mployee logo

Profesi Public Relation

Public Relations (PR) adalah sebuah disiplin dalam komunikasi yang berfokus pada pengelolaan hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan, termasuk media, karyawan, konsumen, investor, pemerintah, dan masyarakat luas.

public relation

Deskripsi Profesi Public Relation

Public Relations (PR) adalah sebuah disiplin dalam komunikasi yang berfokus pada pengelolaan hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan, termasuk media, karyawan, konsumen, investor, pemerintah, dan masyarakat luas. Tujuan dari PR adalah untuk membangun citra positif perusahaan atau organisasi dan meningkatkan hubungan mereka dengan stakeholder, sehingga dapat menciptakan kepercayaan dan dukungan yang berkelanjutan.

PR dapat meliputi berbagai aktivitas, seperti penyusunan pesan komunikasi, media relations, event management, crisis communication, dan pengelolaan reputasi. Tim PR juga dapat bekerja dengan jurnalis, influencer, dan media sosial untuk membantu meningkatkan eksposur dan cakupan liputan media.

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan berubah-ubah, PR menjadi semakin penting bagi organisasi untuk mempertahankan kepercayaan stakeholder dan mengatasi tantangan yang muncul. Oleh karena itu, banyak perusahaan dan organisasi kini memiliki tim PR yang didedikasikan untuk menjaga citra mereka dan memastikan komunikasi yang efektif dengan publik.

Public relation bisa menjadi sarana untuk menciptakan dan membangun rasa saling pengertian antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat secara luas. Dengan komunikasi timbal balik yang terjalin dengan baik, maka besar kemungkinan rasa pengertian yang terbangun tersebut dapat memaksimalkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Artinya, perusahaan dan pelanggan sama-sama mendapatkan keuntungan. Perusahaan mendapatkan keuntungan dalam bentuk laba penjualan. Pelanggan dapat keuntungan dalam bentuk kebutuhan yang terpenuhi dari produk dan layanan berkualitas. 

Public relation juga sebagai tim atau bagian profesional dari perusahaan untuk melakukan penelitian dan sebagai tempat perusahaan untuk meminta pendapat dan masukan terkait keberadaan dan citra brand

Public relation harus mampu membangun hubungan yang baik, dengan internal perusahaan maupun dengan publik, dan menjadi jembatan pertukaran informasi. Informasi yang didapat dari publik bisa digunakan sebagai acuan kegiatan produksi perusahaan.

Seorang public relations perlu menyampaikan informasi serta data fakta yang memiliki bukti dan telah diteliti. Maka dari itu untuk mendapatkan data yang fakta, seorang public relations perlu meneliti dan mengecek kebenaran dari informasi atau data yang akan disampaikan ke orang lain.

Kebenaran informasi atau data yang disampaikan akan mempengaruhi reputasi seorang public relations ataupun perusahaan yang menaunginya.

Jobdesk Public Relation

Tugas dan tanggung jawab Public Relations (PR) mencakup beberapa hal berikut:

  1. Membangun citra positif perusahaan atau organisasi: PR bertanggung jawab untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan di mata masyarakat dan stakeholder.
  2. Mengelola hubungan dengan media: Tim PR harus dapat berkomunikasi dengan media secara efektif dan membangun hubungan yang baik dengan jurnalis, blogger, dan influencer.
  3. Mengelola event: PR dapat membantu merencanakan dan melaksanakan acara untuk mempromosikan perusahaan atau organisasi.
  4. Crisis communication: PR harus siap untuk merespon secara cepat dan tepat dalam menghadapi situasi krisis, termasuk bencana alam, insiden keamanan, dan masalah yang terkait dengan reputasi.
  5. Pengelolaan reputasi: PR harus memonitor dan mengelola reputasi perusahaan atau organisasi di media sosial dan platform online lainnya.
  6. Membuat pesan dan materi komunikasi: PR harus membuat pesan dan materi komunikasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan atau organisasi dan sesuai dengan karakteristik stakeholder.
  7. Mengelola komunikasi internal: PR juga bertanggung jawab untuk memastikan komunikasi internal yang efektif di antara karyawan dan manajemen.
  8. Meningkatkan kesadaran merek: PR dapat membantu meningkatkan kesadaran merek perusahaan atau organisasi dengan cara mengembangkan strategi dan kampanye pemasaran yang efektif.
  9. Mengelola penghargaan dan pengakuan: PR dapat membantu dalam pengajuan penghargaan dan pengakuan kepada perusahaan atau organisasi.
  10. Mempertahankan hubungan dengan pemangku kepentingan: PR bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pemangku kepentingan, seperti karyawan, pelanggan, investor, dan pihak berwenang.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Public Relation

