mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Quallity Assurance Control

Quality assurance control adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau organisasi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Pekerjaan ini melibatkan pengujian, inspeksi, audit, dan evaluasi terhadap proses dan hasil produksi, serta memberikan umpan balik dan rekomendasi untuk perbaikan.

profesi quality assurance

Deskripsi Profesi Quallity Assurance Control

Apa itu quallity assurance control?

Quallity assurance control adalah proses yang bertujuan untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan oleh suatu organisasi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Proses ini melibatkan pengujian, pengawasan, dan perbaikan secara sistematis terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan kualitas produk atau layanan.

Quallity assurance control penting untuk dilakukan karena dapat memberikan manfaat bagi organisasi, seperti:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan mereka.
  • Meningkatkan reputasi dan citra organisasi di mata pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi dengan mengurangi biaya yang timbul akibat kesalahan, cacat, atau keluhan produk atau layanan.
  • Meningkatkan daya saing organisasi di pasar yang semakin kompetitif dan dinamis.

Untuk melakukan quallity assurance control, organisasi perlu menerapkan beberapa langkah, seperti:

  • Menetapkan standar kualitas yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi, serta sesuai dengan persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku.
  • Melakukan pengukuran dan evaluasi terhadap kinerja produk atau layanan yang dihasilkan oleh organisasi, baik secara internal maupun eksternal.
  • Melakukan analisis dan identifikasi terhadap penyebab masalah atau ketidaksesuaian yang terjadi pada produk atau layanan.
  • Melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan terhadap masalah atau ketidaksesuaian yang terjadi pada produk atau layanan.
  • Melakukan pemantauan dan peninjauan secara berkala terhadap proses quallity assurance control untuk memastikan efektivitas dan efisiensinya.

Quallity assurance control adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam menyediakan produk atau layanan yang berkualitas. Oleh karena itu, organisasi perlu berkomitmen untuk melakukan quallity assurance control secara konsisten dan berkelanjutan.

Jobdesk Quallity Assurance Control

Sebagai quality assurance control, ada beberapa jobdesk, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, antara lain:

  • Membuat dan mengimplementasikan rencana dan prosedur pengendalian mutu yang sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.
  • Melakukan pengujian dan inspeksi terhadap bahan baku, produk setengah jadi, produk jadi, atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.
  • Menggunakan alat ukur, instrumen, perangkat lunak, atau metode lain yang diperlukan untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas produk atau layanan.
  • Mencatat dan menganalisis data hasil pengujian dan inspeksi, serta membuat laporan yang akurat dan lengkap.
  • Mengidentifikasi masalah, penyimpangan, cacat, atau ketidaksesuaian yang terjadi pada proses atau hasil produksi.
  • Memberikan umpan balik dan rekomendasi untuk perbaikan atau tindakan korektif kepada tim produksi atau manajemen.
  • Melakukan audit internal atau eksternal untuk memverifikasi kepatuhan terhadap standar dan regulasi mutu.
  • Melakukan pelatihan atau bimbingan kepada staf produksi atau lainnya mengenai prinsip-prinsip dan praktik pengendalian mutu.
  • Menjaga komunikasi yang baik dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal pengendalian mutu, seperti pemasok, pelanggan, regulator, atau auditor.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Quallity Assurance Control

Untuk menjadi quality assurance control yang handal dan profesional, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, antara lain:

  • Memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang standar dan regulasi mutu yang berlaku di industri terkait.
  • Memiliki kemampuan analitis yang tinggi untuk menginterpretasikan data hasil pengujian dan inspeksi secara objektif dan akurat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi, umpan balik, rekomendasi, atau laporan secara jelas dan efektif kepada pihak-pihak terkait.
  • Memiliki kemampuan kerjasama tim yang baik untuk bekerja secara koordinatif dengan tim produksi atau manajemen dalam hal pengendalian mutu.
  • Memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik untuk menemukan solusi atau tindakan korektif yang tepat dan efisien untuk mengatasi masalah atau ketidaksesuaian yang terjadi pada proses atau hasil produksi.
  • Memiliki kemampuan adaptasi yang baik untuk mengikuti perkembangan teknologi, metode, atau standar mutu yang terus berubah dan berkembang.
  • Memiliki sikap profesional yang tinggi untuk menjaga integritas, etika, dan kualitas kerja sebagai quality assurance control.

