mployee logo

Profesi Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online.

profesi content writer

Deskripsi Profesi Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media daring.

Jika diartikan secara harfiah, content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten merupakan orang yang membuat tulisan berupa opini, artikel, berita dan jenis tulisan lainnya yang kemudian dipublikasikan di internet (media daring).

Content writer bisa juga dikatakan sebagai seorang penulis yang membuat konten untuk memberikan informasi tentang sebuah produk atau jasa. Namun, jika diteliti lebih jauh lagi, tentu istilah penulis konten ini punya makna yang lebih luas. Bahkan tidak sesederhana makna harfiah jika dibandingkan tugas, tanggung jawab, hingga peranannya.

Jika diartikan secara umum, maka content writer adalah seorang penulis profesional yang mampu menghadirkan konten-konten menarik untuk kemudian di publikasikan di media daring. 

Mengapa dikatakan profesional? Karena jenis konten atau tulisan yang dibuat, sangat variatif. Tidak terbatas pada artikel daring untuk berbagai jenis website, melainkan juga untuk naskah marketing, podcast, e-book, bahkan teks untuk sebuah grafik dan konten lainnya yang dapat memikat pengunjung sebuah media.

Beberapa Jenis Content Writer

1. SEO Content Writer

Jenis content writer pertama yang perlu kamu ketahui adalah yang berfokus dengan search engine optimization atau SEO. Mereka yang bergerak dalam bidang ini bertugas untuk menulis konten sesuai dengan keyword atau kata kunci yang sudah diatur dalam SEO.

Tak hanya itu, mereka juga perlu menciptakan konten yang ramah dengan elemen-elemen SEO lainnya. Mengapa sebuah konten atau artikel diatur dalam SEO? Sebab, hal ini berguna agar artikel dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian sehingga link akan lebih banyak dibuka oleh audiens. Dengan hal tersebut, website akan lebih banyak mendapatkan pengunjung dan traffic rate akan naik dengan pesat.

Maka dari itu, SEO writer akan memastikan kembali apakah tulisannya sudah memenuhi standar SEO. Selain itu, ia juga akan memastikan apakah topik tulisan sudah memenuhi target audiens.

2. Jurnalistik

Tak sekedar menulis naskah berita, writer dalam bidang jurnalistik juga bisa menulis tulisan lain yang lebih santai, lho! Tulisan tersebut bisa berbentuk artikel entertainment atau feature yang bertujuan untuk menghibur para pembaca setia di platform mereka.

Nah, layaknya reporter, biasanya writer dalam bidang jurnalistik bekerja di portal berita, media, atau website online. Tidak hanya itu, mereka juga terbiasa untuk menuliskan berita untuk media placement atau customer stories.

3. Generalist Content Writer

Jenis content writer berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah generalist writer. Biasanya, generalist writer ini dipilih untuk membuat konten sebanyak-banyaknya tanpa tema yang ditentukan.

Umumnya, mereka juga akan menulis atau membuat konten yang hanya bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan sebuah brand. Walaupun bekerja untuk menulis tanpa tema atau gaya khusus, writer tetap harus bertanggung jawab atas isi konten yang mereka tulis.

4. Technical

Technical writer berkemampuan tinggi dalam mengintepretasikan informasi yang sangat kompleks ke dalam tulisan yang lebih mudah dimengerti oleh orang awam. Technical writer biasanya menulis untuk manual guide produk.

5. Social Media Content Writer

Pernahkah Anda melihat akun brand di Instagram yang berisi konten-konten seru dan interaktif? Nah, konten-konten tersebut ditulis oleh para social media content writer.

Konten-konten yang dibuat tentunya harus menarik, up-to-date, dan interaktif guna menaikkan engagement di media sosial milik brand yang mereka kelola. Selain itu, saat menjadi writer khusus media sosial, Anda dituntut untuk kreatif dan selalu mengikuti tren terbaru di kalangan target audiens.

Jobdesk Content Writer

1. Membuat, mengelola, dan mendistribusikan konten

Distribusi konten di website perusahaan sebagai salah satu tugas dasar dari seorang content writer selain menulis konten. Tugas ini menuntut penulis artikel untuk melakukan update terhadap isi dari blog website berupa artikel rutin, serta berbagai konten lainnya.