Public Relations (PR) adalah bidang yang memerlukan keterampilan dan keahlian yang spesifik, di antaranya:

  1. Kemampuan komunikasi: Keterampilan komunikasi yang kuat adalah kunci sukses dalam PR. Seorang PR harus dapat berbicara dan menulis dengan jelas dan persuasif.
  2. Kemampuan interpersonal: PR harus dapat membangun hubungan yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk media, karyawan, konsumen, dan pihak berwenang.
  3. Kemampuan manajemen waktu: PR sering bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, jadi kemampuan untuk mengatur waktu dan mengelola tugas dengan efektif sangat penting.
  4. Keterampilan riset: Seorang PR harus dapat melakukan riset pasar, riset media, dan riset tren industri untuk memastikan pesan dan strategi yang tepat.
  5. Kemampuan analitis: PR harus dapat menganalisis data dan informasi untuk mengidentifikasi tren dan peluang dalam industri atau pasar.
  6. Kreativitas: PR harus dapat berpikir kreatif dalam mengembangkan ide-ide baru untuk kampanye pemasaran dan strategi komunikasi.
  7. Kemampuan manajemen krisis: PR harus dapat menghadapi situasi krisis dengan cepat dan tepat serta mempertahankan reputasi perusahaan atau organisasi.
  8. Pemahaman tentang media: PR harus memiliki pemahaman tentang industri media dan cara kerja media, serta memiliki hubungan yang baik dengan jurnalis dan influencer.
  9. Pemahaman tentang industri: PR harus memiliki pemahaman tentang industri dan pasar di mana perusahaan atau organisasi beroperasi untuk membangun pesan dan kampanye yang efektif.
  10. Kemampuan beradaptasi: PR harus dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan lingkungan bisnis dan teknologi baru.

Cara Menjadi Public Relation

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memulai karir di bidang Public Relations (PR):

  1. Menyelesaikan pendidikan yang relevan: Gelar sarjana dalam bidang komunikasi, jurnalisme, atau bisnis dapat memberikan dasar yang baik untuk memulai karir di bidang PR. Selain itu, dapat mengambil kursus tambahan atau sertifikasi yang berkaitan dengan PR.
  2. Mencari pengalaman praktis: Pengalaman magang atau kerja sambilan di bidang PR dapat membantu membangun pengalaman kerja dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan.
  3. Mengembangkan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan: Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PR memerlukan keterampilan dan keahlian tertentu, seperti kemampuan komunikasi yang kuat, kemampuan manajemen waktu, dan kemampuan manajemen krisis. Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan keterampilan dan keahlian ini.
  4. Membangun jejaring dan hubungan: Membangun hubungan yang baik dengan media, influencer, dan pemangku kepentingan lainnya dapat membantu mempromosikan organisasi atau perusahaan yang dikelola.
  5. Melakukan riset tentang industri dan pasar: Memahami tren dan tantangan dalam industri dan pasar dapat membantu dalam merancang strategi PR yang efektif.
  6. Mencari mentor atau pelatih: Mempelajari dari seseorang yang memiliki pengalaman dalam PR dapat membantu mengembangkan keterampilan dan membangun jaringan.
  7. Menjalin hubungan dengan para profesional PR lainnya: Bergabung dengan organisasi profesional seperti Asosiasi Public Relations Indonesia (APPRI) atau Public Relations Society of America (PRSA) dapat membantu menjalin hubungan dengan profesional PR lainnya dan memperluas jaringan.
  8. Membangun portofolio: Membuat portofolio karya atau proyek PR dapat membantu membuktikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Portofolio dapat mencakup artikel, rilis pers, dan materi promosi lainnya.

