mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Data Entry

Pekerjaan data entry adalah pekerjaan yang melibatkan penginputan, pemrosesan, dan pengelolaan data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer atau database.

profesi data entry

Deskripsi Profesi Data Entry

Data entry adalah salah satu profesi yang banyak dicari oleh orang-orang yang ingin bekerja secara fleksibel, cepat, dan mudah. Pekerjaan ini melibatkan penginputan data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer atau database. Data yang diinput bisa berupa angka, huruf, simbol, kode, atau informasi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi.

Pekerjaan data entry adalah pekerjaan yang melibatkan penginputan, pemrosesan, dan pengelolaan data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer atau database. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh operator data entry yang memiliki keterampilan mengetik cepat dan akurat, serta menguasai perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data. Pekerjaan data entry dapat mencakup berbagai jenis data, seperti teks, angka, gambar, audio, video, atau kombinasi dari semuanya.

Pekerjaan bagian data entry bisa dilakukan di berbagai bidang, seperti keuangan, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, atau bisnis. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara online atau offline, tergantung pada kebutuhan dan kesepakatan dengan pihak yang memberikan pekerjaan.

Pekerjaan data entry memiliki peran penting dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan lain-lain. Pekerjaan data entry membantu memastikan bahwa data yang disimpan dan digunakan adalah akurat, lengkap, dan terbaru.

Jobdesk Data Entry

Data entry adalah pekerjaan yang melibatkan penginputan data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer perusahaan. Data entry biasanya bekerja di bidang seperti ritel, transportasi, keuangan, dan kesehatan. Data entry juga dapat bekerja secara remote dari rumah dengan menggunakan software pemrosesan data.

Tugas utama data entry adalah memasukkan data ke dalam database perusahaan dengan cepat dan akurat. Data entry harus mempersiapkan dan menyortir dokumen sebelum memasukkan datanya, memeriksa dan memastikan keakuratan data, menyelesaikan perbedaan informasi dan data yang tidak lengkap, membuat data cadangan, menanggapi permintaan informasi dari pihak yang berwenang, menguji sistem database baru dan pembaruan software, mengelola dokumen dan catatan dengan baik, menyiapkan laporan yang relevan, menerima dan memproses invoice, mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan saat memasukkan data.

Berikut ini adalah rincian tugas seorang data entry secara umum:

  • Menginput data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer atau database sesuai dengan format dan standar yang ditentukan.
  • Memeriksa keakuratan dan kelengkapan data yang diinput dan melakukan koreksi jika diperlukan.
  • Menjaga kerahasiaan dan keamanan data yang diinput dan tidak menyalahgunakan atau menyebarluaskan data tersebut tanpa izin.
  • Melaporkan kemajuan, hasil, atau masalah yang terkait dengan pekerjaan data entry kepada atasan atau klien secara berkala.
  • Membuat backup atau salinan data yang diinput untuk mencegah kehilangan atau kerusakan data akibat gangguan teknis atau faktor lainnya.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi data entry adalah sebagai berikut:

  • Memiliki keterampilan mengetik yang cepat dan akurat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan dan tertulis.
  • Memiliki pengetahuan tentang software pemrosesan data seperti Microsoft Excel, Word, dan Access.
  • Memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik.
  • Memiliki integritas, kejujuran, dan tanggung jawab yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun tim.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan deadline.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Data Entry

Selain kualifikasi pendidikan dan jobdesk yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh pekerja bagian data entry agar dapat bekerja dengan baik dan efisien. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Keahlian analitis. Anda harus mampu memilah-milah data yang relevan dan tidak relevan dari sumber-sumber yang berbeda-beda dan menginputnya dengan cara yang logis dan sistematis.
  • Keahlian organisasi. Anda harus mampu mengelola data yang banyak dan beragam dengan cara yang rapi dan terstruktur sehingga mudah untuk diakses dan diproses.
  • Keahlian komunikasi. Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pihak-pihak yang terkait dengan pekerjaan data entry, seperti atasan, rekan kerja, atau klien. Anda harus mampu menyampaikan informasi, instruksi, laporan, atau masalah yang berkaitan dengan data entry dengan jelas dan tepat.
  • Keahlian teknis. Anda harus mampu mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang berkaitan dengan data entry dengan lancar dan tanpa kesalahan. Anda juga harus mampu memecahkan masalah teknis yang mungkin terjadi saat melakukan data entry.

Cara Menjadi Data Entry

Untuk menjadi pekerja bagian data entry, Anda tidak memerlukan pendidikan formal tertentu. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan ini, yaitu:

  • Meningkatkan kemampuan mengetik Anda. Anda bisa melatih kemampuan mengetik Anda dengan menggunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan latihan mengetik secara gratis atau berbayar. Anda juga bisa mengikuti kursus atau sertifikasi mengetik yang diakui oleh pemberi kerja.
  • Meningkatkan kemampuan komputer Anda. Anda bisa belajar mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang berkaitan dengan data entry dengan mengikuti tutorial online, buku, atau kursus yang tersedia. Anda juga bisa mengikuti sertifikasi komputer yang diakui oleh pemberi kerja.
  • Mencari pengalaman kerja. Anda bisa mencari pengalaman kerja sebagai pekerja bagian data entry dengan menjadi sukarelawan, magang, atau bekerja paruh waktu di perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa data entry. Hal ini akan membantu Anda membangun portofolio dan jaringan kerja Anda.
  • Mencari lowongan pekerjaan. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan sebagai pekerja bagian data entry di berbagai media, seperti situs web, koran, majalah, atau radio. Anda juga bisa menggunakan jasa agen penyalur tenaga kerja atau konsultan karir untuk membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda.

