mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Enumerator

Enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengumpulkan data dari responden melalui wawancara, survei, atau sensus.

profesi enumerator

Deskripsi Profesi Enumerator

Enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengumpulkan data dari responden melalui wawancara, survei, atau sensus. Enumerator biasanya bekerja untuk lembaga penelitian, pemerintah, atau organisasi non-pemerintah yang membutuhkan data untuk keperluan analisis, perencanaan, atau evaluasi. Enumerator dapat bekerja di lapangan atau di kantor, tergantung pada jenis dan sumber data yang dikumpulkan.

Enumerator harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan analisis yang tajam, dan integritas yang tinggi. Enumerator juga harus mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim, mengikuti protokol dan pedoman yang ditetapkan, serta menggunakan peralatan dan teknologi yang sesuai.

Pekerjaan enumerator biasanya bersifat sementara dan berdurasi sesuai dengan kebutuhan proyek. Pekerjaan enumerator dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka yang tertarik dengan bidang statistik, penelitian, atau kebijakan publik.

Jobdesk Enumerator

Tugas dan Tanggung Jawab Enumerator

Jobdesk, tugas, dan tanggung jawab enumerator dapat berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan dan lembaga yang mempekerjakan mereka. Namun, secara umum, ada beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh enumerator, yaitu:

  • Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data, seperti kuesioner, formulir, pensil, kamera, perekam suara, GPS, dll.
  • Mengidentifikasi dan mencari responden yang sesuai dengan kriteria penelitian
  • Melaksanakan survei dan pengumpulan data sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Mengunjungi lokasi yang ditentukan untuk melakukan wawancara dan pengumpulan informasi dari responden.
  • Menjelaskan tujuan survei kepada responden dengan jelas dan menjawab pertanyaan mereka dengan baik.
  • Menggunakan alat survei yang ditentukan, seperti kuesioner atau perangkat elektronik, untuk mencatat data yang relevan.
  • Melakukan wawancara atau survei dengan responden secara tatap muka, telepon, online, atau metode lainnya
  • Mengisi kuesioner atau formulir dengan data yang diperoleh dari responden secara akurat dan lengkap
  • Memeriksa kembali data yang telah dikumpulkan untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan
  • Mengirimkan data yang telah dikumpulkan ke supervisor atau lembaga yang bersangkutan sesuai dengan jadwal dan prosedur yang ditetapkan
  • Menjaga kerahasiaan data responden dan etika penelitian

Kualifikasi Enumerator

  • Pendidikan minimal SMA atau setara.
  • Pengalaman sebagai Enumerator dalam survei atau penelitian lapangan dianggap sebagai nilai tambah.
  • Kemampuan komunikasi yang baik dan mampu berinteraksi dengan responden dengan baik.
  • Kemampuan mendengarkan aktif dan mengajukan pertanyaan yang relevan.
  • Ketelitian dan akurasi dalam pengumpulan data.
  • Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan mematuhi tenggat waktu.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan memiliki inisiatif.
  • Kemampuan untuk menggunakan perangkat elektronik dan aplikasi survei akan menjadi nilai tambah.
  • Dapat mengoperasikan kendaraan bermotor dan memiliki SIM (jika diperlukan).

Keahlian Yang Harus Dimiliki Enumerator

Untuk menjadi enumerator yang handal dan profesional, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh enumerator, yaitu:

  • Keahlian komunikasi: Enumerator harus mampu berkomunikasi dengan responden dengan cara yang efektif, ramah, jelas, dan persuasif. Enumerator juga harus mampu mendengarkan dengan baik dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.
  • Keahlian analisis: Enumerator harus mampu menganalisis data yang diperoleh dari responden dengan cara yang objektif, logis, dan kritis. Enumerator juga harus mampu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul saat mengumpulkan data, seperti responden yang tidak kooperatif, data yang tidak konsisten, atau alat yang rusak.
  • Keahlian organisasi: Enumerator harus mampu mengatur waktu, sumber daya, dan tugas-tugas yang harus dilakukan dengan baik. Enumerator juga harus mampu bekerja secara sistematis, rapi, dan teliti dalam mengumpulkan dan menyimpan data.
  • Keahlian adaptasi: Enumerator harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang berbeda-beda saat mengumpulkan data. Enumerator juga harus mampu menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi saat bekerja di lapangan, seperti cuaca, transportasi, keamanan, atau budaya.