Cara Menjadi Quallity Assurance Control

Untuk menjadi quality assurance control, ada beberapa langkah yang dapat diikuti, antara lain:

  • Menyelesaikan pendidikan formal dari jurusan yang relevan dengan bidang industri yang dituju, seperti teknik, kimia, biologi, farmasi, informatika, atau manajemen mutu.
  • Mengikuti pelatihan, kursus, seminar, atau workshop yang berkaitan dengan pengendalian mutu, seperti ISO 9001, Six Sigma, Lean Manufacturing, atau Certified Quality Auditor.
  • Mencari dan melamar pekerjaan sebagai quality assurance control di perusahaan atau organisasi yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.
  • Menjalani proses seleksi dan wawancara dengan menunjukkan kemampuan dan keahlian Anda sebagai quality assurance control.
  • Mendapatkan pekerjaan sebagai quality assurance control dan mulai bekerja dengan tanggung jawab dan profesionalisme.

Jenjang Karir Quallity Assurance Control

Sebagai quality assurance control, ada beberapa jenjang karir yang dapat dicapai, antara lain:

  • Quality Assurance Control Staff: Posisi ini adalah posisi awal atau entry level sebagai quality assurance control. Tugas utamanya adalah melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk atau layanan sesuai dengan standar dan regulasi mutu yang berlaku.
  • Quality Assurance Control Supervisor: Posisi ini adalah posisi pertama sebagai pemimpin tim quality assurance control. Tugas utamanya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pengujian dan inspeksi yang dilakukan oleh staf quality assurance control, serta membuat laporan hasilnya kepada manajemen.
  • Quality Assurance Control Manager: Posisi ini adalah posisi tertinggi sebagai manajer quality assurance control. Tugas utamanya adalah merencanakan dan mengimplementasikan strategi pengendalian mutu yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan atau organisasi, serta berkomunikasi dan bernegosiasi dengan pihak-pihak eksternal seperti pemasok, pelanggan, regulator, atau auditor.

Yang Harus Kalian Ketahui Quallity Assurance Control

Sebelum bekerja sebagai quality assurance control, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain:

  • Bekerja sebagai quality assurance control membutuhkan ketelitian, ketepatan, dan kedisiplinan yang tinggi dalam melakukan pengujian dan inspeksi terhadap produk atau layanan.
  • Bekerja sebagai quality assurance control juga membutuhkan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat dalam menyelesaikan tugas-tugas pengendalian mutu.
  • Bekerja sebagai quality assurance control juga membutuhkan keterbukaan untuk belajar hal-hal baru dan mengikuti perkembangan teknologi, metode, atau standar mutu yang terus berubah dan berkembang.
  • Bekerja sebagai quality assurance control juga membutuhkan komitmen untuk menjaga kualitas produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan atau organisasi agar dapat bersaing di pasar.

Profesi Lainnya

pengertian sem

SEM Specialist

SEM (Search Engine Marketing) kerap dikatakan memiliki peran yang sama dengan SEO Spesialist dalam suatu perusahaan. SEM spesialist mempunyai peran untuk membuat website atau blog

Read More »
profesi konsultan bisnis

Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

Read More »
profesi software engineer

Software Engineer

Apa itu Software Engineer ? Software engineer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak serta sistem komputer. Mereka bekerja

Read More »
dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
pettyserry

Patisseri

Patisseri atau yang dikenal dalam bahasa asalnya Pâtissier, merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk membuat kue dan dessert, seperti pastry, roti, mousse, kue kering, dan

Read More »
sales manager

Sales Manager

Pekerjaan Sales Manager adalah salah satu peran kunci dalam dunia bisnis. Seorang Sales Manager bertanggung jawab untuk mengelola tim penjualan dan mencapai target penjualan perusahaan.

Read More »