasi. Finance bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan, hingga analisis keuangan.

profesi finance / keuangan

Deskripsi Profesi Finance / Keuangan

Pekerjaan bagian finance adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan suatu organisasi.

Finance adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh lulusan perguruan tinggi, terutama dari jurusan akuntansi, manajemen, atau ekonomi. Finance bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan, hingga analisis keuangan.

Finance juga berperan penting dalam memberikan saran dan rekomendasi kepada manajemen terkait dengan investasi, pembiayaan, atau kebijakan keuangan yang sesuai dengan tujuan dan strategi bisnis perusahaan.

Seorang finance bertanggung jawab untuk mencari, mengalokasikan, mengelola, dan melakukan pembayaran untuk perusahaan. Selain itu, finance juga harus mengatur kebutuhan uang kas perusahaan dan memastikan sesuai dengan pencatatan yang sudah dilakukan oleh bagian accounting. Finance juga memberikan saran dan analisis kepada manajemen perusahaan tentang rencana bisnis, investasi, anggaran, dan risiko keuangan.

Pekerjaan bagian finance membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang tinggi di bidang keuangan, akuntansi, matematika, statistik, dan ekonomi. Selain itu, pekerjaan ini juga mengharuskan kemampuan komunikasi, kerjasama tim, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang baik. Pekerjaan bagian finance biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan, akuntansi, manajemen, atau bisnis.

Pekerjaan bagian finance dapat ditemukan di berbagai sektor industri, seperti perbankan, asuransi, manufaktur, perdagangan, jasa, pemerintahan, dan lain-lain. Pekerjaan ini juga memiliki berbagai tingkatan dan spesialisasi, seperti staff keuangan, analis keuangan, akuntan, auditor, manajer keuangan, direktur keuangan, dan chief financial officer (CFO). Pekerjaan bagian finance menawarkan prospek karir yang menarik dan menantang bagi orang-orang yang tertarik di bidang ini.

Jobdesk Finance / Keuangan

Sebagai seorang finance, ada beberapa jobdesk, tugas, dan tanggung jawab yang harus dilakukan, antara lain:

  • Melakukan eksekusi pembayaran tagihan perusahaan, seperti pajak, gaji karyawan, atau supplier.
  • Mengecek kebenaran laporan keuangan perusahaan dan melakukan investigasi jika ada angka yang kurang wajar.
  • Membuat budgeting dan analisis keuangan perusahaan dan merekomendasikannya kepada manajemen perusahaan.
  • Menyusun laporan keuangan bulanan, kuartalan, atau tahunan dan menyajikannya kepada manajemen perusahaan.
  • Mengawasi arus kas masuk dan keluar perusahaan dan memastikan ketersediaan dana yang cukup untuk operasional perusahaan.
  • Menilai kelayakan investasi atau proyek baru dari segi keuangan dan memberikan saran tentang risiko dan imbal hasilnya.
  • Menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, seperti bank, auditor, pemerintah, atau investor.

Kualifikasi Finance:

Berikut adalah beberapa kualifikasi finance yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin bekerja di bidang ini:

  • Gelar sarjana di bidang keuangan, akuntansi, ekonomi, manajemen, atau statistika. Gelar ini akan membantu Anda memahami konsep-konsep dasar dan terapan dalam mengelola keuangan perusahaan atau organisasi.
  • Pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidang keuangan, baik di lembaga keuangan, perusahaan swasta, pemerintah, atau organisasi non-profit. Pengalaman ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan analisis, komunikasi, negosiasi, dan pengambilan keputusan yang dibutuhkan dalam profesi finance.
  • Sertifikasi profesional yang relevan dengan bidang keuangan, seperti Akuntan Publik Bersertifikat (CPA), Akuntan Manajemen Bersertifikat (CMA), Analis Keuangan Bersertifikat (CFA), atau Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP). Sertifikasi ini akan menunjukkan kompetensi dan kredibilitas Anda sebagai seorang finance yang mampu memberikan nasihat dan solusi keuangan yang tepat dan berkualitas.
  • Keterampilan dan pengetahuan yang luas dan mendalam tentang berbagai aspek keuangan, seperti analisis data, laporan keuangan, perencanaan bisnis, anggaran, pajak, investasi, asuransi, pensiun, risiko, dan lain-lain. Keterampilan dan pengetahuan ini akan membantu Anda melakukan tugas-tugas finance dengan efektif dan efisien.
  • Kepribadian yang profesional, jujur, bertanggung jawab, teliti, kritis, inovatif, dan berorientasi pada hasil. Kepribadian ini akan membantu Anda menjalin hubungan baik dengan klien, kolega, atasan, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan kegiatan finance.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Finance / Keuangan

Untuk menjalankan pekerjaan bagian finance dengan baik, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, antara lain:

  • Akuntansi: kemampuan untuk mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, melaporkan, dan menganalisis transaksi keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
  • Analisis data: kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data keuangan perusahaan menggunakan metode statistik atau matematik yang tepat.
  • Software keuangan: kemampuan untuk menggunakan software keuangan yang umum digunakan di dunia kerja, seperti Microsoft Excel, QuickBooks, SAP, Oracle, atau lainnya.
  • Komunikasi: kemampuan untuk menyampaikan informasi keuangan secara jelas dan efektif kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan secara lisan maupun tertulis.
  • Kerjasama tim: kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam tim atau departemen yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.