Cara Menjadi Enumerator

Untuk menjadi enumerator, ada beberapa langkah yang dapat diikuti oleh calon enumerator, yaitu:

  • Mencari informasi tentang lowongan pekerjaan enumerator yang tersedia di berbagai media, seperti internet, koran, atau teman
  • Melamar pekerjaan enumerator sesuai dengan kualifikasi dan minat
  • Mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh lembaga yang mempekerjakan enumerator, seperti tes tertulis, wawancara, atau simulasi
  • Mengikuti pelatihan atau briefing yang diberikan oleh lembaga yang mempekerjakan enumerator sebelum memulai pekerjaan
  • Melaksanakan pekerjaan enumerator sesuai dengan instruksi dan standar yang ditetapkan oleh lembaga yang mempekerjakan enumerator

Jenjang Karir Enumerator

Jenjang karir enumerator dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan, lembaga yang mempekerjakan, dan prestasi kerja enumerator. Namun, secara umum, ada beberapa jenjang karir yang dapat dicapai oleh enumerator, yaitu:

  • Enumerator junior: Enumerator yang baru mulai bekerja sebagai enumerator atau memiliki pengalaman kerja kurang dari satu tahun. Enumerator junior biasanya bekerja di bawah bimbingan dan pengawasan supervisor atau enumerator senior.
  • Enumerator senior: Enumerator yang telah memiliki pengalaman kerja sebagai enumerator lebih dari satu tahun atau telah menyelesaikan beberapa proyek penelitian. Enumerator senior biasanya bekerja secara mandiri dan bertanggung jawab atas kualitas data yang dikumpulkan.
  • Supervisor: Enumerator yang telah memiliki pengalaman kerja sebagai enumerator lebih dari dua tahun atau telah menunjukkan kinerja yang baik dan profesional. Supervisor biasanya bertugas untuk mengkoordinasikan, membimbing, dan mengawasi tim enumerator yang bekerja di lapangan.
  • Peneliti lapangan: Enumerator yang telah memiliki pengalaman kerja sebagai enumerator lebih dari tiga tahun atau memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang penelitian. Peneliti lapangan biasanya bertugas untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi proyek penelitian lapangan.

Yang Harus Kalian Ketahui Enumerator

Sebelum bekerja sebagai enumerator, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon enumerator, yaitu:

  • Pekerjaan enumerator adalah pekerjaan yang menantang dan bermanfaat. Enumerator dapat belajar banyak hal baru dari responden dan lingkungan kerja. Enumerator juga dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat melalui data yang dikumpulkan.
  • Pekerjaan enumerator juga adalah pekerjaan yang berisiko dan melelahkan. Enumerator harus siap menghadapi berbagai kesulitan dan bahaya saat bekerja di lapangan, seperti cuaca ekstrem, gangguan keamanan, penyakit menular, atau konflik sosial. Enumerator juga harus siap bekerja dengan jadwal yang ketat dan deadline yang mendesak.
  • Pekerjaan enumerator membutuhkan komitmen dan tanggung jawab yang tinggi. Enumerator harus selalu menjaga profesionalisme dan integritas dalam mengumpulkan data. Enumerator juga harus selalu menghormati hak dan kewajiban responden serta etika penelitian.

Profesi Lainnya

profesi scrum master

Scrum Master

Pekerjaan Scrum Master adalah peran kunci dalam metodologi pengembangan perangkat lunak yang dikenal sebagai Scrum. Scrum Master bertanggung jawab untuk memfasilitasi tim pengembangan dalam mencapai

Read More »
admin gudang

Admin Gudang

Sebuah perusahaan dagang dan manufacturing umumnya terdiri atas beberapa divisi, dan salah satu divisinya adalah divisi logistik atau pergudangan. Pada divisi logistik umumnya ada seorang

Read More »
sales di lembaga keuangan

Sales di Lembaga Keuangan

Sales di lembaga keuangan adalah peran yang penting dalam mempromosikan dan menjual produk dan layanan keuangan kepada pelanggan potensial. Lembaga keuangan, seperti bank, perusahaan asuransi,

Read More »
guru sd

Guru SD

Pekerjaan sebagai guru Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda. Seorang guru SD bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dasar kepada

Read More »
lead generator specialist

Lead Generator Specialist

Apa itu profesi Lead Generator Specialist? Lead generator specialist adalah seseorang yang bertugas untuk mencari dan menghubungi calon pelanggan yang berpotensi tertarik dengan produk atau

Read More »
technopreneur

Technopreneur

Technopreneur adalah seorang wirausahawan yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan produk atau jasa yang inovatif dan bernilai. Technopreneur tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga keterampilan

Read More »