Jika content writer menulis di situs web, mereka juga bertanggung jawab untuk menerbitkan, mengatur tanggal, dan juga memastikan apakah kualitas konten sudah masuk ke dalam standar SEO.

2. Mengisi deskripsi produk

Tugas Ini akan dilaksanakan ketika perusahaan memiliki toko online atau sejenisnya. Tugas utamanya adalah mengisi deskripsi-deskripsi produk yang akan ditampilkan di website.

3. Mengelola konten di media sosial

Biasanya yang menangani hal ini adalah seorang Social Media Specialist, tetapi ada kalanya perusahaan juga memberikan job desc tersebut kepada seorang content writer untuk mengatur konten-konten di media sosial perusahaan.

4. Membantu divisi lain (kreatif)

Untuk memenuhi kebutuhan artikel atau segala hal mengenai konten tulisan, bentuknya bisa kalimat untuk poster, newsletter, atau konten-konten lainnya.

5. Melakukan riset keyword

Seorang content writer juga perlu melakukan riset terhadap keyword, namun biasanya akan dibantu oleh seorang optimizer SEO yang tentu saja memiliki tool yang bisa memudahkan proses ini. Keyword yang ditemukan bisa dijadikan sebuah konten artikel untuk website perusahaan.

Riset dilakukan untuk mencari sudut pandang lainnya agar berita tak berat sebelah. Secara spesifik, riset juga penting untuk mengetahui tren terbaru.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Content Writer

Hard Skill Yang Harus dimiliki Content Writer

  • Memiliki Kemampuan Editorial

    Biasanya beberapa perusahaan atau media menyediakan untuk menyunting tulisan sebelum tayang. Namun, content writer yang bekerja di start up atau agency biasanya bekerja secara mandiri. Maka dari itu, kemampuan editorial sangat dibutuhkan untuk mengedit kembali konten sebelum tayang. Biasanya, junior writer akan memberikan konten kepada seniornya untuk dilakukan pengecekan sebelum disetujui.

  • Mempunyai Kemampuan Menulis yang Mumpuni

    Tidak semua orang bisa jadi penulis yang baik dan benar, hal ini tidak bisa dipungkiri. Skill menulis harus dipelajari, termasuk memahami format penulisan yang sesuai kaedah yang berlaku. Menulis kelihatan sangat mudah tapi menulis yang profesional itu harus dipelajari.

  • Paham Format Penulisan yang Baik

    Hard skill yang satu ini perlu dimiliki content writer profesional. Format penulisan yang baik adalah kunci awal agar pembaca mampu terus membaca tulisan Anda. Jadi, seorang content writer harus mampu melakukan self-editing serta memahami struktur kalimat, ejaan bahasa Indonesia yang benar, dan peletakkan tanda baca yang sesuai.

  • Keingintahuan yang Besar

    Sebelum menulis satu tulisan, content writer harus punya kemauan buat menggali informasi dari berbagai tempat untuk mendapatkan data serta informasi yang bisa dipercaya. Beban moral bagi content writer jika informasi yang disajikannya ternyata tidak benar, apalagi mengandung hoaks. Melakukan riset ini merupakan skill yang sangat wajib dimiliki content writer.

  • Paham Target Pembaca

    Content writer juga harus memiliki kemampuan membaca target pembaca, skill ini sangat penting dalam penulisan. Cara dan gaya penulisan kita harus disesuaikan dengan target pembaca. Misalnya, tulisan untuk pembaca usia muda akan berbeda untuk target pembaca usia dewasa.

  • Update Tren Terkini

    Nah, untuk yang satu, content writer emang harus update terus mengenai informasi yang sedang ramai di kalangan masyarakat, baik di dalam dan luar negeri. Kemampuan menemukan tema, judul dan keywords untuk penulisan yang disukai pembaca butuh proses pembelajaran dan kepekaan.

Soft Skill Yang Harus Dimiliki Content Writer

  • Fokus

    Kemampuan fokus diperlukan dalam kegiatan menulis, karena terkadang sangat sulit untuk dapat tetap fokus pada tulisan dan tidak terganggu keadaan sekitar. Jadi, seorang content writer biasanya memiliki kemampuan fokus yang baik ketika ia harus bekerja dan menulis. Hal ini dapat memudahkan pekerjaan dan membuat tulisan menjadi cepat selesai.