Jenjang Karir Public Relation

Berikut adalah beberapa jenjang karir di bidang Public Relations (PR), dari level awal hingga tingkat manajemen atas:

  1. Koordinator PR: Memiliki tanggung jawab dasar dalam mengembangkan kampanye PR dan aktivitas promosi.
  2. Spesialis PR: Memiliki tanggung jawab lebih besar dalam merencanakan, mengembangkan, dan melaksanakan kampanye PR dan aktivitas promosi.
  3. Manajer PR: Bertanggung jawab atas semua aspek kampanye PR dan aktivitas promosi, termasuk mengelola tim PR dan memantau kesuksesan kampanye.
  4. Direktur PR: Bertanggung jawab atas strategi PR dan rencana jangka panjang, serta memimpin tim PR dan memastikan kesuksesan kampanye.
  5. Wakil Presiden PR: Bertanggung jawab atas seluruh aspek PR perusahaan dan menjadi anggota tim manajemen tingkat atas.
  6. Kepala Komunikasi: Bertanggung jawab atas semua aspek komunikasi internal dan eksternal perusahaan, termasuk PR, humas, dan komunikasi pemasaran.
  7. Eksekutif Tinggi: Mempunyai tanggung jawab atas seluruh aspek perusahaan dan sering kali memiliki pengalaman luas dalam PR dan komunikasi.

Pada setiap level, seorang PR harus memiliki keterampilan dan keahlian tertentu yang terus berkembang. Keterampilan dasar termasuk kemampuan komunikasi yang kuat, keterampilan manajemen waktu, dan kemampuan manajemen krisis. Keterampilan lanjutan termasuk keterampilan manajemen tim, kemampuan analitis, dan kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye PR yang efektif.

 

 

Yang Harus Kalian Ketahui Public Relation

Sebelum menjadi public relation, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Tidak hanya bermodal pintar bicara dan menulis! Seorang PR juga harus memiliki faktor A (Attitude), S (Skill), dan juga tentunya K (Knowledge).

  • Penting bagi perusahaan untuk memaksimalkan fungsi public relation karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan itu sendiri.

  • Public relation mampu membangun komunikasi yang baik, di dalam maupun di luar perusahaan sehingga bisa menciptakan citra yang baik pula untuk terbangunnya upaya saling mendukung dalam mencapai tujuan.

  • Salah satu alasan kenapa public relations (PR) banyak diincar orang adalah penghasilannya yang menjanjikan. Maka pantas juga kalau praktisi PR dituntut punya kreativitas sehingga bisa menciptakan ide, solusi, juga jaring komunikasi dengan klien dan media.

  • Berpenampilan baik alias good looking akan memberikan dampak bagus bagi seorang PR. Karena hal pertama yang dilihat oleh orang dari seorang PR adalah penampilan sehingga Anda harus menunjukkan penampilan yang baik, rapi, dan berpakaian yang sesuai.

  • Di era ini, sosial media adalah salah satu stakeholder utama dari PR. Seseorang bisa berubah dari tidak dikenal menjadi sangat dikenal dan dapat pula menyalurkan suara atau memberi tanggapan langsung menggunakan sosial media.

Profesi Lainnya

profesi bartender

Bartender

Bartender adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol di bar, pub, klub, hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya. Bartender

Read More »
sales marketing

Sales Marketing

Apa itu Pekerjaan Sales Marketing ? Sales marketing adalah pekerjaan untuk menjual suatu produk atau mempromosikan barang dengan argumen dan deskripsi yang jelas. Seseorang yang bekerja

Read More »
profesi teknisi robot

Teknisi Robot

Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, peran robot dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dari pabrik manufaktur hingga rumah tangga, robot telah menjadi bagian

Read More »
tugas ahli statistik

Ahli Statistik

Ahli statistik adalah seorang profesional yang terampil dalam mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan data. Mereka menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi tren, pola, dan hubungan di

Read More »
perawat lansia

Perawat Lansia

Pekerjaan perawat lansia adalah pekerjaan di bidang perawatan kesehatan yang khusus melibatkan merawat dan memberikan perhatian medis kepada orang dewasa yang telah mencapai usia lanjut.

Read More »
account manager

Account Manager

Account manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Read More »