mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Creative Director

Creative Director adalah seorang pemimpin tim kreatif yang bertugas untuk membuat, merencanakan, dan menyampaikan visi strategis perusahaan kepada klien. Creative Director adalah pimpinan tim kreatif yang biasanya terdiri dari art director, videografer, copywriter, desainer, dan ilustrator.

creative director

Deskripsi Profesi Creative Director

Creative Director adalah seorang pemimpin dalam sebuah tim kreatif yang biasanya diisi oleh copywriter, videografer, advertiser, dan desainer. Creative Director umumnya bekerja di badan periklanan atau dalam tim pemasaran sebuah perusahaan. Tugas utamanya adalah membuat, merencanakan, dan memberikan visi strategis untuk perusahaan dan terlibat dalam perencanaan merek atau iklan hingga mengawasi seluruh proses kreatif .

Creative director terlibat dalam perencanaan merek atau iklan, mulai dari tahap brainstorming ide hingga perilisan hasil kreatif.

Selain itu, creative director juga bertanggung jawab untuk memastikan proyek selesai sesuai dengan waktu dan anggaran yang ditentukan .

Creative Director juga memiliki peran penting dalam industri seni dan hiburan seperti produksi televisi, desain grafis, musik, video game, iklan, majalah, dan studio film. Selain itu, profesi ini juga ditemukan di perusahaan pengembangan web dan pengembangan software. Dengan tanggung jawabnya yang luas dan perannya sebagai pemimpin tim kreatif, Creative Director memainkan peran sentral dalam menghasilkan konten kreatif yang memengaruhi citra merek dan kesuksesan proyek-proyek kreatif.

Industri yang Membutuhkan Creative Director

Peran creative director penting dalam berbagai industri seni dan hiburan seperti produksi televisi, desain grafis, musik, video game, iklan, majalah, dan studio film. Profesi ini juga ditemukan di perusahaan pengembangan web dan pengembangan software. Creative director sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan produk kreatif.

Jobdesk Creative Director

Tanggung jawab:

  1. Mengkonsep dan menjalankan kampanye media sosial berdampak tinggi yang selaras dengan tujuan pemasaran
  2. Mengembangkan alur cerita yang menarik dan identitas visual yang sesuai dengan target audiens kami.
  3. Memimpin dan menginspirasi tim kreatif (videografer, fotografer, desainer grafis) untuk menghadirkan konten yang luar biasa.
  4. Mengintegrasikan tren media sosial yang sedang berkembang ke dalam strategi konten berbasis data untuk jangkauan dan keterlibatan maksimum.
  5. Menganalisis data kinerja media sosial dan manfaatkan wawasan untuk mengoptimalkan konten dan strategi kampanye.
  6. Mengelola beberapa proyek secara bersamaan dan penuhi tenggat waktu secara efisien.

Kualifikasi :

  • Seorang pendongeng visual dengan gelar Sarjana dan/atau 2-3 tahun pengalaman profesional di bidang terkait.
  • Memiliki Ketertarikan pada desain, berita utama, dan kreativitas.
  • Independen, kepemimpinan yang kuat, motivasi diri, mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan, pembangun tim, pembelajar yang cepat.
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan banyak tugas dan memenuhi tenggat waktu dengan tetap memperhatikan detail.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang kuat (lisan dan tulisan).
  • Keterampilan komunikasi interpersonal yang sangat baik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Creative Director

Sebagai seorang Creative Director, ada beberapa keahlian yang sangat penting untuk dikuasai. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang Creative Director:

  1. Kreativitas Tinggi
    Sebagai Creative Director, Anda akan menentukan arahan kreatif sebuah merek atau proyek dan menerjemahkannya ke dalam karya visual. Kreativitas yang tinggi sangat diperlukan untuk menghasilkan arahan yang unik dan membedakan merek dari yang lain.
  2. Desain
    Pengetahuan dan skill desain yang mumpuni adalah hal wajib bagi seorang Creative Director. Anda akan memberikan arahan kepada tim desainer mengenai desain yang harus dikembangkan agar sesuai dengan permintaan klien.
  3. Storytelling
    Selain melalui presentasi biasa, teknik storytelling juga penting untuk menyampaikan arahan kreatif kepada klien. Dengan cerita yang kuat, Anda dapat menjelaskan proses kreatif di balik arahan yang telah dibuat dan membuat merek lebih menarik bagi calon pelanggan.
  4. Komunikasi yang Baik
    Sebagai pemimpin tim kreatif, Anda akan berdiskusi dengan klien dan bekerja sama dengan anggota tim seperti desainer dan copywriter. Kemampuan komunikasi yang baik memastikan arahan dari klien diterjemahkan dengan baik ke dalam visual yang sudah dipersiapkan.
  5. Leadership
    Sebagai Creative Director, Anda akan memimpin tim dan bertanggung jawab untuk mengembangkan visi strategis merek atau proyek. Kemampuan kepemimpinan sangat penting untuk menginspirasi dan membimbing anggota tim.
  6. Project Management
    Creative Director
    adalah seorang pemimpin tim kreatif yang bekerja dengan tim untuk membuat, merencanakan, dan menyampaikan visi strategis kepada klien. Mereka mengawasi seluruh proses kreatif dan membimbing tim dalam menghasilkan karya yang memenuhi tujuan merek atau proyek.