  • Komunikasi

    Komunikasi juga menjadi kemampuan yang diperlukan penulis konten. Sebab, kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu seorang penulis dalam caranya berkomunikasi dengan pembaca di dalam artikel. Jadi, seorang penulis konten perlu kemampuan ini agar dapat mengomunikasikan apa yang ada di dalam otaknya ke dalam konten dengan baik.

  • Memahami Kata Kunci

    Membuat artikel berdasarkan SEO atau search engine optimization artinya Anda akan membuat artikel berdasarkan kata kunci yang banyak di cari di mesin pencarian. Maka, akan lebih baik bagi seorang content writer mampu memahami kata kunci yang akan ia tulis. Bisa saja dengan kata kunci tersebut, hal itulah yang sebenarnya sedang dicari oleh pembaca.

Cara Menjadi Content Writer

1. Pendidikan S1

Umumnya menyelesaikan pendidikan strata1 jurusan Ilmu Komunikasi yang berlangsung selama 4 tahun. Jurusan lain yang sesuai yakni, sastra Bahasa dan Broadcasting (penyiaran).

2. Ikut Kursus Online

Dilansir dari The Write Life, edukasi diri di awal itu sangat penting dalam memulai karier sebagai seorang content writer.

Saat ini, sudah banyak kursus online yang menyajikan ilmu-ilmu mengenai kepenulisan, mulai dari cara menulis artikel, menjadi content writer, dan sebagainya.

3. Bergabung dengan Komunitas

Anda bisa memperluas pengetahuan dengan bergabung ke komunitas content writer, baik itu online maupun offline.

Dari situ, Anda bisa melakukan sharing terkait dunia kepenulisan serta berbagi pekerjaan bersama content wwriter lainnya.

4. Sertifikasi

Di era yang semakin berkembang, banyak organisasi profesional menawarkan wadah untuk mencapai sertifikasi terhadap seseorang. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda mampu untuk melakukan pekerjaan menjadi content writer dengan sertifikasi yang diterima.

Jenjang Karir Content Writer

Menjadi content writer memiliki jenjang karir yang cukup luas. Salah satunya adalah sebagai SEO Specialist, banyak content writer yang kemudian menjadi SEO Specialist profesional. Kamu ingin? Berikut ini adalah beberapa jenjang karirnya:

  1. SEO Specialist
  2. Freelancer
  3. Media Masa
  4. Technical Writer
  5. Media Sosial

Yang Harus Kalian Ketahui Content Writer

Sebelum menjadi content writer, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Melansir dari Parapuan bahwa menggeluti karir di bidang content writer ini bisa menyalurkan hobi, sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan dari bekerja lepas.

  • Maraknya perkembangan internet dan dunia digital, tidak terlepas dari kehadiran orang-orang yang menghadirkan tulisan di belakangnya. Masa depan content writer nampaknya menjadi profesi yang cukup menarik di era digital saat ini.

  • Content Writer menjadi salah satu profesi yang dicari banyak perusahaan untuk membesarkan platform mereka. Ini disebabkan peralihan media pemberitaan dan pemasaran dari bentuk elektronik ke digital.

 

Profesi Lainnya

profesi video editor

Video Editor

Video editor adalah posisi yang sangat penting dalam proses pembuatan video atau film, perannya sangat menentukan kualitas video yang dibuat. Tugas utama seorang video editor

Read More »
profesi fotografer

Fotografer

Secara umum pengertian fotografer diartikan sebagai orang yang tengah menggeluti aktivitas fotografi. Profesi fotografer yakni bertugas membuat dan mengambil gambar, dengan cara menangkap cahaya dari

Read More »
profesi pengacara

Pengacara

Berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, pengacara adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang wilayah kerjanya

Read More »
profesi seo specialist

SEO Specialist

SEO specialist menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi

Read More »
konsultan it

Konsultan IT

Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak

Read More »
master of ceremony

MC (Master of Ceremony)

Orang yang akan memimpin serangkaian acara, baik formal maupun nonformal agar acara dapat berjalan lancar dan meninggalkan kesan positif disebut sebagai MC (Master of Ceremony). MC

Read More »