Cara Menjadi Finance / Keuangan

Untuk menjadi seorang finance, ada beberapa langkah yang bisa diikuti, antara lain:

  • Menempuh pendidikan formal di jurusan yang berkaitan dengan keuangan, seperti akuntansi, manajemen, ekonomi, atau matematika.
  • Mengikuti magang, pelatihan, atau kursus yang berkaitan dengan keuangan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan praktis.
  • Mencari lowongan pekerjaan sebagai finance staff di berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa keuangan, seperti lembaga keuangan, perusahaan asuransi, supermarket, badan amal, produsen, pemerintah daerah, utulitas, organisasi industri, otoritas kesehatan, pengecer, perusahaan IT, universitas atau perguruan tinggi, dan perusahaan teknik.
  • Mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai finance, seperti akuntansi, analisis data, software keuangan, komunikasi, dan kerjasama tim.
  • Mempersiapkan diri untuk menghadapi tes dan wawancara kerja sebagai finance dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan umum dan spesifik yang berkaitan dengan keuangan.
  • Mendapatkan sertifikat profesional yang relevan dengan bidang keuangan, seperti Chartered Financial Analyst (CFA), Certified Management Accountant (CMA), atau Certified Public Accountant (CPA).

Jenjang Karir Finance / Keuangan

Seorang finance bisa memiliki jenjang karir yang menjanjikan jika memiliki kinerja yang baik dan terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Beberapa posisi karir yang bisa dicapai oleh seorang finance adalah:

  • Finance staff: posisi awal sebagai finance yang bertugas melakukan eksekusi pembayaran tagihan, mengecek kebenaran laporan keuangan, membuat budgeting dan analisis keuangan, dan menyusun laporan keuangan bulanan.
  • Finance supervisor: posisi selanjutnya sebagai finance yang bertugas mengawasi kinerja finance staff dan memberikan bimbingan dan arahan kepada mereka. Finance supervisor juga bertanggung jawab untuk mengawasi arus kas perusahaan dan menilai kelayakan investasi atau proyek baru.
  • Finance manager: posisi tertinggi sebagai finance yang bertugas menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, seperti bank, auditor, pemerintah, atau investor. Finance manager juga bertanggung jawab untuk membuat strategi dan kebijakan keuangan perusahaan dan menyajikannya kepada manajemen perusahaan.

Yang Harus Kalian Ketahui Finance / Keuangan

Sebelum bekerja sebagai seorang finance, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain:

  • Pekerjaan bagian finance membutuhkan ketelitian, kecermatan, dan kemampuan menghitung yang tinggi. Seorang finance harus bisa menangani angka-angka dengan akurat dan cepat.
  • Pekerjaan bagian finance juga membutuhkan kemampuan analisis dan problem solving yang baik. Seorang finance harus bisa menganalisis data keuangan perusahaan dan memberikan solusi atau saran yang tepat untuk mengatasi masalah atau tantangan keuangan yang dihadapi perusahaan.
  • Pekerjaan bagian finance juga membutuhkan kemampuan komunikasi dan kerjasama tim yang baik. Seorang finance harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Seorang finance juga harus bisa bekerja sama dengan orang lain dalam tim atau departemen yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.

Profesi Lainnya

master of ceremony

MC (Master of Ceremony)

Orang yang akan memimpin serangkaian acara, baik formal maupun nonformal agar acara dapat berjalan lancar dan meninggalkan kesan positif disebut sebagai MC (Master of Ceremony). MC

Read More »
panitera

Panitera

Panitera adalah salah satu profesi yang memiliki peran penting di dalam sistem peradilan. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan tugas administratif yang berkaitan dengan persidangan dan

Read More »
guru tk

Guru TK

Pekerjaan Guru TK adalah pekerjaan yang melibatkan mengajar, merawat, dan mengembangkan anak-anak usia 4-6 tahun dalam pendidikan awal atau taman kanak-kanak (TK). Guru TK bertanggung

Read More »
profesi real estate

Perencanaan dan Pengembangan Real Estate

Pekerjaan perencanaan dan pengembangan real estate melibatkan proses merencanakan, mengorganisasi, dan mengembangkan properti secara komprehensif. Para profesional di bidang ini bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, menganalisis,

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Daerah

Pegawai Negeri Daerah (PND) adalah seseorang yang bekerja untuk pemerintah daerah dalam suatu negara. Mereka merupakan bagian dari aparatur sipil negara (ASN) dan bertanggung jawab

Read More »
profesi ekonom

Ekonom

Profesi ekonom memainkan peran krusial dalam memahami dan menganalisis dinamika ekonomi serta memberikan panduan penting untuk pengambilan keputusan bisnis. Seorang ekonom mengkaji perilaku manusia dalam

Read More »