 

Cara Menjadi Creative Director

Cara Menjadi Creative Director

  1. Menempuh pendidikan sampai tingkat sarjana: Kamu perlu memperoleh gelar sarjana di bidang yang relevan seperti seni, pemasaran, atau desain grafis.
  2. Mendapatkan pengalaman kerja di bidang kreatif / periklanan: Pengalaman relevan di industri ini akan menjadi nilai tambah saat melamar lowongan sebagai creative director.
  3. Buat portofolio lamaran kerja: Tunjukkan hasil kreatif yang pernah kamu buat dalam portofolio.
  4. Buat CV menarik: Pastikan CV kamu mencerminkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi creative director.

Jenjang Karir Creative Director

Jenjang karier seorang Creative Director dimulai dari staf desain grafis hingga mencapai posisi Creative Director setelah melewati beberapa tahap seperti senior desain grafis dan art director . Jadi bagi Anda yang ingin menjadi Creative Director, persiapkan diri dengan pendidikan yang relevan, sertifikasi yang diperlukan, pengalaman kerja yang relevan, portofolio lamaran kerja yang menar

Yang Harus Kalian Ketahui Creative Director

Sebagai orang nomor satu di sebuah tim kreatif, Creative Director dituntut untuk:

  1. Membuat konsep kreatif: Salah satu tugas seorang creative director adalah mengkonsep sebuah iklan/campaign secara kreatif dalam berbagai bentuk mulai dari video, copywriting, dan gambar.
  2. Mengawasi pekerjaan tim: Agar permintaan selesai tepat waktu, Creative Director dituntut untuk mampu mengawasi pekerjaan tim yang ia pimpin secara maksimal. Ia tidak hanya diharuskan untuk mengecek sejauh mana pengerjaan, tapi juga apa yang dihasilkan oleh timnya.
  3. Membuat laporan kinerja: Setiap pekerjaan yang sudah dilakukan oleh tim di bawahnya, akan masuk ke dalam catatan Creative Director. Hal ini bisa berupa waktu hingga kualitas pengerjaan. Catatan ini akan dikumpulkan menjadi sebuah laporan yang akan dipresentasikan ke atasan hingga ke klien

Profesi Lainnya

profesi telemarketer

Telemarketer

Apa itu Pekerjaan Telemarketer ? Telemarketer merupakan salah satu posisi yang penting dalam dunia pemasaran modern. Mereka adalah ahli dalam berkomunikasi melalui telepon dengan calon

Read More »
profesi sommelier

Sommelier

Seiring dengan berkembangnya industri perhotelan dan perrestaurantan, pekerjaan sebagai sommelier semakin populer. Seorang sommelier adalah seorang ahli dalam dunia anggur dan minuman beralkohol, yang bertanggung

Read More »
produser rekamar

Produser Rekaman

Pekerjaan produser rekaman adalah peran yang bertanggung jawab atas proses produksi musik dan rekaman. Seorang produser rekaman bekerja dengan artis, musisi, penulis lagu, dan teknisi

Read More »
profesi data scientist

Data Scientist

Data Scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar dengan menggunakan berbagai metode, algoritma, dan teknik. Data scientist harus mampu menggunakan

Read More »
profesi astronot

Astronot

Astronot adalah orang yang telah menjalani pelatihan untuk memimpin, mengendalikan, atau anggota awak pesawat ruang angkasa. Astronot bekerja untuk penerbangan luar angkasa yang dijalankan oleh pemerintah,

Read More »
produser film

Produser Film

Dalam proses pembuatan film membutuhkan banyak produser untuk membimbing beragam departemen. Produser film mengelola sisi bisnis dari proses produksi. Pengertian produser film lebih detail yakni orang

Read More »