Jenjang Karir Data Entry

Pekerja bagian data entry memiliki jenjang karir yang cukup terbatas karena pekerjaan ini bersifat rutin dan monoton. Namun, ada beberapa peluang untuk meningkatkan karir Anda sebagai pekerja bagian data entry, yaitu:

  • Menjadi supervisor atau koordinator data entry. Anda bisa menjadi supervisor atau koordinator data entry jika Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup lama dan memiliki kemampuan manajerial yang baik. Tugas Anda adalah mengawasi dan mengkoordinasikan pekerja-pekerja bagian data entry lainnya dalam menyelesaikan tugas-tugas data entry.
  • Menjadi analis data atau spesialis data. Anda bisa menjadi analis data atau spesialis data jika Anda memiliki latar belakang pendidikan atau sertifikasi yang berkaitan dengan bidang data, seperti statistik, matematika, informatika, atau bisnis. Tugas Anda adalah menganalisis, menginterpretasikan, dan menyajikan data yang diinput oleh pekerja-pekerja bagian data entry untuk keperluan pengambilan keputusan atau peningkatan kinerja perusahaan atau organisasi.
  • Menjadi freelancer atau wiraswasta. Anda bisa menjadi freelancer atau wiraswasta jika Anda ingin bekerja secara mandiri dan fleksibel sebagai pekerja bagian data entry. Anda bisa menawarkan jasa data entry kepada berbagai klien dari berbagai bidang dan negara melalui situs web atau platform online yang menyediakan layanan tersebut.

Yang Harus Kalian Ketahui Data Entry

Sebelum menjadi Data Entry Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  • Persyaratan kerja. Anda harus mengetahui persyaratan kerja yang ditetapkan oleh pemberi kerja, seperti jenis data yang harus diinput, format dan standar data yang harus dipatuhi, jumlah jam kerja yang harus dipenuhi, batas waktu penyelesaian tugas-tugas data entry, dan sistem pembayaran gaji atau honorarium yang digunakan. Anda harus memastikan bahwa Anda mampu dan bersedia memenuhi persyaratan kerja tersebut sebelum menerima pekerjaan.
  • Perlengkapan kerja. Anda harus menyiapkan perlengkapan kerja yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan data entry, seperti komputer, koneksi internet, perangkat lunak, keyboard, mouse, headset, atau alat tulis. Anda harus memastikan bahwa perlengkapan kerja Anda berfungsi dengan baik dan aman dari gangguan teknis atau faktor lainnya yang bisa menghambat pekerjaan Anda.
  • Kesehatan dan kesejahteraan. Anda harus menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda saat bekerja sebagai pekerja bagian data entry. Pekerjaan ini bisa menimbulkan risiko seperti kelelahan mata, sakit punggung, stres, atau kebosanan. Anda harus melakukan hal-hal seperti beristirahat secara teratur, minum air yang cukup, mengatur posisi duduk yang nyaman, menghindari gangguan atau distraksi, atau melakukan aktivitas fisik atau hobi yang menyenangkan untuk mencegah atau mengatasi risiko tersebut.

Profesi Lainnya

vlogger

Vlogger

Vlogger adalah singkatan dari video blogger, yaitu seseorang yang membuat dan memelihara blog yang sebagian besar berisi video daripada teks atau gambar. Vlogger biasanya membuat

Read More »
profesi beauty advisor

Beauty Advisor

Apakah Anda suka berdandan, merawat kulit, dan memberi saran kecantikan kepada orang lain? Jika ya, mungkin Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan “Beauty

Read More »
profesi teknisi radiologi

Teknisi Radiologi Medis

Pekerjaan teknisi radiologi medis adalah salah satu profesi penting dalam dunia kesehatan. Teknisi radiologi medis berperan dalam mengoperasikan peralatan radiologi untuk menghasilkan gambaran internal tubuh

Read More »
profesi model

Model

Apa itu model? Secara umum model adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau

Read More »
profesi arkeolog

Arkeolog

Arkeolog adalah profesi pekerjaan yang mendalami bidang prasejarah atau peninggalan sejarah seperti bangunan, fosil, artefak, dan lainnya. Arkeolog bertugas untuk meneliti, mengkaji, dan menginterpretasikan kehidupan dan

Read More »
pengasuh bayi

Pengasuh Anak Bayi

Pengasuh anak bayi adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara bayi secara keseluruhan. Pekerjaan ini melibatkan memberikan perhatian dan perawatan pribadi yang

Read More »